10 Cara Bisnis Keripik Singkong yang Laris, Mudah, Menguntungkan

12 Maret 2018

Usaha keripik singkong sudah melegenda. Bisnis keripik singkong sudah ada sejak lama. Namun pada masa dahulu masih bersifat tradisional dan kecil-kecilan. Namun seiring dengan kecanggihan teknologi pangan, usaha keripik singkong mulai dibuat secara massal melalui perusahaan besar. Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai jenis keripik singkong dengan berbagai merk dan kemasan menarik serta harga terjangkau. Ada berbagai variasi rasa dari keripik singkong. Seperti rasa balado pedas, asin, asam, manis, gurih, keju dan lain sebagainya.

Prospek Usaha Keripik Singkong Rumahan

Bisnis pembuatan keripik singkong sangat cocok dijalankan oleh siapapun. Terutama kalangan ibu rumahtangga. Sambil mengasuh anak di rumah, ibu rumahtangga bisa menghasilkan uang tambahan untuk keluarga tercinta. Usaha keripik singkong rumahan bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan. Adapun modal usaha yang dibutuhkan sangat kecil. Apalagi bahan dasar pembuatan kripik singkong yaitu singkong sangat mudah anda dapatkan di pasaran dengan harga murah.

Usaha kripik singkong tidak membutuhkan modal besar dan lokasi strategis. Anda bisa membuka usaha kripik singkong di dalam rumah. Walaupun tingkat persaingan bisnis kripik singkong sangat tinggi tapi masih menjanjikan dan pasar terbuka lebar. Anda bisa memilih target market yang minim kompetitor seperti kalangan anak sekolah dasar atau TK yang masih belum digarap maksimal oleh para pesaing.
cara bisnis keripik singkong, usaha keripik singkong, keripik singkong, usaha keripik ubi kayu, bisnis keripik

10 Cara Bisnis Keripik Singkong yang Laris, Mudah, Menguntungkan
Untuk lebih lengkap, berikut ini cara bisnis keripik singkong yang laris, mudah dan menguntungkan buat pemula, antara lain:

1. Menentukan konsep bisnis keripik singkong
Ada berbagai cara dalam membuka usaha keripik singkong yaitu usaha keripik singkong rumahan, satu rasa atau aneka rasa. Anda bisa memilihnya sesuai selera dan keinginan. Mulailah membuka usaha keripik singkong skala usaha kecil. Berjalan waktu, seiring semakin besar modal dan jaringan maka bisnis kripik singkong bisa dikembangan lebih lanjut ke daerah lain.

2. Mempersiapkan modal usaha
Adapun rincian biaya modal usaha yang dibutuhkan dalam usaha produksi keripik singkong terdiri dari dua bagian yaitu modal investasi dan modal operasional.

3. Rasa yang nikmat dan lezat
Sebagai usaha kuliner atau makanan cemilan maka syarat utama supaya bisnis kripik singkong laris manis, mudah dan menguntungkan adalah mempunyai kualitas rasa yang lebih enak, lezat, unik dan nikmat ketimbang pesaing.  Karena hal tersebut yang akan membedakan usaha keripik singkong sobat dengan pesaing. Dengan kelebihan itulah yang membuat bisnis kripik singkong anda lebih laris ketimbang kompetitor. Untuk mendapatkan resep keripik singkong yang enak dan lezat, anda bisa mencarinya di Google.

4. Harga yang lebih murah dari pesaing
Penulis pernah mendapatkan usaha keripik singkong secara rumahan yang menjual keripik singkong perkilogram dengan harga yang sama dengan pesaing. Padahal pihak kompetitor menjualnya dengan kemasan yang lebih bagus dan menarik. Tak berlangsung lama, akhirnya usaha keripik singkong rumahan tersebut gulung tikar. Disebabkan sepinya pembeli. Dari cerita ini, penulis ingin mengingatkan bagi anda yang membuka usaha keripik singkong dan ingin dagangannya laris maka usahakan menjual keripik singkong dengan harga lebih murah dari kompetitor. Dengan demikian, konsumen yang anda dapatkan bukan dari konsumen terakhir tapi juga dari pihak reseller.

5. Pemasaran gencar
Untuk masalah pemasaran usaha keripik singkong sangat mudah, Sama seperti produk kuliner lainnya seperti keripik kentang, keripik ubi, kripik talas, dan kerupuk. Anda bisa melakukan proses pemasaran dengan berbagai cara antara lain memasarkan ke warung, kantin sekolah, toko kelontongan, dan toko sembako terdekat. Selain itu, sobat bisa mengikuti pasar malam atau pasar kaget untuk mempromosikan sekaligus memasarkan kripik singkong yang anda buat.

6. Kemasan yang menarik
Untuk menimbulkan minat membeli konsumen terhadap produk kripik singkong buatan anda maka anda bisa mengemasnya dengan kemasan plastik yang sangat menarik dengan logo dan gambar menarik dan unik.

7. Pembuatan surat ijin dari BPPOM, dinas kesehatan dan sertifikat halal MUI
Cara ini ditempuh supaya produk keripik singkong anda sah dimata hukum dan bisa menembus pasar modern, hypermart, minimarket, supermarket hingga di ekspor.

8. Promo yang menarik
Jika anda telah melakukan hal-hal di atas, namun penjualan keripik singkong belum maksimal dan laris maka ada yang masih belum dikerjakan. Salah satunya anda bisa melakukan strategi bisnis ini yaitu dengan cara melakukan promo yang menyedot perhatian  banyak orang. Misalkan apabila membeli keripik singkong dua buah dapat satu buah gratis, diskon 50 persen, gratis keripik singkong 1bungkus bagi ibu hamil, dan teknik marketing lain sebagainya.

9. Pelayanan yang memuaskan konsumen
Pelayanan adalah hal yang paling utama dalam bisnis apapun juga termasuk dalam bisnis kripik singkong. Apalagi di tengah persaingan bisnis keripik singkong yang sangat tinggi membuat anda mesti memperhatikan kualitas pelayanan supaya usaha kripik singkong anda bisa bertahan lama. Salah satu cara memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen, antara lain bersikap ramah kepada konsumen, murah senyum, senang membantu, dll.

10.Ulet
Untuk sukses dalam bisnis kripik singkong, anda mesti menguasai dari masalah produksi sampai pemasaran. Dan semua itu harus dilakukan dengan kerja keras, ulet, sabar dan pantang menyerah. Hingga tercapai target produksi dan penjualan serta omset bersih yang didapatkan.

Tips Sukses Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa
Anda tentu tidak ingin bisnis keripik singkong rumahan yang anda jalani mengalami bangkrut atau gulung tikar. Anda mengharapkan usaha kripik singkong pedas dan aneka rasa mengalami kemudahan, kelancaran dan laris manis. Oleh sebab itu, sobat perlu menerapkan strategi bisnis yang tepat dan tips sukses bagi bisnis keripik singkong.

Berikut ini tips sukses usaha keripik singkong aneka rasa bagi pemula, antara lain:

1. Membuat keripik singkong dengan kualitas terbaik
Di tengah persaingan yang sangat ketat dalam bisnis keripik singkong membuat anda mesti mempunyai kelebihan dari produk keripik singkong yang anda buat. Kelebihan dalam berbagai hal termasuk kualitas rasa yang lebih enak, lebih renyah dan lebih awet dari pesaing.

2. Mengemas keripik singkong secara higienis
Setelah proses produksi kripik singkong berhasil dibuat dengan kualitas terbaik, selanjutnya adalah mengemas kripik singkong dengan kemasan terbaik. Anda bisa mengemasnya menggunakan plastik sama seperti makanan ringan yang lain. Namun jika ingin lebih istimewa maka sobat bisa mengemasnya dengan kemasan plastik yang sudah diberi gambar dan logo atau telah dicetak dan disablon.

3. Memberi label harga yang tepat
Untuk harga jual keripik singkong tergantung sekali dengan keinginan dan target pasar yang dituju. Misalkan anda membidik kalangan anak sekolah maka kripik singkong yang dijual haruslah di kisaran Rp 500 sampai Rp 1000. Sedangkan jika usaha kripik singkong membidik kalangan umum maka anda bisa membanderol dengan harga Rp 5000 perbuah. Masalah harga kripik singkong sesuaikan pula dengan biaya kemasan dan biaya transportasi, dll. Supaya keuntungan yang bisa didapatkan cukup memadai.

4. Memasarkan kripik singkong secara massif
Selepas anda mempunyai sebuah produk keripik singkong dengan kualitas terbaik dan kemasan menarik, selanjutnya adalah melakukan proses pemasaran. Apa yang disebut pemasaran? Yaitu suatu proses untuk menjual keripik singkong ke masyarakat luas baik ke tingkat konsumen langsung atau melalui reseller atau agen. Dalam proses pemasaran membutuhkan sikap proaktif. Jadi anda tidak bisa duduk menunggu pesanan. Namun mencari pesanan keripik singkong di sejumlah tempat dan orang.

Ada berbagai cara untuk memasarkan keripik singkong, yaitu anda bisa menitipkan di sejumlah supermarket, minimarket, warung dan kantin dengan sistim konsinyasi, anda bisa menjual langsung kepada warung dan kantin dengan harga jual lebih murah, dan anda bisa menjual ke konsumen akhir dengan cara mengikuti pameran, pasar malam, pasar kaget, acara car free day dan acara lainnya.

Dan tak kalah menjanjikan, anda bisa memasarkan keripik singkong di internet dengan memasang iklan promosi di media sosial, marketplace, toko online dll. Dalam sistem pemasaran secara online sediakan sistem kemitraan reseller maupun dropship.

5. Membuka gerai penjualan keripik singkong di tempat strategis
Selain mengandalkan bantuan penjualan dari toko lain maka anda bisa mendukungnya dengan membuat gerai usaha jualan kripik singkong sendiri di lokasi yang ramai. Misalnya menyewa lokasi usaha di depan minimarket. Dengan melakukan cara ini maka anda bisa menjual kripik singkong dengan lebih laris dan lebih banyak perhari.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Keripik Singkong
Jika anda sedang mencari peluang bisnis yang memiliki prospek cerah maka membuka usaha kripik singkong secara rumahan merupakan pilihan yang tepat. Mengingat bisnis ini termasuk bisnis kuliner yang dibutuhkan banyak orang dan bisa dijalankan dengan modal kecil. Namun apabila anda tidak mempunyai uang sama sekali masih bisa menjalankan bisnis kripik singkong dengan cara mendapatkan modal usaha dari orang lain.

Namun untuk mendapatkan modal usaha dari pihak luar tidaklah mudah. Anda memerlukan proses persiapan dokumen dan administrasi. Salah satunya adalah mempersiapkan diri dengan proposal usaha keripik singkong yang bisa membantu menjelaskan bisnis anda tersebut. Untuk contoh proposal bisnis keripik singkong sudah banyak tersebar di dunia maya. Anda bisa mendapatkannya dengan searching di mbah Google.

Kemudian berikan proposal usaha kripik singkong kepada rekan, teman, sahabat, anggota keluarga, sanak kerabat dll untuk mendapatkan modal usaha bagi bisnis kripik singkong sobat. Berikan perhitungan keuntungan bagi hasil yang adil.