Rincian Biaya Modal Usaha Jual Ganset dari Awal hingga Buka

10 April 2018

Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari listrik. Berbagai peralatan elektronik di rumah seperti televisi, kulkas, komputer,mesin cuci, blender, setrika, magic com, radio, dan lain sebagainya memerlukan pasokan listrik untuk menjalankannya. Sehingga jika terjadi pemadaman listrik sementara dari pihak PLN bisa berakibat besar bagi kehidupan masyarakat. Dari mulai level ibu rumah tangga hingga tingkat perusahaan. Masyarakat akan sedikit terganggu dengan pemadaman listrik dari pihak PLN. Karena sebagian besar aktifitas pekerjaan harian menggunakan listrik. Hal itu membuat munculnya peluang bisnis baru yakni usaha jual ganset

Rincian Biaya Modal Usaha Jual Ganset dari Awal hingga Buka
Bagi anda pemula yang berminat untuk membuka usaha jual ganset yang menjanjikan dan menguntungkan, berikut ini rincian biaya modal usaha jual ganset dari awal hingga buka, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi usaha jual ganset mencakup:

1. Pembelian etalase Rp 2 juta
2. Belanja ganset 3 unit Rp 10 juta
3. Mobil untuk angkutan barang Rp 30 juta

Total biaya investasi sebesar Rp. 42 juta

▪ Biaya Operasional
Biaya operasional usaha genset meliputi:

1. Sewa lokasi usaha Rp 400 ribu perbulan
2. Biaya promosi Rp 200 ribu
3. Biaya listrik dan biaya tak terduga Rp 600 ribu

Total biaya operasional perbulan sekitar Rp 1,2 juta.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Genset bagi Pemula
Jika anda tidak mempunyai modal keuangan yang cukup besar untuk membuka usaha jual genset maka anda bisa mencari sumber modal usaha secara mudah. Dengan cara meminjam kepada kedua orangtua, sanak kerabat, anggota keluarga yang kaya, teman, sahabat dan tetangga serta kenalan yang mempuyai uang berlebih. Tawarkanlah sistem kerjasama dimana anda sebagai seorang pengusaha dan yang lainnya sebagai investor dengan jaminan keuntungan yang sangat menjanjikan.
usaha ganset, bisnis ganset, usaha genset, mesin genset, ganset, jual ganset, modal genset

Ada banyak orang di luar sana yang mempunyai uang di rekening tabungan bank. Daripada disimpan di bank maka alangkah baiknya uang tersebut digulirkan untuk kepentingan usaha dan keuntungan lebih besar. Oleh sebab itu, untuk meyakinkan pemodal menanamkan uang pada bisnis genset maka anda harus menyiapkan proposal usaha bisnis genset yang meyakinkan beserta prospek dan rincian biaya modal yang dibutuhkan serta sistem pembagian keuntungan atau laba.

Analisis Bisnis Jual Genset
Perusahaan Listrik Negara disingkat PLN merupakan perusahaan satu-satunya yang memasok listrik ke seluruh Indonesia. Perusahaan BUMN ini telah bekerja optimal dalam melayani kebutuhan masyarakat terhadap listrik. Akan tetapi, pada waktu terjadi krisis energi. Tak jarang pihak PLN melakukan pemadaman secara bergilir di masyarakat. Hal inilah yang menimbulkan peluang usaha baru untuk membuka usaha jual ganset beserta bisnis jasa penyewaan ganset.

Di masyarakat Indonesia baik di perkotaan maupun pedesaan terpencil sudah tidak asing lagi dengan usaha jasa penjualan dan penyewaan genset. Usaha ini mengalami masa laris manis ketika musim nikah dan hajatan. Karena banyak masyarakat yang menggunakan jasa ini mengingat kebutuhan dan konsumsi akan listrik sangat besar. Sedangkan daya watt di rumah sangat kecil. Biasanya bisnis penyewaan genset dikombinasikan dengan usaha jasa wedding organizer.

Berdasarkan pengamatan penulis bahwa saat ini penggunaan ganset di berbagai instansi pemerintah, bank, perusahaan, minimarket dan kalangan lainnya sudah biasa. Mereka lebih memilih membeli ganset untuk mengatasi kekurangan pasokan listrik dari PLN. Sehingga ketika terjadi pemadaman listrik dari perusahaan listrik negara maka sejumlah minimarket, bank, instansi pemerintah dll tetap menyala listriknya dan beraktifitas sebagaimana biasa dengan pasokan listrik yang stabil dari mesin genset.

Prospek Bisnis Genset
Prospek bisnis genset saat ini sangat cerah dan menguntungkan. Mengingat pasokan listrik dari PLN terkadang kurang sehingga kerapkali terjadi pemadaman listrik bergilir. Hal ini dikarenakan pihak perusahaan listrik negara sedang mengalami kekurangan air dan batubara sebagai pembangkit listrik. Apalagi harga tarif dasar listrik bulanan di Indonesia semakin naik dari tahun ke tahun. Sehingga sebagian orang memilih untuk menggunakan ganset untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Apalagi bagi perusahaan sekelas minimarket yang memerlukan pasokan listrik secara konsisten.

Beberapa Pangsa Pasar dari Usaha Bisnis Genset
Salah satu cara agar usaha jualan genset sukses adalah memasarkan ganset sesuai pangsa pasar yang dituju. Hal ini menimbulkan pertanyaan siapa saja pangsa pasar dari usaha bisnis ganset. Berikut ini beberapa pangsa pasar dari usaha bisnis genset, antara lain:

1. Rumahtangga
Setiap rumahtangga tentunya memerlukan pasokan listrik secara konsisten. Apalagi rumah tangga yang hendak mengadakan acara pesta pernikahan, hajatan, pengajian, syukuran khitanan dan acara penting lainnya. Tentunya perlu adanya jaminan pasokan listrik terjaga dengan baik. Oleh sebab itu, kalangan inilah merupakan pangsa pasar terbesar dari bisnis penjualan dan penyewaan genset.

2. Perusahaan
Sebuah perusahaan untuk menjalankan operasional dan produksi usaha tidak bisa lepas dari listrik. Setiap alat produksi memerlukan pasokan listrik secara konstan untuk menjalankannya. Pasokan listrik yang kurang bisa mengakibatkan proses produksi terhambat. Oleh karenanya, mereka menggunakan jasa penyewaan genset bahkan membeli genset untuk mengantisipasi kekurangan akan pasokan listrik setiap harinya.

Cara Sukses Memulai Usaha Jual Genset bagi Pemula
Untuk membuka usaha jual ganset dan penyewaan genset bisa dibilang sangat mudah. Bisnis rental ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk lebih lengkap, berikut ini cara sukses memulai usaha jual genset bagi pemula, antara lain:

1. Berani mencoba
Anda tidak akan mengetahui sebuah usaha berhasil atau tidak kecuali dengan mencobanya. Begitupula dalam memulai bisnis genset. Anda perlu keberanian untuk memulai bisnis ini.

2. Mempunyai modal usaha yang mencukupi
Modal yang paling utama untuk membuka usaha jual genset adalah membeli genset untuk dijual kembali atau disewakan kepada masyarakat. Sedangkan harga genset saat ini tidaklah murah. Anda membutuhkan modal uang yang cukup besar untuk membeli genset.

3. Memahami cara kerja genset
Untuk sukses memulai usaha jual ganset dan rental genset maka anda terlebih dahulu mesti menguasai cara kerja mesin genset. Dimulai dari wawasan dasar mengenai apa itu genset, cara memperbaiki genset, komponen-komponen yang ada di dalam genset beserta fungsinya dll. Anda bisa mempelajari semua itu dari buku atau majalah maupun berguru langsung kepada para pengusaha genset yang berpengalaman dan telah sukses.

4. Membuka usaha jual genset di lokasi strategis
Dengan lokasi usaha yang strategis maka masyarakat akan mengenal dengan mudah bisnis jualan genset yang sobat tekuni. Dan memudahkan bertambahnya jumlah konsumen dan pelanggan.

5. Menyediakan pelayanan lengkap
Selain membuka usaha jual genset maka anda bisa memperluas usaha dengan membuka usaha rental genset. Dikarenakan masyarakat saat ini sudah sangat pintar. Ketimbang membeli genset dengan harga mahal dan membutuhkan biaya perawatan maka mereka memilih untuk menyewa genset dengan biaya yang lebih murah. Kemudian anda bisa melengkapi usaha dengan bisnis reparasi genset di daerah anda.

6. Bekerja keras dan rajin berpromosi
Kesuksesan usaha jual dan rental genset ditentukan oleh anda sendiri sebagai pihak pengelola. Salah satu cara sukses memulai usaha jual ganset bagi pemula adalah rajin berpromosi dan bekerja keras. Hanya dengan sifat inilah keberhasilan bisnis ganset akan mudah dicapai.

7. Berdoa kepada Tuhan
Sebuah usaha yang dikerjakan tanpa berdoa kepada Tuhan akan dipandang sebagai sifat sombong. Oleh karena itu, setelah anda maksimal bekerja mengembangkan usaha jual ganset selanjutnya adalah menyerahkan hasil kepada Tuhan.

Cara Memasarkan dan Mempromosikan Usaha Genset
Genset adalah suatu pembangkit listrik yang praktis dan mudah. Dan jarang sekali orang menggunakannya. Apabila anda sebagai pemula dalam bisnis genset tentu akan kebingungan dalam memasarkan bisnis ini. Oleh sebab itu, penulis akan menjelaskan beberapa cara memasarkan dan mempromosikan usaha ganset, antara lain:

1. Membagikan brosur
Anda bisa membagikan brosur usaha jual ganset dan penyewaan ganset di daerah anda. Jika ada yang tertarik menggunakan jasa anda pastinya mereka akan membeli genset atau menyewa genset dari anda.

2. Memasang iklan di media sosial
Seiring dengan kemajuan teknologi, anda bisa memperbesar pangsa pasar dengan beriklan di media sosial seperti twitter, whatsapp, facebook, instagram, line, marketplace dan lain sebagainya. Tawarkanlah harga jual ganset yang terjangkau dan lebih murah dari pesaing.

3. Beriklan di radio dan televisi lokal

4. Memasang spanduk, reklame, pamflet, dan umbul-umbul

5. Merekrut tenaga pemasaran secara keliling atau door to door

Harga Rental Genset
Bisnis genset merupakan jenis usaha rental yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa  listrik. Sehingga anda harus memperhatikan kualitas layanan yang diberikan. Salah satu pelayanan terbaik yang bisa diberikan pada konsumen adalah menawarkan harga rental genset dengan harga yang lebih murah daripada pesaing. Sehingga calon konsumen tertarik untuk menggunakan usaha jasa rental genset yang anda kelola.

Untuk harga rental genset bervariasi. Di setiap daerah dan wilayah harga rental genset berbeda-beda. Namun umumnya harga rental genset perhari sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. Anda bisa menyediakan genset yang berkualitas bagus kepada konsumen. Dengan sistem pembayaran bisa diangsur atau dicicil menggunakan uang muka terlebih dulu.