Keuntungan Bisnis Gas Elpiji dan Harga Per Tabungnya

05 April 2017

Usaha berjualan gas elpiji 3 kg, 5 kg dan 12 kg baik sebagai agen, pangkalan, sub agen, dll memerlukan modal besar. Sedangkan pengecer merupakan sebuah bisnis yang bisa dimulai dari modal kecil. Penulis salah satu pelaku usaha bisnis gas elpiji sebagai pengecer. Usaha ini sangat menguntungkan dengan modal awal minim. Sebuah bisnis yang anti rugi. Jika sobat sedang bingung mencari bisnis yang tepat maka usaha berjualan gas elpiji 3 kg ataupun 12 kg merupakan pilihan bagus. Jika anda mempunyai modal besar maka sobat bisa mendirikan agen gas elpiji. Sedangkan apabila memiliki modal kecil, sobat dapat memulai sebagai pengecer.

Keuntungan Bisnis Gas Elpiji
Hal yang jadi pertanyaan mengapa banyak warung, toko, rumahtangga dll yang menjalankan bisnis gas elpiji. Karena bisnis ini sangat praktis, menguntungkan, menjanjikan untung besar tanpa perlu direpotkan dengan proses produksi dan pemasaran. Tanpa basa basi lagi, inilah keuntungan dari bisnis gas elpiji yang penulis ketahui, antara lain:

▪ Mudah
Bisnis gas elpiji 3 kg, 5 kg dan 12 kg pertamina mudah dijalankan tanpa ribet. Anda tinggal memasang papan di depan rumah bertuliskan gas ada. Para pembeli akan datang berbondong-bondong.

▪ Modal Kecil
Usaha jualan gas elpiji 3 kg bisa dimulai dengan modal Rp 300 ribu atau dengan dua tabung. Harga pertabung gas elpiji 3 kg dan isinya sekitar Rp150 ribu. Semakin banyak tabung dan pelanggan akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan.

▪ Dicari Orang
Jualan gas 3 kg elpiji akan selalu laris manis dicari banyak orang terutama ketika terjadinya kelangkaan akibat kurang pasokan dari pihak pertamina. Hal ini dibuktikan oleh penulis ketika berada di desa dan kota, jualan gas elpiji 3 kg selalu laku keras dalam waktu sekejap.

Ketika penulis berada di kota Bandung kemudian mengisi bensin di SPBU Pertamina Soekarno Hatta tampak antrian panjang orang yang hendak membeli gas elpiji 3 kg. Akhirnya, gas habis dalam waktu satu jam. Begitupula yang terjadi di pedesaan, masyarakat antri membeli gas elpiji 3 kg di sebuah agen gas. Pendek kata, bisnis gas elpiji 3 kg sangat menjanjikan apalagi dalam skala besar.
usaha gas elipiji, gas lpg, bisnis gas, bisnis gas lpg, usaha lpg, usaha gas lpg, lpg 3 kg, harga lpg

Alasan apa yang membuat gas elpiji 3 kg selalu dicari orang ? Karena gas 3 kg elpiji merupakan kebutuhan utama manusia saat ini. Untuk keperluan memasak di dapur. Sebab sekarang bahan bakar minyak tanah digantikan oleh gas elpiji semenjak ada program konversi dari minyak tanah ke gas 3 kg.

Dan berdasarkan pengalaman penulis, kebutuhan akan gas 3 kg elpiji bukan hanya bagi setiap rumah tangga. Tapi juga bagi setiap usaha kecil dan menengah disingkat ukm setempat yang kadang kebutuhan gas elpiji 3 kg perhari sangat besar seperti 5 tabung untuk tetap produksi barang kuliner. Misalnya di desa penulis ada berbagai usaha kuliner seperti sale pisang, kerupuk, kripik dan lain-lain yang membutuhkan puluhan isi gas 3 kg perhari. Mereka memilih menggunakan gas ukuran 3 kg karena harga murah dan mudah dibawa. Bahkan untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji 3 kg mereka telah menyetok banyak sebelumnya.

▪ Harga Stabil
Kelebihan lain dari bisnis jualan gas elpiji 3 kg pertamina adalah harga jual yang stabil bahkan mengalami kenaikan signifikan pada saat terjadi kelangkaan. Waktu yang biasa terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kg adalah menjelang dan pada saat bulan puasa atau Ramadhan, menjelang hari raya idul fithri dan 10 hari setelahnya, dan pada hari biasa juga sangat mungkin terjadi. Karena pasokan minim tapi kebutuhan masyarakat sangatlah besar.

Untuk memperbesar keuntungan dan melengkapi bisnis gas elpiji, sobat bukan hanya menjual gas 3 kg saja tapi juga menyediakan isi gas elpiji 5 kg, 12 kg dan blue gas serta menjalankan bisnis jual beli tabung gas elpiji kosong dalam berbagai ukuran. Selain itu sobat dapat mengkombinasikan dengan usaha jualan kompor gas, regulator dan hal yang berkaitan dengan gas. Lalu bisa pula dijalankan secara kombinasi dengan usaha warung sembako, toko kelontongan, usaha gas elpiji dan aqua air minum isi ulang galon, usaha menjahit, dll. Dan anda pun bisa fokus di satu jenis usaha saja seperti jualan gas elpiji 3 kg.

Sementara itu, cara mudah dan sukses memasarkan bisnis gas elpiji 3 kg adalah menjalin kerjasama dengan pemilik rumah makan, usaha produksi makanan, pabrik cemilan, dll untuk menyediakan gas elpiji 3 kg dalam jumlah tertentu.

Modal Usaha Gas Elpiji 3 Kg
Untuk keterangan lebih lengkap, berikut ini langkah-langkah atau modal usaha dalam memulai bisnis gas elpiji 3 kg dan ukuran lain dari tahap awal sampai berdiri, antara lain:

▪ Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha bisa dimulai di dalam rumah. Gunakan ruangan yang kosong untuk menyimpan stok tabung gas elpiji 3 kg, 12 dan 5 kg. Untuk mulai menjual dan mempromosikan bisnis gas elpiji 3 kg sobat bisa memasang tulisan menjual gas 3 kg. Usaha ini dapat dijalankan walaupun lokasi usaha sobat berada di dalam gang atau jalan kecil. Yang penting masyarakat umum dapat mengetahui keberadaan bisnis kita dengan cata memasang reklame atau tulisan permanen. Untuk menjaga keamanan bisnis gas elpiji sobat pastikan lokasi usaha sangat jauh dari jangkauan anak anak dan sumber api.

▪ Kendaraan Operasional
Alat transportasi ini bisa berupa mobil, colt, truk atau sepeda motor untuk pengiriman dan angkut barang tabung gas elpiji dalam jumlah banyak.

▪ Cari  Supplier
Setelah mempunyai lokasi usaha yang memadai, tepat dan strategis dan memiliki modal alat transportasi mobil atau sepeda motor, langkah selanjutnya adalah mencari pemasok. Pasokan bisa berasal dari pangkalan gas elpiji 3 kg atau langung dari agen gas yang resmi. Namun biasanya konsumen membeli gas 3 kg elpiji dari pengecer. Dan pengecer mengambil pasokan dari pangkalan. Dan pangkalan pasokan dari agen resmi setempat. Dan agen mengambil pasokan gas dari distributor pusat. Tak bisa menyalahi alur tersebut.

Jika anda memutuskan menjadi pengecer sebelum melangkah lebih jauh menjadi agen gas atau pangkalan maka sobat hendaknya mencari pemasok atau pangkalan yang terdekat dengan lokasi usaha sobat. Hal ini berguna untuk mempermudah pengiriman dan menghemat pengeluaran biaya transportasi. Tanyakan pada mereka apakah masih menerima pengecer gas 3 kg. Seringkali pangkalan sudah menerima banyak pelanggan dari kalangan pengecer. Oleh karenanya, pilih pangkalan paling dekat yang masih jarang pelanggan atau pengecer. Sebab itu, peluang anda sebagai pengecer gas yang dapat pasokan dari pangkalan terbuka lebar.

Modal usaha yang utama dari bisnis gas elpiji 3 kg adalah tabung itu sendiri. Anda dapat memulai usaha ini dari jumlah tabung 10 buah atau lebih banyak lebih bagus dan menguntungkan. Untuk memiliki beberapa tabung gas kosong sobat bisa membelinya langsung dari pangkalan, agen atau dari pengguna langsung. Penulis membeli 10 tabung gas elpiji 3 kg dari pengecer yang bangkrut. Atau sobat dapat membeli tabung gas kosong di toko di kota terdekat serta dari individu yang menjual atau menggadaikan tabung gas 3 kg kosong dengan harga murah.

Harga Tabung Gas Elpiji 3 Kg Kosong
Berdasarkan pengamatan penulis, harga tabung 3 kg elpiji yang kosong sebesar Rp 120 ribu pertabung. Sedangkan yang sudah ada isinya sekitar Rp 135 ribu per tabung. Namun ada juga yang menjual dengan harga Rp 150 ribu per tabung. Semua harga berbeda-beda tergantung situasi dan wilayah setempat.

Selepas sobat mempunyai sejumlah tabung gas elpiji 3 kg yang kosong, tinggal mengisinya ke pangkalan terdekat dengan harga Rp 16.500 pertabung elpiji 3 kg. Untuk gas elpiji 5 kg harga pengisian sebesar Rp 60 ribu. Akan tetapi, fakta di lapangan bisa berubah. Misalkan di daerah penulis, harga isi gas elpiji 3 kg di pangkalan atau agen resmi sekitar Rp 18 ribu. Dan harga jual ke konsumen sebesar Rp 25 ribu. Harga jual gas elpiji tentu akan naik lagi jika dikirim ke pengecer langsung oleh pangkalan menggunakan mobil bak terbuka.

Pendek kata, keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang pengecer dikisaran Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu. Jika dalam satu hari terjual minimal 10 isi tabung gas elpiji 3 kg maka untung bersih seorang pengecer sebesar Rp 20 ribu ( Rp 2000 x 10) perhari.

Jika penghasilan dari bisnis gas 3 kg sebagai pengecer dirasa kurang maka sobat bisa menjadi grosir gas. Caranya dengan memasok gas elpiji 3 kg ke toko-toko atau warung pengecer dengan harga jual yang lebih murah. Misalkan harga eceran Rp 20 ribu maka sobat bisa menjual secara grosir dengan harga Rp 19000. Niscaya keuntungan yang didapatkan bisa berlipat ganda walaupun untung sedikit sekitar Rp 500 sampai Rp 1000. Namun syarat untuk menjadi grosir gas elpiji 3 kg yaitu memiliki kendaraan bermotor yang mampu mengantarkan gas ke lokasi pengecer secara langsung serta mempunyai stok tabung elpiji 3 kg yang kosong dalam jumlah banyak supaya tidak habis dalam waktu singkat.