Keuntungan Bisnis Sewa Tenda Pengantin dan Cara Membukanya

20 April 2017

Baru saja salah seorang kerabat penulis mengadakan acara pesta pernikahan di kampung. Acara berlangsung lancar. Dari pesta dan resepsi pernikahan tersebut, penulis dapat melihat berbagai peluang dan jenis usaha yang terlibat di dalamnya. Pertama, usaha tata rias pengantin. Modal yang dikeluarkan sebesar Rp 2 juta. Kedua, usaha persewaan kursi. Ketiga, bisnis organ hiburan. Keempat, jasa fotografi. Dan kelima, bisnis sewa alat tenda pesta pengantin.

Keuntungan Bisnis Sewa Tenda Pengantin Rp 100 Juta Perbulan
Mungkin anda masih asing mendengar nama usaha sewa tenda pengantin. Padahal bisnis ini sudah ada sejak lama dengan omzet ratusan juta rupiah perbulan. Banyak pengusaha sewa tenda pengantin yang kaya raya dari bisnis ini. Dikarenakan pangsa pasar yang sangat luas. Dan setiap minggu pastinya akan ada beberapa acara pesta pernikahan di suatu daerah. Inilah peluang usaha menguntungkan dari bisnis penyewaan tenda pengantin.

Salah seorang pengusaha yang menikmati gurihnya keuntungan dari usaha rental tenda pengantin adalah pria bernama lengkap Ilham Septa Sirmaya yang akrab dipanggil Ilham. Beliau telah menggeluti bisnis persewaan tenda pelaminan selama empat tahun lamanya. Sehingga ia mengerti seluk beluk bisnis ini dimulai dari rincian modal awal usaha sewa tenda pengantin, prospek usaha, pangsa pasar, cara membuka usaha dll.
usaha sewa tenda pengantin, bisnis sewa tenda pengantin, sewa tenda pengantin, tenda pengantin, bisnis tenda

Sebelumnya, pria yang tampan ini bekerja di sebuah bank terkenal di tanah air. Rupanya gaji yang tinggi dengan jabatan yang mapan tidak membuatnya betah berlama-lama menjadi seorang karyawan. Beliau memilih berhenti bekerja atau resign sebagai bankir bank. Dan memutuskan untuk meneruskan bisnis sewa tenda terop pengantin dan kursi yang dikelola oleh ayahanda tercinta sejak tahun 1992.

Ilham mengambil alih usaha sewa tenda perkawinan dan kursi. Bisnis keluarga ini dijalankan oleh pria ini dengan sistem pemasaran yang gencar dan pelayanan terbaik kepada konsumen. Hal ini membuat konsumen sangat puas dengan pelayanan yang diberikan usaha sewa tenda pengantin milik Ilham yang berlokasi di Cibiru Propinsi Jawa Barat. Mereka pun berlanjut menjadi pelanggan tetap dari Alzam Tenda tersebut.

Untuk mengembangkan usaha rental tenda pengantin, pria yang selalu tampil enerjik ini membutuhkan tambahan modal sebesar Rp 30 juta. Kemudian ia pun mengajukan proposal bantuan modal usaha persewaan tenda pengantin ke bank di daerahnya. Beberapa hari kemudian, pinjaman modal usaha bank sebesar Rp 30 juta cair. Dan uang tersebut dipakai untuk belanja sejumlah perlengkapan pendukung. Misalnya besi, partisi, tenda, kursi dan alat pesta lain sebagainya.

Langkah yang ditempuh oleh Ilham bukan tanpa alasan. Ia berani meminjam modal usaha di bank untuk membeli perlengkapan usaha tambahan dikarenakan bisnis sewa tenda pengantin tidak akan pernah sepi oleh para konsumen. Setiap hari dan setiap pekan senantiasa ada orang yang mengadakan pesta pernikahan. “Bisnis ini anti krisis dan tak pernah sepi oleh pelanggan, ujar pria yang murah senyum ini. 

Cara promosi pun diubah. Dari yang asalnya tradisional dari mulut ke mulut menjadi promosi secara online menggunakan media instagram dan blog. Hal tersebut mampu melejitkan keuntungan bisnis sewa tenda dan kursi pengantin yang dikelolanya menjadi berpuluh kali lipat.

Kesuksesan yang dirasakan oleh Ilham membuat ia semakin bersyukur kepada Allah SWT. Keberhasilan usaha penyewaan tenda bagi pernikahan pengantin dan orang yang meninggal dunia hingga untung berlipat bukan semata olehnya tapi juga berkat dukungan para karyawan yang bekerja secara kompak dan tulus.

Pengusaha Sukses Usaha Persewaan Tenda Pernikahan
Hidup adalah pilihan. Keputusan yang diambil Ilham sangat tepat. Ia berhenti jadi karyawan dan memilih jalur pengusaha. Ilham Septa Sirmaya yang saat ini berusia 28 tahun mampu menjadi salah seorang pengusaha muda kaya raya di tanah air yang sukses mengembangkan bisnis rental tenda pengantin hingga ke luar daerah. Menurutnya, usaha penyewaan tenda pengantin selamanya akan prospek cerah dan menguntungkan.

Hal di atas dibuktikan dengan pangsa pasar atau pesanan bukan hanya dari daerah Bandung. Tapi juga meliputi propinsi Jawa Barat, pulau Bali, Sumatera, Kalimantan hingga ke pulau Lombok. Jika ada orderan dari luar daerah maka karyawan bagian pemasangan berangkat naik pesawat. Sedangkan peralatan dan perlengkapan tenda pengantin dan alat pesta dikirim melalau jalur darat. Inlah yang namanya bisnis sewa tenda pengantin yang sebenarnya. Yang mampu melayani banyak orang di dalam daerah hingga luar daerah.

Untuk melayani konsumen dengan baik, Ilham tidak hanya menyewakan tenda pengantin. Tapi ia juga menyediakan usaha sewa panggung, meja, kursi dan partisi. Semuanya bisa disewa dalam paket komplit. Hal tersebut membuat konsumen lebih banyak pilihan dalam menyewa tenda pengantin dengan fasilitas lainnya.

Berbagai hambatan dan kendala dalam bisnis sewa tenda pengantin dirasakan oleh Ilham. Seperti beberapa kali mengadakan kerjasama dengan sejumlah EO atau Event organizer. Namun kebanyakan EO tidak membayar jasa persewaan alat pesta dan tenda pengantin setelah acara selesai. Hal tersebut membuat Ilham trauma. Saat ini ia lebih memilih melayani pelanggan lama yang sudah banyak jumlahnya dan kadang kewalahan orderan.

Kini perusahaan sewa tenda pengantin brand Yakin Utama memiliki modal awal sewa tenda sebanyak 20 buah tenda pengantin bentuk kerucut dan tenda terpal ukuran 3000 meter persegi. Menurutnya, pelanggannya banyak menyewa tenda dekorasi atau tenda terpal. Sedangkan tenda kerucut jarang disewa. Dalam satu minggu, Ilham biasanya mendapatkan orderan sewa tenda pengantin sebanyak 20 tempat. Hal itu tentu membuat omzet usahanya lumayan besar perbulan. Harga sewa tenda dan kursi sebesar Rp 750 ribu.

Ditanya mengenai omzet perbulan usaha penyewaan tenda pengantin, Ilham menjawab dalam satu bulan ia bisa memperoleh keuntungan kotor hingga Rp 100 juta. Bahkan bisa lebih dari itu. Setelah dipotong gaji karyawan, biaya transportasi dan biaya pembelian peralatan serta biaya modal awal usaha pelaminan maka untung bersih sebesar Rp 30 juta perbulan.

Untuk meningkatkan keuntungan usaha sewa tenda pengantin, Ilham Septa Sirmaya terus berusaha menambah kapasitas jumlah tenda pengantin. Salah satu caranya meminjam modal usaha dari kartu kredit bank tertentu yang memberikan bunga rendah. Dan dibelikan tenda pengantin baru. Apalagi berjalan waktu atau dalam kurun satu tahun tenda pengantin biasanya mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru. Untuk menghemat keuangan, tak jarang ia memberikan biaya pembuatan tenda pernikahan mandiri.

Cara Membuka Usaha Persewaan Tenda Pengantin dan Alat Pesta
Setelah melihat betapa besarnya keuntungan bisnis penyewaan tenda pernikahan hingga omzet ratusan juta rupiah perbulan, mungkin membuat anda tertarik untuk memulainya. Lalu bagaimana cara membuka usaha sewa tenda pernikahan dari awal sampai beroperasi? Simak terus artikel ini.

Perlu diketahui, tingkat persaingan usaha sewa alat pesta dan tenda pengantin secara mandiri dan franchise lumayan ketat baik di kota maupun desa terpencil. Di kampung penulis ada beberapa gerai usaha yang menyewakan tenda pesta pernikahan dimulai harga murah sampai harga mahal dengan paket komplit. Namun demikian pangsa pasar yang luas membuat bisnis ini tetap menjanjikan sampai kapanpun.

Walaupun bisnis sewa tenda pernikahan membutuhkan modal besar. Namun anda pun bisa untuk membuka usaha rental tenda pengantin dengan modal kecil sebesar Rp 14 juta. Hal ini disesuaikan dengan kapasitas jumlah tenda pernikahan yang hendak anda sediakan. Semakin banyak unit tenda pengantin yang akan disewakan maka modal awal usaha tenda pengantin yang diperlukan pastinya semakin besar. Untuk langkah pertama sediakan peralatan tenda pengantin dalam jumlah sedikit.

Untuk memperkecil budget modal usaha, sobat bisa membuat sendiri tenda pengantin di bengkel las. Apalagi jika anda mempunyai usaha bengkel las, biaya pembuatan tenda pesta pernikahan semakin rendah. Perbaikan tenda dapat dilakukan sendiri. Namun apabila sobat tak membuka usaha bengkel las maka sobat bisa mencari gerai usaha bengkel las terpercaya dengan harga lebih murah. Mengenai cara membuat rangka tenda pernikahan bisa mencari informasinya di internet atau bertanya kepada pelaku usaha dan tukang bengkel las yang berpengalaman.

Sementara itu, untuk memperlengkap usaha penyewaan tenda pengantin sobat bisa membeli perlengkapan dan peralatan dekorasi yang mencakup kursi, stand makanan, renda kain dan meja serta lain sebagainya yang dibutuhkan. Sehingga konsumen mempunyai pilihan dalam membeli paket lengkap atau hanya sewa tenda pernikahan.

Dan tak kalah penting bagi sobat yang mau membuka usaha rental tenda pengantin harus menyediakan alat transportasi untuk mengangkut peralatan dan perlengkapan tenda. Biasanya kendaraan bermotor roda empat yang digunakan jenis mobil pick up terbuka atau truck ukuran kecil. Namun bagi yang anda yang belum memiliki mobil jenis pickup atau truk kecil untuk sarana angkut barang tenda, jangan berkecil hati. Anda masih bisa menjalankan bisnis sewa tenda dengan cara menyewa mobil pick up milik tetangga, kerabat atau orang lain untuk sarana angkut tenda pengantin dan perlengkapannya.

Kiat Sukses Bisnis Persewaan Tenda dan Alat Pesta Pernikahan
Prospek usaha sewa tenda pernikahan sangat menjanjikan. Karena setiap bulan pasti ada pesta pernikahan yang membutuhkan tenda. Adapun bisnis penyewaan ini tak bisa dijalankan sendiri. Namun harus dilakukan oleh beberapa orang terutama dalam pemasangan dan angkut tenda. Bisnis kolektif yang anti rugi. Untuk belanja bahan peralatan tenda bisa dibeli di toko material atau terpal. Kemudian sobat bisa membuat dan merangkai sendiri di bengkel las mengenai besi, partisi dll.

Banyak orang yang sangat menyukai bisnis sewa tenda pengantin. Karena modal usaha yang relatif kecil. Modal sekitar Rp 14 juta. Dan keuntungan bersih bisa mencapai Rp 30 juta perbulan. Barang tidak mudah rusak atau basi. Setelah peralatan usaha tenda pengantin lengkap dengan pernak perniknya selanjutnya masalah pemasaran. Sobat bisa bekerjasama dengan pihak event organizer.

Salah satu aspek yang penting dalam bisnis penyewaan tenda pernikahan adalah masalah kualitas layanan. Berikanlah pelayanan terbaik yang memuaskan konsumen. Seperti tepat waktu, harga sewa tenda dan kursi yang lebih murah dari kompetitor tanpa meninggalkan kualitas layanan, harga yang bisa ditawar, kebersihan selalu terjaga dll.

Cara promosi usaha sewa tenda pengantin bisa dilakukan dengan cara membagikan brosur, bikin pamflet, spanduk, reklame, neonbox, promosi ketuk ular, promosi online menggunakan blog atau medsos, merekrut tenaga mediator atau perantara dengan komisi menarik, bekerjasama dengan jasa EO Event Organizer atau jasa tata rias dan konsultan pernikahan dan lain sebagainya.

Penulis merupakan pegawai honorer di KUA Tanjungkerta Sumedang. Sehingga mengetahui data pernikahan di suatu daerah. Rata-rata di sebuah desa terpencil terjadi peristiwa pernikahan 60 pasangan pengantin perbulan. Jumlah peristiwa pernikahan di kota lebih besar lagi. Jika harga sewa tenda dan kursi pernikahan dibanderol harga Rp 500 ribu maka penghasilan dari usaha sewa tenda pengantin sebesar Rp 30.000.000 perbulan. Bayangkan itu keuntungan dari satu desa. Apalagi jika pangsa pasar satu kecamatan atau lebih tentu penghasilan bisnis rental tenda pernikahan lebih besar lagi. Inilah yang disebut bisnis persewaan tenda dan alat pesta sangat menjanjikan untung besar.

Setelah diutarakan keuntungan usaha rental tenda pengantin dan cara memulainya, apakah anda berminat membuka usaha ini secara rumahan?