Keuntungan Bisnis Pulsa Elektrik dan Cara Memulai Usahanya

21 Mei 2017

Gerai usaha konter pulsa beserta perlengkapan aksesoris hp, voucher pulsa, kartu perdana, dan pulsa elektrik sudah sering kita temukan di berbagai sudut jalan. Tingkat persaingan bisnis konter pulsa elektrik sangat tinggi. Sehingga ada sebagian usaha konter pulsa yang bangkrut. Dan ada lagi yang terus berkembang pesat hingga mempunyai beberapa downline dan cabang.

Bisnis Pulsa Termurah
Jika anda ingin mencari peluang usaha menguntungkan dengan modal kecil maka banyak pilihan jenis usaha. Salah satunya bisnis pulsa elektrik termurah bisa menjadi pilihan utama. Bisnis ini mudah dikerjakan tanpa perlu keahlian khusus. Ada banyak konsep pilihan dalam usaha jualan pulsa elektrik, antara lain:

1. Bisnis konter pulsa elektrik skala kecil
2. Bisnis pulsa elektrik non konter alias keliling
3. Bisnis konter pulsa elektrik skala besar

Salah satu aspek yang sangat mendukung kesuksesan bisnis pulsa elektrik adalah lokasi usaha. Anda harus membuka konter pulsa elektrik di tempat strategis yang banyak dilalui orang. Seperti di sekitar permukiman warga masyarakat yang padat penduduk. Kemudian lihat pula budaya, demografi dan kebiasaan mereka dalam membeli pulsa elektrik. Sebab jika berada di lingkungan perumahan kalangan menengah ke atas, usaha pulsa elektrik kurang menjanjikan. Karena mereka kebanyakan tidak membeli pulsa di usaha counter pulsa dan perdana tapi memakai fasilitas bank.
keuntungan bisnis pulsa, usaha pulsa elektrik, bisnis pulsa, usaha pulsa, pulsa hp

Keuntungan Bisnis Pulsa Elektrik
Secara garis besar keuntungan bisnis pulsa elektrik lumayan banyak, antara lain:

▪ Pasar Luas
Setiap orang hampir dipastikan mempunyai satu buah handphone bahkan lebih. Seperti adik penulis yang bernama Yani Nuraeni seorang PNS di puskesmas yang memiliki tiga buah ponsel pintar. Dari kalangan anak-anak sekolah sampai orang lanjut usia atau lansia mempunyai ponsel sebagai sarana komunikasi.

Peluang usaha inilah yang diambil sebagian pengusaha pemula untuk membuka konter usaha jual pulsa elektrik di rumah.

▪ Modal Kecil
Untuk memulai cara bisnis pulsa elektrik all operator dan m-kios bisa dengan modal kecil. Seperti Rp 50 ribu untuk deposit.

▪ Fleksibel
Lokasi usaha berupa konter dalam berjualan pulsa elektrik tidak harus ada. Sebab bisnis pulsa elektrik bisa dijalankan tanpa lokasi. Yang penting anda mempunyai satu buah handphone untuk bertransaksi pulsa.

Cara Memulai Usaha Pulsa Elektrik
Tanpa berbelit-belit bagi anda yang ingin mengeruk keuntungan besar dari bisnis pulsa elektrik, berikut ini cara dan langkah-langkah dalam cara berjualan pulsa untuk pemula dari awal sampai siap buka, antara lain :

▪ Memilih Lokasi
Ada banyak lokasi usaha di suatu daerah. Namun untuk membuka usaha counter pulsa diperlukan lokasi usaha yang tepat atau berada di dekat pangsa pasar yang dibidik. Lokasi usaha konter pulsa elektrik dan aksesorisnya sangat menentukan keberhasilan usaha ini hingga 90 persen. Oleh sebab itu, sobat harus memilih lokasi usaha konter pulsa di tempat strategis. Misalkan di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lalang orang dan kendaraan bermotor, sekitar pusat keramaian contoh dekat kampus, dekat universitas, sekitar sekolah, dekat pusat perkantoran, dll.

Mengingat betapa mahalnya harga sewa tempat di lokasi strategis bagi usaha counter pulsa elektrik dan perdana perbulan bisa mencapai Rp 600 ribu maka sobat bisa menggunakan ruangan di depan rumah sebagai lokasi konter pulsa elektrik dan voucher, kartu perdana dan aksesoris. Yang penting lokasi usaha konter banyak dilalui orang atau mudah dijangkau dan dilihat orang dengan calon konsumen sangat banyak.

Hal ini dilakukan oleh rekan penulis yang membuka usaha konter pulsa elektrik di depan rumah. Sehingga menguntungkan dan mengetahui secara mendalam bisnis ini beserta resiko kerugian. Kemudian untuk memperluas pangsa pasar ia membuka bisnis konter pulsa termurah di daerah lain.

Pendek kata, membuka usaha konter pulsa dan aksesoris secara rumahan sangat cocok dijalankan bagi pemula. Sehingga ia mengetahui seluk beluk bisnis pulsa, cara melayani pelanggan, meningkatkan penjualan, cara menangani komplain masalah, menangani rugi dan lain sebagainya. Tanpa perlu takut rugi besar. Jika usaha pulsa di rumah untung besar dan menguasai bisnis pulsa elektrik baru boleh dicoba untuk membuka usaha konter pulsa di daerah lain dengan sistem sewa.

Yang penting lokasi usaha konter pulsa adalah berada di dekat pangsa pasar yang utama. Misal dekat kost kostan mahasiswa atau dekat permukiman karyawan. Namun bagi anda yang mempunyai modal uang terbatas maka anda bisa membuka usaha konter pulsa elektrik di depan rumah. Walaupun konsep rumahan, bisnis konter pulsa elektrik didesain sedemikian rupa hingga tampak profesional. Seperti menyediakan etalase, melengkapi dengan aksesoris hp, kartu perdana dll.

▪ Membeli Perlengkapan Counter Pulsa Termurah
Belanja Perlengkapan dan Peralatan Konter Pulsa yang meliputi:

1. Etalase. Etalase yang disesuaikan dengan ukuran ruangan konter pulsa. Untuk membeli etalase anda bisa membeli di toko pembuatan dan penjualan etalase terdekat. Harga etalase baru sekitar Rp 1 juta per unit. Sedangkan harga etalase bekas sekitar Rp 600 ribu per unit.

2. Kursi plastik bagi konsumen dan penjual. Harga kursi Rp 100 ribu. Jika anda membeli 10 kursi maka uang yang dibutuhkan sebesar Rp 1 juta.

3. Kartu perdana. Harga sekitar Rp 15 ribu.

4. Rak gantungan aksesoris. Harga Rp 200 ribu

5. Handphone untuk transaksi pulsa. Harga Rp 200 ribu

6. Banner atau Spanduk.Harga Rp 100 ribu. Hal ini dibutuhkan bagi usaha konter pulsa elektrik untuk menambah minat beli konsumen. Atau jika ingin mendapatkan banner dan spanduk gratis, anda bisa memintanya ke pihak telkomsel, xl, indosat, axis dan provider pulsa lain sebagainya secara langsung. Namun anda lebih dulu harus daftar menjadi distributor pulsa langsung dari Telkomsel, xl, indosat, axis, dll.

Cara jualan dan bisnis pulsa elektrik sendiri sangat menyenangkan. Sebab usaha ini tak mengenal istilah rugi. Kalau usaha jualan pulsa elektrik tidak laku. Maka pulsa nominalnya tetap utuh dan bisa digunakan oleh sendiri tanpa mengenal masa kadaluarsa.

▪ Mencari distributor pulsa langsung dari Provider
Langkah berikutnya adalah membeli pulsa bisa langsung dari provider dengan harga murah. Seperti xl, telkomsel, indosat, axis dll. Namun bisa juga satu chip all operator yang dilakukan oleh penulis. Tapi keuntungan lebih kecil ketimbang satu chip satu operator. Seperti m-kios yang keuntungan lebih besar. Untuk mencari pemasok pulsa atau distributor pulsa besar sangat mudah. Anda bisa mendapatkannya di wilayah terdekat ataupun mencarinya di internet. Setelah menemukannya, sobat diwajibkan untuk melakukan deposit pulsa minimal Rp 50 ribu untuk mulai bisnis pulsa elektrik.

Deposit pulsa inilah yang digunakan untuk mengisi pulsa elektrik, mengisi pulsa token listrik, dan pembayaran tagihan PDAM atau Telkom dan PLN. Mengisi deposit pulsa besarannya terserah anda. Minimal Rp 50 ribu. Lebih dari itu lebih bagus sehingga anda tidak harus sering deposit. Karena deposit pulsa dalam jumlah besar, pulsa tidak akan terkena masa kedaluarsa. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi deposit pulsa yang tidak pernah akan rugi dan kadaluarsa walau mengisinya dalam jumlah besar maupun kecil.

Hal ini berbeda jika anda melakukan pembelian voucher fisik dan kartu perdana yang memiliki masa kadaluarsa. Sehingga pelaku usaha pulsa elektrik tidak akan pernah rugi. Yang kemungkinan terjadi kerugian pada jualan voucher fisik dan kartu perdana yang jika tak terjual bisa mengalami masa kadaluarsa. Sehingga tidak bisa digunakan lagi. Kerugian seperti ini sudah biasa dialami para pengusaha bisnis pulsa elektrik yang melengkapinya dengan jualan voucher pulsa dan kartu perdana.

Sebagai panduan, berikut ini sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pemasok pulsa elektrik yang baik dan benar, antara lain:

1. Harga murah. Dengan harga murah maka anda bisa menjual pulsa elektrik dengan selisih keuntungan yang lebih besar. Dan anda bisa menjual pulsa elektrik dengan harga yang lebih murah dari pesaing.

2. Support. Pastikan support dan layanan sangat cepat tanggap. Hal ini untuk melancarkan bisnis pulsa elektrik secara cepat dan menguntungkan. Yang berdampak pada kepuasan konsumen semakin tinggi. Sebab seringkali penulis mendapatkan distributor pulsa atau pemasok pulsa elektrik lambat dalam merespon keluhan pelanggan yang mengakibatkan kaburnya para pelanggan.

Intinya pastikan harga pulsa murah tapi tidak murahan. Pelayanan dan respon sangat cepat. Pulsa cepat masuk. Hal ini akan membuat para pelanggan akan bertambah banyak dari hari ke hari.

▪ Mencari pemasok voucher fisik dan kartu perdana
Anda bisa mendapatkannya di konter grosiran yang besar di wilayah terdekat. Untuk mengantisipasi kerugian, anda bisa membeli kartu perdana dan voucher dalam jumlah sedikit. Misalnya lima buah kartu perdana setiap operator dengan masa kadaluarsa yang masih lama. Karena voucher pulsa dan kartu perdana mempunyai masa kadaluarsa sehingga anda harus teliti dalam membeli.

▪ Mencari pemasok aksesoris hp
Anda perlu melengkapi konter pulsa elektrik selain dengan kartu perdana, voucher pulsa juga dengan aksesoris hp. Sehingga usaha konter tampak komplit dan profesional. Untuk mendapatkan perlengkapan dan aksesoris hp, anda bisa membelinya di toko aksesoris hp yang komplit yang menjual dengan harga grosir dengan jumlah pembelian minimal sangat kecil. Kalau di Bandung seperti di BEC.

Semua itu baik menjual aksesoris hp, kartu perdana dan voucher pulsa hanyalah opsional atau tambahan. Jika anda memiliki modal terbatas maka tidak usah melengkapi dengan jualan ini. Karena bisnis utama anda adalah jualan pulsa elektrik.