Rincian Biaya Modal Usaha Perumahan hingga Siap Huni

08 Oktober 2017

Setiap hari orang butuh tempat tinggal. Rumah ataupun hunian yang layak. Sayangnya tidak semua orang mampu menyediakan sendiri tempat tinggal mereka dan lebih memilih untuk membeli hunian yang sudah jadi dan disediakan oleh pengembang perumahan. Selain alasan praktis, membeli perumahan yang sudah jadi juga membantu para pembeli untuk memperoleh rumah karena bisa dicicil melalui sistem kredit. Berbeda dengan bila mereka membangun sendiri.

Anda yang tertarik menjalankan usaha perumahan ini mungkin perlu mempertimbangkan untuk terjun ke bisnis tempat hunian satu ini. Pasalnya, keuntungan yang dijanjikan tidak sedikit. Bahkan, angkanya bisa fantastis bila dijalankan dengan skala besar. Tapi, bagi Anda yang pemula menjalankan usaha di bidang perumahan juga bisa dimulai. Dengan modal terbatas, bisnis perumahan yang dirintis sudah bisa jalan.

Prospek Bisnis Usaha Properti Perumahan
Berdasarkan data dari Kementerian Perumahan Rakyat RI bahwa permintaan rumah di tanah air meningkat pesat. Dan belum mampu terpenuhi secara baik oleh perusahaan developer. Hal inilah yang membuat usaha perumahan sangat menguntungkan untuk anda jalankan. Saat ini berbagai perusahaan pengembang atau kalangan pribadi berlomba lomba membangun beberapa perumahan di berbagai kota besar dan desa berkembang di tanah air.
bisnis perumahan, usaha perumahan, modal buat perumahan, perumahan, modal perumahan, biaya bangun perumahan,

Konsep usaha perumahan yang mereka lakukan berbeda beda. Ada yang membuka usaha perumahan dengan pangsa pasar kalangan menengah ke atas. Dan ada pula yang membangun usaha perumahan dengan target pasar kalangan menengah ke bawah. Dan ada pula yang membangun bisnis perumahan untuk kalangan kecil dan berpenghasilan rendah dengan subsidi pemerintah. Dan terakhir ada perumahan yang dibangun dengan konsep syariah.

Berdasarkan fakta, apapun itu usaha perumahan tetap laris manis. Setiap ada proyek pembangunan perumahan di suatu daerah pasti akan laris manis dipesan rumah oleh banyak konsumen. Bahkan perumahan elit yang dijual rumah per unit dengan harga miliaran rupiah cepat habis terjual dalam waktu singkat. Inilah peluang bisnis properti yang sangat sayang untuk anda lewatkan.

Peluang Usaha Properti Perumahan di Desa
Persaingan usaha perumahan di desa masih sangat lemah ketimbang usaha perumahan di kota besar. Inilah yang membuat bisnis perumahan di desa sangat menjanjikan tanpa adanya kompetitor yang kuat. Sebaliknya hal ini berbeda dengan usaha perumahan di kota besar dimana para perusahaan developer baru maupun yang telah berpengalaman bersaing secara ketat untuk mendapatkan proyek perumahan yang menguntungkan.

Namun anda jangan takut bersaing dengan perusahaan developer terkenal yang telah berpengalaman dan mapan karena mereka mempunyai pangsa pasar tersendiri. Anda bisa membuka usaha perumahan dengan pangsa pasar yang belum digarap perusahaan pengembang yang ternama dan telah sukses tersebut. Misalkan jika perusahaan developer itu membangun usaha perumahan elit dengan target market kalangan menengah atas maka anda bisa membuka usaha perumahan dengan target market kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

Dalam menjalankan usaha perumahan terutama bagi kalangan pemula tidak selamanya berjalan mulus. Suatu saat terkadang datang berbagai hambatan dan kendala usaha. Misalkan penjualan rumah kurang laku disebabkan letak perumahan tak strategis, proses pengurusan surat perijinan usaha yang memerlukan waktu lama dll. Namun anda jangan putus asa berarti anda kurang gencar dalam berpromosi dan anda bisa membuat usaha perumahan laris dengan cara membangun berbagai fasilitas publik di tempat tersebut.

Rincian Biaya Modal Usaha Perumahan hingga Siap Huni
Berikut ini rincian biaya modal usaha perumahan hingga siap huni dengan jumlah rumah sekitar 30 unit, antara lain:

1. Biaya pembebasan tanah Rp 600 juta

2. Biaya pembangunan perumahan Rp 900 juta
Untuk membangun perumahan diperlukan tenaga arsitek untuk merancang atau mendesain perumahan yang hendak dibangun. Dalam rancangan perumahan tersebut ditentukan berapa jumlah rumah yang hendak dibangun. Misalkan 30 unit rumah. Mengenai besar atau banyaknya rumah yang hendak dibangun dalam perumahan tersebut disesuaikan dengan modal keuangan yang anda miliki.

3. Mengurus perijinan usaha perumahan seperti IMB ke Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya. Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama dan berbelit. Pengurusan surat perijinan pembangunan perumahan sangat diperlukan supaya usaha perumahan anda tidak mengalami kerugian di masa depan. Sebab banyak terjadi sebuah hotel yang didirikan tanpa mengantongi surat IMB maka terpaksa dirobohkan oleh pihak pemerintah daerah. Oleh sebab itu, pastikan anda mempunyai surat ijin IMB sebelum membangun perumahan tersebut.

Untuk membuat surat ijin IMB bagi perumahan berikut ini syarat syarat yang harus dibawa, antara lain: gambaran rancangan perumahan, surat ijin pembangunan perumahan dari tingkat rt dan rw sampai tingkat kelurahan dan kecamatan, surat pernyataan bertanggungjawab atas pembangunan perumahan, fotocopy KTP, fotocopy pelunasan PBB, melampirkan status tanah dan dokumen lain yang dibutuhkan.

Jadi total biaya untuk membangun perumahan dengan jumlah 30 unit rumah sebesar Rp 1,6 miliar. Jika satu unit rumah anda jual dengan harga Rp 200 juta maka omset yang didapatkan sekitar Rp 6 miliar atau Rp 200 juta X 30 unit. Keuntungan bersih bisnis perumahan sangat besar dan berlipat. Inilah yang membuat bisnis perumahan menguntungkan sekali bagi pemula sekalipun.

Tips Sukses Usaha Perumahan Bagi Pemula
Untuk sukses dalam bisnis properti perumahan cukup mudah. Apalagi bagi anda yang telah pengalaman. Namun bagi pemula akan merasakan kebingungan dalam menjalankan usaha perumahan yang laris dan menguntungkan. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tips sukses usaha perumahan bagi pemula, antara lain:

▪ Lokasi Strategis
Dalam bisnis properti perumahan letak lokasi sangat menentukan kesuksesan usaha properti perumahan tersebut di masa datang. Semakin strategis letak lokasi proyek perumahan maka semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan.

Penulis melihat perkembangan usaha perumahan di desa sudah sangat lama. Ada banyak perusahaan pengembang yang bermain dalam usaha perumahan di pedesaan baik kalangan perusahaan pribadi maupun perusahaan publik. Dan semua usaha properti perumahan tersebut laris manis. Bahkan di tempat yang tak strategis atau jauh dari pusat kota, usaha perumahan di desa tetap laris manis.

Mengapa perumahan tak strategis masih bisa laku? Hal tersebut tak terlepas dari daya beli masyarakat desa sangat lemah untuk membeli rumah di dekat pusat kota yang harganya sangat mahal. Apalagi membangun rumah sendiri membutuhkan biaya cukup besar hingga ratusan juta rupiah. Mereka memilih cara praktis dan ringan dengan membeli rumah secara kredit dengan cicilan ringan yang biasanya rumah tersebut berada jauh dari pusat kota.

▪ Kecepatan
Permintaan akan kebutuhan rumah yang sangat tinggi merupakan dampak dari jumlah penduduk Indonesia yang meningkat. Jumlah pasangan yang baru menikah meningkat pesat baik di perkotaan dan pedesaan. Tentu saja mereka membutuhkan rumah untuk membangun rumahtangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah serta harmonis. Namun harga rumah yang mahal membuat mereka memilih membeli rumah secara kredit.

Anda bisa membangun usaha perumahan di daerah atau kota yang sedang berkembang namun memiliki harga jual tanah yang masih murah. Seperti di kota Tangerang, Depok, Sumedang, Bekasi, Cimahi dll. Di daerah tersebut banyak berdatangan para penduduk dari luar daerah sebagai pusat industri. Sehingga menjanjikan untung besar jika anda mendirikan usaha perumahan di wilayah itu.

Pendek kata, untuk menjalankan usaha perumahan maka anda harus melakukan survey kelayakan usaha perumahan di lokasi tersebut. Kemudian secepatnya membangun perumahan. Kalau anda terlalu lama menunda peluang usaha perumahan di suatu daerah sangat mungkin anda didahului oleh kompetitor anda.

Maka salah satu kiat sukses usaha properti perumahan bagi pemula adalah secepat mungkin membuka usaha properti perumahan di suatu tempat jika dinilai sangat menguntungkan. Sebab kecepatan adalah segalanya dalam dunia bisnis properti modern.

Sumber Pembiayaan Usaha Perumahan
Dari sinilah jelas bahwa usaha perumahan merupakan bisnis properti yang memerlukan modal keuangan yang cukup besar. Tidak sembarang orang bisa terjun dalam bisnis properti perumahan. Namun bagi anda yang mempunyai modal keuangan yang sangat minim bisa menggunakan sumber pembiayaan usaha perumahan dari berbagai pihak, antara lain:

▪ Bank
Jika anda mempunyai modal keuangan yang sangat minim maka anda tetap bisa membuka usaha perumahan dengan cara menggunakan uang orang lain. Tepatnya anda bisa mengajukan pinjaman uang ke pihak bank. Tentu bank akan dengan senang hati mengucurkan pinjaman uang dikarenakan usaha anda jelas dengan jaminan perumahan tersebut.

Namun meminjam uang kepada pihak bank bukan langkah tepat karena adanya beban bunga. Yang berarti keuntungan usaha perumahan sebagian diambil oleh pihak bank. Bahkan laba bunga hampir setengah dari pokok pinjaman.

▪ Keluarga
Cara paling cepat dan mudah untuk mendapatkan modal usaha untuk membangun perumahan adalah dengan meminjam uang kepada anggota keluarga. Dengan patungan dan keuntungan dibagi secara adil. Cara ini lebih memberikan untung besar dalam bisnis perumahan tanpa adanya bunga.

▪ Investor
Cara lain untuk mendapatkan modal usaha perumahan maka anda bisa mengajak para investor. Baik dari kalangan tetangga, sahabat, teman, kenalan, rekan kerja dll. Tawarkan kerjasama investasi usaha perumahan secara menguntungkan dan transparan.

Setelah anda berhasil menjalankan usaha perumahan yang menguntungkan dengan modal besar, selanjutnya anda bisa naik ke tahapan yang lebih tinggi yakni membuka usaha perumahan tanpa modal. Caranya anda bekerjasama dengan pemilik lahan, arsitektur dan pihak pengembang. Dengan demikian keuntungan dibagi secara bersama sama secara adil dan sesuai kesepakatan sebelumnya.