Rincian Biaya Modal Usaha Alat Bangunan hingga Buka

03 Maret 2023

Saat ini usaha toko bahan dan alat-alat bangunan mudah kita jumpai. Apalagi usaha toko bangunan yang baru terus bermunculan baik yang bermodal kecil sampai besar. Sehingga membuat persaingan bisnis ini semakin ketat. Sekarang saja telah banyak hadir franchise toko bangunan, swalayan dan supermarket alat bangunan di berbagai daerah di Indonesia. Pertanyaannya kenapa masih banyak orang memilih untuk mendirikan usaha toko bangunan? Jawabannya ternyata usaha toko bangunan masih menjanjikan keuntungan yang besar bagi pelaku usahanya.

Kelemahan Usaha Toko Alat Bangunan
Adapun kekurangan dari membuka usaha toko alat dan bahan bangunan adalah modal yang dibutuhkan lumayan besar. Apalagi harga alat-alat dan bahan-bahan bangunan cukup tinggi dan senantiasa naik. Akan tetapi, apabila toko alat bangunan anda  telah memiliki banyak pelanggan dan konsumen maka perputaran uang berlangsung lancar. Dan masalah modal bukan lagi hal yang memberatkan. Anda bisa memperoleh barang dari supplier dengan sistem jatuh tempo. Dimana kita melakukan pembayaran di belakang sesuai kemampuan dan  kesepakatan.

Kelemahan lain dari membuka usaha toko bangunan adalah tingkat persaingan usaha yang sangat tinggi. Sehingga diperlukan berbagai inovasi dan strategi supaya toko alat bahan bangunan sobat laku keras. Pangsa pasar yang luas menjadi terbagi bagi dengan banyaknya jumlah toko bangunan. Sehingga anda harus mendirikan toko bahan dan alat bangunan yang berbeda dari pesaing. Misalkan barang yang komplit, harga lebih murah dengan kualitas bagus, dll. Semua itu dilakukan sebagai upaya memenangkan persaingan usaha.
bisnis alat bangunan, usaha alat bangunan, toko bangunan, alat bangunan, palu, kunci inggris, obeng

Keuntungan Usaha Toko Bangunan
Berikut ini beberapa keuntungan apabila seseorang membuka usaha toko bangunan, antara lain:

▪ Penghasilan Besar
Hal ini tak terlepas dari meningkatnya pembangunan perumahan di perkotaan hingga pedesaan yang sedang berkembang. Bukan hanya marak proyek pembangunan perumahan tapi juga  pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan, gedung, dan  sarana umum. Untuk melaksanakan proyek-proyek tersebut membutuhkan berbagai alat dan bahan bangunan seperti semen, batu bata, batako, kayu dll sehingga usaha toko bangunan laris manis.

▪ Tahan Lama
Inilah yang menjadi kelebihan utama  dari bisnis toko bahan bangunan  yaitu barang yang dijual tahan lama. Tidak  seperti usaha dalam bidang kuliner yang produknya memiliki masa  kadaluarsa dan tidak tahan lama. Sehingga membuka usaha toko bangunan, anda tidak perlu khawatir barang jadi busuk atau rusak. Barang  tetap awet. Anda tidak akan rugi bisnis toko bangunan sebab barang tetap utuh dan bisa dijual dimanapun dan kapanpun. Atas kenyataan ini  usaha toko bangunan termasuk jenis bisnis yang selalu menguntungkan, tahan lama dan anti rugi.

▪ Harga Selalu Naik
Kelebihan lain yang menjadikan usaha toko bangunan menguntungkan adalah harga barang atau alat bangunan yang dijual cenderung mengalami kenaikan harga  seiring bertambah waktu. Anda bisa menjual alat dan bahan bangunan stok lama dengan harga baru sekarang yang sedang naik. Tentu ini menguntungkan sekali bagi para pengusaha toko bangunan. Sehingga tak aneh jika saat ini usaha toko bangunan sudah menjamur di berbagai sudut kota dan desa dengan pangsa pasar tertarget dan lebih spesifik.

Bisnis Toko Alat Bangunan
Apa yang membedakan usaha dengan bisnis? Tentu saja bisnis melayani semakin banyak orang. Sedangkan usaha toko bangunan hanya melayani sebagian orang di  kawasan tertentu. Inilah yang menjadikan usaha toko bahan bangunan bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dikarenakan bisa dikembangkan menjadi bisnis yang lebih besar. Apalagi kehadiran dunia online mendukung perkembangan usaha toko bangunan.

Apabila anda telah membuka usaha toko alat bangunan dan sudah berjalan lancar dan menguntungkan serta laris manis maka anda bisa membuka cabang usaha toko alat dan bahan bangunan milik sobat di daerah lain. Dan didukung dengan membuat toko online alat bangunan di bukalapak, tokopedia, blog, website dll. Sehingga keuntungan bisa berlipat ganda.

Rincian Biaya Modal Usaha Alat Bangunan hingga Buka
Setelah mengetahui betapa banyak keuntungan dan kelebihan dari membuka usaha toko  bangunan, mungkin banyak orang bertanya-tanya berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk mendirikan toko bangunan dari awal sampai siap berdiri. Modal usaha untuk buka toko bangunan di awal bagi pemula membutuhkan modal besar. Namun seiring berjalan waktu dan makin dipercaya oleh pihak supplier bahan bangunan maka modal usaha bisa didapatkan dengan mudah dan tanpa modal. Tugas anda memperbanyak orderan sebanyak-banyaknya.

Modal usaha toko alat dan bahan bangunan bukan semata uang untuk pembelian modal awal alat-alat dan bahan bahan bangunan. Tapi juga niat kuat untuk mewujudkan mimpi anda memiliki toko bangunan yang berhasil untung, strategi usaha yang bagus, jaringan penjualan, dll.

Untuk menerangkan  lebih lengkap, berikut ini rincian biaya modal usaha alat bangunan hingga buka, antara lain:

1. Belanja bahan bahan bangunan seperti semen, pasir dll sekitar Rp 200 juta

2. Belanja alat-alat bangunan seperti paku, cat, besi dan lainnya Rp 150 juta

3. Gaji karyawan perbulan Rp 1 juta

4. Sewa lokasi usaha Rp 9 juta per tahun

5. Sarana transportasi seperti motor tiga roda, mobil, truk harga Rp 140 juta

6. Etalase  Rp 1 juta

Estimasi perhitungan total biaya modal usaha alat bangunan hingga buka sebesar Rp 501 juta. Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa membuka usaha toko bahan bangunan secara rumahan asalkan berada di tempat strategis seperti pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas warga.

Analisa Usaha Toko Bangunan
Membuka sebuah bisnis kadang membuat harapan seseorang terlampau tinggi. Namun kenyataan berbanding dengan harapan. Hal itu berlaku pula bagi anda yang mendirikan usaha toko bangunan yang baru. Sebagai pemula usaha toko alat  bangunan anda mungkin masih sepi pelanggan dan konsumen. Hal ini masih wajar karena belum banyak orang yang mengenal bisnis anda. Selain itu, para konsumen lebih memilih keperluan bahan bangunan di toko bangunan yang sudah berdiri sejak lama.

Ekspektasi besar dari sebuah bisnis toko bangunan seringkali membuat seseorang lupa diri. Kenyataan bisa berbeda. Penghasilan besar yang diidamkan justeru sulit diraih dari usaha toko bahan bangunan. Sedangkan orang lain begitu mudah  dan cepat dalam membangun sebuah bisnis. Hal ini tak terlepas dari beberapa sebab. Seperti faktor modal usaha yang besar atau kuat.

Namun mempunyai modal besar tidak ada jaminan usaha toko bangunan akan berhasil. Tapi hanya mempermudah dan mempercepat  keberhasilan. Sebuah usaha bangunan bisa sukses dengan modal kecil. Suatu kesuksesan dalam sebuah bisnis bersifat kompleks yang terdiri dari struktur sangat kompleks. Ada banyak segi yang harus dikuasai dan dibangun dengan sukses. Anda tidak bisa mengabaikan satu aspek jika ingin bisnis anda sukses.

Mungkin usaha toko bahan bangunan anda mengalami masa laris manis di minggu pertama. Tapi di minggu kedua, usaha toko alat bahan bangunan sepi pembeli. Hal ini wajar di awal usaha banyak orang yang ingin merasakan pengalaman belanja di toko bangunan anda. Untuk anda yang mengalami nasib sepi pembeli jangan cemas. Anda bisa meraih kesuksesan dari toko bangunan. Sebab untuk sukses selamanya dalam bisnis apapun memerlukan proses, waktu, dan keahlian yang harus dikuasai dalam jangka waktu lama.

Berdasarkan fakta yang ada di lapangan, usaha toko bangunan akan menghadapi masa sepi pembeli atau masa sulit di tahun pertama hingga tahun ketiga. Inilah yang  membuat sebagian pelaku bisnis toko bahan bangunan yang tidak kuat mental menderita gulung tikar di awal usaha. Sebaliknya, bagi orang yang kuat mental di tahun keempat bisa merasakan nikmatnya keuntungan bisnis toko bahan bangunan.

Cara Mengatasi Usaha Toko Bahan Bangunan Sepi Pembeli
Jika anda mengalami usaha toko alat bangunan anda sepi pembeli maka ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan, antara lain:

▪ Tidak putus asa
Inilah hal paling penting dalam membuka toko bangunan. Sepi pembeli jangan membuat sobat putus asa. Salah satu cara mengatasi rasa putus asa dalam berbisnis yang sepi pembeli adalah bersabar dan mengetahui bahwa anda tidak sendiri. Banyak orang yang mengalaminya. Dan itu sudah hukum alam terjadi di bisnis apapun jika sebuah usaha mengalami masa sepi pembeli di awal usaha. Teruslah berjuang sampai anda mampu melewati proses ini.

▪ Jemput Bola
Anda bisa melakukan teknik jemput bola untuk membuat bisnis anda berkembang. Anda tidak bisa diam diri. Anda bisa mulai mencari sebanyak mungkin kontraktor, developer, mandor, tukang bangunan yang terdapat di daerah anda untuk bekerjasama dalam penyediaan bahan dan alat bangunan.

▪ Memperluas Pasar
Apabila sobat merasakan persaingan bisnis toko alat dan bahan bangunan di daerah anda sudah sangat ketat maka anda bisa mencari pangsa pasar di luar wilayah anda yang jauh yang masih bisa anda jangkau dan layani dengan baik dengan memperhitungkan biaya tansportasi. Selain itu, anda bisa melakukan promosi usaha toko bangunan yang lebih gencar seperti penyebaran brosur, pemasangan spanduk, plang reklame, dll di sekitar pangsa pasar yang dibidik. Hal ini berguna untuk mengenalkan bisnis anda. Berikan informasi mengenai keberadan  bisnis toko bahan bangunan anda beserta alamat lengkap, no kontak yang bisa dihubungi dan denah lokasi.

Tips Sukses Membuka Usaha Toko Alat Bangunan
Untuk mendirikan usaha toko bahan dan alat bangunan yang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan.  Berikut ini kumpulan tips sukses membuka usaha toko alat dan bahan bangunan, antara lain:

▪ Lokasi Strategis
Anda tidak bisa mendirikan toko bahan dan alat bangunan di sembarang tempat. Anda harus membuka usaha toko bangunan di tempat strategis dan melakukan survey kelayakan usaha toko bangunan di suatu tempat dengan mempertimbangkan pangsa pasar yang ada berapa besar, jumlah pesaing dan lain sebagainya. Tempat strategis bagi usaha toko bahan dan alat bangunan adalah sekitar perumahan atau permukiman warga yang padat penduduk, di daerah yang belum ada pesaing, dll. Sebab biasanya konsumen membeli bahan dan alat bangunan di toko bangunan terdekat.

▪ Lebih Unggul
Sebenarnya cara termudah untuk membuka usaha toko bangunan yang langsung sukses dan laku keras adalah mendirikan toko alat bahan bangunan yang lebih besar ukurannya, lebih lengkap barangnya, dan lebih murah harga barangnya. Karena psikologi pembeli lebih memilih untuk belanja alat dan bahan bangunan di tempat yang lebih lengkap, lebih luas, lebih nyaman dan harga lebih murah.