4 Keuntungan Investasi Apartemen yang Bisa Anda Dapatkan

11 November 2016

Jika dahulu properti vertical apartemen hanya bisa dijumpai di kota besar seperti Jakarta, namun kini kita dapat menyaksikan bangunan apartemen di kota Bandung, Cimahi, Sumedang dan kota lainnya di Indonesia. Hal ini tak terlepas dari bisnis pembangunan apartemen sangat menguntungkan.

Setiap tahun terus bermunculan sejumlah proyek pembangunan apartemen terutama di kota besar yang berada di lokasi strategis berdekatan dengan pusat pendidikan, pusat perkantoran, pusat kota, berdekatan dengan fasilitas umum dan lain-lain.

Prospek Investasi Apartemen
Pembangunan apartemen yang kian gencar dikarenakan permintaan masyarakat sangat tinggi terhadap apartemen. Bertempat tinggal di apartemen menjadi gaya hidup (life style) orang jaman kini yang mau serba praktis dan simpel. Mereka menamakan diri masyarakat dinamis dan moderen.

Setiap pembangunan apartemen selalu ada peminat yang membelinya. Penjualan apartemen laris manis belakangan ini yang letaknya sangat strategis. Setiap tahun penjualan properti apartemen mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Banyak orang lebih memilih bertempat tinggal di apartemen ketimbang rumah kontrakan atau kost-kostan.
keuntungan investasi apartement, bisnis apartement, apartement, investasi properti, properti

Faktor lain yang menjadi penyebab tingginya penjualan apartemen di Indonesia karena budaya bangsa yang kini mulai beralih ke segala sesuatu yang praktis dan mudah. Mereka tidak ingin terjebak ke dalam kemacetan panjang yang melanda sebagian kota besar di Indonesia. Mereka tidak ingin terjebak banjir dll. Oleh karena itu, mereka ingin mudah dalam beraktifitas kerja dan kuliah. Sehingga memilih membeli atau menyewa properti apartemen yang berdekatan dengan tempat kuliah atau tempat mereka bekerja. Dan akhirnya mereka bertempat tinggal dalam apartemen tersebut.

Pendek kata, prospek investasi apartemen sangat menjanjikan. Permintaan yang tinggi terhadap apartemen menimbulkan peluang usaha menguntungkan bagi developer. Keuntungan bukan hanya ratusan juta rupiah tapi sampai ratusan milyar atau triliunan persekali proyek pembangunan apartemen di lokasi strategis pusat kota. Namun bagi anda yang ingin memanfaatkan peluang usaha investasi apartemen bisa melakukan investasi apartemen dengan modal kecil tapi untung besar. Bagaimana caranya?

Caranya anda membeli satu unit atau beberapa apartemen kemudian menyewakannya kepada orang lain. Keuntungan yang didapatkan berupa pendapatan tetap. Dan ini merupakan penghasilan pasif. Ketika kita tidak bekerja dan sedang tidur, penghasilan uang dari sewa mengalir terus. Namun supaya sukses investasi apartemen tidaklah gampang. Diperlukan kerja keras, ilmu, dan strategi tertentu. Dibutuhkan juga pengetahuan mengenai kelebihan dan kekurangan investasi apartemen.

4 Keuntungan Investasi Apartemen yang Bisa Anda Dapatkan
Berikut ini beberapa keuntungan dan kelebihan investasi apartemen yang bisa sobat segera dapatkan, antara lain:

Permintaan Tinggi
Salah satu keunggulan investasi apartemen adalah adanya demand atau permintaan yang sangat tinggi terhadap kebutuhan apartemen. Khususnya di daerah pusat bisnis, wilayah dekat kampus, daerah pemukiman ekspatriat contohnya di Jakarta daerah Kemang dll. Sehingga investasi apartemen dipastikan sangat menjanjikan dan menguntungkan sekali.

Jangka Waktu Sewa Menengah
Keuntungan berikutnya dari investasi apartemen adalah jika disewakan maka jangka waktu sewa bersifat menengah sekitar dua hingga tiga tahun. Jangka waktu sewa tidak terlalu pendek maupun panjang. Namun bersifat menengah atau pas sehingga menguntungkan bagi pemilik properti apartemen.

Kondominium atau disebut juga apartemen umumnya disewa oleh para penyewa karena mereka ingin mendekatkan diri dengan lokasi aktifitas kerja atau menuntut ilmu sehari-hari misalnya lokasi kampus atau kantor. Sehingga masa sewa bersifat menengah sekitar dua sampai tiga tahun.

Tingkat Hunian Tinggi
Selanjutnya keunggulan dan kelebihan dari investasi properti apartemen adalah tingkat hunian apartemen sangat tinggi. Sehingga resiko kekosongan penyewa apartemen sangat rendah.

Dan apabila penyewa apartemen sudah betah dan nyaman bertempat di apartemen tersebut maka mereka akan memperpanjang masa sewa. Sedangkan di luar sana masih banyak orang yang mencari unit-unit apartemen untuk disewa dan dihuni sebagai tempat tinggal. Tingkat hunian yang tinggi dari apartemen tak terlepas dari budaya masyarakat sekarang yang sudah biasa bertempat tinggal di bangunan vertikal apartemen.

Capital Gain Lancar
Dikarenakan tingkat hunian apartemen tinggi dan jarang sekali terjadi kekosongan penyewa maka investasi apartemen memiliki capital gain lancar atau memiliki penghasilan sewa yang lancar dan bagus.

Untung Rugi Beli Apartemen
Disamping memiliki kelebihan, bisnis properti apartemen mempunyai kekurangan. Hal itu perlu dipahami seorang calon investor apartemen agar tidak rugi di kemudian hari. Adapun yang menjadi kekurangan investasi apartemen adalah:

Lokasi Tidak Strategis
Seiring dengan permintaan masyarakat yang begitu tinggi terhadap apartemen membuat beberapa perusahaan developer membangun berbagai kompleks apartemen. Dan kadangkala untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan properti apartemen mereka membangun apartemen secara serampangan dan tak layak. Misalnya lokasi apartemen jauh dari pusat keramaian dan jauh dari pusat kota. Hal ini membuat investasi apartemen sangat tidak menjanjikan di lokasi tersebut. Oleh sebab itu, sobat harus cermat dalam memilih investasi apartemen yang layak dan prospektif. Misalnya lokasi apartemen pastikan berada di lokasi strategis.

Manajemen Gedung Buruk
Hal lain yang bisa menjadi kekurangan investasi apartemen adalah manajemen gedung yang buruk. Sehingga banyak apartemen di lokasi bagus menjadi kosong oleh para penyewa dikarenakan hal itu. Oleh sebab itu, pastikan investasi apartemen anda berada dalam manajemen gedung yang bagus. Seperti mengutamakan kenyamanan para penghuni, menyediakan dan merawat fasilitas umum secara baik meliputi lift, kolam renang, dll.

Buku Andika Sutoro Putra
Jika anda ingin sukses berinvestasi apartemen maka anda bisa berguru pada investor apartemen yang berhasil dan kaya raya asal Indonesia yakni pria bernama lengkap Andika Sutoro Putra. Pria tampan ini sudah menulis bukunya tentang kiat investasi apartemen yang sukses.

Mungkin sebagian orang masih belum mengenal yang namanya biografi Andika Sutoro Putra. Padahal dia adalah salah seorang pengusaha properti yang kaya raya dan sukses di usia muda. Keberhasilannya tak terlepas dari semangat kerja keras dan sikap pantang menyerah yang dimilikinya dalam bisnis apartemen.

Pria yang akrab disapa Putra ini sejak kecil dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang sangat sederhana. Pada waktu duduk di sekolah dasar, tidak ada prestasi akademik yang membanggakan. Justeru nilai-nilai mata pelajaran di sekolahnya sangat rendah. Sehingga kerapkali kepala sekolah memanggil kedua orangtua Putra untuk melakukan bimbingan dan peringatan terhadap anaknya. Bayangkan saja setiap tahun ia selalu menempati rangking 37 dari jumlah 38 orang siswa.

Andika Sutoro Putra sebagaimana anak seusianya terus bermain dengan teman-temannya. Sedangkan ayahanda tercintanya sibuk bekerja di sebuah bengkel daerah Singkawang Propinsi Kalimantan Barat. Semenetara itu ibunda tercinta seorang ibu rumahtangga biasa yang terus memotivasi Putra agar bisa berprestasi dalam nilai akademik di sekolah.

Pada suatu hari, Putra berkenalan dengan seorang penjual CD suara burung walet secara online. Kemudian Putra mencoba menjual compact disk suara walet secara online pula. Tak disangka para pembeli membludak. Ia kewalahan melayani pesanan pembelian cd bunyi suara burung walet secara online. Pada akhirnya, ia mampu mendulang uang sebanyak ratusan juta rupiah per bulan.

Masih remaja sudah mampu menghasilkan uang ratusan juta rupiah per bulan merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Namun Putra tetap merendah. Dan pada waktu remaja tersebut, Putra lebih memilih menginvestasikan uangnya untuk mengikuti kelas pelatihan dan bimbingan dari motivator ternama Indonesia Tung Desem Waringinjati. Ia tidak tertarik menggunakan uangnya untuk berfoya-foya dan bersenang ria.

Ilmu revolusi marketing, pemasaran dan bisnis yang diberikan Tung Desem Waringin membekas dalam hidupnya. Putra pun mendirikan beberapa bisnis di daerah Jakarta dan Singkawang. Patut disyukuri, ternyata banyak sanak kerabat dan saudara dekatnya yang membantu dan mendukung usaha yang dijalankan pria tampan ini. Dari usaha garmen, kuliner, properti, interior sampai investasi apartemen dilakukan Putra. Sekarang pria supel ini mempunyai tiga proyek properti apartemen yang berada di tiga daerah yakni investasi apartemen di Bandung, Bintaro dan pulau dewata Bali.

Kesuksesan yang diraih Putra tidaklah selalu berjalan mulus. Seringkali dalam merintis berbagai usaha dan bisnis itu ia mengalami kegagalan. Misalnya dalam dua tahun saja banyak bisnis miliknya yang gulung tikar dan gagal. Lalu ia pernah ditipu oleh sebuah investasi bodong dan lain sebagainya. Kerugian uang sebesar ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah telah ia alami yang tidak membuatnya jera. Ia malahan belajar banyak dari kegagalan tersebut dan tidak mengulanginya lagi.

Kini investasi dan usaha yang terus menguntungkan bagi keuangan Putra adalah investasi sahamnya di bursa efek Indonesia. Walaupun usianya terbilang muda, pria yang sedang menuntut ilmu di Universitas Pelita Harapan jurusan manajemen ini telah meraih keberhasilan usaha sebagai pengusaha muda yang sukses dan kaya raya dengan mempunyai beberapa buah mobil dan empat kompleks properti apartemen yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Berikut ini sejumlah bisnis dan investasi yang dilakukan Andika Sutoro Putra antara lain: Investasi 22 rumah toko di daerah Kalimantan Barat menggunakan bendera perusahaannya bernama Magenta Development, bisnis properti perumahan, usaha kuliner dengan membuka restoran es krim, pungopang, restorant dessert gaya korea di daerah Pantai Indah Kapuk, dan lain sebagainya.

Kepada generasi muda, pendiri Komunitas Wirausaha Muda ini berpesan agar dapat mengubah cara berpikir kolot dari mencari pekerjaan sebagai karyawan ketika lulus kuliah dengan berpikir bagaimana caranya menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan demikian akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi diri sendiri dan orang lain.