Rincian Modal Usaha Rental Sepeda dan Keuntungan Bisnisnya

14 April 2017

Bisnis rental sepeda merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan untuk dijalani saat ini. Hal ini tak terlepas dari fenomena ramah lingkungan dan gaya hidup sehat yang banyak diterapkan orang di kota maupun desa akhir-akhir ini. Apalagi jalan-jalan raya di perkotaan sudah memberikan fasilitas track bagi para pengguna sepeda agar berjalan nyaman. Setiap minggu selalu diadakan car free day yang membuat usaha penyewaan sepeda menggeliat. Begitupula berbagai event dan acara sepeda santai atau fun bike digelar di berbagai wilayah di Indonesia. Tentu ini membuat bisnis sewa sepeda menjanjikan sekali.

Semua orang tentu mengenal alat transportasi sepeda. Kendaraan roda dua ini sangat digandrungi anak-anak dan remaja untuk bermain dan rekreasi. Jika ditilik ke belakang, sejarah sepeda telah ada sejak periode abad 18 hingga saat ini dengan berbagai model perubahan. Sekarang  ini hampir setiap orang sudah memiliki sepeda satu hingga dua buah unit. Mereka menggunakannya sebagai sarana berolahraga sehat, hobi dan sebagai kegiatan rekreasi yang mengasyikkan. Di setiap desa dan wilayah pasti ada komunitas pecinta sepeda yang sering kumpul bareng.

Namun bagi orang yang jeli melihat peluang usaha mereka mampu menjalankan hobi olahraga bersepeda menjadi lahan bisnis. Caranya? Sobat bisa membuka usaha penyewaan sepeda. Atau sepeda yang sobat miliki dapat disewakan kepada orang lain dengan tarif yang sudah ditentukan. Pangsa pasar usaha penyewaan sepeda sangat bagus dijalankan di tempat wisata, acara funbike sepeda santai, agenda car free day, kota tua wisata Jakarta, dan tempat lain sebagainya.  
bisnis rental sepeda, rental sepeda, sepeda, bisnis sepeda, usaha sepeda, modal usaha sepeda rental

Pengusaha Sukses Bisnis Penyewaan Sepeda
Ada banyak pengusaha rental sepeda yang berhasil di tanah air. Seperti Hasan Bachri yang menjalankan usaha penjualan dan rental sepeda di daerah Jakarta Utara. Ia menyasar target pasar dari kalangan berbagai perusahaan besar sebagai klien yang sering mengadakan acara funbike bagi karyawannya. Apalagi agenda funbike atau bersepeda bareng menjadi kegiatan populer saat ini bagi setiap karyawan perusahaan besar di Indonesia.

Pria yang ramah ini mempunyai 400 unit sepeda yang ia sewakan. Namun seringkali ia kewalahan memenuhi pesanan beberapa perusahaan besar yang menyewa sepeda sampai 800 buah untuk kegiatan funbike bersepeda bareng para karyawannya. Oleh sebab itu, kini pria yang murah senyum ini tengah mempersiapkan armada sepeda tambahan sebanyak 300 buah. Keuntungan yang besar dari usaha rental sepeda membuat Hasan Bachri tetap menggeluti bisnis ini disamping usaha jualan sepeda.

Lalu ada pria bernama lengkap Harminto yang juga membuka usaha penyewaan sepeda di wilayah Yogyakarta. Pria tampan ini menyewakan sepeda dalam partai besar dan kecil. Ia memiliki armada sepeda sebanyak 150 buah yang siap sedia ia sewakan. Berbagai perusahaan besar dan kecil di daerah Yogya telah menggunakan jasa dari usaha penyewaan sepeda milik Harminto. Dan mereka merasa puas atas pelayanannya.

Namun karena modal usaha berupa keuangan yang terbatas membuat jumlah sepeda yang ia rentalkan tidak bertambah. Padahal permintaan pasar terus bertambah. Sehingga jika ada sebuah perusahaan yang memesan 500 unit sepeda maka pria kalem ini tak dapat memenuhi pesanan tersebut. Karena armada sepeda yang dimilikinya hanya berjumlah 150 unit. Tapi ia berencana di masa depan hendak menambah jumlah unit sepeda.

Keuntungan Bisnis Penyewaan Sepeda
Lalu yang jadi pertanyaan, berapakah keuntungan bisnis penyewaan sepeda? Berdasarkan penuturan Harminto penghasilan dari usaha rental sepeda cukup menggiurkan. Dalam sebulan ia mampu mengantongi penghasilan dari bisnis sewa sepeda hingga Rp 5 juta. Pendapatan tersebut bertambah besar jika tiba masa liburan anak-anak sekolah seperti hari Minggu dan hari besar lainnya. Jadi keuntungan dari bisnis rental sepeda tergantung banyaknya sepeda yang disewakan. Semakin banyak sepeda yang disewa maka semakin besar penghasilannya.

Jika ada acara besar seperti funbike yang diadakan perusahaan, keuntungan kotor Harminto bisa mencapai Rp 120 juta perbulan. Setelah dipotong biaya perawatan dan perbaikan sepeda dan gaji karyawan dan lain-lain, untung bersih sekitar Rp 100 juta perbulan. Pokoknya bisnis penyewaan sepeda sangat menjanjikan untung besar terutama di kawasan kota dan wisata. Untuk harga sewa sepeda sebesar Rp 75 ribu. Untuk memuluskan bisnis penyewaan sepeda dalam partai besar, Harminto sudah memiliki satu unit truck untuk mengangkut sepeda ke tempat tujuan.

Cara Membuka Usaha Rental Sepeda
Setelah anda mengetahui prospek usaha dari bisnis penyewaan sepeda sangat menjanjikan akan timbul sebuah pertanyaan bagaimana cara memulai usaha rental sepeda. Apabila sobat mau menikmati gurihnya usaha rental sepeda maka anda bisa membuka usaha rental sepeda dengan mudah dan modal kecil. Adapun target market adalah kalangan pelajar, mahasiswa, wisatawan asing dan domestik, komunitas, perorangan dan korporasi usaha dan lain-lain.

Misalkan sobat membidik para wisatawan maka lokasi usaha rental sepeda harus berdekatan atau berada di sekitar tempat wisata. Daerah yang banyak sekali dan cocok dijadikan tempat usaha penyewaan rental sepeda adalah Yogyakarta dan Bali. Karena kedua daerah ini tingkat kunjungan wisata dari turis dalam negeri dan luar negeri lumayan tinggi sekali.

Salah satu pengusaha yang terjun dalam bisnis penyewaan sepeda dengan target market para wisatawan di daerah Bengkulu adalah Rahmat Prayogo. Pria yang ramah ini mendirikan komunitas pecinta sepeda di daerahnya. Kemudian melihat peluang usaha sewa sepeda yang sangat menjanjikan membuat ia terjun dalam bisnis ini. Dengan modal sepeda yang ia miliki, Rahmat membuka usaha rental sepeda khusus bagi para turis yang sedang berkunjung ke Pantai Panjang Bengkulu.

Pria yang tampil sederhana ini membuka usaha penyewaan sepeda selama 24 jam dan tiap hari buka. Hal ini sebagai bentuk pelayanan kepada para konsumen. Usaha yang telah digelutinya kini telah berjalan selama tujuh tahun. Banyak suka duka yang ia alami. Ide membuka bisnis rental sepeda berasal dari pengalamannya yang enak sekali bersepeda di Pantai Panjang sambil menikmati keindahan alam.

Para turis menyewa sepeda milik Rahmat Prayogo secara berkelompok maupun secara perorangan. Hal tersebut sama-sama menguntungkan. Dengan menyewa sepeda para wisatawan dapat menjelajahi kota tua dan desa wisata serta obyek wisata yang diinginkannya.

Supaya usaha rental sepeda sobat laris manis dan menguntungkan maka sobat dapat menjalin kerjasama dengan pihak travel agen atau penyedia jasa wisata, perusahaan event organizer atau perusahaan yang mengadakan acara wisata funbike. Kemudian sediakan pula penunjuk jalan rute atau tour guide serta mekanik pengawal perental sepeda. Langkah ini terbukti efektif meningkatkan laba bersih usaha. Seperti yang dicontohkan oleh Rahmat Prayogo dan Harminto yang mampu merentalkan 20 sepeda perhari.

Tips sukses lainnya mengadakan hubungan baik dan kerjasama dengan berbagai komunitas, pelajar dan mahasiswa. Sebab mereka seringkali mengadakan kegiatan funbike bareng dan reuni yang diisi kegiatan bersepeda bersama mengelilingi wilayah tertentu untuk menambah keakraban dan mencairkan suasana. Dan pasar yang menggiurkan tentu saja korporasi yang sering menyewa sepeda dalam jumlah besar atau ratusan unit sepeda.

Pendek kata, usaha penyewaan sepeda sangat menjanjikan di daerah Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Karena pangsa pasar utama yakni perusahaan besar ada di daerah ini. Bukan hanya menguntungkan di kota tapi juga di desa lebih menjanjikan. Apalagi fenomena sekarang ini tak semua orang mempunyai sepeda. Ada banyak orang yang sama sekali tidak memiliki sepeda dikarenakan banyak hal. Seperti harga sepeda yang mahal dan tempat bersepeda yang sempit di kota.

Cara melakukan promosi bisnis penyewaan sepeda selain cara di atas, sobat bisa melakukan teknik dari mulut ke mulut yang sangat efektif. Atau sobat bisa membagikan brosur ke tempat-tempat komunitas, lokasi wisata, berbagai perusahaan besar dan kecil serta daerah perumahan sekitar yang padat penduduk. Selain itu, anda bisa melakukan promosi usaha rental sepeda di internet secara gratis maupun berbayar menggunakan sosmed facebook, twitter, blog, google plus, bbm, whatsapp, blog gratisan dan berbayar dll.

Rincian Modal Usaha Rental Sepeda
Permasalahan modal merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha rental sepeda. Jumlah besarnya modal usaha yang dibutuhkan dalam bisnis rental sepeda tergantung besarnya skala usaha yang hendak dijalankan. Anda bisa membuka usaha penyewaan sepeda skala besar atau kecil. Namun sebagai pemula dalam bisnis ini, penulis merekomendasikan agar membuka usaha sewa sepeda dengan skala kecil. Jika usaha berkembang dengan sendirinya bisnis sewa sepeda akan menjadi skala besar.

▪ Sepeda
Modal pertama yang harus disediakan dalam membuka usaha penyewaan sepeda adalah sepeda itu sendiri. Sobat bisa membeli sepeda sebanyak 20 unit secara cash atau kredit. Namun jika anda mempunyai toko yang menjual sepeda baru dan bekas tentu saja tidak perlu mengeluarkan modal ini. Sebab stok sepeda sudah banyak dan bisa disewakan.

Untuk tahap awal, anda bisa membeli sepeda second yang layak pakai seharga Rp 600 ribu perbuah. Jadi modal usaha yang mesti dikeluarkan untuk membeli 20 unit sepeda bekas sekitar Rp 12.000.000. Anda bisa saja membeli sepeda baru untuk direntalkan yang harga sekitar Rp 1 juta lebih. Dengan demikian modal usaha yang dianggarkan harus lebih besar lagi. Umpamakan modal keuangan yang sobat miliki terbatas.

Selain itu, ada cara menjalankan bisnis rental sepeda dengan modal kecil bahkan nol yaitu dengan cara memanfaatkan sepeda milik teman-teman di komunitas untuk disewakan. Gunakan sistem komisi menarik atau bagi hasil. Cara ini digunakan oleh Harminto dan Rahmat yang sukses menjalankan bisnis penyewaan sepeda di daerahnya.

▪ Peralatan
Peralatan dan perlengkapan usaha yang meliputi sewa lokasi usaha, meja, kursi, pompa ban, lap sepeda, dan tambahan lain sekitar Rp 6 juta.

▪ Gaji Karyawan
Untuk karyawan bisa diterapkan sistem komisi atau gaji tetap dikisaran Rp 1 juta.

Jika diumpamakan dalam satu hari ada 60 penyewa dan dengan memasang harga sewa sepeda sekitar Rp 10 ribu perjam maka keuntungan yang bisa sobat dapatkan dari bisnis penyewaan sepeda sekitar Rp 600 ribu perhari. Bagaimana lumayan bukan?