Rincian Modal Usaha Cafe Minimalis Hingga Buka

05 Agustus 2016

Apa yang terlintas dalam pikiran sobat pada saat mengingat kata cafe minimalis? Tentu sebuah tempat makan minum yang dipayungi suasana menyenangkan seperti restoran. Tapi yang membedakannya, menu makanan dan minuman dalam cafe tak selengkap layaknya restoran. Selain itu ukurannya lebih kecil dari restoran.

Sekarang ini usaha cafe minimalis gampang sekali kita jumpai di berbagai sudut kota hingga ke beberapa daerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan usaha ini sedang booming di tanah air. Dan seringkali cafe tersebut dijadikan ajang nongkrong bercengkerama para kawula muda untuk sekedar makan dan minum.
bisnis cafe, modal usaha cafe, modal bisnis cafe, modal cafe, cafe minimalis, cara buka cafe, tips cafe

Usaha cafe minimalis memiliki prospek yang sangat cerah dan menjanjikan. Hal ini dikarenakan makan dan minum merupakan kebutuhan dasar manusia setiap hari yang tidak bisa dielakkan. Mungkin manusia bisa menunda kebutuhan lain. Tapi kebutuhan makan dan minum tak bisa ditunda. Faktor ini yang membuat peluang bisnis cafe minimalis sangat menjanjikan. Apalagi jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah banyak setiap tahunnya.

Bisnis café minimalis merupakan salah satu pilihan usaha yang tepat dan menjanjikan ditengah menjamurnya usaha kafe modal besar di berbagai sudut kota di tanah air. Kafe minimalis terbukti tahan banting dan mampu bersaing dengan kafe milik para pemodal besar. Tanpa panjang lebar, penulis akan membeberkan tips dan cara sukses yang pertama dalam memulai usaha kafe kecil-kecilan yaitu memilih segmen atau pasar yang tepat seperti para mahasiswa dan pelajar.

Hal ini tak terlepas dari keuangan para pelajar dan mahasiswa cenderung mencukupi untuk makan di kafe kecil. Oleh karenanya, dalam memulai usaha kafe secara kecil-kecilan sangat dibutuhkan kejelian dalam memilih tempat usaha yang tepat yakni yang berada di sekitar lingkungan para mahasiswa dan pelajar. Tempat café bagi kalangan ini biasanya dijadikan tempat nongkrong, bercengkerama dengan teman, berdiskusi diluar jam sekolah / kuliah.

Rincian Modal Usaha Cafe Minimalis Hingga Buka
Untuk memulai usaha cafe minimalis tidak membutuhkan modal uang yang lumayan besar. Dengan modal uang yang kecil pun sebagai pemula sudah bisa menjalankan usaha cafe yang sederhana dan minimalis. Walaupun ukuran cafe minimalis tapi keuntungan bisa maksimal. Pendek kata, salah satu kelebihan memulai bisnis cafe kecil-kecilan atau minimalis adalah modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah gambaran atau rincian analisa modal usaha yang dibutuhkan dalam membuka usaha café minimalis hingga siap beroperasi :

Etalase                                                 Rp 6.000.000
Sewa Bangunan/Toko 1 tahun              Rp 9.100.000
Kompor, peralatan masak dll               Rp  4.500.000
Perlengkapan gelas, piring dll               Rp 2.500.000
Kursi Dan Meja 10 pasang @900 rb   Rp. 9.000.000
Bahan baku awal                                 Rp. 2.500.000
Upah karyawan 2 orang                       Rp. 1.500.000
Biaya lain-lain                                      Rp. 3.500.000
Total  Biaya Investasi                           Rp 38.600.000

Tips Sukses Membuka Usaha Cafe Kecil Sederhana
Setelah mengetahui rincian modal usaha yang diperlukan dalam memulai usaha café kecil-kecilan, selanjutnya penulis akan memberikan cara dan tips dalam menjalankan usaha café yang laris manis dan diserbu para pelanggan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha cafe sederhana yang laku dan dipadati para pembeli, antara lain:

1. Tempat usaha. Tempat..tempat dan tempat itulah pengulangan kata yang paling tepat untuk menggambarkan pentingnya sebuah lokasi usaha untuk mendukung keberhasilan sebuah usaha café. Tanpa adanya tempat usaha yang strategis dan bagus sangat sulit bagi usaha untuk berkembang. Dan untuk lokasi usaha cafe kecil-kecilan sangat tepat dibuka di sekitar lingkungan kampus yang ramai dilalui oleh banyak kalangan mahasiswa dan pelajar. Sehingga kemungkinan besar usaha café minimalis dikunjungi para konsumen sangat besar.

Pendek kata, pemilihan Tempat Usaha Cafe sangat menentukan perkembangan bisnis cafe selanjutnya. Ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Pertama, menyewa lokasi usaha yang strategis. Kedua, mempunyai lahan milik sendiri yang berada di tempat strategis bisa dimanfaatkan untuk lokasi buka usaha cafe. Penulis menganjurkan kepada para pemula untuk memulai usaha cafe menggunakan lahan milik sendiri. Untuk mencegah terjadinya kerugian besar dan tidak perlu membayar uang sewa. Lokasi usaha cafe yang strategis biasanya berada dekat mall, pinggir jalan raya, dll   

2. Daftar menu makanan dan minuman sangat lengkap dan harga terjangkau serta memiliki rasa enak yang terjamin kesehatannya. Para mahasiswa dan pelajar yang datang ke warung café bervariasi dan bermacam alasan. Ada yang sekedar ingin menikmati secangkir kopi. Ada pula yang mau minum minuman dingin menyegarkan semisal jus buah-buahan. Mereka menikmati hidangan menu kuliner di kafe minimalis sambil berbincang-bincang santai. Karena itu, usaha café kecil-kecilan bukan hanya menyediakan menu makanan dan minuman. Tapi juga menyediakan aneka snack ringan dengan harga murah meriah. Misalnya pisang goreng ice cream

3. Wifi. Nah fasilitas ini yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh usaha café minimalis yang modern dan unik. Adanya fasilitas koneksi wifi gratis di dalam café akan membuat para mahasiswa dan pelajar tertarik untuk mengunjungi kafe tersebut dan betah berlama-lama dalam café. Sehingga meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan. Sebab sekarang ini kehidupan anak muda tak terlepas dari jaringan internet. Mereka membutuhkan akses internet apalagi yang gratis untuk sarana mencari informasi, pembelajaran sekaligus media social dll.

4. Konsep café yang menarik, unik dan modern dengan pelayanan ramah. Hal ini wajib dilakukan untuk menarik minat mahasiswa dan pelajar untuk makan di café minimalis sobat. Karena kalau kafe sama dengan café lainnya maka tak ada kelebihan yang menonjol. Oleh sebab itu, buatlah nuansa dan dekorasi café kecil-kecilan yang modern, unik dan menarik sesuai perkembangan jaman sekarang ini dan sesuai gaya anak muda kini. Misalnya gaya lesehan, menyediakan fasilitas hiburan berbagai lantunan lagu hits enerjik. Sediakan pula berbagai meja makan dan kursi dalam ukuran couple, sedang dan besar untuk dipilih konsumen sesuai kebutuhan mereka.

5. Promosi usaha yang gencar. Misalnya melalui pemberian voucher makan dan minum gratis jika melakukan pemesanan dalam jumlah tertentu. Mahasiswa dan pelajar sangat tertarik dengan namanya yang gratisan apalagi soal makan dan minum. Mereka sangat mau! Trik selanjutnya untuk mempromosikan usaha cafe minimalis sobat bisa dilakukan dengan cara beriklan di koran, radio, pasang pamflet, membagikan brosur, promosi di internet, medsos twitter, google plus, facebook, bbm, path, whatsapp, line dll

Kisah Pengusaha Cafe yang Sukses dan Kaya Raya
Salah seorang pria yang sukses dalam mengembangkan usaha cafe minimalis adalah I Nyoman Londen. Pria tampan ini berhasil menjadi pengusaha cafe yang kaya raya padahal asalnya seorang pemulung sampah. Roda kehidupan dunia berputar. Kadang di atas dan kadang seseorang di bawah. Hal itu disadari betul oleh pria yang akrab disapa Nyoman.

Kesuksesannya dalam menapaki bisnis kafe tak terlepas dari kerja keras, keberanian, dan sikap pantang menyerah yang dimilikinya. Ia bermodalkan nekat membuka usaha cafe dengan nama Kafe Edola. Nama Edola diambil dari kata idola yang diharapkan usaha cafenya menjadi idola bagi banyak orang.

Awalnya ia merantau ke kota Jakarta. Berbagai macam profesi ia lakukan demi menyambung hidup di perantauan. Pertama kali tiba di ibukota ia menjadi pemulung sampah dan profesi lainnya. Hingga pada tahun 2005, dengan gagah berani dan semangat membara Nyoman yang berusia 44 tahun memutuskan memulai usaha cafe di daerah Klender Jakarta Timur dengan modal usaha sebesar Rp 20 juta.

Adapun menu makanan dan minuman yang disediakan didalam cafe sangat beragam. Seperti menu kuliner yang diandalkan antara lain burger, spaghetti, pizza, hotdog dan makanan dari luar negeri lainnya yang memiliki cita rasa yang khas dan nikmat berbeda dengan para pesaing. Lalu ada menu minuman yang istimewa dan unik misalnya Kute Tergoda, Dedari Bali dll yang ditaburi toping keju.

Harga makanan dan minuman per porsi yang disajikan tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 4.500 sampai Rp 9.000. Harga yang terjangkau bagi semua kalangan. Atas hal itulah membuat usaha cafe mininalis Edola yang buka dari jam 8 sampai 11 malam laris manis diserbu para pembeli.

Salah seorang pelanggan cafe minimalis Edola adalah pria bernama Tedy. Ia bersama keluarga tercinta senantiasa menyempatkan waktu di hari Sabtu dan Minggu untuk menikmati hidangan menu kuliner di cafe Edola yang harganya sangat murah namun kualitas makanan dan minuman lumayan bagus.

Untuk memperluas pangsa pasar sekaligus mendongkrak keuntungan, usaha cafe minimalis Edola membuka kesempatan kepada masyarakat di tanah air untuk membuka usaha cafe serupa dengan sistem waralaba. Modal investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 3 juta sudah termasuk peralatan usaha, pelatihan karyawan dll. Dengan sistem paket waralaba diharapkan cafe minimalis Edola dapat dikenal di seluruh Indonesia dan kota besar. Seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Madiun dan daerah lain di tanah air.

Di tanya mengenai kiat sukses membuka usafa cafe minimalis, pria kelahiran Bali beranak tiga ini menjawab bahwa kesuksesan dalam setiap usaha bisa didapatkan setiap  orang asalkan orang itu mau memiliki sikap gigih dan semangat dalam berusaha.

Demikianlah rincian modal usaha cafe minimalis hingga siap buka beserta tips sukses dalam memulai usaha kafe kecil-kecilan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang ingin mempunyai sebuah bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Simak terus blog Investasi Untung untuk menyimak artikel menarik lainnya.