Keuntungan Bisnis Sarang Walet dan Harga Perkilogramnya

08 Agustus 2016

Cita-cita semua orang mempunyai sebuah usaha yang menjanjikan. Dengan memiliki usaha seseorang bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun tidak mudah menentukan jenis usaha yang hendak digeluti. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Seperti kemampuan modal usaha, keterampilan yang dimiliki, sarana dan prasarana, dll. Salah satu bisnis alternatif yang bisa dijadikan pilihan pertimbangan adalah usaha sarang burung walet.

Tentu anda mengenal bisnis sarang walet. Usaha ini sudah popular sejak lama dan sudah banyak orang di Indonesia yang kaya raya berkat usaha ini dikarenakan mendatangkan keuntungan yang lumayan besar dengan harga jual sarang burung walet yang sangat tinggi. Hal ini tak terlepas karena sarang burung walet memiliki beberapa khasiat antara lain menyembuhkan penyakit paru-paru, penambah tenaga, melancarkan peredaran darah, menghilangkan panas dalam, dan lain sebagainya.
bisnis sarang walet, usaha sarang walet, burung walet, bisnis walet, harga sarang walet

Usaha sarang walet sangat cocok dijalankan di pedesaan yang jauh dari kebisingan. Karena di tempat inilah banyak berkeliaran burung walet dan menetap membuat sarang-sarang mereka. Seperti halnya di desa penulis, ada beberapa usaha rumahan sarang burung walet dengan pendapatan hingga ratusan juta per satu kali panen.

Pendek kata, yang diincar dari burung walet bukan suaranya tapi sarang burungnya yang memiliki nilai ekonomis lumayan tinggi. Sehingga sebagian orang kini mulai melakukan penangkaran dan budidaya burung walet. Mereka berharap dapat menghasilkan banyak uang dari bisnis sarang burung walet. Dan memang ada banyak orang yang berhasil menjadi jutawan dalam bisnis ini. Mereka adalah para investor yang berani mengeluarkan modal usaha yang sangat besar untuk membuka bisnis rumah burung walet. Atas kisah kesuksesan itulah, di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Kalimantan Selatan, Sulawesi, Semarang, Madiun, Madura dll sangat mudah ditemukan rumah usaha sarang burung walet yang biasa lokasinya agak tertutup.

Modal Usaha Sarang Burung Walet
Untuk memulai usaha sarang burung walet tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun memerlukan pertimbangan dan perencanaan yang matang. Salah satunya untuk menjalankan bisnis sarang burung walet memerlukan modal sangat besar dikisaran puluhan juta sampai ratusan juta rupiah. Sehingga hanya orang yang bermodal besar yang bisa menjalani usaha ini. Walaupun harus memakai modal besar, keuntungan yang didapatkan bisa dua kali lipat hingga lebih dari modal yang telah dikeluarkan. Usaha ini termasuk ke dalam jenis bisnis yang menjanjikan sekali untuk dijalankan di tahun ini.    

Menjalankan bisnis sarang burung walet akan banyak tantangan dan hambatan yang akan dihadapi. Namun dengan sikap kerja keras, ulet, telaten, rajin, mau terus belajar dan pantang menyerah maka seseorang bisa sukses menjalani bisnis ini. Banyak usaha sarang burung walet yang berhasil meraup ratusan juta rupiah perbulan hingga miliaran karena ketelatenan yang tinggi dari pelaku usaha sendiri. Ia mampu menjaga para burung walet tetap betah di dalam rumahnya untuk menghasilkan sarang.

Pendek kata, untuk modal usaha budidaya sarang burung walet sebagai investasi awal antara lain gedung atau bangunan baru bagi sarang burung walet yang menyedot dana yang sangat besar.

Daftar Harga Sarang Walet Terbaru
Mengenai keuntungan bisnis sarang walet dan harga perkilogramnya maka harga sarang burung walet di pasaran dunia sekitar Rp 26 juta hingga Rp 29 juta perkilogram. Wow lumayan tinggi bukan? Jika seseorang mempunyai 200 sarang walet dengan memproduksi dikisaran 4-7 kilogram sarang burung walet maka keuntungan perbulan bisa dibayangkan sangat fantastis.  

Banyaknya petani sarang burung walet di tanah air membuat Indonesia menjadi pemasok terbesar sarang walet di dunia. 80 persen sarang walet yang dikonsumsi di dunia berasal dari peternak di Indonesia. Sama seperti komoditas perdagangan lainnya, harga sarang burung walet terkadang bisa naik turun sesuai tingkat permintaan pasar. Pada satu waktu 1 kg sarang walet dijual Rp 12 juta. Dan pada saat sekarang 1 kilogram sarang walet dijual sekitar Rp 4 juta. Penyebab turunnya harga sarang burung walet tak terlepas dari semakin banyaknya petani walet di Indonesia dan adanya isu di Negara Tiongkok ada orang yang wafat selepas makan sarang walet.

Untuk lebih jelasnya berikut ini daftar harga sarang burung walet :

Sarang Burung Walet di Gua
1. Patahan 1 kg Rp 4.500.000
2. Mangkok 1 kg Rp 6.700.000 

Sarang Burung Walet di Rumah Atau Gedung Kualitas Putih
1. Sudut 1 kg   Rp 7.000.000
2. Mangkok 1 kg Rp 10.000.000
3. Campur 1 kg  Rp 9.400.000
4. Patahan 1 kg Rp 6.000.000

Cara Memulai Bisnis Sarang Walet
Jika anda berminat membuka usaha sarang burung walet yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah mempunyai lokasi atau rumah yang telah ditinggali oleh burung walet. Namun jika anda ingin membangun dari nol bisa saja. Dengan cara membangun rumah atau kandang baru bagi burung walet untuk dihuni dengan kriteria 4 lantai atau ukuran luas 21 meter x 36 meter. Karena itu Anda juga harus mengetahui cara membuat sarang walet dengan baik. Atau menggunakan jasa orang lain untuk membuat sarang burung walet tersebut. Kemudian setelah berdiri bangunan baru tersebut, dilakukan berbagai upaya untuk mengundang burung walet bertempat tinggal dan bersarang di gedung baru tersebut.

Untuk mengundang banyak burung walet singgah dan bersarang di sebuah bangunan atau rumah yang diperuntukkan bagi mereka susah susah gampang. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengundang mereka seperti membunyikan suara burung-burung walet di rumah tersebut menggunakan alat audio (tape, handphone dll). Sehingga mereka terangsang dan terpancing. Untuk mendapatkan suara bunyi burung walet audio bisa diperoleh dengan download di situs-situs internet tentang burung walet.

Selanjutnya bisa menggunakan cara lainnya yang tak kalah efektif yaitu memberikan aroma wangi di dalam rumah, menciptakan udara yang lembab di dalam rumah, serta menempatkan kotoran burung walet. Hal itu dilakukan untuk menarik minat mereka bersarang di gedung itu. Dan sesuai pengalaman penulis, cara yang dilakukan semua terbukti efektif. Pernah suatu ketika rumah penulis didatangi dua ekor burung walet yang beterbangan di dalam rumah. Ternyata karena isteri penulis rajin menyetrika pakaian menggunakan aroma pewangi pakaian sehingga mengundang para burung walet untuk datang ke rumah penulis.

Setelah semua itu berhasil dilakukan. Para burung walet satu persatu berdiam diri di dalam rumah tersebut, tugas anda selanjutnya adalah bagaimana caranya membuat mereka betah berdiam diri untuk selamanya di rumah baru tersebut. Sehingga dalam jangka waktu tertentu atau satu tahun sarang walet dapat dipanen.

Jika anda bisa membuat sebuah rumah yang tadinya kosong kemudian berjalan waktu sudah diisi oleh sarang burung walet maka harga jual rumah tersebut akan melambung sangat tinggi. Dari yang asalnya membangun rumah baru bagi walet menghabiskan uang satu milyar rupiah. Setelah satu tahun terisi burung walet maka harganya menjadi tiga sampai empat milyar rupiah. Dari sini sudah jelas bukan berapa keuntungan dari usaha budidaya sarang walet. Pendek kata, ada cara memulai usaha sarang burung walet dengan cepat yakni membeli rumah yang sudah terisi burung walet. 

Untuk masalah pemasaran sarang burung walet sangat mudah. Hasil produksinya banyak dijual ke Negara China sebagai pasar utama, Singapura dll. Apalagi sekarang sudah ada internet sehingga menjual sarang burung walet bisa dilakukan lewat online ke berbagai Negara di dunia. Banyak para pebisnis yang menerima penjualan sarang burung walet dengan harga tertentu di internet. Apabila sarang walet dijual setengah jadi atau sudah jadi barang maka harganya akan lebih tinggi. Namun kebanyakan pengusaha sarang walet di Indonesia mengekspor sarang walet dalam bentuk mentah.

Perlu diketahui, sarang burung walet dibuat dari air liur burung tersebut yang disebut saliva.

Di tengah lapangan pekerjaan baru terasa sempit dan jumlah pengangguran di Indonesia bertambah banyak membuat peluang usaha budidaya burung walet layak untuk dijadikan sebagai peluang usaha utama maupun sampingan. Dan berdasarkan pengamatan penulis, banyak sekali orang yang bisa mandiri menghasilkan uang sendiri dari budidaya sarang burung walet yang tersebar di berbagai kota dan daerah di tanah air. Sehingga dibentuklah Asosiasi Petani Walet Indonesia sebagai sebuah organisasi yang mewadahi aspirasi dan kesuksesan para pembudidaya burung walet. 

Usaha sarang walet bisa dikerjakan oleh siapapun juga, wanita maupun pria. Selain itu bisnis ini bisa dilaksanakan di desa maupun di kota dengan penghasilan tak terbatas. Adapun syarat utama lokasi budidaya ini yakni bangunan yang mendukung baik luas maupun kelembaban udara dan lingkungan di sekitarnya. Banyak orang di Indonesia yang menekuni bisnis sarang burung walet karena potensi keuntungan yang sangat besar hingga miliaran rupiah. Usaha peternakan ini sangat mudah dijalankan. Dalam artian pemeliharaan burung walet tidaklah sukar sebagaimana binatang mahal lainnya sebab hewan bertelur ini mencari makanan sendiri. Akan tetapi, kita hanya memberikan makanan pancingan atau tambahan. Ditambah lagi panen sarang burung walet tidaklah lama. Sekitar satu tahun bisa panen dua hingga empat kali.

Bagi seseorang yang ingin memiliki usaha budidaya sarang walet dengan modal kecil bahkan nol bisa melakukan upaya ini. Jika rumah seseorang tiba-tiba didatangi oleh burung walet itu lalu mereka bersarang, hal itu pertanda bahwa seseorang bisa memulai bisnis ini. Itu hal biasa. Sebab seringkali burung-burung walet bersarang di rumah warga yang cocok dengan mereka. Inilah yang dialami oleh penulis dan orang di desa lainnya di daerah Sumedang. Dimana secara tiba-tiba, karena suhu udara rumah sangat lembab dan beraroma wangi membuat burung walet berdiam diri dan bersarang di rumah tersebut. 

Sekarang, permintaan akan sarang burung walet di dunia masih sangat tinggi sehingga harganya masih lumayan mahal. Hal inilah yang membuat peluang usaha dan kesempatan masih terbuka sangat luas bagi siapapun yang tertarik memulai usaha sarang burung walet dengan penghasilan yang menggiurkan.

Demikianlah keuntungan bisnis sarang walet dan harga perkilogramnya. Mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan dan manfaat sebesar-besarnya bagi Anda yang tertarik menekuni usaha ini.