Cara Membuat Kandang Lebah Madu yang Mengundang Lebah Datang

02 Mei 2018

Anda tentu mengenal dengan serangga lebah? Hewan bersayap ini merupakan tipe hewan yang suka berkelompok dan pekerja keras. Lebah banyak dibudidayakan di Indonesia baik di kota maupun desa. Ada banyak manfaat dari budidaya lebah. Dan yang paling utama adalah madu. Harga madu saat ini yang cukup tinggi membuat usaha budidaya lebah madu sangat menggiurkan  Apalagi permintaan terhadap madu meningkat pesat setiap tahunnya. Inilah yang membuat sebagian orang memilih untuk membuka bisnis beternak lebah madu liar atau lokal secara rumahan. Apalagi saat ini sedang booming sengatan lebah madu dipergunakan untuk pengobatan alternatif.

Cara Ternak Lebah Madu Bagi Pemula
Salah satu hal yang paling menunjang kesuksesan usaha budidaya lebah madu liar, Apis Cerana ataupun lokal adalah ketersediaan stup atau kandang ternak lebah madu. Anda bisa membeli kandang kotak lebah madu di para peternak lebah terdekat secara offline maupun online. Namun harganya cukup mahal. Apabila anda pemula yang mempunyai modal terbatas dan ingin mandiri maka anda bisa membuat kandang lebah dengan sangat mudah dengan biaya murah menggunakan barang dan perkakas di sekitar.

Namun untuk mendapatkan madu melimpah dengan kualitas terbaik tidaklah mudah. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Selain itu, diperlukan persiapan dan alat pendukung yang memadai. Salah satunya penyediaan kandang ternak lebah madu yang baik dan benar. Untuk membuat kandang lebah atau stup cukup mudah. Sobat bisa membuat kandang lebah dari kayu, bambu atau jenis lainnya dengan ketebalan tinggi. Supaya suhu dalam kandang stabil dan terjaga dengan baik.
kandang lebah, kandang lebah madu, cara membuat kandang lebah, cara membuat kandang lebah madu, lebah madu, lebah

Pada malam hari, suhu di luar kandang sangat ekstrim dan terkadang ditambah dengan angin malam yang kencang. Hal ini tentu saja bisa membuat lebah pekerja terganggu produktifitasnya. Oleh karenanya, diperlukan kandang ternak lebah madu yang baik dan benar serta ideal dari bahan yang kokoh yaitu dari bahan kayu yang tebal. Sebab stup dari bahan ini mampu melindungi dari suhu ekstrim dan menjaga kestabilan suhu di dalam kandang.

Untuk bahan dasar kandang lebah madu yang paling baik adalah kayu sengon, kayu jati maupun kayu kalimantan.Papan kayu kandang lebah mempunyai ketebalan 2 centimeter. Pada bagian bawah kandang diberikan alas berukuran sekitar 54 centimeter x41 centimeter. Pada papan stup dibuatkan lubang untuk sirkulasi udara atau jendela. Lalu dilapisi kawat kasa.

Cara Membuat Kandang Lebah Madu yang Mengundang Lebah Datang
Bagi seorang pemula pasti kebingungan bagaimanakah cara membuat kandang ternak lebah madu yang baik dan benar? Berikut ini cara membuat kandang lebah madu yang mengundang lebah datang dan irit biaya, antara lain:

1. Persiapan alat dan bahan
Bahan yang harus dipersiapkan yaitu papan kayu, seng untuk bagian atap, paku, dan bambu. Untuk alat yang mesti disediakan adalah palu dan gergaji.

2. Ukuran kandang
Untuk ukuran kandang ternak lebah madu sekitar 30 cm x 30 cm x 20 cm. Ketebalan papan sekitar 2 cm.

3. Pada bagian depan stup kotak atau kandang lebah diberikan lubang sebagai jalan lalu lalang lebah atau jalan keluar masuk lebah madu. Ukuran lubang bisa dibuat sekitar 0,5 cm x 5 cm.

4. Pengaturan bagian dalam kandang
Bagian dalam kandang lebah perlu dilengkapi frame atau bingkai dengan ketebalan 1 cm sebagai tempat sarang lebah madu.Bingkai bisa dibuat dari bambu dengan ketinggian 15 cm dan panjang 26 cm. Untuk penopangnya adalah kayu.

5. Membuat penutup kotak lebah
Kotak sarang lebah perlu ditutupi dengan papan yang terbuat dari kayu atau seng. Penutup ini berfungsi sebagai atap kandang lebah.

6. Beternak lebah madu trigona mempunyai sejumlah keunggulan ketimbang beternak lebah madu lokal dan apis. Sebab ternak lebah madu trigona sangat mudah. Di satu tempat saja sudah bisa memadai memulai usaha budidaya lebah trigona. Hal tersebut disebabkan ukuran badan lebah trigona cukup kecil sekitar 3 mm hingga 8 mm. Sehingga berbagai macam bunga yang memiliki ukuran besar sampai kecil bisa menjadi makanan bagi lebah trigona. Lebah madu ini akan terbang dan hinggap di bunga. Kemudian memasuki kelopak untuk menghisap madu dan polen.

7. Untuk membuat stup atau kandang lebah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalkan membikin kandang lebah memakai gelodok atau batang pohon randu, kelapa dan pucung dan lain-lain yang kayunya lunak. Gelodok dibagi dua. Pada bagian isinya diambil sebagai tempat kandang lebah. Pada kedua ujung gelodok tutuplah memakai batok kelapa yang tengahnya dilubangi. Kemudian gantungkan gelodok pada dahan pohon yang banyak dilintasi koloni lebah.

Bagaimana mudah bukan cara membuat kotak lebah madu atau kandang lebah madu? Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana cara membuat kandang lebah madu yang baik dan benar maka anda bisa mencari dan melihat contoh kandang lebah madu yang baik dan benar serta ideal di internet maupun mbah google. Kemudian meniru dan memodifikasinya sehingga menjadi kandang lebah yang nyaman dan mengundang lebah lain.

Cara Mendapatkan Ratu Lebah
Salah satu cara sukses untuk membudidayakan lebah madu adalah memiliki kemampuan dalam mencari dan mendapatkan ratu lebah. Sebab bagian dari koloni lebah yang memegang peranan sangat penting adalah ratu lebah. Ia sebagai pemimpin dari koloni lebah madu. Adanya ratu lebah dalam stup atau kandang merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam usaha ternak lebah madu. Sehingga ratu lebah harus dijaga dengan baik. Berbagai cara agar ratu lebah tidak kabur harus dilakukan.Jangan sampai sang ratu lebah mati atau terinjak maupun kabur. Sebab kalau ratu lebah meninggalkan kandang akan diikuti oleh lebah lainnya.

Mengingat pentingnya peran ratu lebah dalam satu koloni maka anda harus mengetahui bagaimana cara memanggil ratu lebah, cara membuat ratu lebah, cara memikat ratu lebah madu dan cara mendapatkan ratu lebah dan menangkapnya. Berikut ini cara mendapatkan dan menangkap ratu lebah yang paling mudah, yaitu persiapan alat untuk memancing ratu lebah. Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk memancing ratu lebah meliputi:

1. Kurungan ratu lebah. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah berukuran 5 centimeter x 3 centimeter.

2. Kotak buru. Bentuknya kotak dengan tiga frame atau sisiran di dalamnya.

3. Jala atau kain kasa dengan ukuran lubang sangat kecil yang bisa menjaring lebah-lebah.

Cara Menangkap Ratu Lebah
Setelah semua tersedia lengkap, berikutnya adalah mulai memancing ratu lebah. Dengan cara mencari koloni lebah. Untuk mencari koloni lebah sangat mudah terutama di wilayah pedesaan terpencil yang mempunyai banyak rerimbunan pohon yang tentu saja digemari lebah-lebah untuk bersarang. Area ini sangat potensial untuk mendapatkan koloni lebah beserta ratu dalam jumlah banyak. Jika anda kesulitan untuk mendapatkan ratu lebah beserta koloninya maka anda bisa bertanya langsung kepada masyarakat sekitar dimana keberadaan koloni lebah madu. Sehingga memudahkan anda untuk mendapatkan ratu lebah madu dengan singkat.

Selepas mendapatkan sarang lebah madu, berikutnya kita melakukan proses penangkapan ratu lebah. Dengan cara memanjat pohon tempat lebah bersarang. Atau sobat bisa pula menggunakan tangga untuk menjangkau sarang lebah madu. Lalu menangkap ratu lebah di dalam sarang tersebut memakai alat perangkap ratu lebah maupun penjepit khusus atau jari tangan sesuai yang sobat inginkan.

Di dalam sarang lebah, anda akan menemukan banyak lebah. Bagi seorang pemula pasti kebingungan yang mana ratu lebah sebagai pemimpin koloni lebah. Sebenarnya cara membedakan para lebah pekerja dan ratu lebah sangat mudah. Ratu lebah dilihat dari bentuk dan warnanya berbeda dengan kebanyakan lebah. Untuk lebih lengkap, anda bisa melihat gambar ratu lebah madu di internet atau mbah google bagian image dengan kata kunci ratu lebah.

Pada waktu mendapatkan ratu lebah maka anda akan bersentuhan langsung dengan sarang lebah. Pastinya ketika menyentuh sarang, para lebah akan panik kemudian berhamburan terbang. Lalu mengurumuni anda. Dengan kostum yang sobat pakai yakni topi, sepatu dan pakaian khusus mampu melindungi dari sengatan koloni lebah. Tetaplah fokus untuk menangkap ratu lebah madu sampai berhasil.

Sesudah ratu lebah madu tertangkap dengan baik, selanjutnya memasukkannya ke dalam kotak kecil atau kurungan ratu lebah yang sudah sobat sediakan sebelumnya. Dengan berhasil menangkap ratu lebah maka dengan sendirinya koloni lebah akan mengikuti keberadaan ratu lebah madu. Hal ini tak terlepas dari ketentuan alam bahwa ratu lebah betina selalu menarik lebah-lebah jantan untuk mengikutinya.

Cara Menangkap Koloni Lebah Madu Liar
Setelah menangkap ratu lebah, sobat selanjutnya dapat menangkap lebah lainnya untuk berjaga-jaga lebah kabur. Walau hal itu sangat kecil kemungkinan. Berikutnya masukkan lebah-lebah pekerja itu ke dalam kain kasa. Kemudian letakkan ratu lebah di ujung kain kasa. Hal ini dilakukan untuk menarik koloni lebah lainnya. Itulah awal teknik cara memindahkan lebah madu liar ke kotak.

Jika para lebah sudah masuk dalam kain kasa selanjutnya kain kasa ditutup rapat. Lalu dibawa untuk diternakkan. Koloni lebah yang tersisa dalam jumlah banyak pastinya akan mengikuti ratu lebah dan para lebah pekerja di dalamnya.Setiba di tempat peternakan kandang lebah, simpanlah ratu lebah di daerah yang sejuk dan aman. Kemudian simpanlah ratu lebah ke dalam kandang lebah dengan hati-hati.

Usaha budidaya lebah madu memang mempunyai resiko dan kendala tersendiri terutama bagi pemula. Seperti ketika hendak menangkap ratu lebah tanpa membawa kurungan ratu lebah. Maka hal itu akan sia-sia. Pastikan anda membawa kurungan ratu lebah sebelum menangkap ratu lebah.

Selain itu, resiko lainnya usaha budidaya lebah madu dan menangkap ratu lebah adalah munculnya perasaan takut disengat lebah. Hal ini bisa menjadi pemicu kegagalan usaha budidaya lebah madu terutama bagi pemula. Oleh sebab itu, untuk mencegah sengatan lebah, sobat bisa menggunakan pakaian yang sangat tebal seperti celana jins. Kemudian melengkapinya dengan memakai topi yang sudah dibungkus jala atau kain kasa. Gunakan pula sepatu tebal yang tertutup rapat. Hal itu dilakukan supaya menjaga kenyamanan dan keamanan serta menghindarkan diri dari sengatan lebah yang sangat berbahaya dan menyakitkan.