Rincian Biaya Modal Usaha Nugget Pisang dan Cara Buka Usahanya

16 Maret 2018

Usaha dalam bidang makanan termasuk jenis usaha yang tidak pernah ada matinya. Bisnis kuliner selalu laris manis diburu setiap hari. Hal ini tak terlepas dari makan dan minum yang merupakan kebutuhan dasar manusia dan tidak bisa ditinggalkan selama masih hidup. Ada berbagai macam kuliner yang ada saat ini. Kalau disebutkan satu persatu satu halaman ini pastinya tidak mencukupi. Apalagi seiring perkembangan jaman, berbagai kuliner dan makanan baru pun lahir dan terus berkembang pesat dengan berbagai inovasi brilian dan kreatif. Salah satunya adalah nugget pisang yang sedang populer saat ini.

Prospek Usaha Pisang Nugget
Berdasarkan pengamatan penulis, usaha pisang nugget mempunyai prospek yang sangat cerah baik di desa maupun di kota. Untuk usaha pisang nugget lebih menguntungkan dijalankan di pedesaan terpencil disebabkan belum bahkan tidak ada pesaing. Apalagi pisang nugget merupakan cemilan yang sangat disukai semua kalangan dengan rasa manis, nikmat dan renyah. Pisang nugget sangat pas dinikmati ketika berkumpul keluarga, menonton televisi, ketika hujan maupun ketika cuaca panas.

Analisa Usaha Pisang Nugget
Pisang merupakan buah-buahan tropis yang sangat mudah kita jumpai di Indonesia. Ada berbagai jenis pisang antara lain pisang kapas, pisang muli atau pisang mas, pisang ambon, pisang nangka, pisang kepok, pisang roid dan jenis pisang lainnya. Olahan pisang bukan hanya bisa dijadikan pisang goreng. Namun dapat pula diolah menjadi makanan enak dan menarik lainnya. Salah satunya pisang nugget. Nugget pisang atau pisang nugget merupakan jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar pisang yang disukai anak-anak hingga orang dewasa.
usaha nugget, bisnis nugget pisang, usaha nugget pisang, nugget, nugget pisang, cara bisnis nugget

Untuk membuat pisang nugget cukup mudah. Anda bisa mendapatkan berbagai resep membuat nugget pisang yang enak dan lezat di mbah google. Kemudian mempraktekannya satu persatu hingga didapatkan resep nugget pisang yang enak dan pas di lidah buatan sendiri dan bisa dijual di pasar. Untuk menambah daya tarik dan menambah kenikmatan rasa maka anda bisa menambahkan dengan berbagai variasi toping yang menggugah selera.

Rincian Biaya Modal Usaha Nugget Pisang dan Cara Buka Usahanya
Bagi anda yang tidak sabar untuk memulai usaha pisang nugget tentu bertanya-tanya berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha nugget pisang dan berapa keuntungan bersih yang didapatkan perbulan. Untuk menjawabnya, berikut ini rincian biaya modal usaha nugget pisang dan cara buka usahanya, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi meliputi:

1. Kompor gas  Rp 250 ribu
2. Tabung gas Rp 150 ribu
3. Piring Rp 20.000
4. Spatula  Rp 30.000
5. Pisau  Rp 50.000
6. Wajan Rp 62.000
7. Panci Rp 70.000
8. Gerobak atau booth Rp 2 juta
9. Ulek dan cobek  Rp 50.000
10. Wadah  Rp 39.000
11. Pengangkat makanan Rp 40.000
12. Loyang   Rp 48.000
13. Serbet Rp 39.000
14. Kursi dan meja Rp 200.000

Total biaya investasi sebesar Rp 3.048.000.

▪ Biaya Operasional
Untuk biaya operasional usaha nugget pisang mencakup:

1. Gaji karyawan Rp 1 juta
2. Bahan baku yang meliputi Tepung terigu, minyak goreng, tepung panir, garam, susu bubuk, gula pasir, keju cheddar dan pisang kepok Rp 400 ribu
3. Biaya air dan listrik bulanan Rp 300 ribu
4. Sewa lokasi usaha Rp 250 ribu

Total biaya operasional bulanan sebesar Rp 1.950.000.

Keuntungan Pisang Nugget
Salah satu yang diharapkan oleh seseorang yang hendak membuka usaha adalah segi keuntungan. Berapakah keuntungan dari usaha yang hendak dijalani. Semakin besar keuntungan maka semakin layak usaha tersebut dijalani. Adapun keuntungan usaha pisang nugget lumayan besar dikisaran Rp 1.400.000 perbulan. Dengan keuntungan sebesar itu, maka bisnis kuliner ini sangat layak untuk dijadikan usaha bagi anda sebagai sampingan maupun utama.

Anda bisa menentukan sendiri keuntungan usaha pisang nugget. Biasanya penghasilan yang anda dapatkan perhari. Keuntungan harian didapatkan dari berapa banyak pisang nugget yang berhasil terjual pada hari itu. Biasanya dari satu buah pisang nugget anda mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp 500. Sehingga dalam satu hari, apabila sobat mampu menjual 100 pisang nugget maka omset harian sebesar Rp 50 ribu. Semakin banyak produksi pisang nugget dan semakin banyak yang terjual maka keuntungan harian pun ikut bertambah besar.

Nugget Pisang untuk Jualan Rp 1000
Jika anda memutuskan untuk membuka usaha pisang nugget maka itu langkah bagus. Mengingat pangsa pasarnya yang sangat luas dan banyak kalangan yang menggemari kuliner ini. Dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang lanjut usia sekalipun. Cara membuat pisang nugget 1000 an gampang sekali. Anda bisa memakai bahan dasar jenis pisang apapun yang tersedia di lokasi anda.

Setelah bahan dasar yaitu pisang tersedia maka anda siap untuk membuat pisang nugget. Langkah pertama, ambil satu buah pisang. Lalu membagi jadi 2 bagian. Selanjutnya untuk merekatkan pisang buat adonan tepung. Selepas pisang dibagi dua dan dipotong lalu dimasukkan pada adonan tepung hingga merata. Berikutnya, gulingkan pisang secara pelan-pelan pada tepung roti. Untuk menambah variasi dan mempercantik pisang nugget, sobat bisa menambahkan toping coklat, keju, stroberi, kacang dan rasa lain sebagainya.

Cara Membuka Usaha Pisang Nugget
Untuk membuka usaha pisang nugget sangatlah mudah. Berikut ini tahapan cara membuka usaha pisang nugget bagi pemula, antara lain:

1. Mempersiapkan modal usaha
Adapun modal usaha untuk bisnis pisang nugget terdiri dari dua bagian yaitu modal operasional dan modal investasi. Untuk modal investasi meliputi pembelian alat-alat dan perlengkapan usaha. Untuk biaya operasional meliputi bahan baku pisang, biaya promosi, dan sewa lokasi usaha. Anda bisa membeli bahan baku pisang nugget yaitu pisang kepok di pasar dengan harga Rp 5000 perkilogram.

Jika anda ingin menghemat pengeluaran untuk biaya modal usaha pisang nugget maka anda bisa menggunakan peralatan dan perlengkapan usaha yang tersedia di dapur anda seperti panci, wajan, kompor dan lain sebagainya. Selain itu, penghematan bisa dilakukan dengan membuka usaha pisang nugget secara rumahan di depan rumah anda yang terletak di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor.

2. Mencari resep membuat pisang nugget
Anda bisa mendapatkan resep pembuatan pisang nugget yang enak dan lezat di paman google. Coba ketikkan kata kunci resep pisang nugget maka akan banyak resep dan cara membuat pisang nugget yang lezat dan enak. Anda bisa mencobanya satu persatu hingga mendapatkan resep pisang nugget terbaik dan baku.

3. Menjual
Untuk menjual pisang nugget bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalkan sobat bisa menjual pisang nugget secara keliling ke sekolah, perumahan yang padat penduduk, dan dititipkan di sejumlah kantin dan warung. Bahkan sobat bisa menjualnya secara online menggunakan media sosial.

4. Inovasi
Setelah usaha pisang nugget anda berjalan lancar dan menguntungkan maka anda akan mengalami yang namanya kejenuhan. Konsumen merasa bosan dengan pisang nugget yang anda jual. Yang berakibat pada menurun penjualan secara perlahan. Maka untuk mengatasi penjualan pisang nugget menurun maka anda bisa melakukan inovasi pisang nugget. Sehingga penjualan nugget pisang bisa naik kembali.

5. Promosi
Proses promosi merupakan salah satu bagian dari kiat sukses usaha pisang nugget. Dengan promosi yang dilakukan maka usaha pisang nugget yang anda jalani bisa dikenal banyak orang. Dan jika mereka tertarik akan terjadi penjualan. Sehingga semakin rajin anda berpromosi maka akan semakin besar penjualan dan keuntungan yang bisa anda dapatkan. Adapun media promosi usaha pisang nugget bisa dilakukan dengan cara offline maupun online.

Pada awal usaha pisang nugget, sobat bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut yang cukup efektif. Caranya dengan memberitahukan kepada anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, teman, sahabat, rekan kerja dan kenalan mengenai usaha nugget pisang yang tengah anda jalani. Selain itu, sobat bisa melakukan promosi usaha pisang nugget dengan membagikan brosur, memasang pamflet, reklame, spanduk, baliho, umbul-umbul, pasang iklan di media cetak dan elektronik, dan lain sebagainya. Selain itu, anda bisa melakukan promosi usaha pisang nugget secara online di media sosial, toko online, blog, marketplace dan lainnya.

Cara Memasarkan Pisang Nugget
Setelah sobat bisa memproduksi nugget pisang yang enak dan lezat dengan harga 1000, langkah berikutnya adalah memasarkan pisang nugget. Untuk memasarkan nugget pisang relatif mudah. Sama seperti jenis kuliner lainnya. Berikut ini cara memasarkan pisang nugget, antara lain:

1. Sistim titip di warung
Anda dapat menitipkannya di warung-warung di sekitar tempat tinggal anda secara konsinyasi. Namun pastikan warung-warung tersebut ramai pembeli. Sehingga pisang nugget buatan anda bisa laris manis atau habis terjual dalam satu hari.

2. Sistim titip di kantin
Jika usaha pisang nugget yang anda dirikan menyasar kalangan pelajar atau anak sekolah seperti SD, TK, SMP, dan SMA maka sobat bisa menitipkan pisang nugget di kantin sekolah secara konsinyasi. Tawarkanlah sistem komisi menarik. Misalkan harga jual pisang nugget Rp 1000. Sedangkan keuntungan bersih bagi kantin sekolah sebesar Rp 400 perbuah.

3. Menjual langsung
Sobat bisa menjual langsung pisang nugget kepada konsumen. Misalkan menggunakan sepeda motor menjual pisang nugget keliling ke sejumlah sekolah dan perumahan atau mengikuti bazar dan pasar kaget dan pasar malam.