Rincian Biaya Modal Usaha Pakan Ternak dan Keuntungannya

05 Juni 2017

Toko pakan ternak merupakan jenis usaha yang mudah kita temui akhir-akhir ini di berbagai sudut kota, tempat dan desa di tanah air. Hal ini tak terlepas dari boomingnya bisnis peternakan ayam, kambing, domba, sapi dan burung. Dan bertambah banyaknya jumlah para peternak. Sehingga saat ini jumlah toko pakan terus bertambah banyak. Seiring dengan permintaan pasar terhadap pakan hewan yang semakin tinggi perhari.

Prospek Usaha Pakan Ternak
Seperti yang penulis lihat saat ini. Di seberang jalan ada usaha toko pakan ternak yang menjual berbagai macam pakan meliputi pakan ayam, burung, ikan dll yang laris manis diserbu para pembeli. Harga pakan yang ditawarkan lumayan murah dan kadang sesuai harga pasaran.

Orang yang jeli melihat peluang usaha ini segera memanfaatkannya dengan cara buka toko pakan hewan dan pupuk. Contohnya di desa penulis ada tiga gerai toko pakan makanan burung, ayam dan hewan ternak lainnya. Yang semua toko pakan ternak tersebut laris manis. Bisnis ini cocok dijalankan bersama usaha jualan pupuk. Sehingga keuntungan berlipat ganda.
pakan ternak, bisnis pakan ternak, usaha pakan ternak, makanan ternak, ternak, modal usaha pakan ternak

Seperti penulis sendiri yang berada di pedesaan terpencil beternak ayam kampung dan beternak ikan. Tentu membutuhkan pakan bagi ikan dan ayam kampung tersebut. Tanpa adanya pakan maka binatang yang diternakkan akan mati dan bisnis peternakan mengalami kegagalan total.

Berdasarkan pengamatan penulis, usaha peternakan hewan banyak dilakukan di desa karena lahan masih luas dan pakan hijauan sangat berlimpah. Sehingga setiap penduduk desa biasanya mempunyai bisnis peternakan minimal skala kecil hingga besar. Berupa usaha ternak ayam kampung, budidaya ayam bangkok, ternak ayam broiler, usaha peternakan kambing, domba, sapi, beternak belut, lele, ikan nila dan jenis ikan lain serta ternak hewan lainnya yang menguntungkan dalam waktu singkat.

Namun di kota juga terdapat beberapa jenis usaha peternakan. Seperti ternak ikan, ternak burung love bird, ternak kambing, ternak lele dan jenis ternak hewan lainnya. Akan tetapi tidak sebanyak di pedesaan. Melihat kenyataan itu bahwa banyak orang yang beternak hewan yang membuat usaha toko pakan ternak sangat menjanjikan untung besar. Permintaan terhadap pakan hewan sangat tinggi.

Usaha Pakan Ternak Rumahan
Untuk memenuhi kebutuhan utama akan pakan hewan ternak tersebut mereka membeli pakan hewan di toko pakan yang gampang dijangkau di lokasi terdekat. Mengapa orang orang di kota terutama di desa banyak memelihara dan ternak hewan seperti burung, ayam, sapi, kerbau, ikan, kambing, bebek, entog, domba dll? Ada banyak alasan yang melatarbelakangi. Ada yang karena hobi maupun kebutuhan utama. Seperti ternak ayam, sapi, domba, burung sangat cerah prospeknya dan untung besar. Sehingga mereka menjalani bisnis ternak ini sebagai usaha sampingan maupun utama.

Seiring dengan hal itu membuat permintaan pakan terus tumbuh besar di masyarakat. Berbagai perusahaan kecil maupun perusahaan besar mampu dan jeli melihat peluang ini yang sangat menjanjikan dengan memproduksi pakan hewan dalam berbagai merek dan ukuran dengan harga terjangkau. Dimulai harga Rp 5000.

Contohnya ada sebuah gerai toko pakan ternak di desa penulis yang juga jual pupuk dan obat-obatan laris manis. Karena toko pakan ini memberikan harga pakan yang lebih murah dari pesaing dan menyediakan berbagai jenis pakan yang sangat komplit. Pelanggannya dari hari ke hari terus bertambah banyak. Konsumennya bukan hanya berasal dari wilayah sekitar tapi juga mencapai luar kota, luar propinsi sampai luar pulau Jawa. Seperti Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Hal ini tak terlepas dari sistim penjualan secara offline dan online.

Ada berbagai jenis dan macam pakan hewan ternak yang bisa dijual seperti jagung, katul, wheat bran, pelet ikan, pakan burung, aneka konsentrat, vitamin hewan, kleci, obat cacing, ampas telo, dan lain-lain.

Jika di daerah sekitar anda belum ada toko pakan ternak. Atau ada tapi lokasi toko pakan sangat jauh. Dan banyak orang di lingkungan sekitar yang mempunyai usaha ternak hewan seperti ayam, burung, lele, ikan, domba, sapi dll itu pertanda baik bagi prospek usaha toko pakan ternak sobat. Dimana itu, tak ada salahnya anda mencoba untuk membuka toko pakan hewan ternak secara rumahan atau menyewa lokasi toko pakan di tempat strategis yang masih belum ada pesaing dan mudah dijangkau.

Kunci Sukses Usaha Pakan Ternak bagi Pemula
1. Semangat. Walaupun latar belakang pendidikan anda bukan dari pertanian, peternakan dan perikanan tapi tetap bisa sukses buka toko pakan yang laris manis. Kuncinya adalah mau terus belajar dengan penuh semangat dan kerja keras

2. Mendapat pasokan pakan ternak langsung dari distributor pusat walaupun dari berbagai daerah. Contoh pakan kleci dipasok dari distributor langsung di daerah Jakarta dan Lampung. Harga per kg leci sebesar Rp 4000 sampai Rp 7000. Harga yang lumayan murah

3. Penjualan pakan ternak bisa partai kecil eceran atau partai besar. Bagi peternak pembelian dilakukan dalam partai besar perkarung atau per sak dengan isi 25 kg

4. Promosi usaha pakan ternak dilakukan secara gencar agar menarik banyak konsumen

5. Pelayanan yang diberikan cepat dan ramah serta harga lebih murah dari pesaing. Sehingga konsumen merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Dan menjadi pelanggan tetap

6. Memberikan harga pakan yang lebih murah dari kompetitor. Hal ini sangat penting mengingat manusia makhluk ekonomis. Ia akan selalu memilih membeli barang jenis sama di tempat yang memberikan harga lebih murah. Oleh karenanya, sobat harus secara berkala mengecek harga pakan di pasaran atau di pesaing. Agar sobat dapat mematok menjual pakan tak terlalu mahal dari harga pasaran atau harga di kompetitor.Tapi lebih murah

7. Pastikan kualitas pakan yang dijual berkualitas baik. Pakan ternak tidak kedaluarsa atau berkualitas buruk yang dapat merugikan konsumen dan toko pakan itu sendiri

8. Promosi gencar. Dengan cara masang pamflet, membagikan brosur, mengadakan hiburan, memasang spanduk, reklame dll. Juga tak boleh lupa, untuk selalu mengikuti pameran di daerah anda, mengikuti bazaar, mengikuti pasar malam dan pasar mingguan dan lain sebagainya

9. Jangan putus asa atau pantang menyerah. Inilah salah satu sikap yang harus dimiliki jika anda ingin sukses dan berhasil dalam usaha toko pakan ternak. Pastinya akan banyak kendala dan rintangan di awal usaha toko pakan. Tapi pastikan anda mampu melewati rintangan tersebut dengan sikap pantang menyerah

10. Usahakan toko pakan ternak buka setiap hari tanpa libur. Hal itu menunjukkan kelebihan toko pakan anda dari pesaing. Sebab di hari libur seperti minggu biasanya penjualan pakan ternak lebih tinggi dari hari biasa.

Salah seorang pengusaha pakan ternak yang sukses dan kaya raya adalah Tri Widodo. Pria yang berusia 35 tahun ini memulai usaha toko pakan hewan dengan modal awal sebesar Rp 5 juta. Seiring berjalan waktu, sekarang penghasilan yang didapatkan dari bisnis toko pakan ternak sekitar Rp 4 juta perhari. Hal itu karena pelanggannya bukan dari daerah sekitar tapi sampai ke luar pulau jawa.

Bagaimana anda tertarik membuka usaha toko pakan ternak? Pastikan anda memenuhi persyaratan berikut ini, antara lain:

1. Mempunyai modal usaha pakan. Biaya modal usaha pakan minimal sekitar Rp 5 juta
2. Permintaan pakan ternak lumayan tinggi di daerah anda
3. Belum adanya usaha serupa atau toko pakan ternak di wilayah anda. Kalau pun ada lokasi jauh dari daerah anda
4. Lokasi usaha pakan ternak berada di tempat strategis dan gampang dijangkau. Misalkan pinggir jalan yang ramai

Rincian Biaya Modal Usaha Pakan Ternak
Berikut ini rincian modal toko kios pakan ternak dari awal sampai siap berdiri, antara lain:

1. Belanja bahan baku awal Rp 4 juta
2. Sewa lokasi usaha Rp 500 ribu
3. Biaya telepon dan listrik Rp 100 ribu
4. Gaji karyawan Rp 1 juta
5. Biaya tak terduga lainnya Rp 400 ribu

Maka total modal biaya buka usaha toko pakan ternak sebesar Rp 6 juta. Jika lokasi usaha di halaman rumah yang strategis atau secara rumahan maka modal usaha sekitar Rp 5,5 juta. Untuk tenaga karyawan karena sedang merintis bisa saja anda sebagai tenaga karyawan atau melibatkan anggota keluarga untuk mengurangi biaya pengeluaran modal awal usaha toko pakan ternak.

Keuntungan Bisnis Pakan Ternak
Diumpamakan dalam satu hari terjadi penjualan eceran pakan atau omset kotor pakan secara eceran sebesar Rp 200 ribu maka dalam satu bulan omset kotor sekitar Rp 6 juta ( 30 kali Rp 200.000). Untuk omset partai besar perbulan sebesar Rp 5 juta. Maka laba kotor yang didapatkan sebesar Rp 11 juta. Laba Rp 11 juta dikurangi biaya usaha Rp 6 juta maka keuntungan bersih diperoleh sebesar Rp 5 juta perbulan. Balik modal dalam waktu dua bulan sampai tiga bulan.

Kesimpulannya bahwa untuk sukses dalam jenis usaha apapun termasuk bisnis toko pakan ternak sangat mudah dan sederhana. Caranya anda mesti tekun, rajin, sabar, pantang menyerah, terus belajar, terus berusaha, telaten, fokus, dan selalu berdoa maka pastinya usaha yang sederhana tersebut akan memberikan pendapatan yang dahsyat.