Cara Memulai Bisnis Jamur Tiram Putih secara Rumahan

12 Agustus 2021

Di Indonesia ada berbagai macam jenis jamur, di antaranya jamur merang dan jamur tiram putih. Untuk usaha budidaya jamur tiram putih menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Mengingat permintaan pasar terhadapnya meningkat pesat setiap tahun. Hal ini membuat para pengusaha jamur tiram putih kebanjiran order dan untung besar. Jika anda mencari peluang usaha yang gampang dilakukan, tak pernah ada matinya dan selalu dibutuhkan orang maka memulai bisnis jamur tiram putih secara rumahan bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang layak untuk diperhitungkan.

Analisa Usaha Budidaya Jamur Tiram Putih
Untuk membuka bisnis jamur tiram putih secara rumahan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena usaha ini membutuhkan perencanaan dan persiapan modal usaha yang sangat matang dalam membuka usaha budidaya jamur tiram putih di rumah yang menguntungkan dari awal hingga buka. Seperti persiapan bibit jamur tiram, menguasai cara merawat jamur tiram, dll. Dengan begitu, diharapkan peluang keberhasilan usaha jamur tiram putih menjadi sangat besar.

Bagi sobat yang mempunyai minat untuk memulai bisnis jamur tiram putih di rumah. Sobat dapat membuka usaha budidaya jamur tiram putih yang memiiki prospek cerah secara rumahan. Sebagai pengusaha jamur tiram putih ini, sobat berpeluang besar untuk sukses dan meraup keuntungan yang lumayan besar dan menjanjikan dari bisnis pertanian ini.
bisnis jamur tiram, usaha jamur tiram, usaha jamur tiram putih, bisnis jamur tiram putih, jamur tiram

Akan tetapi, sama seperti memulai jenis bisnis lainnya, usaha budidaya jamur tiram putih mempunyai kendala, resiko, dan tantangan tersendiri. Sehingga jika sobat benar-benar ingin membuka usaha budidaya jamur tiram putih di rumah secara sukses dan untung besar harus mampu menanggulangi berbagai hambatan, kendala dan resiko kerugian yang sewaktu-waktu bisa menghampiri.   

Cara Memulai Bisnis Jamur Tiram Putih secara Rumahan
Oleh sebab itu, sebelum terjun ke bisnis jamur tiram putih sobat harus mempelajari dan memahami seluk beluk cara usaha budidaya jamur tiram untuk pemula di rumah yang sukses. Berikut ini tahapan-tahapan atau persiapan cara memulai bisnis jamur tiram putih secara rumahan, antara lain:

1. Memilih lokasi usaha yang cocok bagi bisnis jamur tiram putih
Sebetulnya untuk memulai usaha budidaya jamur tiram putih cukup gampang. Akan tetapi, kebanyakan orang menganggap bisnis budidaya jamur tiram sangat sulit. Disebabkan mereka mengalami beberapa kegagalan. Faktor yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis budidaya jamur tiram kebanyakan disebabkan oleh faktor kebersihan lingkungan dan lokasi.

Oleh sebab itu, cara paling mudah untuk bisnis jamur tiram putih yang sukses secara rumahan adalah dengan memastikan lokasi usaha terjaga kebersihannya. Sehingga jamur tiram putih bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Dengan membuka usaha budidaya jamur tiram di rumah maka akan membantu dalam kemudahan membersihkan lingkungan usaha dan memudahkan pada waktu panen.

Perlu diketahui bahwasanya tanaman jamur tiram putih rentan sekali terhadap segala bentuk kotoran dan kelembapan udara yang tinggi. Sehingga jika anda mau membuka bisnis budidaya jamur tiram putih yang sukses harus dengan cermat memilih lokasi usaha yang tepat. Usahakan lokasi usaha budidaya jamur tiram jauh dari tempat pembuangan sampah dan jauh dari kandang ternak ayam, sapi, kambing dan kandang ternak lainnya.

2. Menyediakan Rak Baglog
Kemudian yang harus dipersiapkan setelah adanya lokasi usaha di rumah yang bersih dan jauh dari kotoran, selanjutnya adalah mempersiapkan rak baglog. Peralatan dan perlengkapan ini berguna untuk menyimpan beberapa jamur tiram putih layaknya sebuah rak. Bukan hanya untuk mempermudah dalam penyimpanan tapi juga dalam proses panen jamur.

Cara membuat rak baglog cukup mudah. Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan dasar dari kayu atau batang pohon bambu. Untuk bentuk dan ukuran rak baglog haruslah disesuaikan dengan lingkungan dan kondisi tempat usaha. Karena anda memulai bisnis jamur tiram putih secara rumahan maka langkah efektif dan berbiaya murah dengan membuat rak baglog dengan lima tingkat dari bahan kayu dan batang pohon bambu. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya modal usaha budidaya jamur tiram yang cukup besar.

3. Membuat Kumpung atau Rumah Jamur Tiram
Jika sobat membuka bisnis jamur tiram putih di luar rumah maka sobat memerlukan kumpung atau rumah jamur yang luasnya disesuaikan dengan lokasi. Sebagai patokan untuk menyimpan baglog sekitar 1000 baglog membutuhkan rumah jamur dengan ukuran 6 meter kali 4 meter. Pastikan rumah jamur senantiasa dalam kondisi bersih untuk menjaga pertumbuhan jamur tiram putih lebih maksimal dan tetap sehat.

4. Penyediaan Media Tanam
Selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah media tanam atau cara membuat baglog bagi budidaya jamur tiram putih. Ada banyak ragam media tanam yang bisa sobat pilih sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Misalkan sekam, substrat kayu, serbuk gergaji, ampas tebu, dan lain sebagainya. Itulah media tanam bagi budidaya jamur tiram putih. Kemudian, anda bisa mencampurkannya dengan sedikit penambahan vitamin dan nutrisi bagi tumbuhan jamur tiram. Seperti kapur, gips, tepung, dedak halus dan air.

Kemudian campuran media tanam tumbuhan jamur yang telah dibuat dimasukkan ke dalam bambu, pipa atau paralon berukuran diameter sekitar 3 centimeter. Berikutnya diikat sampai sangat kuat. Jika anda ingin lebih mudah dan kesulitan dalam membuat baglog atau media tanam yang berkualitas baik maka sobat bisa membeli baglog yang siap pakai dalam jumlah banyak kepada para pengusaha budidaya jamur tiram putih di daerah terdekat.

5. Menyediakan Bibit Jamur Tiram Putih
Untuk menyediakan bibit jamur ada dua pilihan yaitu Anda bisa membuat bibit jamur tiram putih secara mandiri dan membeli bibit jamur. Untuk membuat bibit jamur sangat mudah dengan menggunakan teknik bibit semai, kultur murni dan bibit induk. Namun sebagai pemula pasti anda akan kesulitan membuat bibit jamur secara mandiri. Maka pilihan yang tepat, anda bisa mengambil pilihan alternatif lainnya yang lebih mudah yaitu membeli bibit jamur tiram putih lengkap dengan baglog.

Keuntungan Usaha Budidaya Jamur Tiram
Mengapa anda harus memilih bisnis jamur tiram putih? Berikut ini keuntungan usaha budidaya jamur tiram putih, antara lain:

▪ Biaya Modal Terjangkau
Untuk membuka bisnis jamur tiram putih, sobat bisa memulainya dari modal kecil. Modal bisnis jamur tiram putih yang utama adalah lokasi usaha, pembelian baglog dan bibit jamur. Selain itu, keuntungan bisnis jamur tiram putih dengan modal kecil merupakan cara budidaya jamur tiram yang paling pas untuk pemula.

▪ Mudah Perawatan
Kelebihan lain dari bisnis budidaya jamur tiram putih adalah usaha ini tidak membutuhkan lokasi usaha yang strategis. Anda bisa membuka usaha budidaya jamur tiram di rumah dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Anda dapat dengan mudah menguasai cara merawat jamur merang atau jamur tiram yang bisa diperoleh secara autodidak dan belajar kepada para pengusaha budidaya jamur tiram putih yang sukses dan berpengalaman.

▪ Harga Stabil
Hal yang paling menguntungkan dari bisnis budidaya jamur tiram putih lainnya adalah harga jamur tiram yang relatif stabil di pasaran. Sehingga anda bisa menghasilkan untung besar setiap kali panen jamur. 

Tips Sukses Usaha Budidaya Jamur Tiram Putih
Untuk membuka bisnis jamur tiram putih secara sukses dan menguntungkan tidaklah mudah. Apalagi diawal usaha yang diperlukan sikap kerja keras, semangat, ulet, rajin, telaten, pantang menyerah dan strategi usaha lainnya. Untuk mempersingkat waktu, berikut ini cara dan tips sukses usaha budidaya jamur tiram putih di rumah, antara lain:

1. Memasarkan Jamur Tiram Putih secara gencar
Proses promosi, pemasaran dan penjualan tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Ketiganya saling berkaitan. Seperti proses pemasaran berarti melayani atau menjual jamur ke banyak orang. Adapun promosi dilakukan untuk mendapatkan penjualan.Sekarang yang menjadi bahan pertanyaan adalah bagaimana memasarkan jamur tiram putih yang efektif dan efisien setelah panen jamur?

Ada berbagai macam cara pemasaran jamur tiram putih, antara lain:

▪ Pemasaran Offline
Untuk memasarkan jamur tiram putih dapat menitipkan di sejumlah warung atau toko sembako dan sayuran, bekerjasama dengan pedagang sayuran online, menjual langsung ke setiap rumahtangga, berdagang di pasar tradisional, memasok langsung ke supermarket, dan para produsen makanan ringan berbahan dasar jamur dan lain sebagainya. Caranya bisa menggunakan media promosi usaha berupa brosur, pamflet, spanduk, dll.

▪ Pemasaran Online
Saat ini perkembangan bisnis online sudah di hadapan kita dan setiap bisnis harus mengikuti perkembangan yang ada membuat bisnis jamur tiram putih mesti didukung oleh cara pemasaran online. Contohnya bisa berupa blog toko online jamur tiram putih, pemasaran di marketplace tokopedia, olx, bukalapak, forum jual beli online, pemasaran melalui medsos seperti facebook, twitter, instagram, dll. Dengan melakukan pemasaran online pangsa pasar akan lebih luas bukan hanya daerah sekitar tapi hingga luar daerah dan luar negeri.

▪ Pemasaran dari mulut ke mulut
Inilah salah satu cara pemasaran yang terbukti efektif dibandingkan sistem pemasaran online dan offline. Cara ini diharuskan bagi bisnis jamur tiram putih yang anda kelola dilakoni dengan pelayanan prima dan terbaik bagi konsumen. Sehingga konsumen merekomendasikan kepada orang-orang di sekitarnya. Dari satu orang konsumen bisa mengajak konsumen lainnya.

2. Menggunakan merk atau brand
Untuk membuat bisnis jamur tiram putih anda berbeda dari pesaing maka anda mesti melakukan proses brand atau pemberian merk. Setelah proses packing atau pengemasan jamur kemudian diberikan label atau merek yang mudah diingat dan telah didaftarkan di Badan BPPOM.