7 Tempat Grosir Batik Jogja Bahan Berkualitas dan Murah

05 Juli 2018

Anda ingin membeli batik untuk buah tangan orang tercinta dengan harga murah atau bahkan mau dijual kembali? Caranya dengan membeli di tempat penjual grosiran sehingga harganya lebih miring. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak produk tapi dengan anggaran yang hemat. Nah, Beberapa penjual grosir batik Jogja berikut ini bisa Anda kunjungi?

7 Tempat Grosir Batik Jogja dengan Harga Murah dan Berkualitas
Ada banyak kreasi busana batik yang ditawarkan mulai dari pakaian anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Kreasi modelnya sangat menarik dan tetap  modis untuk busana harian atau formal. Kalau Anda pandai menawar dan membeli dalam jumlah cukup banyak maka harga grosir pun bisa didapatkan. Nah, di mana saja surga belanja batik di Kota Pelajar ini?

1. Pasar Beringharjo
Kalau melancong ke Jogja biasanya tidak lupa mampir ke kawasan Jalan Malioboro. Nah, di kawasan tersebut terdapat pasar tua bernama Beringharjo. Pasar ini menjadi salah satu pusat penjualan batik di Kota Gudeg. Sangat banyak penjual yang menjajakan aneka model dan motif busana batik. Kalau Anda pandai menawar maka bisa mendapatkan harga grosir batik Jogja yang pastinya sangat murah.
grosir batik, grosir batik jogja, batik jogja, batik, usaha grosir batik, toko grosir batik jogja, grosir batik jogja murah, grosir batik murah, batik murah

Jumlah kunjungan ke pasar ini tidak pernah sepi karena itu Anda akan berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Supaya barang berharga dan bawaan lainnya tidak hilang pastikan untuk menjaganya dengan aman. Khusus untuk lapak penjual pakaian di pasar ini buka sampai jam sembilan malam. Jadi wisatawan membiliki banyak waktu untuk belanja batik lebih puas.

Bila datang secara rombongan menggunakan bus biasanya kendaraan akan diparkir di kawasan Ngabean, Abu Bakar Ali atau Bank Indonesia. Kalau ditempuh dengan berjalan kaki bisa saja membuat Anda lelah. Nah, sebagai solusinya bisa naik becak atau ojek online. Jika lalu lintas tidak sedang padat hanya diperlukan waktu 10 menitan saja.

2. Hamzah Batik
Sebelumnya toko souvenir khas Jogja ini bernama Mirota Batik yang lokasinya persis di depan Pasar Beringharjo. Koleksi batik di tempat grosir batik Jogja ini sangat lengkap dengan kualitas yang terjamin tapi harga yang dibanderol tidak bisa ditawar. Pilihan modelnya sangat banyak baik untuk pria maupun wanita.

Anda juga bisa menemukan sangat banyak kreasi kerajinan lainnya yang sangat unik dan sulit dijumpai di tempat lainnya. Berada di tempat ini Anda bisa menemukan banyak kreasi kerajinan berupa lukisan, produk kulit, miniatur aneka kendaraan, alat masak dari kayu, aksesoris bahkan minuman tradisional dan bakpia. Jadi ada banyak pilihan buah tangan untuk dibawa pulang.

Aroma wewangian selalu semerbak di setiap ruangan Hamzah Batik sehingga membuat pengunjung merasa sangat nyaman. Setiap lantainya memajang beragam benda kuno seperti kamera, sepeda, lukisan dan sebagainya yang sangat identik dengan nuansa budaya Jawa. Tidak hanya produknya yang unik tapi pelayanannya juga memuaskan.
grosir batik jogja, batik jogjakarta, grosir batik murah, tempat toko batik jogja, grosir batik jogja berkualitas, batik

3. Kampung Batik Ngasem
Bila Anda mengunjungi Tamansari atau Keraton bisa sembari berburu busana batik bermutu dengan harga murah. Sangat banyak toko batik di kawasan Ngasem yang bisa dikunjungi. Enaknya belanja di berbagai toko batik tersebut, Anda tidak akan berdesakan dan harganya masih bisa ditawar. Kalau membeli dalam jumlah banyak maka bisa dapat harga grosir batik Jogja.

Jarak setiap toko lumayan berjauhan sehingga Anda harus menyiapkan fisik kalau ingin mengunjungi beberapa di antaranya. Secara umum harga yang ditawarkan sama hanya saja untuk koleksi model, motif, warna dan ukurannya bisa saja berlainan. Jadi kalau di satu toko tidak terdapat produk sesuai keinginan bisa mencarinya gerai lainnya.

Kampung ini memang sudah terkenal sebagai pusat pengrajin batik sejak abad ke 19. Inilah kenapa sangat banyak gerai batik di kawasan tersebut. Selain belanja Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik, mulai dari pembuatan pola sampai dengan pewarnaan kainnya.

4. Batik Pajangan
Kawasan Pajangan, Kabupaten Bantul dikenal sebagai sentra kerajinan batik sehingga Anda akan menjumpai deretan toko. Anda bisa menemukan batik tulis atau cap dengan kualitas tinggi tapi dengan harga sangat terjangkau. Bahkan wisatawan pun diberikan kesempatan bila ingin melihat proses pembuatannya secara langsung di toko grosir batik Jogja tanpa dikenai biaya.

Untuk menuju kawasan Pajangan yang berada di selatan Kota Jogja setidaknya diperlukan waktu satu jam perjalanan. Sesampainya di kawasan tersebut Anda bisa menemukan sangat banyak gerai batik. Selain bisa menemukan beragam model busana batik, Anda juga bisa membeli yang masih dalam bentuk kain lembaran.
grosir batik jogja, grosir batik, batik jogja, tempat grosir batik, grosir batik jogja murah, batik jogja berkualitas

5. Batik Giriloyo
Lokasi sentra batik ini juga di Bantul tepatnya kawasan Kecamatan Imogiri. Batik cap atau tulis bisa didapatkan langsung dari pengrajinnya. Anda bisa belajar membuat batik tapi dikenakan biaya tersendiri. Uniknya di tempat ini disediakan penjahit jadi Anda bisa beli kain batik dan akan dibuatkan pakaian sesuai keinginan. Berbagai model pakaian jadi juga sudah tersedia. 

Kampung batik ini juga berada di kawasan Bantul, sekitar satu jam ke arah selatan dari pusat Kota Jogja. Gerai-gerai batik tersebut banyak dijumpai di kawasan Jalan Imogiri Timur yang mengarah ke objek wisata Makam Raja-raja Mataram.

6. Grosir Batik Yudhistira
Tempat belanja batik grosiran ini berada di Jalan Taman Siswa, sekitar 15 menit dari arah Malioboro.  Koleksi modelnya sangat lengkap seperti kemeja, dress, mukena, pakaian anak, sprei, blangkon dan sebagainya. Harga grosir batik Jogja yang dibanderol tidak bisa ditawar tapi dijamin sangat murah tapi dengan kualitas tidak mengecewakan.

Lokasinya masih berada di kawasan Kota Yogyakarta, tidak jauh dari kampus Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Tempatnya cukup luas sehingga Anda leluasa untuk memilih setiap produk yang disukai. Penataan barang sangat rapi sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan barang favoritnya.

Saat berada di dalam toko grosir batik ini Anda akan dihibur dengan lantunan gending jawa. Ruangan yang bersih dan sejuk akan menjadikan setiap pengunjung betah di dalamnya. Kemudahan cara pembayaran juga menjadi nilai tambahnya karena pengunjung bisa membayarnya secara tunai, debit melalui ATM atau kartu kredit.

7. Grosir Batik
Toko grosir batik Jogja ini berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, sebelah barat titik O kilometer Jogja. Koleksi busana batiknya sangat lengkap dengan aneka motif menarik. Kualitasnya juga bagus tetapi dengan banderol harga sangat bersahabat. Bila sedang berlangsung program promo, pengunjung juga berkesempatan mendapatkan potongan harga.

Salah satu kelebihan di toko ini adalah Anda bisa membayar belanjaan secara tunai, debit dan kartu kredit. Lokasi gerai batik ini dekat dengan taman parkir Ngaben jadi relatif dekat kalau ditempuh dengan berjalan kaki. Nah, kalau kendaraannya diparkir agak jauh bisa menggunakan becak, ojek atau taksi untuk menuju tempat grosiran batik tersebut.

Produknya sangat lengkap baik untuk pria maupun wanita. Toko ini menyediakan fitting room sehingga Anda bisa mencoba dulu pakaian yang akan dibeli. Pelayanan di toko ini juga sangat ramah dan memuaskan sehingga pengunjung akan merasa betah saat memilih busana yang diinginkan.

Tips Tepat Membeli Busana Batik
Semakin berkualitas sebuah karya batik pastinya akan berdampak pada harganya yang bertambah tinggi. Kenyamanan saat dikenakan juga sangat berbeda sehingga bisa sebagai penentu mutunya. Tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya juga bisa menjadikan harganya makin mahal. Nah, agar memastikan mendapatkan grosir batik Jogja terbaik berikut ini tips yang bisa diaplikasikan.

- Ketahui jenis kain batiknya
Bila dilihat dari proses pembuatannya terdapat jenis batik tulis dan cetak atau printing. Kualitas yang lebih bagus dimiliki oleh batik tulis karena dibuat secara manual dengan proses lama. Wajar saja bila harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu helai kainnya. Sedangkan batik cap atau cetak harganya lebih murah tapi kualitasnya juga cukup bagus.

- Pahami jenis bahan kain batiknya
Pemilihan kain saat berada di grosir batik Jogja sebaiknya disesuaikan dengan penggunaannya. Jadi semisal untuk pakaian harian sebaiknya memilih batik dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat. Kalau membeli pakaian batik untuk acara formal atau mengunjungi pesta sebaiknya memilih yang berbahan sutra. Jenis bahan ini nyaman dikenakan dan membuat Anda tampil semakin elegan.

- Meraba cetakan warna batiknya
Sebagai cara mengukur kualitas kain batik Anda bisa menempelkan tangan pada permukaan batiknya. Kalau warnanya  meninggalkan bekas di telapak tangan sebagai indikator kalau pewarna kainnya tidak bagus. Kondisi itu bisa mengakibatkan kain batik akan luntur warnanya kalau dicuci. Kalau sudah begitu warna kain batiknya akan cepat pudar dan tidak menarik lagi.

- Amati bagian belakang kain batik
Kain batik berkualitas bagus ditandai dengan cetakan motif yang terlihat sama antara permukaan serta bagian belakangnya. Hal itu karena ketelitian dalam proses pembuatannya sehingga menjadikan kain batik lebih awet juga. Jadi kalau Anda menjumpai bagian belakang kain batik yang masih berwarna putih berarti mutunya rendah. Wajar bila harga yang dibanderol sangat murah.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan batik dengan kualitas bagus pastikan memahami tips memilihnya. Agar lebih hemat waktu sebaiknya memilih salah satu tempat grosir batik Jogja di atas.