Rincian Biaya Modal Usaha Kantin Sekolah dan Keuntungannya

08 April 2018

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang. Seperti memulai suatu bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan cukup besar.  Salah satunya adalah membuka usaha kantin sekolah. Adapun menu makanan kantin sekolah bervariasi disesuaikan dengan target pasar yang dituju. Untuk sukses membuka bisnis kantin sekolah, anda hendaknya mempunyai keterampilan memasak.

Rincian Biaya Modal Usaha Kantin Sekolah dan Keuntungannya
Buat anda pemula yang  mau membuka bisnis makanan di kantin sekolah, berikut ini rincian biaya modal usaha kantin sekolah dan keuntungannya, antara lain:
bisnis kantin sekolah, usaha kantin sekolah, kantin sekolah, usaha kantin, bisnis kantin, kantin

▪ Biaya Investasi
1. Belanja peralatan dan perlengkapan memasak Rp 2 juta
2. Belanja mangkok, keranjang, sendok, garpu, wadah, piring dan gelas Rp 300 ribu
3. Renovasi bangunan kantin Rp 1 juta

Total biaya investasi sebesar Rp  3.300.000.

▪ Biaya Operasional
1. Sewa kantin perbulan Rp 200 ribu
2. Belanja bahan menu makanan Rp 1 juta
3. Biaya tak terduga Rp 300 ribu

Total biaya operasional usaha kantin sekolah perbulan sebesar Rp 1,5 juta.

Keuntungan Usaha Kantin Sekolah
Untuk keuntungan usaha kantin sekolah cukuplah besar disesuaikan dengan jumlah murid yang ada. Semakin banyak anak sekolah maka keuntungan usaha kantin sekolah semakin besar. Namun apabila sekolah yang bersangkutan mempunyai jumlah murid yang sedikit maka keuntungan usaha kantin sekolah juga akan sedikit.

Berdasarkan penuturan salah seorang pelaku bisnis kantin sekolah yang penulis kenal, dalam satu hari omset yang bisa didapatkan dari usaha kantin sekolah minimal sebesar Rp 1 juta. Adapun omset bersihnya sekitar 30 persen. Maka dalam satu hari keuntungan bersih usaha kantin sekolah sebesar Rp 300 ribu. Dikalikan satu bulan maka omset bersih usaha kantin sekolah sebesar Rp 9 juta perbulan. Bagaimana lumayan bukan? Sehingga usaha ini bisa menambah penghasilan dan menghasilkan omset harian yang cukup besar.

Proposal Usaha Kantin Sekolah
Salah satu problema yang seringkali dialami oleh seseorang yang hendak membuka usaha kantin sekolah adalah ketiadaan modal. Baik itu modal keterampilan maupun modal keuangan. Untuk modal keterampilan memasak bisa anda pelajari secara mudah kepada ahli memasak. Untuk bantuan modal keuangan maka anda bisa mengajukan pinjaman atau proposal kerjasama membuka usaha kantin di sekolah.

Cara Mengelola Kantin Sekolah yang Baik
Berikut ini cara mengelola kantin sekolah yang baik dan benar, antara lain:

1. Merekrut tenaga karyawan
Jika anda mempunyai modal usaha yang sangat besar maka untuk memulai usaha kantin sekolah cukup mudah. Sobat bisa merekrut tenaga karyawan bagian penjaga kantin sekaligus tukang masak. Syarat utama karyawan yang anda rekrut pastinya mempunyai bakat dan terampil dalam membuat berbagai menu kantin sekolah dasar maupun sekolah menengah.

2. Mencatat pengeluaran dan pemasukan
Dalam dunia usaha kantin sekolah diperlukan catatan mengenai pendapatan dan pengeluaran usaha. Sehingga kondisi keuangan bisa dikontrol dengan baik. Arus kas berjalan lancar dan normal. Keuntungan usaha kantin sekolah bisa diputar lagi untuk modal usaha berikutnya. Dan kalau bisa keuntungan dari bisnis kantin di tabungkan untuk membesarkan usaha anda.

Analisis Usaha Kantin Sekolah
Berdasarkan analisa penulis di lapangan, bisnis kantin sekolah kebanyakan dikelola oleh para guru honorer dan penjaga sekolah untuk menambah penghasilan. Namun tidak menutup kemungkinan, pihak luar pun bisa membuka usaha kantin di sekolah dengan syarat-syarat tertentu. Seperti membayar biaya sewa kantin secara bulanan.

Persaingan bisnis kantin sekolah saat ini sangat tinggi. Persaingan usaha kantin sekolah bukan hanya terjadi di dalam kompleks sekolah tapi juga di luar sekolah. Ada banyak gerai usaha kaki lima maupun warung kecil-kecilan yang menjajakan makanan bagi anak sekolah. Hal inilah yang membuat anda mesti kreatif dalam membuka usaha kantin sekolah supaya laris pelanggan dan omset jutaan.

Kendala Usaha Kantin Sekolah
Ada banyak kendala dan hambatan dalam membuka usaha kantin sekolah. Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa kendala usaha kantin sekolah, antara lain:

1. Sepi pembeli
Kondisi sepi pelanggan bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah jumlah murid sekolah sangat minim. Oleh karenanya, sebelum membuka kantin sekolah maka anda harus melakukan survey terlebih dulu mengenai berapa jumlah murid di sekolah tersebut. Semakin banyak jumlah murid maka semakin besar keuntungan yang bisa sobat dapatkan dari bisnis kantin sekolah.

2. Tidak didukung oleh guru
Seringkali beberapa guru melarang  secara tegas anak muridnya untuk jajan di kantin yang berada di luar kompleks sekolah. Dengan alasan tidak menjamin kebersihan jajanan anak sekolah dan menimbulkan lingkungan kotor. Oleh sebab itu, anda harus berani bernegosiasi dan bekerjasama dengan pihak sekolah. 

Jenis Usaha Kantin Sekolah
Sementara itu, ada empat jenis usaha kantin sekolah, antara lain:

1. Usaha kantin sekolah PAUD atau TK
2. Usaha kantin sekolah dasar (SD)
3. Usaha kantin sekolah menengah pertama (SMP)
4. Usaha kantin sekolah menengah atas (SMA)

Penentuan jenis usaha kantin sekolah tersebut sangat berguna untuk menentukan jenis menu makanan dan minuman apa saja yang tepat untuk dijual berdasarkan pangsa pasar yang ada. Tentu menu makanan di kantin sekolah dasar berbeda  dengan jajanan di kantin sekolah menengah atas dan pertama. Terutama menyangkut masalah harga menu makanan.

Untuk kantin sekolah dasar (SD) haruslah menjual berbagai makanan dan jajanan yang dijual dikisaran harga Rp 500 sampai dengan Rp 2000. Adapun jajanan yang paling laris bagi anak sekolah dasar adalah cilok, minuman kemasan sachet, aromanis, es camelo, es lilin, kerak telur, bakso ikan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kantin di sekolah menengah atas dan pertama yaitu SMP dan SMA haruslah menjual berbagai makanan dengan harga Rp 500 hingga Rp 5000. Mengingat daya beli pelajar SMP dan SMA lebih besar ketimbang anak sekolah dasar.

Namun jika anda ingin membuka usaha kantin sekolah yang untungnya lebih besar maka anda bisa memilih untuk mendirikan bisnis kantin di sekolah SMP dan SMA yang sudah terkenal dengan banyak sekali jumlah muridnya.

Cara Membuka Usaha Kantin Sekolah Ramai Pembeli
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha kantin sekolah adalah memantau para pesaing. Lihatlah jenis makanan dan minuman yang laris dibeli oleh para pelajar. Sehingga anda sudah mempunyai gambaran mengenai jenis jajanan yang akan dijual di kantin sekolah milik anda. Selanjutnya perhatikan juga harga makanan dan minuman yang dijajakan oleh kompetitor. Pastikan anda menjual makanan dan minuman di kantin sekolah dengan harga yang lebih murah dari kompetitor.

Menu Kantin Sekolah Dasar
Jumlah sekolah dasar di berbagai daerah di Indonesia jumlahnya lebih banyak ketimbang sekolah SMP dan SMA. Hal inilah yang membuat penulis memutuskan untuk menjadi pemasok berbagai jajanan anak sekolah bagi kantin sekolah dasar. Sehingga mengetahui beberapa jenis jajanan, makanan dan minuman yang terlaris di kalangan pelajar SD.

Berikut ini  beberapa menu makanan dan minuman yang cocok dijual di kantin sekolah dasar, antara lain:

1. Cilok
2. Basreng
3. Seblak
4. Gorengan
5. Makaroni
6. Minuman kemasan

Menu Makanan Kantin Sekolah Menengah
Untuk menu makanan kantin sekolah menengah bisa berupa:

1. Mie baso
Inilah jenis kuliner yang disukai kalangan pelajar SMP dan SMA. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat setiap siswa bisa ketagihan. Anda bisa menjual mie baso di kantin sekolah menengah dengan harga per porsi dimulai dari Rp 4000 sampai Rp 5000.

2. Mie ayam
Mie ayam merupakan salah satu makanan populer yang disukai kalangan pelajar SMA dan SMP. Anda bisa membuat mie ayam yang enak dan lezat bermodalkan resep pembuatan mie ayam dari mbah google.

3. Bakso tahu
Kuliner bakso tahu sudah dikenal banyak orang. Dengan rasa yang enak dan lezat membuat penggemar makanan ini bertambah banyak setiap tahunnya di Indonesia.

5. Siomay
Siomay merupakan makanan pengganjal perut yang digemari banyak kalangan terutama pelajar SMP dan SMA. Anda bisa menjual siomay di kantin sekolah dengan harga yang terjangkau. Misalkan satu porsi Rp 4000.

Demikianlah daftar menu makanan yang cocok dijual di kantin sekolah menengah. Adapun harga makanan di atas dijual dengan harga maksimal Rp 5000 per porsi. Sehingga tidak terkesan terlalu mahal atau terlalu murah.

Kantin Sekolah Dasar Disewakan
Apabila anda ingin praktis dan mudah dalam memulai usaha kantin sekolah dasar maka anda harus jeli melihat berbagai kondisi kantin sekolah di daerah terdekat. Misalkan di daerah penulis ada sebuah kantin sekolah yang hendak disewakan dengan alasan ia sibuk mengurus suami dan anak di rumah. Anda bisa menyewa kantin sekolah tersebut dengan harga yang murah dan dalam jangka waktu satu bulan.

Untuk mengetahui kantin sekolah dasar yang disewakan atau tidak maka anda bisa bertanya langsung kepada para pemilik kantin atau bertanya langsung kepada pihak sekolah. Namun untuk mendapatkan harga sewa kantin sekolah yang murah, anda harus berani bernegosiasi dan menawarkan dengan harga terendah.