Daftar Harga Ayam Petelur Siap Telur Terkini

18 Juni 2017

Telor merupakan salah satu jenis sembako atau kebutuhan utama manusia dalam bidang pangan atau makanan. Setiap hari manusia membutuhkan makan telor untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Karena di dalam telor terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi tubuh manusia. Sehingga di setiap dapur rumah tangga sudah biasa didapatkan telor sebagai menu makanan teman nasi. Telor disukai semua kalangan. Baik digoreng, direbus atau jadi bahan campuran pembuat kue.

Potensi Usaha Budidaya Ayam Petelur
Berdasarkan data statistik dari Dinas Pertanian dan Peternakan bahwa permintaan telor dari tahun ke tahun sangat besar di masyarakat Indonesia. Bahkan permintaan tersebut belum mampu dipenuhi secara baik oleh para pengusaha ternak ayam petelur di tanah air. Permintaan yang sangat tinggi terhadap telur membuat peluang usaha ternak ayam petelur menjanjikan untung besar.

Melihat keuntungan yang menggirkan dari bisnis ayam petelur, apakah anda tertarik membuka usaha ternak ayam telor? Untuk memulai usaha budidaya ayam petelur tidaklah mudah. Diperlukan persiapan yang matang seperti memahami alur usaha budidaya ayam petelur, cara pemasaran telor ayam, cara menjual telor ayam, cara merawat dan memelihara ayam petelur dengan baik dan benar, mempersiapkan modal usaha meliputi kandang dan pakan dan merencanakan pembiayaan usaha, menyiapkan karyawan dan menentukan skala usaha, dan lain sebagainya.
daftar harga ayam petelur, harga ayam petelur, ayam petelur, harga ayam terbaru, harga ayam

Cara Ternak Ayam Petelur Skala Rumahan dan Industri
Memahami usaha beternak ayam petelur dari hulu sampai hilir harus dilakukan sejak awal. Hal ini dirasakan penting agar ketika menjalankan usaha budidaya ayam petelur anda merasa mudah dalam mengelolanya dan berjalan menguntungkan dan lancar. Jangan sampai anda tidak mempunyai pengetahuan yang cukup dalam usaha unggas ini. Yang bisa mengakibatkan kerugian dan bangkrut.

Untuk membuka usaha ternak ayam petelur maka seseorang bisa belajar mengenai seluk beluk bisnis ini kepada mereka yang telah berpengalaman. Anda bisa bertanya mengenai prospek usaha ternak ayam petelur, potensi keuntungan budidaya ayam petelur, resiko dan peluang, hambatan dan rintangan, cara merawat dan memelihara ayam petelur yang baik dan benar, cara menangani penyakit pada ayam petelur dan lain-lain. Dengan mengetahui semua itu maka anda bisa menentukan sendiri apakah usaha beternak ayam petelur sanggup anda jalankan ataukah tidak.

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan bahwa bisnis budidaya ayam petelur rawan sekali terjadi kerugian. Terutama disebabkan kematian ayam. Satu persatu ayam petelur bisa mati. Hingga ayam petelur mati semuanya. Hal ini dialami oleh beberapa peternak ayam yang penulis temui di desa. Penyebabnya kurangnya pemahaman yang benar mengenai cara beternak ayam petelur yang baik dan benar.

Perlu diketahui ayam petelur merupakan jenis ayam yang sensitif sekali terhadap keributan, kebisingan dan cuaca. Ayam petelur sangat gampang terkena penyakit ayam sehingga anda harus menguasai cara menyembuhkan ayam petelur yang sakit. Seperti memberikan obat-obatan atau melakukan vaksinasi. Seperti yang terjadi beberapa tahun kebelakang dimana banyak peternak ayam petelur yang gulung tikar disebabkan banyak ayam petelur yang mati disebabkan virus flu burung.

Selain itu banyak faktor lainnya yang menentukan keberlangsungan usaha beternak ayam petelur. Seperti yang pernah diungkapkan salah seorang peternak ayam petelur di daerah Sumedang kepada penulis. Ia membuka usaha beternak ayam petelur secara besar-besaran. Jumlah ayam yang ia ternakkan sebanyak seribu ayam. Tak ada ayam yang mati. Namun ketika krisis ekonomi dan moneter melanda Indonesia tahun 1998, harga pakan ayam naik dan harga daging dan telor ayam perkg turun. Hal tersebut membuat usaha budidaya ayam petelur mengalami kebangkrutan.

Cara tercepat untuk sukses dalam usaha beternak ayam petelur adalah belajar langsung kepada peternak ayam petelur yang telah berhasil dan berpengalaman. Sehingga anda mengetahui bagaimana menjalankan bisnis ayam petelur yang lancar dan menguntungkan. Ada banyak pengusaha ayam petelur yang sukses di Indonesia. Atau anda bisa mencoba membuka usaha budidaya ayam petelur secara berkelompok di lingkungan desa setempat. Agar bisa berbagi pengalaman dan kiat sukses budidaya ayam petelur.

Namun seiring dengan kemajuan teknologi maka seorang pemula bisa membuka usaha beternak ayam peterlur secara otodidak dan sukses dalam waktu singkat. Caranya dengan mencari informasi melalui buku atau internet mengenai cara budidaya ayam petelur yang berhasil dan untung besar. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi cara ternak ayam yang baik dan benar, menguntungkan dan mudah di google.

Bisnis beternak ayam petelur sama seperti bisnis dalam bidang lainnya memerlukan modal usaha. Semakin besar modal usaha yang ditanamkan maka semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan. Jadi apabila anda ingin merasakan keuntungan lumayan besar dari usaha ayam petelur maka anda bisa membuka usaha ternak ayam petelur skala menengah hingga besar. Untuk masalah modal usaha anda bisa  mendapatkan dari berbagai sumber pendanaan seperti bank, donatur, investor dan lain sebagainya.

Analisa Modal Usaha Ayam Petelur
Usaha beternak ayam petelur sering pula disebut bisnis pullet. Harga ayam petelur siap produksi lumayan murah sekitar Rp 45 ribu per ekor. Pullet adalah ayam petelur yang berusia dewasa siap telur.  Untuk memulai usaha beternak ayam petelur tentu saja harus dipersiapkan modal usaha yang lumayan besar. Adapun modal yang dibutuhkan dalam usaha budidaya ayam petelur, ada tiga bagian, antara lain:

▪ Modal Eksternal
Kumpulan modal usaha yang berada di luar lingkungan antara lain tenaga kerja atau karyawan, modal uang, kandang ternak ayam petelur, tanah atau lahan yang lumayan luas dan memadai yang bisa disewa atau milik sendiri, dan lain sebagainya. Terutama adalah modal uang untuk membeli peralatan dan perlengkapan usaha pullet.

▪ Modal Internal
Sebuah sikap positif yang harus dimiliki oleh seorang peternak ayam petelur agar bisnisnya sukses dan menguntungkan, yaitu sikap pantang menyerah, kerja keras, jujur, ulet, sabar, tekun, berani, kreatif, terampil, giat bekerja, selalu belajar, fokus, ramah, menjalin hubungan baik dengan semua orang dan lain sebagainya.

Namun seringkali yang dikeluhkan oleh seorang calon pelaku usaha pullet adalah ketiadaan modal yang besar. Jika mereka memulai usaha ternak ayam petelur skala kecil-kecilan dan rumahtangga maka penghasilan relatif kecil didapatkan.

▪ Modal Operasional
Kumpulan modal yang dibutuhkan untuk membiayai semua operasional usaha sehari-hari. Misalkan membeli bibit ayam petelur siap telur, membeli obat dan pakan dan lain-lain.

Aspek yang sangat penting selain modal usaha, proses produksi dan pemeliharaan ayam petelur adalah pemasaran. Percuma jika kita mampu menghasilkan banyak telor per hari tapi tidak bisa memasarkannya. Pangsa pasar atau kebutuhan telur di setiap daerah berbeda-beda. Oleh sebab itu, anda harus bisa mengukur kebutuhan telur di satu daerah kemudian menyesuaikan jumlah ayam petelur dengan kebutuhan pasar yang ada.

Daftar Harga Ayam Petelur Siap Telur Terkini
Di tengah sempitnya lapangan kerja membuat pilihan berwirausaha merupakan langkah tepat bagi seseorang untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya membuka usaha budidaya ayam petelur. Bisnis ternak ayam petelur bisa dijalankan secara sampingan dan rumahan dari skala kecil-kecilan sampai skala besar. Usaha ini sangat cocok dilaksanakan di daerah pedesaan yang jauh dari permukiman warga. 

Untuk sukses dalam usaha beternak ayam petelur diperlukan berbagai aspek yang perlu diperhatikan, antara lain aspek produksi yang meliputi pemilihan bibit ayam petelur unggul, pembuatan kandang ayam petelur yang baik dan nyaman, cara perawatan dan pemeliharaan ayam petelur yang baik, dan cara pemasaran telor ayam.

Ayam petelur termasuk jenis ayam betina yang telah dewasa. Sehingga produktif dalam menghasilkan telor dan bisa dikembangbiakan. Untuk memulai bisnis ternak ayam petelur simpel sekali dan gampang. Usaha ini bisa dimulai dengan modal besar hingga modal kecil. Yang penting adalah pengelolaan usaha ternak ayam petelur yang tepat agar dihasilkan telor yang berkualitas baik dan banyak dengan harga jual tinggi.

Usaha budidaya ayam petelur termasuk jenis usaha yang telah lama berdiri di Indonesia. Dimulai dari pulau Jawa sampai Sumatera hingga ke wilayah lainnya. Bisnis unggas ini bertujuan untuk melayani kebutuhan konsumsi telor di masyarakat Indonesia. Berdasarkan pengalaman orang tua terdahulu bahwa dahulu sekitar tahun 1900 bahwa telur ayam termasuk salah satu makanan yang mewah dan spesial. Hal ini tak terlepas dari masih langka usaha budidaya ayam petelur di tengah jaman penjajahan dan ekonomi sulit waktu dulu.

Namun saat ini keadaan berbeda. Telur ayam mudah didapatkan di mana saja. Seperti gerai minimarket, pasar tradisional, warung dan toko sembako kelontongan dan lain sebagainya. Harga telor ayam terbilang murah di kisaran Rp 18 ribu perkilogram. Dan saat ini penjualan telor ayam meningkat pesat seiring permintaan pasar yang tinggi.

Seorang pemula mungkin merasa kebingungan dalam cara mengelola usaha budidaya ayam petelur. Karena minimnya ilmu pengetahuan. Mereka bisa saja belajar pada para peternak ayam petelur yang ahli dan berpengalaman. Namun bagi seorang pemula sangat tepat untuk mencoba usaha beternak ayam petelur secara kecil-kecilan. Berjalan waktu dengan memiliki modal keahlian dan keterampilan yang semakin hebat dalam ternak ayam petelur dan bertambah modal uang maka bisa membuka usaha peternakan ayam petelur skala besar.

Modal utama dalam berbisnis ternak ayam petelur adalah tersedianya pasokan ayam petelur yang siap telur. Berdasarkan sumber berita yang dapat dipercaya bahwa untuk harga ayam petelur dewasa (pullet) siap telur terkini sebesar Rp 45 ribu per ekor.