12 Cara Membuka Usaha Tempat Penitipan Anak Untung Jutaan

14 Maret 2018

Di tengah situasi perekonomian mikro di Indonesia yang tak menentu dan naiknya berbagai kebutuhan pokok membuat setiap orang mesti bersikap kreatif dalam menciptakan peluang usaha. Salah satunya kalangan ibu rumahtangga yang merasakan dampaknya. Berkat penghasilan suami yang tak mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari keluarga, terkadang seorang wanita rela melakukan berbagai pekerjaan dan usaha untuk membantu perekonomian keluarga. Hal inilah yang membuat timbul sebuah peluang bisnis baru yang sangat menjanjikan yaitu usaha tempat penitipan anak sederhana.

Prospek Usaha Penitipan Anak Lengkap
Penulis melihat prospek usaha penitipan anak sangat menjanjikan untuk dijalankan di kota maupun di desa. Ada banyak sebab bisnis dalam bidang jasa ini memiliki prospek cerah. Salah satunya anda bisa membuka usaha tempat penitipan anak di rumah secara rumahan. Modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil berupa alat-alat dan perlengkapan bermain anak. Serta di beberapa wilayah di Indonesia terutama pedesaan, usaha jasa penitipan anak tidak ada pesaing.
bisnis tempat penitipan anak, usaha tempat penitipan anak, tempat penitipan anak, anak bayi, cara usaha tempat penitipan anak

12 Cara Membuka Usaha Tempat Penitipan Anak Untung Jutaan
Bagi anda yang ingin memanfaatkan peluang usaha penitipan anak, berikut ini cara membuka usaha tempat penitipan anak untung jutaan, antara lain:

1. Menyediakan lokasi usaha
Langkah pertama untuk membuka usaha tempat penitipan anak yaitu menentukan lokasi usaha sebagai tempat penitipan anak. Pastikan tempat penitipan anak tersebut dalam kondisi baik, bersih, pencahayaan yang baik, aman, nyaman, terbebas dari nyamuk dan sangat layak dipergunakan. Selain itu, tak kalah penting lokasi usaha penitipan anak berada di tempat strategis yang mudah dijangkau banyak orang dari berbagai sudut.

2. Menyediakan perlengkapan dan alat bermain anak
Ada banyak jenis permainan yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Namun pastikan alat dan perlengkapan bermain bagi anak-anak terjamin keamanan. Salah satu permainan yang sangat cocok ditempatkan di tempat penitipan anak adalah adalah permainan puzzle, permainan balok kayu yang dapat disusun rapi, permainan menangkap dan melempar bola, permainan mencocokkan warna dan bentuk dan jenis mainan lainnya yang menyenangkan dan bersifat edukasi.

3. Menjamin keamanan bagi anak-anak
Salah satu hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah menjamin keamanan anak-anak dari lingkungan sekitar dan lingkungan bermain. Dalam arti lokasi usaha penitipan anak sangat aman. Misalnya jauh dari kolam air yang sangat dalam, jauh dari lalu lintas kendaraan bermotor, jauh dari benda tajam dan benda lain yang membahayakan jiwa anak-anak dll.

4. Pengasuh yang kompeten
Segala sesuatu harus diserahkan pada ahlinya. Begitupula dalam membuka usaha penitipan anak harus dikelola oleh karyawan atau pengasuh yang kompeten. Sehingga bisa mengasuh dan mendidik anak secara aman, baik dan benar serta profesional. Untuk tahap awal, sobat bisa mempekerjakan dua orang tenaga pendidik yang memiliki sertifikat resmi.

5. Harga penitipan anak
Untuk menentukan harga penitipan anak sesuai dengan harga pasaran saat ini. Harga jasa penitipan anak sangat bergantung dengan target market yang anda bidik. Jika anda membidik kalangan menengah ke bawah maka harga jasa penitipan anak harus terjangkau bagi kalangan mereka. Harga penitipan anak sekitar Rp 300 ribu perbulan.

6. Membuat surat izin usaha penitipan anak
Untuk menjamin usaha penitipan anak diakui secara sah di mata hukum, tidak diganggu gugat oleh orang lain dan oleh masyarakat luas maka anda perlu melengkapi dengan surat perijinan usaha penitipan anak. Anda bisa menguruskan ke dinas terkait. Seperti dinas pendidikan anak usia dini, dinas usaha kecil dan menengah dan lembaga berwenang lainnya.

7. Promosi
Pada awal buka usaha penitipan anak mungkin banyak orang yang tak mengetahui keberadaan bisnis anda tersebut. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai strategi promosi yang gencar untuk memperkenalkan bisnis penitipan anak ke masyarakat luas. Seperti dengan cara membagikan brosur, memasang pamflet, pasang spanduk, dll.

8. Semangat, kerja keras dan pantang menyerah
Selama anda menjalani usaha tempat penitipan anak mungkin anda mengalami berbagai tantangan dan kendala. Seperti kurang modal usaha, sepi pelanggan dan lain-lain. Namun hal itu jangan membuat anda menyerah. Berbagai kendala dan hambatan tersebut bisa diatasi dengan baik dengan cara tetap berpikir jernih, kerja keras, ulet dan pantang menyerah.

9. Usaha penitipan anak lengkap
Selain membuka usaha tempat penitipan anak maka anda bisa pula mengkombinasikan dengan usaha jasa katering, usaha pendidikan anak PAUD, usaha les privat dan lain sebagainya. Sehingga keuntungan yang sobat dapatkan bukan hanya dari satu sumber penghasilan tapi juga dari jenis usaha-usaha lainnya yang masih berkaitan.

10. Usaha franchise penitipan anak
Jika anda tidak mau direpotkan dengan pengelolaan usaha, perijinan usaha dan cara membangun usaha penitipan anak dari nol hingga buka maka anda bisa bergabung menjadi mitra usaha waralaba penitipan anak. Ada banyak franchise usaha jasa penitipan anak. Salah satunya adalah Daycare yang mempunyai nama besar dan terkenal.

11. Membuka cabang
Setelah anda sukses membuka usaha penitipan anak di suatu tempat maka anda bisa membuka usaha tempat penitipan anak di tempat lain atau daerah lain yang lebih potensial. Sehingga pangsa pasar dan konsumen yang anda dapatkan lebih besar. Yang berdampak pada laba bersih yang menjadi naik.

12. Pelayanan terbaik
Pelayanan merupakan hal yang paling harus diperhattikan dalam bisnis jasa. Pastikan anda melayani konsumen dan pelanggan secara baik, ramah, murah senyum dan bersahabat. Sehingga konsumen yang menggunakan jasa anda akan merekomendasikan bisnis anda kepada orang terdekat dan disekeliling mereka.

Tips dan Kiat Sukses Usaha Tempat Penitipan Anak
Seperti jenis usaha dan bisnis lain, usaha penitipan anak supaya berhasil dan mampu menghasilkan untung hingga jutaan rupiah perbulan diperlukan beberapa strategi. Berikut ini tips dan kiat sukses untuk menjalankan usaha tempat penitipan anak bagi pemula, antara lain:

1. Menjalin relasi dengan banyak orang
Pada sebuah bisnis mesti terkandung beberapa aspek supaya berhasil. Salah satu aspek pemasaran dan pelanggan. Dengan semakin banyak pelanggan jasa penitipan anak maka keuntungan semakin besar. Hal inilah yang membuat anda mesti menjalin relasi dengan banyak orang untuk mengajak mereka menjadi pelanggan bisnis jasa penitipan anak anak. Pada awal mula tawarkanlah jasa penitipan anak yang anda kelola kepada sanak kerabat, tetangga, rekan kerja dan kenalan.

2. Tempat strategis
Salah satu tips dan kiat sukses membuka usaha tempat penitipan anak adalah pastikan lokasi penitipan anak di tempat yang strategis. Seperti di pusat keramaian orang, di pinggir jalan raya yang ramai dan lain sebagainya. Kemudian anda bisa melengkapi dengan taman bermain bagi anak-anak. Cara tersebut dilakukan supaya orang lebih mengenal usaha jasa penitipan anak. Dan tertarik untuk menggunakan jasa anda.

Rincian Modal Usaha Untuk Buka Usaha Penitipan Anak
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah berapa biaya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha penitipan anak. Ada dua modal usaha yang diperlukan yaitu modal operasional dan modal investasi. Untuk modal investasi antara lain biaya pengadaan berbagai jenis mainan anak yang bersifat edukasi dan lengkap, biaya renovasi bangunan dan ruang bagi anak yang aman dan nyaman.

Untuk biaya operasional usaha tempat penitipan anak yaitu biaya makan siang anak, biaya listrik dan upah karyawan bagian pendidik atau pengasuh. Perkiraan biaya operasional perbulan sekitar Rp 2 juta. Sedangkan omset perbulan yang bisa didapatkan sebesar Rp 5 juta dengan asumsi ada 10 anak yang dititipkan dan harga penitipan anak sebesar Rp 450 ribu perbulan. Jika diperhitungkan usaha jasa ini mampu BEP atau balik modal dalam waktu kurang dari 3 bulan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Penitipan Anak
Salah satu yang kerapkali dialami oleh seseorang yang hendak membuka usaha adalah ketiadaan modal berupa uang dan barang. Namun hal itu jangan pernah menghalangi niat baik anda untuk membuka usaha. Begitupula dalam membuka bisnis jasa penitipan anak. Mungkin anda tidak mempunyai uang yang memadai untuk membangun usaha penitipan anak dari awal sampai berdiri. Oleh sebab itu, penulis akan menjelaskan beberapa cara mendapatkan modal usaha penitipan anak, antara lain:

1. Teman atau sahabat
Anda bisa memperoleh tambahan modal usaha penitipan anak dengan meminjam uang kepada sahabat atau teman anda. Tawarkanlan kepada mereka sistem kerjasama bagi hasil yang saling menguntungkan kedua belah pihak

2. Orangtua
Sumber permodalan usaha penitipan anak berikutnya bisa anda dapatkan dengan meminjam kepada kedua orangtua anda. Mereka ingin anda sukses dalam berbisnis maka dengan sendirinya akan rela meminjamkan bahkan memberikan uang kepada anda sebagai modal awal membuka usaha penitipan anak.

3. Bank
Sebenarnya ini adalah cara terakhir bagi anda yang membutuhkan modal usaha penitipan anak. Disebabkan adanya biaya administrasi dan bunga bank. Penulis tidak merekomendasikan cara ini karena harus adanya jaminan dan proses administrasi yang cukup rumit.

Namun untuk mendapatkan tambahan modal usaha di atas tidaklah mudah. Anda harus meyakinkan teman atau sahabat, kedua orangtua dan pihak bank untuk meminjamkan uang mereka pada anda. Oleh sebab itu, untuk lebih meyakinkan mereka maka anda bisa membekali diri dengan proposal usaha penitipan anak. Untuk contoh proposal usaha tempat penitipan anak bisa anda dapatkan di paman google.