Pilihan Bisnis Online Syariah Terbaik, Menguntungkan, dan Mudah

23 Juni 2017

Apa yang anda bayangkan mendengar nama bisnis online syariah? Pastinya sebuah bisnis yang dijalankan di internet menggunakan konsep syariah. Bisnis syariah menjadi fenomena akhir-akhir ini seiring tingkat kesadaran mayoritas masyarakat muslim Indonesia untuk melaksanakan ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan. Dimulai dari aspek perbankan, jual beli, investasi sampai bisnis online.

Bisnis Online Syariah Tanpa Modal
Bisnis online syariah sama seperti bisnis di internet lainnya. Tak ada hal yang berbeda kecuali dalam pelaksanaan bisnis online syariah menggunakan prinsip dan dasar hukum Islam. Seperti transaksi dijalankan secara halal, tanpa unsur riba dan tanpa adanya unsur paksaan. Semua yang terjadi dalam bisnis online sesuai syariah dan memenuhi unsur akad yang halal, proses keuntungan tanpa unsur penipuan dan riba, dll.

Bagi umat Islam yang mengerti betul betapa pentingnya melakukan bisnis online secara syariah maka ia akan memilih bisnis online syariah dibandingkan bisnis di dunia maya lainnya yang banyak jenis dan jumlah. Untuk mengetahui bisnis di internet dijalankan sesuai syariah atau tidak, anda dapat melihatnya melalui pelaksanaan dari bisnis online tersebut. Pastikan seluruh sistem penjualan, transaksi antar bank dan keuntungan semuanya dijalankan secara halal.
bisnis online, bisnis online syariah, pilihan bisnis online, bisnis online terbaik, bisnis online syariah menguntungkan

Seiring dengan menjamurnya bisnis online syariah, masyarakat muslim Indonesia harus pandai dalam memilih bisnis online syariah yang tepat bagi dirinya. Seperti memilih bisnis online syariah tanpa modal. Dengan demikian, tingkat kerugian dan penipuan bisa diminimalisir.

Untuk menemukan bisnis online syariah halal, tanpa modal dan gratis saat ini mudah. Anda bisa mencarinya di internet. Namun setelah mendapatkan contoh bisnis onnline syariah modal dengkul, selanjutnya perlu proses verifikasi analisa lebih dalam apakah sudah sesuai syariat atau belum. Hal ini untuk mencegah salah kaprah dalam pencitraan syariah. Misalnya bisnis online syariah yang pada kenyataannya tak menjalankan sistem sesuai syariat Islam.

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa dijalankan secara syariah. Misalkan peluang usaha menjual ebook yang menggunakan sistem affiliasi marketing. Dimana seseorang yang berperan sebagai broker mendapatkan laba dari komisi terjualnya ebook yang telah dilakukan. Hal itu bisa menjadi haram apabila seorang pemilik ebook menjual ebook secara mahal. Sehingga keuntungan pemilik ebook sangat besar. Dan affiliate memperoleh keuntungan sangat sedikit. Hal ini sesuai dalam prinsip umum Islam bahwa dalam transaksi ekonomi tidak ada yang memudaratkan atau merugikan dan tak ada yang dirugikan.

Cara Memilih Bisnis Online Halal Terpercaya
Berkenaan dengan pilihan bisnis online syariah yang tersedia banyak di internet tentu membuat banyak pemula kebingungan dalam memilih bisnis online syariah yang tepat. Berikut ini satu tips cara memilih bisnis online syariah yang terpercaya, halal dan mudah yang perlu sobat perhatikan yaitu bisnis itu menguntungkan.

Salah satu hal yang perlu diutamakan dalam memilih bisnis online syariah adalah memilih bisnis online syariah yang memberikan keuntungan besar. Selain itu perlu diperhatikan asal usul keuntungan yang diperoleh, darimana didapatkan keuntungan, kejelasan keuntungan dan lain sebagainya. Apabila anda menemukan kejanggalan dalam bisnis online syariah tersebut sebaiknya tinggalkan untuk mencegah kerugian lebih dalam terutama dalam waktu dan keuangan.

Umumnya bisnis online bisa dijalankan sesuai syariah asalkan ada kemauan. Dimulai dari produk yang halal, transaksi yang halal dan keuntungan tanpa riba. Berikut ini jenis bisnis online yang haram dan bertentangan dengan hukum Islam yang perlu sobat jauhi sejauh-jauhnya, antara lain : bisnis online yang dijalankan dengan mengandung unsur riba, adanya unsur penipuan atau penawaran palsu, terdapat kegiatan suap menyuap, merugikan salah satu pihak baik penjual atau pembeli maupun affiliate-nya, mengandung unsur maksiat dan lain sebagainya.

Bagaimana Hukum Bisnis Online Syariah
Sejak lahirnya bisnis online sampat saat ini perdebatan mengenai haram hukumnya menjalani bisnis online masih menjadikan ajang perdebatan yang berlarut-larut bagi kedua belah kubu. Sebagian ulama menyatakan bahwa bisnis online halal asalkan dijalankan sesuai dan memenuhi prinsip-prinsip syariat Islam. Sedangkan sebagian ulama menyatakan bahwa bisnis online haram atas dasar banyaknya unsur penipuan dan gharar.

Mengenai pendapat itu, penulis berpegangan bahwa bisnis online itu halal selama dijalankan sesuai kaidah syariah Islam yang terkandung dalam Al Quran dan Hadits. Agama Islam adalah universsal yaitu agama yang sesuai dengan kondisi jaman apapun, saat ini hingga masa depan. Saat ini jaman bisnis di internet maka agama Islam hadir di sana memberikan pedoman-pedoman dalam menjalankannya secara baik dan benar supaya sesuai ketentuan Islam dan berkah dunia akhirat.

Patokan penulis berdasarkan prinsip umum dalam ekonomi Islam bahwa segala jenis muamalah itu pada dasarnya boleh kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Sehingga bisnis online menjadi halal dan diperbolehkan kecuali ada hal-hal yang terlarang di dalamnya. Misalkan sebuah toko online yang menjual minuman keras maka hukumnya menjadi haram. Disebabkan barang haram tersebut.

Dalam dunia bisnis online syariah diperlukan kerja keras, sikap pantang menyerah dan kesungguhan hati untuk sukses. Tanpa semua itu mustahil untuk berhasil. Bisnis internet rawan sekali tindak penipuan dan manipulasi. Begitupula bisnis online yang mengaku berkedok sesuai syariah. Padahal berlawanan dengan syariah  Hal itu tentu saja bisnis online yang diharamkan dalam Islam. Oleh sebab itu, anda harus selektif memilih bisnis online syariah yang terpercaya sekaligus menguntungkan. 

Contoh Bisnis Online Syariah
Ada banyak orang yang mencari peluang bisnis online syariah tanpa modal. Dicari-cari bisnis itu tak akan pernah ada. Karena untuk melakukan bisnis online pasti memerlukan yang namanya modal. Kecuali pendaftaran atau registrasi yang gratis tanpa modal. Selebihnya melakukan bisnis online syariah harus pakai modal. Seperti koneksi internet menggunakan kartu paket internet 1 Gb untuk satu bulan harga Rp 25 ribu, modem termurah harga Rp 250 ribu, laptop atau netbook harga Rp 2 juta.

Hal lainnya yang terdapat dalam bisnis online syariah secara gratis tanpa modal sama seperti bisnis di dunia fisik atau offline mempunyai tingkat resiko kerugian. Apalagi jika kita malas bekerja, malas berusaha dan lain sebagainya. Kerugian dalam bisnis hal sudah biasa. Tinggal bagaimana kita mengantisipasi dan mencegah kerugian tersebut. Dengan cara melakukan planning usaha sebelumnya.

Dalam bisnis online syariah harus memenuhi kaidah hukum ekonomi islam. Seperti adanya akad. Dalam jenis usaha online yang syariah apapun pasti adanya akad yang berupa kesepakatan bersama. Di bisnis online publisher google adsense ada akad pula. Kesepakatan atau akad dibuat untuk memberikan pedoman dan peraturan yang jelas supaya tidak terjadi perselisihan di masa datang.

Aspek penting lain agar sebuah bisnis online dikatakan syariah adalah tidak mengandung unsur gharar atau penipuan. Misalkan produk yang cacat atau samar-samar yang foto produk berbeda dengan kenyataan yang ada. Oleh sebab itu, anda harus memastikan bahwa poto produk yang dijual sesuai produk asli yang terlihat dari berbagai sudut pandang. Dan cantumkan pula kelemahan atau kekurangan dari produk yang dijual disamping kelebihan yang dimilikinya.

Contoh bisnis online syariah adalah anda membuka usaha toko online pakaian busana muslim maka anda harus memberikan foto-foto dari busana muslimah yang dijual beserta keterangan spesifikasi yang meliputi jenis bahan, stok warna yang ada, ukuran, harga dan lain sebagainya sejelas mungkin. Sehingga calon konsumen mendapatkan keterangan sejelas-jelasnya dan tidak bertanya lagi.

Pilihan Bisnis Online Syariah Terbaik, Menguntungkan, dan Mudah
Berikut ini sejumlah contoh bisnis online syariah yang menguntungkan dan terbaik serta mudah dijalankan baik sebagai bisnis sampingan maupun utama, antara lain:

1. Affiliate Marketing
Bisnis affiliate marketing adalah sebuah usaha untuk menjualkan barang milik orang lain. Jika ada orang yang membeli atas perantara anda maka anda berhak mendapatkan komisi yang besarnya bervariasi sesuai akad ayng ditentukan sebelumnya. Kelebihan bisnis online syariah ini adalah anda tak perlu melakukan stok barang dan cocok bagi pemula. Karena mudah dijalankan dan tanpa biaya pendaftaran.

Jika anda berminat menjalankan bisnis online syariah sebagai affiliate marketing atau makelar barang maka bisa mendaftarkan diri pada situs penyedia layanan ini seperti lazada, ratakan, yubi dan lain sebagainya. Adapun agar bisnis ini bisa disebut bisnis online syariah maka pastikan barang yang anda jual tidak berlawanan dengan syariah. Sebab berdasarkan pengalaman penulis dalam situs penyedia bisnis affiliate marketing kerap ditemukan produk yang bertentangan dengan hukum Islam. Oleh sebab itu, sobat harus selektif dalam memilih produk yang hendak dijual yaitu produk itu pastikan halal.

2. Google Adsense
Anda tentu sudah tak asing lagi dengan bisnis online di bidang periklanan ini. Bisnis online ini menjanjikan penghasilan besar. Dari beberapa pengalaman para senior ada yang berpenghasilan hingga ratusan juta rupiah per bulan dari bisnis google adsense. Seperti Eka Lesmana. Tapi untuk sukses dalam bisnis adsense ini tidak mudah. Anda mesti mempunyai keahlian dalam bidang SEO dan membuat konten yang bagus.

Bisnis online google adsense bisa menjadi bisnis online syariah apabila anda menjalankan bisnis ini secara jujur, tidak menyuruh orang lain untuk klik iklan, anda tak klik iklan sendiri, dan menempatkan iklan pada konten yang halal sesuai kebijakan google.

3. Dropshipping
Dropshipping dan affiliate marketing keduanya hampir sama yaitu bertugas sama-sama menjual barang. Tapi perbedaannya terletak pada jenis barang yang dijual. Jika affiliate marketing produk yang dijual adalah produk digital. Sedangkan bisnis online dropshipping barang yang dijual adalah produk fisik. Banyak sekali situs online yang melayani sistem bisnis dropshipping. Anda bisa mencarinya di forum-forum seperti ads id dan forum lain. Atau searching di paman google dengan kata kunci dropship.