13 Macam Waralaba Modal Rp 1 Juta yang Menguntungkan Cocok Buat Pemula

29 Mei 2018

Semakin sulitnya mencari lapangan pekerjaan membuat para pencari kerja beralih dan memilih untuk membuka usaha dengan bisnis waralaba modal Rp 1 juta. Peluang untuk membuka usaha sendiri memang semakin mudah saat ini, selain usaha bisa dimulai dengan modal kecil, pemerintah juga membuka keran bantuan dana cukup besar untuk mendukung perkembangan iklim usaha.

Apabila Anda masih bingung ingin membuka atau memulai usaha apa mungkin artikel ini patut untuk dibaca sampai akhir. Ada banyak contoh usaha waralaba modal Rp 1 Juta yang bisa Anda coba mulai tahun ini. Silakan simak baik-baik supaya Anda bisa menentukan usaha apa yang paling cocok untuk Anda jalankan.

Sebetulnya ada banyak pilihan waralaba modal Rp 1 Juta yang bisa Anda coba. Hanya terkadang ketika diberikan banyak pilihan, Anda malah cenderung bingung. Faktor ragu-ragu atau belum yakin usaha akan berhasil juga menjadi alasan mengapa seseorang tak kunjung memulai usahanya. Padahal dengan pengalaman gagal, Anda akan tahu caranya menjadi sukses.
waralaba modal 1 juta, bisnis waralaba, usaha waralaba modal 1 juta, bisnis waralaba modal Rp 1 juta, waralaba modal Rp 1 juta menguntungkan, waralaba menguntungkan

13 Waralaba Modal Hanya 1 Juta, Berminat?
Meskipun ada saja kemungkinan untuk gagal tetapi Anda haruslah yakin bahwa kegagalan tidak akan datang terus-menerus. Penghalang terbesar antara usaha Anda dan kesuksesan adalah keraguan yang Anda miliki. Hilangkan keraguan tersebut dan mulailah berjalan. Karena jika Anda tidak berjalan sekarang, maka Anda harus berlari keesokan hari bila tidak ingin tertinggal.

1. Jasa pengetikan
Saat ini mungkin tidak banyak yang melirik bisnis ini. Padahal bila rumah Anda ada di lingkungan sekitar kampus, atau kos-kosan bisa dipastikan Anda akan tetap mendapatkan order tiap harinya. Karena tidak semua mahasiswa mampu menyelesaikan tugasnya yang menumpuk dalam waktu singkat. So, Anda dibutuhkan.

2. Penerjemah
Bisnis waralaba modal Rp 1 Juta ini sangat sederhana. Bahkan mungkin Anda tidak butuh dana hingga satu juta. Asalkan Anda mempunyai bekal bahasa asing yang baik maka Anda bisa menjalankan bisnis ini. Bila dijalankan dengan serius Anda bisa memperbanyak pundi-pundi uang dari rumah.

3. Tour guide
Bagi Anda yang tinggal di daerah wisata yang sering dikunjungi wisatawan asing, waralaba modal 1 Juta yang dapat dirintis adalah menjadi guide. Bisnis ini sangat bisa dijalankan perorangan. Yang Anda perlukan hanyalah koneksi ke wisatawan asing tersebut. Anda bisa saja minta tolong teman yang bekerja di tour agent ataupun di perhotelan.

4. Pulsa
Tidak dapat dipungkiri bisnis waralaba modal Rp 1 Juta ini tetap menggoda. Meskipun banyak penjual pulsa yang lain, pulsa tetap akan dicari, karena yang membutuhkannya jauh lebih banyak. Maka Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal deposit pulsa dan koneksi yang luas. Anda bisa juga berinovasi dengan jual pulsa online melalui aplikasi.

5. Jual ikan
Ikan ada dua macam, konsumsi dan hias. Anda boleh pilih salah satu. Untuk awal hanya dibutuhkan bibit ikan yang akan Anda biakkan. Asalkan Anda sudah punya lahan untuk kolam ikannya, maka bisnis ini bisa jalan dengan sendirinya. Buka iklan tentang jual ikan supaya semakin banyak peluang pembeli atau konsumen untuk menjangkau Anda.

6. Les private
Bila Anda mahir berbahasa asing atau mata pelajaran tertentu, Anda bisa menawarkan jasa les private. Bisnis waralaba modal Rp 1 Juta ini masih sangat dicari karena orang tua tentu ingin anaknya pintar dengan belajar. Bila boleh memilih, pasti para orang tua lebih tenang bila anaknya bisa les di rumah, bukan di lembaga bimbingan belajar.

7. Jualan es
Yang dimaksud di sini buka es batu melainkan es buah, es serut, es sirup dan lain-lain. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, bahkan bisa di bawah 1 juta. Tetapi Anda harus jeli membaca situasi bila ingin mendapat untung yang maksimal. Jual aneka es akan lebih laku saat bulan puasa, karena orang cenderung jajan es untuk berbuka puasa.

8. Jual angkringan
Angkringan sejenis warung kopi kaki lima, tetapi di warung ini juga menjajakan aneka makanan mulai nasi bungkus dan gorengan, sampai mie instan. Mungkin bila Anda pernah mengunjungi kota gudeg, Jogja, Anda akan tahu warung angkringan ini. Modalnya hanya sewa gerobak dan membuat nasi bungkus juga gorengan. Keuntungannya lumayan besar lho.

9. Jualan online
Bisnis waralaba modal Rp 1 Juta ini sangat digandrungi. Karena selain modalnya kecil, bisnis ini bisa dijalankan di manapun Anda berada. Semua hanya bermodal gadget dan jaringan internet yang bagus. Apabila semua itu sudah Anda miliki, bisnis ini siap dijalankan. Keuntungan bisa sangat besar asal Anda tekun dan maksimal melayani calon pembeli. Banyak orang memilih jualan online karena hasil penjualan lebih laku dibanding offline.

10. Jual kue kering
Bisnis waralaba modal Rp 1 Juta ini bersifat musiman. Mendekati momen lebaran atau di bulan puasa pasti banyak orang yang mencari kue kering yang digunakan sebagai suguhan nanti saat lebaran tiba. Maka dari itu bisnis ini sangat menjanjikan. Anda bisa mengajak teman yang ahli bikin kue tersebut untuk bekerja sama berjualan kue ini.

11. Penyalur ART
Semakin banyak wanita yang bekerja saat ini. seiring dengan itu banyak juga rumah tangga yang membutuhkan asisten rumah tangga atau ART. Untuk itulah bisnis waralaba modal 1 Juta ini dapat Anda jadikan usaha untuk menambah uang tabungan di bank. Bermodal  koneksi atau kenalan yang banyak, Anda dapat menjalankan bisnis tersebut.

12. Desain kaos
Anda bisa jual jasa desain kaos. Modal utama yang Anda harus punya adalah keahlian membuat desain dengan program di komputer. Bila Anda merasa mampu. Maka bisa langsung mengiklankan diri atau usaha yang Anda punya. Buat kontak yang mudah dihubungi. Buat juga contoh desain kaos yang sudah Anda buat. Tampilkan di web milik Anda sendiri.

13. Reseller produk
Menjadi agen reseller harus jeli membaca pasar. Cari produk yang tidak akan berhenti dicari atau dibutuhkan orang. Contohnya, makanan, minuman, sampai kosmetik. Pilih produk yang sudah banyak pelanggannya, sehingga tidak perlu cari-cari calon pelanggan. Reseller harus jeli karena prinsipnya Anda memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk tersebut.

Itulah tadi 13 waralaba modal Rp 1 Juta yang bisa dan laik Anda coba. Tidak menutup kemungkinan bila bisnis itu berjalan lancar mungkin Anda akan mempertimbangkan untuk berhenti atau resign dari tempat kerja Anda sekarang. Peluang bisnis yang menjanjikan di atas memang patut dicoba. Karena bisa bekerja dari rumah merupakan hal langka yang layak diperjuangkan.

Bila Anda bingung masalah modal memulai usaha, maka artikel ini menunjukkan jalan bahwa memulai usaha tidak membutuhkan modal sebesar itu. Contohnya sudah diuraikan di atas, bahkan di bawah 1 juta pun mungkin untuk dipakai membuka usaha. Yakinlah bahwa hasil tidak akan menghianati usaha yang sudah Anda lakukan.

Perasaan takut gagal akan selalu muncul ketika Anda ingin memulai sebuah usaha, tetapi pikirkan ulang. Dengan modal 1 juta Anda hanya akan mengalami kerugian yang sedikit. Anda tidak harus mengorbankan uang gaji selama sebulan. Yang terpenting adalah mulailah usaha itu sekarang, bila tidak, mau kapan lagi?

Semakin menunda, akan semakin banyak kebutuhan lain yang harus dicukupi atau terpenuhi. Belum lagi jika Anda berencana menambah anak, akan semakin banyak biaya yang harus Anda tanggung. Memulai bisnis sama saja dengan menciptakan peluang atau membuka keran pendapatan yang lain, selain gaji dari kantor tempat Anda bekerja.

Tiga belas contoh tadi dapat Anda coba satu saja, atau bisa pula Anda coba semua. Tapi usahakan untuk bertahap, jangan dua atau tiga usaha sekaligus. Mulailah dari yang kecil, atau yang sedikit, tapi tekuni sampai Anda ahli atau mahir. Setelah ahli, pasti Anda akan meraup pendapatan yang tidak sedikit, bahkan mungkin melampaui harapan Anda.

Masih banyak ide peluang usaha yang bisa Anda coba. Cari yang paling mudah. Usahakan tidak mengganggu jam kerja Anda. Jadi semua bisa dilakukan berdampingan, tidak berebut satu sama lain. Bila sudah berkeluarga, usahakan keluarga tahu keinginan Anda untuk memulai usaha. Karena mereka juga berhak tahu.

Bisnis waralaba memang ada pasang surutnya, tetapi Anda tidak akan tahu bila tidak pernah berkecimpung secara langsung. Maka apapun usaha yang ada di pikiran Anda, sepatutnya Anda coba. Bisa pula yang berhubungan dengan hobi Anda. Misalnya, Anda hobi mengoleksi action figure, Anda bisa jadi reseller atau buka usaha “titip belanja” khusus action figure.

Melakukan pekerjaan yang identik dengan hobi pasti lebih menyenangkan dan tidak membuat cepat bosan. Untuk itu carilah hobi yang bisa Anda jadikan peluang usaha. Artikel waralaba modal Rp 1 Juta ini semoga bisa membantu Anda mendapatkan inspirasi peluang usaha yang bisa dilakukan dari rumah. Dengan menciptakan peluang usaha baru, maka lapangan kerja baru juga terbuka.