Rincian Biaya Modal Usaha Kolam Pemancingan Ikan hingga Buka

11 Juni 2017

Di berbagai wilayah dan tempat di Indonesia baik di kota dan desa seringkali ditemui usaha kolam pemancingan ikan. Dari level sangat sederhana sampai level kelas atas. Usaha kolam pemancingan jadi populer karena usaha ini gampang sekali dijalankan dengan modal kecil. Yang utama adalah penyediaan kolam bagi pemancingan ikan beserta benih ikan dan ikan-ikan di dalamnya.

Rincian Biaya Modal Usaha Kolam Pemancingan Ikan
Berikut ini rincian biaya modal yang diperlukan untuk buka usaha kolam pemancingan dari awal sampai siap berdiri, antara lain:

▪ Modal Investasi Awal
1. Pembuatan kolam ikan ukuran 7 meter x 16 meter Rp 600 ribu
2. Bibit ikan nila, bawal, gurame, mas dan lain sebagainya Rp 4 juta
3. Kolam tambahan seluas 17 meter persegi Rp Rp 400 ribu
4. Pembuatan sarana, prasarana dan bangunan harga Rp 19 juta

Maka total biaya modal investasi usaha kolam pemancingan ikan sebesar Rp 24 juta.

▪ Biaya Operasional
1. Upah pegawai 3 orang Rp 2 juta
2. Biaya listrik, sampah, air Rp 1 juta
3. Pasokan ikan tambahan Rp 1 juta

Maka biaya operasional usaha kolam pemancingan ikan sebesar Rp 4 juta perbulan.

Apabila dalam satu hari omset yang diperoleh sebesar Rp 350 ribu berarti omset kotor perbulan sebesar Rp 10.500.000 ( Rp 350.000 X 30). Dikurangi biaya operasional maka keuntungan bersih sekitar Rp 6.500.000 perbulan ( Rp 10.500.000 - Rp 4 juta). Bagaimana keuntungan yang sangat menggiurkan bukan?
usaha kolam, usaha kolam ikan, usaha kolam pemancingan, bisnis kolam pemancingan ikan, kolam pemancingan ikan

Tips Sukses Usaha Kolam Pemancingan Ikan
Berikut ini kumpulan tips dalam menjalankan usaha kolam pemancingan ikan air tawar, lele dan jenis ikan lainnya, antara lain:

▪ Fasilitas pendukung yang lengkap
Pada umumnya, letak usaha kolam pemancingan ikan berada di tempat strategis yang gampang sekali dijangkau dan dilihat banyak orang. Itulah tempat yang strategis bagi usaha ini. Namun bagi penulis banyak kritikan terhadap usaha kolam pemancingan di desa yang tampak sederhana. Hanya ada kolam pemancingan ikan dan tempat bernaungnya. Akibatnya usaha pemancingan ikan yang sederhana di desa banyak mengalami kebangkrutan.

Oleh sebab itu, jika anda memutuskan untuk mendirikan usaha kolam pemancingan ikan galatama pastikan berbeda dari para pesaing. Contoh realnya, anda bisa membangun rumah makan di sampingnya, membangun tempat rekreasi, hiburan, taman bermain outdoor, kolam renang dan lain sebagainya yang penulis saksikan bentuk nyatanya di objek wisata di Cimahi. Dan hal itu terbukti, usaha kolam pemancingan laris manis. Pengunjung membludak baik dari kalangan perorangan, keluarga besar hingga lembaga resmi pendidikan dan perusahaan.

▪ Sistem manajemen usaha
Langkah selanjunya adalah dibutuhkan sebuah sistem usaha kolam pemancingan ikan yang membuat berjalan sendiri secara automatis. Masalah pelayanan harus diperhatikan. Anda harus memastikan pelayanan berjalan baik, ramah dan telah mampu memuaskan konsumen. Selain itu, pastikan lokasi usaha dan kolam pemancingan ikan dalam keadaan tetap bersih, nyaman dan indah dengan sesuatu yang bernuansa yang hijau alami. Jagalah kualitas tersebut.

▪ Promosi usaha
Lakukan promosi usaha kolam pemancingan ikan sobat secara online dan offline. Misalkan membagikan brosur, pasang iklan di media massa elektronik seperti iklan di radio atau televisi lokal. Dan lakukan promosi di media massa cetak setempat. Contohnya berupa iklan baris atau iklan kolom.

Pilihlah media promosi usaha yang sangat efektif. Anda pun bisa mengadakan kerjasama dengan beberapa pihak terkait dari kalangan pribadi perorangan atau lembaga. Hal ini untuk memperkenalkan bisnis anda kepada masyarakat luas. Pilihlah cara promosi yang efektif dan dinilai efisien. Tanpa adanya promosi, usaha kolam pemancingan sulit berkembang. Cara promosi yang efektif adalah promosi dari mulut ke mulut yang bersifat gratis.

Promosi usaha kolam pemancingan haruslah lengkap beserta keterangan gambar, denah lokasi usaha, fasilitas yang diberikan, keunikan yang ada, dll. Supaya pengunjung gampang mendatangi lokasi usaha. Anda bisa melakukan promosi usaha kolam pemancingan ikan air tawar atau lele ke lingkungan paling dekat dulu. Misalkan mengajak teman, sanak kerabat, anggota keluarga, tetangga, kawan, rekan kerja dll untuk bersama keluarga besarnya berkunjung ke lokasi usaha kolam pemancingan sobat sekaligus rekreasi.

▪ Harga lebih murah dari kompetitor
Permainan harga masih merupakan cara yang terbukti berhasil memenangkan persaingan. Hal ini disebabkan manusia masih senang membandingkan harga dan memilih yang lebih murah dari produk yang sama. Oleh karena itu, berikanlah harga yang lebih murah pada konsumen sehingga mereka tertarik untuk menjadi pelanggan tetap.

▪ Acara Hiburan Rakyat
Mengadakan acara hiburan yang mampu menarik banyak pengunjung usaha kolam pancing ikan sobat. Seperti mengadakan pentas panggung hiburan rakyat dll.

▪ Aspek Pelayanan
Pelayanan yang diberikan haruslah terbaik yang mampu memuaskan setiap konsumen. Dengan anda berhasil membuat setiap pengunjung puas berarti mereka akan menceritakan pengalaman mereka pada orang di sekeliling mereka yang jumlahnya banyak. Sehingga promosi mulut ke mulut akan berlangsung efektif. Dimana usaha kolam pemancingan ikan sobat akan semakin berkembang dan menguntungkan. Laris manis.

Kendala Usaha Kolam Pemancingan Ikan
Namun bisnis kolam pemancingan bukan tanpa resiko dan kendala. Ada beberapa kendala yang mungkin dihadapi dalam bisnis ini, antara lain:

1. Cuaca dan iklim yang kurang baik seperti hujan petir yang mengakibatkan jumlah pengunjung sangat sedikit bahkan tak ada sama sekali

2. Pasokan ikan tak ada sebab pemasok kehabisan stok ikan

3. Persaingan ketat. Karena menjamur usaha kolam pemancingan ikan di tempat lain

4. Kerap disalahgunakan untuk hal negatif

Cara Memulai Usaha Kolam Pemancingan Ikan dari Awal
▪ Anda menyediakan lahan yang sangat luas untuk usaha kolam pemancingan ikan. Lahan tersebut bisa disewa dari orang lain atau anda beli sendiri.

▪ Sebelumnya pastikan lokasi usaha kolam pemancingan ikan berada di tempat strategis yang gampang dijangkau oleh siapapun dari berbagai sudut tempat.

▪ Membangun beberapa kolam pemancingan ikan. Untuk desain dan ukuran kolam pemancingan dapat berkonsultasi kepada arsitektur atau ahli desain.

▪ Menebarkan ikan di kolam pemancingan sesuai selera. Seperti ikan bawal, mas, lele, gurame, mujaer, nila, patin, sepat dll

▪ Merekrut karyawan bagian keamanan atau penjagaan, pegawai bagian umum, bagian kebersihan, bagian administrasi, bagian marketing dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. Untuk kafe dan rumah makan diperlukan karyawan bagian koki dan pelayan.

Surat Perizinan Usaha Kolam Pemancingan Ikan
Supaya usaha kolam pemancingan tidak diganggu gugat oleh lingkungan sekitar atau pemerintah, sobat perlu mengurus surat perizinan usaha kolam pemancingan ikan atau surat legalitas yang mencakup:

1. Surat ijin usaha pengusaha disingkat SIUP
2. Surat domisili
3. Surat Daftar Perusahaan disingkat TDP
4. Ijin mendirikan bangunan disingkat IMB
5. Sertifikat Hak Milik Tanah
6. Nomor pokok wajib pajak disingkat NPWP

Untuk membuat aspek surat legalitas usaha diperlukan dokumen berupa fotocopy KTP, Kartu keluarga, surat nikah dan dokumen lain yang dibutuhkan.

Cara Menjalankan Usaha Kolam Pemancingan Ikan Laris Manis
Basic orang yang memiliki hobi memancing ikan di tanah air sangat besar. Dari jumlah yang besar di kota maupun desa membuat bisnis kolam pemancingan selalu dipenuhi para konsumen atau pelanggan. Hal ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan dari usaha kolam pemancingan ikan air tawar atau lele di perkotaan maupun pedesaan.

Usaha kolam pemancingan ikan akan berjalan lancar dan menguntungkan apabila pemiliknya juga mempunyai hobi memancing ikan. Untuk masuk ke kolam pemancingan ikan dikenakan tarif tiket masuk umumnya sebesar Rp 25 ribu. Ikan yang berhasil dipancing dapat dibawa pulang ke rumah.

Untuk menentukan tarif pemasukan bagi kolam pemancingan ikan bisa berdasarkan jumlah bobot ikan yang didapat dari kolam pemancingan. Misalkan ikan lele Rp 17 ribu perkg, ikan nila harga Rp 22 ribu perkilogram, dll. Dengan demikian pemasukan berdasarkan selisih harga beli dari suplier ikan. Usahakan harga lebih murah dari pesaing atau dari tempat jual ikan. Hal ini untuk menarik minat pengunjung untuk masuk ke kolam pemancingan sobat.

Selain itu, kolam pemancingan dapat menerapkan sistem tiket masuk. Dengan membayar tiket masuk perhari sebesar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu, seorang pemancing bebas memancing ikan sebanyak-banyaknya. Hasil tangkapan berapapun bisa dibawa ke rumah.

Menurut penulis, usaha kolam pemancingan ikan harus dirubah total menjadi usaha pemancingan sekaligus tempat wisata. Namun untuk mendirikan usaha ini dibutuhkan lahan yang cukup luas sekitar satu hektar. Untuk kolam pemancingan ikan dibuatkan beberapa kolam dengan ukuran 40 meter x 60 meter. Lalu sediakan pula halaman tempat parkir kendaraan yang luas bagi para pengunjung dengan satu orang penjaga parkir.

Berikutnya, buatlah bangunan tempat makan keluarga sederhana dari kayu atau bambu. Semacam usaha kuliner. Menu yang disediakan bisa ayam goreng, sayuran, ikan, kopi, sirup, es campur, es cincau, cappucino cincau, roti bakar, nasi goreng, mie rebus, bakso sapi, dan lain lain. Bangun pula mushola, kamar mandi atau wc umum, ruangan seminar atau workshop dll.

Di dekat kolam pemancingan terdapat sebuah ruangan tempat penyewaan alat pancing dan peralatan lengkap. Tarif sewa alat pancing dihitung berdasarkan perkilogram. Kemudian usaha tambahan lainnya adalah jasa pembakaran ikan. Sehingga keuntungan usaha kolam pemancingan ikan berasal dari banyak celah, seperti jasa parkir, sewa kolam, sewa alat pancing, jasa pembakaran ikan, kafe atau rumah makan, penjualan peralatan dan perlengkapan memancing, dll.