Keuntungan Bisnis Jus Buah dan Cara Memulainya Buat Pemula

03 Mei 2017

Bisnis kuliner khususnya minuman yang menyegarkan dan menyehatkan akan senantiasa eksis dan menjanjikan hingga waktu mendatang. Karena menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Cobalah anda lihat di lingkungan sekitar, jenis usaha apa yang banyak dilakoni manusia. Tentu saja kuliner. Dan usaha ini paling banyak dilakukan oleh orang di seluruh dunia dibanding jenis usaha lain. Hal ini tak terlepas dari banyak keuntungan jenis bisnis minuman dan makanan. Salah satunya bisnis jus buah unik. 

Contoh bisnis kuliner yang sering kita jumpai di pinggir jalan raya, di sudut kota dan tempat, gang kecil, secara rumahan atau menyewa tempat strategis, kaki lima, asongan dll antara lain usaha jualan minuman, es krim, es potong, es cream cappucino cincau, jualan makanan, jualan batagor, baso tahu, mie bakso, mie ayam, bisnis jualan snack makanan ringan, jualan kue jajanan pasar, jajanan anak sekolah, aneka gorengan, jualan sosis bakar hingga usaha berjualan jus buah segar, usaha jualan serabi, jualan berbagai macam gorengan, bisnis jualan cilok atau pentol, usaha jualan bakso ikan, bisnis jualan bakso mie, jualan siomay, usaha jualan kerak telor, usaha warung sembako dan kelontongan, usaha jualan bubur ayam, dll.

Adapun usaha yang sangat sedikit adalah yang non kuliner antara lain usaha jualan mainan anak-anak, usaha jualan dan pemasangan gypsum, bisnis jualan gas elpiji 3 kg, usaha rental playstasion, jualan pulsa elektrik, bisnis jualan ikan hias, usaha ternak sapi, beternak kambing dan domba dan lain sebagainya. Namun porsi yang besar adalah kebanyakan manusia bisnis dalam bidang kuliner baik minuman atau makanan. Diantara banyak jenis kuliner adalah bisnis jus buah kemasan.
bisnis jus buah, usaha jus buah, jus buah, cara usaha jus buah, cara bisnis jus buah, usaha buah, bisnis jus

Keuntungan Bisnis Jus Buah

▪ Paling Dicari
Bisnis minuman jus buah-buahan yang segar dan menyehatkan akan senantiasa dicari orang. Karena badan yang sehat adalah kondisi yang diinginkan semua orang. Salah satu caranya adalah minum jus buah-buahan yang banyak mengandung serat dan vitamin. Kekebalan tubuh seseorang menjadi meningkat seiring minum jus buah-buahan.

▪ Populer
Minuman jus buah dengan berbagai variasi rasa seperti anggur, apel, stroberi, leci, mangga, jambu, alpukat, melon, semangka, buah naga, sirsak, pepaya dll sedang mengalami trend dan booming sekarang ini. Permintaan pasar yang tinggi membuat usaha ini menguntungkan. Sehingga jika anda sebagai pemula mencoba berjualan usaha jus buah dipastikan akan laris manis.

▪ Menyehatkan
Berbagai macam usaha kuliner di masyarakat. Namun jenis usaha minuman yang akan menguntungkan dan laris manis selamanya adalah minuman yang mengandung khasiat bagi kesehatan tubuh manusia seperti usaha jus buah. Dengan demikian sobat mendukung program pemerintah dalam menyehatkan bangsa Indonesia.

Seiring dengan perkembangan jaman yang kian transparan membuat banyak orang mengetahui arti pentingnya kesehatan dan cara menjaganya. Salah satunya adalah minum jus buah-buahan. Mereka sadar jika banyak minum minuman instant berupa serbuk atau dalam kemasan sachet Rp 500 an mengandung zat kimia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, pilihan jatuh kepada minum jus buah. Yang pada akhirnya bisnis jus buah-buahan laku keras di masyarakat tanah air. Pangsa pasar usaha jus buah sangat luas. Semua orang menyukai jus buah. Inilah potensi keuntungan yang lumayan besar dari bisnis jus buah-buahan

Cara Memulai Bisnis Jus Buah Buat Pemula
Setelah mengetahui potensi keuntungan yang besar sekali dari bisnis jus buah-buahan selanjutnya adalah bagaimana cara membuka usaha jus buah dari awal sampai beroperasi dan berapa modal usaha yang diperlukan. Untuk mengetahui cara membuka bisnis jus buah, berikut ini langkah-langkah untuk memulai usaha jus buah buat pemula, antara lain:

▪ Persiapan Modal Usaha
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan modal usaha jus buah-buahan berupa uang cadangan, membeli blender, sedotan, sendok, plastik, mesin press penutup kemasan, susu kental manis, berbagai macam buah-buahan, gula, air matang, gerobak, meja, kursi dll. Untuk perlengkapan usaha jus buah seperti blender pastikan berkualitas bagus seperti merek phillips dan merek lainnya. Karena ini bisa berdampak pada minunan jus buah jadi kualitas baik.

Sebenarnya modal usaha yang dibutuhkan tergantung skala usaha jus buah yang dijalani. Jika menjalani bisnis jus buah buahan skala besar maka modal yang dibutuhkan akan besar. Namun saran penulis, sobat harus membuka usaha jus buah secara kecil-kecilan di pinggir jalan atau di halaman rumah. Setelah usaha berkembang sobat bisa membuka cabang di daerah lain. Modal yang diperlukan sangat kecil sekitar Rp 2 juta anda sudah bisa menjalankan usaha jus buah buahan skala kecil.

▪ Lokasi Usaha Jus Buah
Pilihlah lokasi usaha yang sangat strategis. Cirinya gampang dijangkau dari segala arah oleh konsumen, mudah dikenali pasar, dll. Contohnya lokasi usaha jus buah di pinggir jalan raya yang ramai, sekitar kampus, dekat sekolah, sekitar lapangan olahraga atau GOR, berdekatan dengan minimarket atau pusat perbelanjaan, sekitar taman kota atau terminal dan lain sebagainya.

Berdasarkan data di lapangan, bisnis jus buah termasuk jenis usaha yang tingkat persaingan sangat tinggi. Alanglah lebih baik sobat membuka bisnis jus buah-buahan yang segar dan sehat di tempat atau daerah yang belum ada kompetitor atau pesaing masih sedikit. Hal ini untuk menjamin keuntungan harian jus buah yang didapatkan lumayan besar.

▪ Supplier Buah Buahan
Setelah peralatan usaha jus buah sudah lengkap beserta lokasi usaha, langkah berikutnya adalah mendapatkan suplai buah-buahan yang berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional, dll. Jangan sampai buah-buahan yang anda beli sebagai bahan baku usaha jus buah membusuk. Agar buah-buahan terjaga kualitas dan tidak membusuk, anda dapat menyimpan di kulkas.

▪ Lengkap
Seringkali penulis melihat usaha jus buah yang kurang lengkap. Misalnya penulis memesan jus buah rasa sirsak. Ternyata penjual bilang bahwa jus rasa sirsak sedang kosong dan kurang peminat. Hal tersebut bisa membuat konsumen kecewa. Dan mereka pastinya akan memilih membeli minuman jus buah di gerai yang komplit. Oleh sebab itu, pastikan sobat membuka usaha jus buah yang lengkap. Utamakan menyediakan stok buah-buahan yang terlaris dijadikan jus dalam jumlah banyak.

▪ Inovasi
Konsumen akan merasa bosan dengan rasa jus buah yang itu-itu saja. Di saat omzet penjualan jus buah menurun tajam maka saat itulah sobat perlu melakukan inovasi jus buah. Supaya usaha jus buah tetap laris manis dan untung besar. Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk melakukan inovasi jus buah. Seperti menambahkan rasa baru. Misalnya rasa buah anggur dicampur apel. Begitu seterusnya hingga didapatkan rasa yang enak dan unik.

Lalu sobat dapat pula membuat jus buah-buahan dengan campuran minuman populer saat ini. Seperti cappucino, smoothies, milkshake, jus yoghurt dll. Sehingga didapatkan minuman jus buah yang unik dan beda dari yang lain dengan rasa yang tetap enak dilidah.

▪ Brand
Pilihlah brand sendiri yang gampang diingat orang dan unik. Hal ini untuk membedakan dengan pesaing. Contoh Jus Kita. Nama brand usaha jus buah harus tercantum di booth gerobak agar dilihat oleh orang banyak. Selain itu, nama brand jus buah ditempel di gelas atau kantong plastik supaya konsumen selalu ingat dengan usaha jus buah yang kita jalankan.

Contohnya saja anda bisa belajar dari brand-brand kuliner yang terkenal. Mereka menghabiskan biaya promosi brand hingga miliaran rupiah. Tayang iklan brand usaha mereka di berbagai stasiun televisi swasta dengan tujuan menanamkan benak dalam pikiran masyarakat bahwa jika mereka ingin minum yang enak dan lezat harus minum minuman ale ale misalnya. Dengan semakin banyak dikenal, ditayangkan iklan melalui media televisi, suratkabar, brosur, pamflet dll berarti semakin besar terjadi penjualan.

▪ Harga Terjangkau
Untuk harga jus buah per gelas pastikan terjangkau bagi pangsa pasar yang anda bidik. Untuk masyarakat desa harga sedikit mahal agak berpengaruh. Harga jus buah per porsi harus lebih murah ketimbang kompetitor tanpa meninggalkan kualitas. Hal tersebut terbukti berhasil menjaring banyak konsumen dan pelanggan setia. Biarlah keuntungan sedikit yang penting kuantitas penjualan jus buah sangat banyak. Misalnya 100 pesanan jus buah perhari. Jadi keuntungan kotor perhari sebesar Rp 200 ribu ( Rp 2000 x 100). Bagaimana anda tertarik bisnis jus buah unik yang murah meriah dengan potensi menguntungkan?

▪ Kebersihan
Faktor lain yang sangat menunjang kesuksesan membuka bisnis jus buah adalah menjaga kebersihan dari mulai bahan baku, penampilan gerobak, penampilan penjual, peralatan usaha mesti terjaga kebersihannya, air yang digunakan untuk mencuci harus bersih, dll. Sediakan tong sampah untuk menjaga kebersihan.

▪ Buka Cabang
Apabila usaha jus buah anda laris manis dan menguntungkan setiap harinya maka saatnya sobat untuk meningkatkan keuntungan usaha dengan cara membuka cabang di daerah lain yang sangat potensial. Jika satu cabang usaha jus buah sudah sukses menguntungkan maka akan mudah membuka usaha jus buah yang berhasil di tempat lain.