Cara Buka Bisnis Elektronik untuk Pemula dengan Modal Kecil

09 Maret 2022

Salah satu hal yang menentukan keberhasilan sebuah usaha di masa sekarang adalah pemilihan jenis bisnis atau produk yang akan ditekuni. Jika produk yang dijual termasuk salah satu barang yang laris pembeli, itu bisa menjadi langkah awal yang baik untuk sukses dalam usaha. Sebaliknya jika produk yang dijual kurang diminati pasar maka akan sulit sebuah usaha berkembang. Oleh sebab itu, pastikan jenis bisnis yang dipilih tepat dan produk yang dijual sedang laku. Salah satu barang yang paling laku di tanah air saat ini adalah produk elektronik. Sehingga bisnis elektronik termasuk yang menjanjikan untuk digeluti.

Peluang Usaha Elektronik Rumah Tangga
Saat ini penjualan barang elektronik secara offline dan online laku keras. Hal ini tak terlepas dari banyak orang yang membutuhkan benda benda elektronik untuk membantu memudahkan hidup mereka. Jaman sekarang adalah jaman modern serba praktis. Memasak nasi menggunakan produk elektronik majic jar yang otomatis. Mencuci pakaian tak mau repot secara manual maka mereka membeli mesin cuci yang otomatis. Dan lain sebagainya.

Permintaan yang sangat besar dari masyarakat Indonesia terhadap berbagai produk elektronik rumah tangga membuat berbagai gerai usaha yang menyediakan produk elektronik laku keras di pasaran. Di kota Bandung, gerai usaha yang menjual barang elektronik sangat banyak. Terutama di jalan ABC.  Dan semuanya ramai dikunjungi para pembeli dari berbagai kota sekitar dan wilayah setempat.
bisnis elektronik, toko elektronik, usaha elektronik, elektronik, cara bisnis elektronik

Seiring dengan hadirnya belanja online, kini membeli berbagai barang elektronik bisa dilakukan secara online. Dan berdasarkan survey dari perusahaan Wordpanel bahwa jenis produk yang paling laris atau paling banyak dibeli di Indonesia secara online adalah produk fashion atau busana dan barang-barang elektronik. Sehingga anda tak salah jika berniat membuka usaha elektronik secara fisik dan online. Karena dipastikan menguntungkan sekali.

Jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahun bertambah besar. Dan begitu pula orang yang berbelanja online semakin tambah banyak. Belanja online sudah menjadi budaya masyarakat modern di tanah air saat ini yang ingin serba praktis, mudah dan lebih hemat dalam keuangan. Sehingga sangat menjanjikan jika anda membuka bisnis elektronik secara toko online ini dikarenakan pangsa pasar yang sangat besar dan sedang kelaparan di dunia maya.

Budaya masyarakat moderen saat ini berbeda dengan budaya orang jaman dahulu. Sekarang banyak sekali orang memakai produk elektronik hanya untuk kurun waktu yang sangat cepat. Misalkan membeli barang elektronik untuk dipergunakan dalam tempo 1 tahun sampai dua tahun. Tentu hal ini sangat beralasan mengingat barang-barang elektronik model terbaru dengan teknologi lebih canggih selalu hadir dalam waktu cepat menggantikan produk lama. Trend produk elektronik berubah cepat.

Misalkan pabrik televisi elektronik saat ini telah merilis produk televisi baru layar datar bernama SmartTV yang bisa digunakan untuk menonton televisi dengan gambar yang sangat jernih sekaligus bisa akses internet. Tentu ini akan membuat banyak orang beralih membeli jenis televisi terbaru. Hal inilah yang membuat peluang usaha elektronik rumah tangga memiliki prospek cerah dan sangat menjanjikan dijalankan secara online maupun offline.

Bisnis Elektronik yang Menjanjikan
Melengkapi sebuah rumah dengan berbagai perlengkapan barang elektronik bukan lagi sebagai sebuah kebutuhan hidup tapi sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern saat ini. Manusia modern kini tidak bisa lepas dari barang elektronik contohnya ponsel, game console, komputer atau laptop, televisi, AC, mesin cuci, kulkas dan lain sebagainya.

Salah seorang pengusaha toko elektronik yang sukses mengakui bahwa barang-barang elektronik merupakan jenis produk yang paling banyak dicari orang di internet. Hal ini membuat toko online produk elektronik laris manis diserbu para pembeli. Budaya belanja online ikut mendukung laku kerasnya bisnis elektronik di dunia maya ditambah lagi dengan keuntungan membeli barang elektronik di toko online yang lebih praktis dan harga lebih murah daripada toko elektronik secara fisik.

Lalu yang menjadi pertanyaan anda adalah berapa modal usaha toko elektronik? Ternyata modal untuk membuka bisnis elektronik menggunakan toko secara offline atau fisik sangatlah besar. Namun jika anda mempunyai modal uang sangat minim maka bisa membuka bisnis elektronik dengan modal kecil yang cocok sekali bagi para pemula yaitu membuka toko online produk elektronik di internet. Berdasarkan pengakuan pengusaha toko elektronik online yang sukses dalam satu hari ia bisa menjual lebih dari 100 produk elektronik. Jika ia mengambil keuntungan sebesar Rp 20 ribu per item maka penghasilan bersih yang ia raih dari bisnis toko online elektronik sebesar Rp 2 juta perhari (Rp 20.000 x 100). Bagaimana lumayan bukan?

Persaingan bisnis elektronik sangat ketat saat ini terutama di kota maupun secara online. Ada berbagai toko elektronik online mapan dengan pembelian terbanyak seperti bhinneka, arjuna elektronik, olx, mataharimall, bukalapak, tokopedia dll. Seiring dengan hal itu muncul pula toko elektronik online baru setiap hari dalam jumlah besar. Namun persaingan usaha bisnis elektronik di desa masih jarang. Hal inilah yang membuat peluang usaha elektronik lebih menjanjikan djalankan di daerah pedesaan yang terpencil tanpa ada persaingan yang berarti.

Cara Buka Bisnis Elektronik untuk Pemula dengan Modal Kecil
Dalam membuka usaha elektronik tidaklah mudah. Apalagi bagi seorang pemula. Diperlukan tahapan dan langkah-langkah dalam memulai usaha elektronik. Untuk lengkapnya berikut ini cara buka bisnis elektronik untuk pemula dengan modal kecil dari awal sampai siap buka, antara lain:

1. Menentukan jenis produk
Ada banyak jenis barang elektronik yang bisa sobat jual secara online dan offline. Seperti kulkas, penanak nasi, playstation, oven, blender, mixer, kipas angin, mesin cuci, laptop, komputer, televisi, antena parabola beserta receiver, radio, air conditioning atau penyejuk ruangan, audio system hingga perabotan rumahtangga lainnya. 

Dalam menentukan jenis produk maka anda harus memilih jenis produk elektronik yang sedang booming dan laris manis. Contohnya game console seperti PS yang sedang marak belakangan ini. Para penggemar game online di tanah air sangat besar di Indonesia dan seluruh dunia sehingga pangsa pasar penjualan game console luas sekali. Keuntungan dari berjualan game console misal playstation secara online cukup besar perhari.

2. Persiapan Modal 
Setelah menentukan jenis produk elektronik yang hendak dijual baik itu satu macam atau beberapa macam, langkah berikutnya mempersiapkan modal usaha. Untuk membuka usaha elektronik dengan satu macam maka dibutuhkan modal kecil. Sebaliknya jika anda membuka usaha toko elektronik secara fisik dan online dengan berbagai macam barang elektronik yang dijual secara lengkap maka membutuhkan modal usaha yang cukup besar.

Untuk memperoleh modal usaha yang lumayan besar bagi pendirian toko elektronik online dan nyata maka anda bisa membuat proposal usaha elektronik. Kemudian mengajukan pinjaman uang kepada anggota keluarga, teman, sahabat, investor, kenalan dan lain sebagainya. Lalu langkah terakhir bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke lembaga perbankan. Seperti bank mandiri, BRI, BNI dan bank lainnya.

Pendek kata, membuka usaha elektronik secara nyata dan online membutuhkan modal usaha yang besar. Untuk toko elektronik online pastikan mempunyai tampilan web dan desain yang bagus dan terlihat profesional serta dapat dipercaya. Anda bisa menggunakan jasa desainer website yang handal yang bisa dicari di mbah google. Selain itu, persiapkan modal usaha untuk menggaji karyawan bagian teknologi informasi dan bagian marketing.    

Usaha Elektronik Tanpa Modal
Anda bisa saja menjalankan usaha elektronik tanpa modal. Namun anda terlebih dahulu harus mempunyai kenalan atau relasi terhadap distributor elektronik dan pemilik produk elektronik. Sehingga bisa menjalin kerjasama saling menguntungkan sistem konsinyasi. Dimana pemilik barang elektronik baik itu importir maupun produsen menitipkan produknya kepada anda. Tugas anda hanyalah menjualkan barang elektronik tersebut dengan selisih keuntungan sesuai yang diinginkan. Cara penjualan barang elektronik bisa secara online dan offline. Jika ada barang elektronik yang telah terjual maka anda tinggal menyetorkan uang hasil penjualan produk tersebut.

Cara lain usaha elektronik tanpa modal adalah jualan barang elektronik secara dropship. Terlebih dahulu anda mencari supplier produk elektronik yang terpercaya dan fast respon. Kemudian menjalin kerjasama sistem dropship. Selanjutnya tugas anda hanyalah mengupload foto produk elektronik yang dijual di media sosial, marketplace, blog dan lain-lain untuk tercipta penjualan. Setelah ada pemesanan barang elektronik maka anda bisa menghubungi supplier untuk mengirimkan barang elektronik bersangkutan ke alamat pemesan atas nama anda. Bagaimana mudah kan?

Kelebihan usaha jualan elektronik secara online adalah mempunyai tempat display produk elektronik secara tak terbatas. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi scrape yang bisa mengupload banyak gambar produk elektronik yang dijual dalam satu klik dan dimasukkan ke dalam satu situs. Walaupun usaha elektronik bisa dijalankan secara online. Namun tetap dibutuhkan toko fisik elektronik untuk mendukung penjualan online dan merasakan bentuk penampilan barang elektronik yang dijual.

3. Promosi usaha elektronik
Selepas anda mempunyai toko elektronik online dan fisik, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi mengenai keberadaan toko online elektronik sobat dengan cara menggunakan teknik seo google, facebook marketing, memasang promosi di marketplace olx, bukalapak, tokopedia, promosi gratis di  medsos seperti google plus dan twitter, yang pastinya promosi usaha diusahakan tertarget kepada pasar yang dituju.

4. Unik
Persaingan usaha toko elektronik online sangat ketat. Sehingga anda harus memberikan keunikan dari produk elektronik yang dijual. Keunikan dalam bentuk pelayanan maupun bentuk barang elektronik yang dijual. Hal ini benar benar diperlukan supaya calon pembeli mengetahui bahwa barang elektronik yang anda jual tidak ada di toko online dan toko fisik lain.  Contoh menyediakan pembelian barang elektronik secara angsuran online.

5. Pengiriman barang
Masalah pengiriman barang elektronik harus diperhatikan. Sebab produk elektronik cukup besar dan sangat rentan rusak jika terjadi benturan. Oleh karena itu, sobat harus menjalin kerjasama dengan perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang mempunyai reputasi bagus, tepat waktu dan cepat. Supaya barang elektronik yang dipesan sesuai pesanan, selamat dan mulus di tangan konsumen.