10 Tips Memulai Bisnis Alat Berat yang Berhasil untuk Pemula

12 September 2017

Peluang bisnis sesuatu hal yang dengan mudah kita jumpai di sekitar kita. Ada banyak berbagai peluang usaha yang ada. Misalkan bisnis kuliner, jasa, pendidikan, perdagangan, retail minimarket, fashion, dan alat berat. Untuk macam-macam usaha rental salah satunya bisnis sewa alat berat yang termasuk salah satu jenis usaha yang menguntungkan dan belum banyak pesaing. Sehingga prospek bisnis persewaan alat berat sangat cerah. Apalagi berbagai pembangunan jalan, jembatan dan proyek besar lain senantiasa bermunculan secara masif seiring membaiknya tingkat perekonomian Indonesia.

Bisnis Alat Berat
Sementara itu, sekarang pada masa pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kala sangat memprioritaskan pembangunan berbagai sarana dan prasarana umum, dan infrastruktur jalan. Hal ini membuat berbagai proyek pembangunan fasilitas jalan dan fasilitas umum lainnya sangat mudah kita temui. Seperti proyek pembangunan bandara, jalur monorel, pembangunan waduk jatigede sumedang, pembangunan jalan tol cisumdawu, jalan tol laut dan pembangunan proyek lain sebagainya di daerah ataupun nasional.

Pembangunan dilakukan secara terus menerus dalam segala aspek kehidupan. Yang meliputi pembangunan sumber daya manusia. Dan pembangunan fisik. Untuk berbagai pembangunan fisik dilaksanakan tanpa henti. Selesai pembangunan proyek tertentu, muncul lagi proyek lainnya. Hal inilah yang membuat bisnis sewa alat berat, usaha penjualan alat berat sangat menjanjikan untuk dijalankan saat ini dan di masa depan. Walaupun modal usaha yang dibutuhkan sangat besar, keuntungan juga sangat besar.
usaha alat berat, bisnis alat berat, alat berat, modal alat berat, tips usaha alat berat

Proyek pembangunan skala kecil, menengah dan besar bisa dilakukan oleh kalangan pemerintah, pribadi, kelompok, perusahaan, lembaga, instansi dan kalangan lainnya. Semua proyek pembangunan sarana tersebut seperti pembangunan pasar tradisional dan pasar modern, perbaikan jalan dan jembatan, renovasi fasilitas umum, pembangunan kantor pemerintahan, sekolah, rumah sakit dll dilakukan secara terus menerus yang membuat sebagian orang jeli dan memanfaatkannya untuk membuka usaha sewa alat berat.

Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan, pembangunan fasilitas umum untuk komersil maupun non komersil gencar dilakukan oleh pemerintah dan kalangan swasta atau perusahaan. Hal ini membuat negara Indonesia lebih maju dibanding negara lain dengan tersedianya akses berbagai fasilitas umum tersebut secara lengkap. Mencakup pembangunan pabrik, rumah sakit, apartemen, perumahan, pembangunan lahan kebun yang sangat luas, pembangunan lahan tambang, dan lain-lain.

Dengan pembangunan sarana fisik tersebut yang terjadi di seluruh desa dan kota serta di seluruh Indonesia menambah jumlah lapangan kerja baru bagi masyarakat umum. Namun semua pembangunan tersebut dapat berjalan lancar dengan adanya daya dukung berbagai peralatan dan perlengkapan yang disebut alat berat. Sebab pada waktu membangun sarana jalan raya, jembatan, waduk, bandar udara, jalan bebas hambatan, dan lain sebagainya membutuhkan berbagai alat berat.

Pada era modern saat ini tak bisa lagi hanya mengandalkan tenaga manusia. Perlengkapan alat-alat berat dibutuhkan sekali dalam proses pembangunan berbagai sarana fisik skala besar dan menengah baik di kota dan desa. Hal ini membuat peluang bisnis penjualan dan persewaan alat-alat berat menjadi sangat menjanjikan sekarang ini dan seterusnya. Anda bisa mengambil kesempatan emas ini dengan membuka bisnis sewa alat berat.    

Cara Menjadi Pengusaha Alat Berat
Penggunaan alat alat berat bukan dipakai untuk pembangunan jalan dan prasarana umum lainnya. Namun seringkali digunakan pada saat terjadi bencana alam seperti banjir bandang, tanah longsor, tsunami, badai angin topan puting beliung, badai irma, gempa bumi dan bencana alam lain sebagainya. Pada saat selepas bencana alam seringkali kita saksikan penggunaan alat-alat berat untuk proses penyelamatan, pencarian korban dan proses evakuasi. Hal ini lebih efektif dilakukan dan menghemat waktu serta tenaga manusia.

Contoh nyatanya begini. Ketika terjadi gempa bumi maka akan banyak rumah dan jalan yang rusak. Maka langkah yang diambil pemerintah dan kalangan swasta dengan cara memperbaiki jalan dan membangun gedung gedung baru yang pastinya membutuhkan alat-alat berat untuk menghemat tenaga, biaya dan waktu. Inilah yang membuat peluang bisnis menjadi pengusaha alat berat sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Namun untuk menjadi pengusaha sewa dan penjualan alat alat berat tidak gampang. Dibutuhkan modal uang yang cukup besar untuk membeli berbagai alat-alat berat dan perlengkapan yang diperlukan. Bisnis modal besar, omset pun sangat besar. Contoh alat berat yang harus dibeli sebagai modal awal bagi pemula, antara lain: loader, pemadat tanah, back hoe, dump truck, bulldozer, forklift, roller halus, mesin angkat garpu, aplikasi mesin, excavator, mesin angkat manusia, crane, manlift, mesin pengeruk tanah dan pelicin jalan, mesin pengaduk semen dan pasir dan lain-lain. Semua alat berat tersebut harus ada dalam usaha sewa alat berat.

Salah seorang teman kuliah penulis, ayahanda tercintanya berprofesi sebagai pengusaha alat berat di Indonesia. Dalam satu bulan, omset bersih yang diraih dari bisnis alat berat mencapai miliaran rupiah. Sehingga bisa menyekolahkan anaknya ke luar negeri, membeli sejumlah sepeda motor dan mobil mewah serta mempunyai beberapa rumah mewah. Dari sini jelas bahwa keuntungan bisnis sewa alat berat sangat besar.

10 Tips Memulai Bisnis Alat Berat yang Berhasil untuk Pemula
Untuk membuka bisnis persewaan alat berat dan penjualannya tentu membutuhkan tips dan pedoman langkah langkah atau tahapan cara sukses dalam bisnis ini. Semua pedoman yang lengkap itu harus dipatuhi dan dilakukan agar usaha berjualan dan usaha sewa alat berat bisa berhasil dalam waktu singkat. Jangan sampai usaha sewa alat berat dan penjualannya gulung tikar sebab kerugian material bisa sangat tinggi dari bisnis ini.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini 10 tips memulai bisnis alat berat yang berhasil untuk pemula, antara lain:

1. Mempunyai Impian yang Jelas
Memiliki tujuan atau istilah dalam bahasa Inggris yaitu have a dream merupakan suatu hal yang mutlak mesti dipunyai oleh seorang pelaku usaha yang ingin sukses. Sebab jika seorang wirausahawan tidak mempunyai tujuan dalam bisnisnya maka ia akan melakukan bisnis tanpa arah yang jelas. Sehingga berputar-putar tanpa akhir. Berbeda dengan seorang pebisnis yang mempunyai tujuan atau impian. Ia akan melakukan segala jenis usaha dengan jelas.

Oleh sebab itu, untuk memulai bisnis alat berat maka anda harus menentukan bagaimana impian dari bisnis alat berat ini ke depannya. Kemudian bagaimana cara meraihnya dengan membaginya ke berbagai pekerjaan-pekerjaan kecil. Dengan membuat perencanaan dan impian atau tujuan ke depan dari bisnis alat berat anda maka akan memudahkan usaha yang dijalani bisa sukses. Sebab semangat yang membara akan ada pada impian usaha yang jelas.

2. Persiapan Modal yang Baik
Setiap jenis usaha atau bisnis memerlukan yang namanya modal uang seperti untuk membuka bisnis alat berat yang membutuhkan modal uang sangat besar. Di jaman modern saat ini untuk mendapatkan akses modal uang yang besar banyak alternatif yang bisa dilakukan. Seperti meminjam uang ke bank, mencari investor, menjual aset berharga, meminjam uang kepada sanak kerabat atau teman dan tetangga, menggunakan uang tabungan milik sendiri dan lain sebagainya.

Jika ditilik bahwa modal usaha yang penting dari bisnis alat berat bukan hanya uang semata tapi juga kepercayaan, sikap jujur, nama baik dan keterampilan merupakan modal usaha yang tak terlihat yang tak kalah penting dengan modal uang. Semua itu bisa dipelajari dan dipersiapkan secara baik seperti pada masalah keahlian atau keterampilan.

3. Belanja Alat-Alat Berat
Dengan modal usaha berupa uang yang dimiliki selanjutnya anda membeli alat-alat berat untuk disewakan. Bagi seorang pemula tentu merasakan kesulitan jika harus membeli semua alat berat secara lengkap karena keterbatasan modal usaha. Maka sebagai langkah mudah melakukan bisnis alat berat untuk pemula dengan cara memulai belanja satu jenis alat berat terlebih dahulu yang sering dipakai di wilayah anda.

Seiring berjalan waktu, keuntungan dari bisnis sewa satu alat berat itu bisa membeli alat berat lainnya hingga lengkap. Sehingga bisnis anda bisa berkembang lebih besar lagi. Dan fondasi anda dalam usaha sewa alat berat semakin kuat dan kokoh serta menguntungkan.

4. Menjalin Kerjasama
Sama seperti bisnis lainnya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih berkembang dan lebih menguntungkan. Misalkan usaha sewa alat berat yang anda miliki melakukan kerjasama dengan sebanyak mungkin perusahaan kontraktor, kalangan pemerintah, perusahaan pengembang dll. Mereka membutuhkan sekali usaha jasa sewa alat berat untuk pembangunan jembatan, jalan dll sebagai proyeknya. Hal ini terkait dengan cara pemasaran usaha sewa alat berat yang cukup efektif dan efisien.

5. Promosi Secara Gencar
Sebuah usaha sewa alat berat tidak bisa sendiri dan tidak dikenal orang. Melainkan ia harus bergerak keluar dan memperkenalkan berbagai jenis usaha dan pelayanan yang diberikan. Inilah yang disebut dengan promosi usaha. Ada dua macam dalam melakukan promosi bisnis sewa alat berat yakni promosi offline dan promosi online.

Bagi seorang pemula bisa melakukan promosi yang mudah dan gratis melalui proposal usaha, media online seperti di medsos, marketplace, forum, blog dan lain-lain. Setelah melakukan promosi secara gencar diharapkan banyak para konsumen yang menggunakan bisnis jasa sewa alat berat anda yang akhirnya menguasai pasar dalam negeri.

Agar bisnis alat berat anda bisa sukses maka anda tidak bisa bekerja sendirian. Anda bisa merekrut tenaga kerja bagian sales atau bagian pemasaran beserta pedoman lengkap cara menjadi sales alat berat yang berpenghasilan tinggi. Dengan demikian keuntungan bisnis alat berat semakin besar seiring semakin banyak tenaga sales yang berhasil anda rekrut dengan sistem gaji bualanan atau komisi. 

6. Sedekah
Hal ini sudah diatur dalam agama Islam bahwa sebagian harta benda harus dibersihkan melalui jalur zakat dan sedekah. Allah SWT menjamin bahwa orang yang rajin bersedekah tidak akan pernah miskin. Justru ia akan hidup kaya raya. Dari satu rupiah yang disedekahkan bagi kalangan tak mampu maka harta tersebut akan bertambah banyak dan dilipatgandakan.

7. Pantang Menyerah
Anda pasti akan mengalami hambatan dan kendala selama menjalankan bisnis sewa alat berat. Seperti pembayaran yang macet, usaha yang sepi, pelanggan yang sedikit dan lain sebagainya. Namun semua itu jangan pernah membuat anda menyerah. Anda harus lebih bekerja keras lagi untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin dan bekerja lebih cerdas lagi berguru dari pengalaman sebelumnya.

8. Terus Belajar
Resiko usaha rental alat berat sangat mungkin terjadi. Seperti pembayaran macet, alat berat mengalami kerusakan, penjualan yang sepi dan lain-lain. Dari sinilah bagi seorang pemula dalam bisnis alat berat harus terus belajar dalam menjalankan bisnis sewa alat berat. Misalkan belajar bagaimana cara mendapatkan penyewa yang tepat, belajar strategi pemasaran alat berat yang baik, belajar cara menentukan harga rental alat berat yang baik, cara melayani pelanggan dan lain sebagainya.

9. Fokus
Jika anda memutuskan untuk membuka usaha sewa alat berat maka anda harus fokus pada bisnis ini. Begitupula apabila anda menekuni bisnis penjualan alat berat maka harus fokus pada cara menjual alat berat. Jangan sampai anda mempunyai banyak jenis usaha yang membuat anda tidak fokus. Telah banyak pengusaha alat berat yang bangkrut dikarenakan ia melakukan bisnis alat beratnya secara tidak fokus.

10. Mengatur Keuangan Secara Efektif dan Efisien
Keuangan pribadi dan keuangan usaha alat berat harus dipisah. Sehingga bisa memantau perkembangan bisnis alat berat dari hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun. Bisa mengontrol keuntungan usaha alat berat, menata arus kas keluar masuk berjalan positif, penataan omset bisnis dan perencanaan keuangan ke depan.