Cara Membeli Apartemen Murah di Lokasi Strategis

02 Juni 2017

Penulis terkaget-kaget dengan pertumbuhan apartemen di kota Bandung, Cimahi dan Jatinangor Sumedang. Berbagai apartemen tumbuh subur di berbagai lokasi bak jamur di musim hujan. Hal ini dikarenakan minat masyarakat yang sangat tinggi terhadap hunian apartemen baik sebagai tempat tinggal maupun investasi yang menguntungkan. Namun apartemen yang berdiri di berbagai tempat di Indonesia berdiri di tempat yang padat penduduk dan strategis. Seperti dekat pusat pendidikan, sekitar pusat perkantoran, dan lain sebagainya.

Keuntungan Membeli Apartemen
Selain sebagai hunian, apartemen bisa dijadikan investasi. Hal inilah yang membuat berbagai apartemen yang berdiri di berbagai kota besar di Indonesia laris manis dibeli para konsumen sekaligus investor terutama kalangan kawula muda, mahasiswa, karyawan, dll. Membeli apartemen tidak akan pernah rugi. Karena harga apartemen setiap tahun selalu meningkat pesat. Yang menjadikannya investasi yang menguntungkan terutama bagi investor pemula.  

Peningkatan kenaikan harga apartemen bervariasi tergantung lokasi apartemen. Jika apartemen berada di daerah strategis maka peningkatan lumayan pesat. Sedangkan apabila apartemen berada di daerah yang kurang strategis maka peningkatan harga agak lambat. Oleh sebab itu, pastikan dalam berinvestasi apartemen memilih membeli apartemen di lokasi yang strategis dengan harga murah. Hal ini supaya keuntungan investasi apartemen didapatkan secara optimal dan cepat.
cara membeli apartemen murah, apartemen murah, apartemen, beli apartemen, properti

Ada banyak keuntungan dari membeli apartemen. Salah satunya adalah sebagai tempat hunian yang aman dan nyaman. Selain itu sebagai investasi yang menjanjikan saat ini. Banyak investor yang kaya dari investasi apartemen. Melihat menggiurkan keuntungan investasi apartemen, setiap orang bisa memulai usaha investasi ini dengan cara membeli apartemen murah di daerah strategis seperti Jakarta Selatan. Dan beberapa waktu kemudian menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi atau menyewakannya dengan harga sewa apartemen perbulan atau pertahun.

Tips Membeli Apartemen Untuk Investasi Bagi Pemula
Pada tahap awal untuk memulai investasi properti apartemen tentu sobat harus mengetahui cara membeli apartemen yang baik dan benar. Berikut ini sekumpulan tips membeli apartemen murah di lokasi yang strategis untuk investasi, antara lain:

1. Memahami Lokasi Properti
Lokasi usaha yang strategis merupakan hal mutlak bagi setiap jenis investasi properti. Seperti rumah kontrakan, kost kostan, investasi tanah, ruko, tempat tinggal dan lain-lain. Begitupula dalam investasi apartemen dibutuhkan lokasi yang strategis supaya anda sukses melakukan investasi properti apartemen. Dengan lokasi apartemen yang berada di daerah strategis maka kenaikan harga jual apartemen semakin tinggi per tahun. Begitupula harga sewa apartemen terbilang tinggi.

Contoh lokasi apartemen yang strategis antara lain berada di dekat pusat pendidikan seperti perguruan tinggi atau universitas, dekat dengan bank, sekitar rumah sakit, dekat dengan minimarket, sekitar pusat perkantoran, dekat pusat kota, dekat mall atau pusat perbelanjaan, dekat dengan akses jalan tol,  dan dekat dengan fasilitas umum lain sebagainya. Seperti di Bandung dan Yogya tumbuh subur apartemen yang berdiri di dekat kampus.

Selain itu, perhatikan juga kemudahan akses jalannya bagi apartemen bersangkutan. Dan memantau daerah sekitar. Apakah ke depannya prospek cerah seperti ada sesuatu yang luarbiasa akan dibangun di daerah tersebut yang mampu menarik perhatian banyak orang dan lain-lain. 

2. Memantau Harga Properti
Selain faktor lokasi strategis yang perlu diperhatikan dalam membeli properti apartemen, hal penting lain adalah masalah harga. Dengan membeli properti di tempat strategis dengan harga sangat murah maka keuntungan yang sobat dapatkan bisa sangat tinggi. Hal ini tentunya merupakan idaman bagi setiap investor pemula dan berpengalaman. Salah satu cara dengan mencari iklan di surat kabar atau papan yang bertuliskan “jual apartemen murah butuh uang.” Pemilik apartemen ini rela menjual apartemen di lokasi strategis dengan harga murah disebabkan butuh uang tunai saat itu untuk keperluan yang mendesak. Seperti biaya berobat dll. 

Namun anda jangan terjebak dengan harga apartemen yang murah meriah. Karena ada sebagian apartemen yang dijual dengan sangat murah disebabkan lokasi yang tak strategis. sehingga jika anda memaksakan membeli apartemen tersebut bukannya untung yang didapatkan tapi kerugian yang diderita. Misalnya harga apartemen jadi turun, sepi oleh para penyewa dan lain-lain.

3. Survey Lingkungan Apartemen
Bangunan apartemen memiliki karakteristik, desain dan layanan tersendiri. Pastikan anda membeli apartemen dengan fasilitas lingkungan pendukung tambahan yang membuat nyaman penghuni. Seperti adanya lahan parkir yang luas, penjagaan sangat ketat 24 jam, adanya ruang terbuka hijau dengan aneka tanaman hias, adanya minimarket atau pusat perbelanjaan terdekat, ada jasa cleaning service, adanya kolam renang, pemandangan indah, ada taman untuk jalan-jalan, refreshing atau olahraga dan fasilitas lainnya.

Semakin lengkap fasilitas yang disediakan pihak apartemen maka semakin mahal harga jual apartemen. Dan kian menguntungkan investasi properti apartemen tersebut. Sesuai teori investasi bahwa semakin lengkap fasilitas apartemen maka semakin mahal harga jual apartemen di pasaran. Yang peningkatan harga jual sangat tinggi per tahun. Oleh sebab itu, pastikan anda membeli apartemen di lokasi strategis dengan harga murah dan fasilitas yang sangat komplit. Agar investasi anda tidak sia-sia.

Jadi sebelum anda membeli apartemen pastikan dulu fasilitas-fasilitas apa saja yang akan anda dapatkan. Dan lihat pula bagaimana pemeliharaan dari fasilitas-fasilitas tersebut. Jangan sampai fasilitas itu tidak dipelihara dengan baik dan konsisten. Yang bisa mengakibatkan kerugian dalam investasi apartemen di lokasi strategis dengan harga murah.     

4. Melihat Kredibilitas Pengembang
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam membeli apartemen di lokasi strategis adalah melihat citra atau kredibilitas pengembang atau penjual apartemen. Pastikan anda membeli apartemen dari pihak pengembang terpercaya, bertanggungjawab, profesional dan memiliki reputasi atau kredibitas sangat bagus di masyarakat. Dengan demikian, tidak akan terjadi tindakan penipuan dalam pembangunan apartemen.

Salah satu cara melihat reputasi pihak developer baik atau tidak adalah dengan melihat apartemen-apartemen yang sudah dibangun sebelumnya. Dan seberapa banyak apartemen yang dibangun serta tingkat kepuasan pembelinya. Lihat pula kontraktor dan desainer dari perusahaan mana yang digunakannya. Dengan begitu, anda merasa yakin dengan pihak pengembang maka semakin percaya pembelian apartemen akan sangat menguntungkan. Karena jika apartemen dijual lagi akan lebih tinggi seperti pengalaman sebelumnya.    

5. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Dalam membeli apartemen pastikan anda membelinya sesuai kebutuhan. Dan bukan atas dasar keinginan. Contoh, pada saat ini anda berstatus lajang yang memerlukan sebuah apartemen dengan sederhana. Tapi ingat di masa mendatang, anda akan berumahtangga dan pastinya membutuhkan apartemen yang lebih luas. Oleh sebab itu, pikirkanlah masa depan dalam membeli properti apartemen. Dengan demikian, pilihan tepat adalah anda membeli properti apartemen dengan ruangan minimal sebanyak dua kamar. Supaya pembelian properti apartemen tidak dilakukan dua kali.

6. Meneliti Status Tanah
Aspek selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam membeli properti apartemen di lahan strategis dengan harga murah adalah memastikan status hak tanah di atas apartemen bukanlah tanah yang masih berstatus sewa atau dalam sengketa. Lihat pula keaslian dan keabsahan dokumen tanah tersebut dan pastikan tidak berada dalam jaminan bank.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam pembelian apartemen, sobat hendaknya didampingi oleh pihak pemerintahan daerah setempat dan notaris sebelum terjadi transaksi jual beli properti apartemen. Belilah apartemen dengan menggunakan teknik kepemilikan sistem bersama secara vertikal atau horizontal.

7. Cara Membeli Apartemen
Ada dua pilihan dalam membeli apartemen yakni secara cash maupun kredit. Anda bisa memilih membeli apartemen disesuaikan dengan keuangan yang sobat miliki. Jika secara tunai maka modal uang yang dibutuhkan lumayan besar. Namun apabila membeli properti apartemen secara mencicil pastikan anda membayar cicilan secara tepat waktu. Yang lebih bagus dalam membeli apartemen adalah secara tunai.

Selain itu dalam membeli apartemen disesuaikan dengan kemampuan finansial anda. Jangan terlalu memaksa diri untuk membeli properti dengan harga sangat mahal yang dapat memberatkan keuangan anda. Karena jika anda melakukannya sangat riskan terjadinya kegagalan dalam investasi apartemen tersebut. Biasanya properti apartemen yang berada di daerah strategis dijual dengan harga mahal sekali.

Cara Membeli Apartemen Murah di Lokasi Strategis
Sebenarnya ada banyak cara membeli apartemen di lokasi strategis dengan harga murah, antara lain:

1. Membeli apartemen saat pre-launch atau seawal mungkin. Karena pada saat ini atau sebelum launching sebuah apartemen di lokasi strategis dijual dengan harga lebih murah. Nanti berjalan waktu, harga apartemen merangkak naik. Pendek kata, waktu inilah atau pre-launch saat tepat untuk membeli apartemen yang bagus dengan harga yang jauh lebih murah. Selain itu, pada saat ini waktu yang tepat bagi anda untuk bisa memilih unit apartemen yang terbaik sesuai kebutuhan investasi dan hunian

2. Manfaatkan jaringan dan informasi. Anda perlu membangun relasi atau jaringan dengan segala orang yang memiliki informasi seputar pembangunan apartemen di berbagai lokasi strategis. Kelak mereka bisa memberikan informasi kepada anda secara lengkap mengenai pembangunan apartemen termasuk kapan apartemen tersebut dijual dengan harga lebih murah dan dapat dibeli oleh umum

3. Gunakan kolektifitas. Membeli apartemen secara sendirian sangat berbeda dengan membeli apartemen secara kolektif. Harga apartemen akan lebih murah jika membelinya secara berkelompok. Oleh sebab itu, pastikan anda mempunyai kumpulan kelompok dalam membeli apartemen untuk mendapatkan harga apartemen yang jauh lebih murah. 

Demikianlah cara cerdas membeli apartemen di lokasi strategis dengan harga murah. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.