Rincian Biaya Modal Usaha Pakan Burung dan Keuntungannya

06 Juli 2017

Jika anda memerlukan makanan burung maka toko pakan burung adalah tempat yang bisa anda kunjungi. Usaha pakan burung menyediakan berbagai macam makanan burung baik alami maupun pabrikan. Seekor burung untuk bisa mempunyai performa terbaik dan gacor diperlukan asupan gizi yang seimbang. Berbagai upaya dilakukan agar burung gacor. Terlebih jika ia tak mau berbunyi sebab stres atau sakit maka memerlukan pakan burung berkualitas bagus agar gacor dan sehat kembali. Peluang usaha inilah yang ditangkap oleh sebagian orang dengan mendirikan usaha pakan burung.

Prospek Usaha Pakan Burung
Anda tentu tak asing lagi dengan gerai usaha pakan burung. Karena usaha pakan burung saat ini mudah dijumpai di setiap sudut kota dan sudut desa. Usaha makanan burung termasuk bisnis modal kecil yang bisa dijalankan secara rumahan dengan potensi menguntungkan sekali. Hal ini dikarenakan jumlah penggemar burung di Indonesia sangat besar. Bahkan setiap tahun bertambah banyak pencinta burung peliharaan di tanah air. Yang berakibat penjualan pakan burung meningkat pesat. Inilah yang menjadikan usaha pakan burung sangat menjanjikan dan prospektif. Banyak pengusaha pakan burung yang sukses dan kaya raya dari usaha ini. Jika anda sedang mencari peluang bisnis yang menguntungkan maka anda bisa mempertimbangkan usaha pakan burung.

Adapun yang menjadi target market atau pangsa pasar bisnis pakan burung adalah para penggemar burung di Indonesia yang sangat besar jumlahnya di desa maupun di kota. Sehingga usaha makanan burung selalu laris manis di berbagai tempat karena memiliki pelanggan tersendiri di setiap daerah atau wilayah. Hal ini dibuktikan sendiri oleh penulis yang menyaksikan usaha pakan burung selalu ada di satu daerah. Bahkan jumlahnya beberapa gerai outlet dan semuanya ramai oleh para pembeli.
bisnis pakan burung, usaha pakan burung, pakan burung, pakan ternak, makanan burung, usaha makanan burung

Para penggemar burung di tanah air menyadari bahwa untuk menghasilkan burung yang bersuara indah dan memenangkan beberapa kontes burung diperlukan pakan burung yang baik dan berkualitas. Semakin baik kualitas makanan yang diberikan pada binatang unggas ini maka akan berdampak baik pada kualitas suara burung. Sehingga para pecinta burung di Indonesia sangat selektif dalam memilih pakan bagi burung piaraan maupun burung untuk ternak dan dijual. Mereka memastikan burung diberikan makanan bergizi dalam jumlah memadai.

Apabila berkaitan dengan burung bagi para pecinta burung di tanah air tak segan segan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membeli pakan berkualitas. Asalkan burung tumbuh sehat dan baik. Mereka tak memperhatikan rugi atau untung. Yang penting hobi merawat atau ternak burung kicauan dapat berlangsung dengan baik. Berapapun harga pakan burung akan dibeli asalkan berkualitas dan mampu membuat burungnya sehat, optimal dan bugar.

Sekarang ini burung yang memiliki suara indah dan bulu yang indah dibanderol harga tinggi. Apalagi burung yang telah memenangkan kontes perlombaan burung. Harga satu ekor burung itu bisa mencapai ratusan juta rupiah. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik membuka usaha jualan dan ternak burung beserta jualan pakan burung.

Dengan demikian apabila anda bingung untuk memulai jenis usaha yang menjanjikan dan menguntungkan maka sobat bisa membuka usaha pakan burung. Karena usaha ini mempunyai prospek bagus saat ini hingga masa depan. Hal ini berdasarkan kelebihan dari bisnis ini yang sangat banyak. Untuk menambah pelanggan, pemasaran pakan burung dapat juga dilakukan secara online. Pastikan anda menjual pakan burung dengan kualitas baik dan harga lebih murah dari pesaing. Oleh sebab itu, anda perlu membeli makanan burung langsung dari distributor pakan burung pusat.

Pendek kata, sebagai bisnis yang menjanjikan untung besar membuat persaingan usaha pakan burung sangat sengit. Di satu daerah mungkin ada beberapa gerai usaha yang menjual pakan burung. Seperti di daerah penulis ada tiga gerai usaha makanan burung yang satu sama lain saling berdekatan. Dan ketiganya laris.

Rincian Biaya Modal Usaha Pakan Burung dan Keuntungannya
Jika anda berminat membuka usaha pakan burung dengan modal kecil maka tanpa panjang lebar lagi, inilah sejumlah rincian biaya modal usaha yang dibutuhkan untuk mendirikan toko pakan ternak burung antara lain:

▪ Belanja awal berupa pakan burung
Berbagai jenis makanan burung bisa anda jual. Untuk mendapatkan pakan burung dalam jumlah besar dan harga murah maka anda bisa mendapatkan pasokan dari distributor besar atau pemasok pakan ternak atau makanan burung. Dan anda bisa menjual ke konsumen langsung dengan harga lebih murah dari kompetitor. Hal ini merupakan salah satu kiat sukses usaha pakan burung di desa maupun di kota. Mengingat persaingan bisnis toko pakan burung sangat ketat.

Untuk memperoleh untung lebih besar lagi, alangkah baiknya anda dapat membuat sendiri makanan burung alami. Misalkan belatung dan kroto. Pakan burung itu dapat dijual di toko pakan burung sobat. Untuk mendapatkan belatung dalam jumlah banyak sangat mudah. Dengan cara mencarinya di kandang ayam tepatnya di kotoran ayam atau bawah kandang ayam. Permintaan akan belatung sangat tinggi sehingga pasokan dalam negeri belum mampu mencukupi permintaan tersebut. Inilah yang menjadikan peluang usaha berjualan pakan burung belatung sangat menjanjikan.

Selanjutnya anda bisa membuat pakan burung berupa kroto. Untuk mendapatkan kroto relatif sangat mudah. Anda bisa memperolehnya di alam, kebun atau hutan. Anda bisa menemukan kroto di berbagai sarang semut. Atau anda bisa membudidayakan kroto sebagaimana yang dilakukan sebagian pengusaha. Penghasilan dari usaha ternak kroto secara rumahan bisa mencapai Rp 10 juta lebih perbulan.

Usaha pakan burung alami lainnya yang bisa sobat jual sendiri adalah belalang. Anda bisa menangkapnya di sawah dalam jumlah banyak terutama ketika musim panen. Itulah beberapa pakan burung yang bisa anda buat sendiri dan jual di pasaran dengan keuntungan lumayan besar.

Selain itu, anda dapat membuka usaha pakan burung dengan modal kecil yakni menyediakan pakan burung seadanya terlebih dahulu. Kemudian seiring berjalan waktu, produk makanan burung ditambah variasi dan jenis sampai lengkap. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri di mata konsumen. Biaya modal yang dibutuhkan untuk belanja pakan burung di tahap awal sekitar Rp 5 juta. 

▪ Lokasi Usaha
Modal usaha kios pakan burung yang sangat penting lainnya adalah lokasi usaha. Pilihlah lokasi usaha yang strategis dan gampang dijangkau dari berbagai arah dengan halaman parkir yang sangat luas. Hal ini akan membuat nyaman konsumen. Dan pelanggan bisa bertambah dari hari ke hari. Namun untuk mendapatkan lokasi toko pakan burung yang strategis seperti ini biaya sewa lumayan mahal. Berbeda dengan tempat usaha yang berada di daerah tak strategis dan masuk jalan sempit. Namun sebagai seorang pengusaha pemula harus berani menyewa toko pakan burung yang strategis. Agar cepat balik modal dan usaha berjalan selalu menguntungkan.

Aspek ini sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha pakan burung. Pastikan anda membuka usaha makanan burung di lokasi strategis yang sering dilalui dan mudah dijangkau banyak orang. Biasanya lokasi usaha yang cocok bagi toko pakan burung berada di dekat pusat keramaian orang. Seperti pinggir jalan raya, dekat pasar, dekat minimarket dll. Semakin strategis lokasi usaha pakan burung maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh.

Jika anda mempunyai rumah di pinggir jalan yang ramai maka tak ada salahnya untuk mulai buka usaha pakan burung dengan modal kecil di depan rumah. Hal ini menghemat pengeluaran untuk biaya sewa lokasi usaha. Seiring keuntungan usaha pakan burung meningkat di satu tempat selanjutnya untuk memperbesar skala usaha maka anda bisa membuka bisnis berjualan pakan burung di tempat lain yang lebih menjanjikan dengan skala lebih besar.

▪ Beli Etalase
Harga etalase sebesar Rp 2 juta

▪ Upah Pegawai
Gaji Karyawan sebesar Rp Rp 700 ribu

▪ Biaya Rutin
Sementara itu untuk biaya listrik, telepon, air dan transportasi diperkirakan sebesar Rp 1 juta perbulan

▪ Biaya tak Terduga
Untuk biaya lain lain atau tak terduga disisihkan sebesar Rp 500 ribu

Keuntungan bersih dari bisnis pakan burung bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Hal ini berdasarkan pengalaman para pengusaha toko pakan burung yang telah lama berkecimpung dalam bisnis ini. Apalagi penjualan pakan burung dari hasil racikan kita sendiri maka akan lebih besar lagi keuntungan yang bisa diperoleh. Laba berasal dari penjualan pakan burung pabrikan dan buatan sendiri serta perlengkapan burung piaraan dan ternak lainnya.

Tips Sukses Usaha Pakan Burung
Untuk jadi wirausahawan atau pebisnis toko makanan burung yang berhasil diperlukan berbagai upaya. Berikut ini tjps dan kiat sukses jualan pakan burung dari tahap awal sampai siap beroperasi antara lain:

1. Mengerti betul apa yang dibutuhkan sekali oleh para penggemar burung

2. Tak hanya menjual pakan burung dan perlengkapannya yang paling laris. Tapi juga harus memberikan solusi kepada penggemar burung yang sedang kesulitan merawat burung. Hal ini disamping menjual produk juga menjual diri. Sehingga jualan produk bukan hal terlalu penting. Yang lebih penting adalah diri kita yang bisa menjual kepada konsumen. Dimana kita mampu memberikan solusi atas setiap masalah pelanggan atau konsumen secara baik dan benar.

3. Memilih menjual pakan burung yang paling laku atau laris saat ini. Sehingga perputaran uang cepat dan keuntungan didapatkan dalam waktu singkat. Untuk mengetahu jenis makanan burung yang terlaris tahun ini sangat gampang. Dengan cara melakukan survey lapangan ke berbagai penggemar burung. Jenis pakan yang bagaimana yang banyak digunakan orang untuk burung mereka. Pendek kata anda bisa menjual pakan burung alami dan pakan burung pabrikan.

4. Harga pakan burung lebih murah. Seseorang akan membeli pakan burung yang lebih murah dari kualitas sama. Hal ini disebabkan tabiat manusia yang bersifat ekonomis. Ia akan selalu mencari keuntungan dari segala aktifitas sehari hari. Termasuk dalam pembelian makanan burung.

Percuma jika anda mempunyai toko pakan burung di lokasi sangat strategis tapi produk yang dijual lebih mahal dari pesaing. Maka konsumen akan lebih memilih produk pakan burung yang lebih murah dengan kualitas dan takaran yang sama. Oleh sebab itu, pastikan setelah usaha toko pakan burung sobat berada di lokasi strategis selanjutnya memastikan harga jual produk pakan burung dijual dengan harga lebih murah dari kompetitor. Cara menentukan harga pakan lebih murah dengan melakukan survey harga pakan burung di sejumlah pesaing.

Pendek kata, untuk meningkatkan penjualan sebuah usaha pakan burung bukan hanya menyediakan aneka makanan burung tapi juga menjual peralatan dan perlengkapan burung, kandang burung yang disebut sangkar, tempat makan dan minum burung, menjual aneka burung yang sedang trend dan laris, dan aksesoris burung lain sebagainya.