14 Cara Membuka Bisnis Siomay yang Mudah, Murah, dan Menguntungkan

19 Maret 2018

Berbagai jajanan sekarang ini banyak ditemukan dan terus bertambah seiring dengan inovasi dan kreativitas manusia. Dari jenis jajanan pasar, jajanan anak sekolah hingga jajanan bagi orang dewasa. Anda bisa dengan mudah mendapatkan jajanan tersebut dengan harga murah di gerai usaha terdekat. Salah satunya yang paling digemari banyak orang adalah siomay. Kuliner ini merupakan penganan yang disukai semua kalangan dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa karena mempunyai rasa yang enak dan nikmat.

14 Cara Membuka Bisnis Siomay yang Mudah, Murah, dan Menguntungkan
Bagi anda yang tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis siomay, berikut ini 14 cara membuka bisnis siomay yang mudah, murah, dan menguntungkan, antara lain:

1. Memilih jenis siomay
Ada berbagai jenis siomay yang bisa sobat jual, antara lain siomay ikan, siomay ayam dan siomay daging. Semua siomay di atas memiliki rasa enak dan lezat. Anda hendaknya menentukan salah satu jenis siomay yang hendak dijual.
usaha siomay, bisnis siomay, siomay, siomai, peluang usaha siomay, cara bisnis siomay

2. Membuat resep cara pembuatan siomay untuk jualan
Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai resep membuat siomay yang enak dan lezat untuk jualan di paman google. Baik itu cara membuat siomay daging, siomay ikan maupun siomay ayam. Beserta resep cara pembuatan bumbu sambal kacang bertekstur kental dan lembut yang enak.

Untuk resep pembuatan siomay meliputi bahan-bahan baku yang harus tersedia antara lain tepung terigu, tepung tapioka, tepung kanji dan ikan tenggiri. Bumbu sambal kacang dengan mencampurkan bubuk kacang dengan penyedap rasa, gula, bawang merah, bawang putih dan garam serta jeruk nipis dan taburan bawang goreng di atasnya.

3. Rasa siomay yang enak
Setelah mendapatkan resep pembuatan siomay maka anda bisa mencobanya di rumah. Lakukan beberapa kali eksperimen hingga didapatkan resep siomay yang enak, gurih dan lezat. Cobalah minta tetangga, anggota keluarga dan rekan dekat untuk mencoba menikmati siomay buatan anda. Jika menurut orang lain rasanya enak maka anda bisa memulai usaha siomay dengan bekal resep tersebut.

Sebab masalah rasa adalah hal yang harus diperhatikan jika anda ingin bisnis siomay sukses. Dengan memiliki rasa siomay yang lebih enak, dan lebih lezat dari pesaing maka dengan sendirinya konsumen bisa menilai. Dan kemudian memilih membeli siomay buatan anda yang lebih enak dan lebih gurih. Sebaliknya jika anda membuat siomay yang rasanya biasa atau sama dengan pesaing maka tak ada keunggulan dari bisnis siomay sobat.

4. Konsep jualan siomay
Untuk usaha berjualan siomay bisa dilakukan dengan berbagai cara dan konsep, antara lain:

▪ Sistem Keliling
Anda bisa menggunakan sepeda motor, gerobak atau sepeda tradisional untuk memasarkan siomay. Pilihlah lokasi usaha yang strategis supaya usaha siomay keliling anda laris manis.

▪ Sistem Rumahan
Usaha siomay bisa pula dijalankan di dalam rumah. Dengan syarat rumah yang anda tempati berada di wilayah strategis. Seperti di pinggir jalan yang ramai lalu lintas manusia dan kendaraan bermotor, di dekat pusat keramaian, sekitar perumahan yang padat penduduk, dekat pusat perbelanjaan, dekat sekolah dan tempat strategis lain sebagainya. Membuka usaha siomay di rumah sangat mudah dilakukan dan berbiaya murah tanpa perlu repot menyewa lokasi usaha perbulan yang harganya cukup mahal. 

▪ Gerobak Kaki Lima
Inilah konsep usaha siomay yang sudah sering kita jumpai di berbagai sudut kota. Usaha siomay menggunakan gerobak kaki lima biasanya berada di tempat strategis.

▪ Sistem Pusat Perbelanjaan
Selain menggunakan konsep keliling, rumahan dan gerobak kaki lima maka usaha siomay bisa juga dijalankan dengan membuka counter atau gerai siomay di pusat perbelanjaan modern. Tentu harga jual siomay di kawasan ini bisa dijual dengan harga tinggi. Mengingat pangsa pasar yang dituju adalah kalangan menengah ke atas.

5. Cara pelayanan yang terbaik
Pelayanan merupakan salah satu faktor utama bagi kesuksesan bisnis siomay. Pastikan anda memberikan layanan prima dan memuaskan pada konsumen. Misalkan membuat pesanan siomay sesuai keinginan pembeli, pelayanan cepat,  menyajikan siomay dengan mangkok pangsit yang dapat dimakan, dan lain sebagainya.

6. Franchise atau waralaba siomay
Jika anda tidak mau direpotkan dengan pembuatan siomay yang enak dan lezat serta membangun usaha siomay dari nol hingga berdiri maka anda bisa bergabung menjadi mitra usaha waralaba siomay. Ada berbagai brand waralaba siomay yang bisa anda ikuti dengan modal investasi dari jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah. Fasilitas yang anda dapatkan berupa gerobak atau booth, peralatan dan perlengkapan bisnis siomay, rekrutmen karyawan, pelatihan karyawan, pemasaran dan promosi, resep pembuatan siomay yang enak dan lezat, pasokan bahan baku, standar operasional usaha, dan lain sebagainya.

7. Mempersiapkan peralatan usaha
Untuk peralatan dan perlengkapan usaha siomay meliputi gerobak atau booth, tenda, bahan baku, etalase, terpal, dan lain sebagainya. Anda harus mempersiapkan semua itu sebelum memulai usaha siomay.

8. Membidik pangsa pasar
Apabila usaha siomay anda membidik pangsa pasar kalangan menengah ke atas maka harga siomay perbuah beserta ukurannya tidak menjadi masalah. Anda bisa menentukan harga siomay sesuai kehendak karena pangsa pasar yang anda bidik kalangan menengah ke atas. Yang penting anda memperhatikan kualitas rasa yang lebih enak dan lebih lezat.

Bagi anda yang membidik kalangan menengah ke bawah seperti kalangan penduduk desa terpencil, kalangan pelajar atau anak sekolah maka anda bisa membuat siomay dengan ukuran kecil dan harga sekitar Rp 500 sampai Rp 1000 perbuah. Hal ini dikondisikan sesuai daya beli pangsa pasar yang anda tuju.

9. Berjualan di lokasi strategis
Membuka usaha siomay membutuhkan lokasi usaha strategis. Agar penjualan meningkat pesat dan laris manis. Contoh tempat usaha yang strategis bagi usaha jualan siomay adalah di tempat wisata, tempat kerumunan orang banyak, sekitar sekolah, sekitar tempat kolam renang, sekitar pusat perkantoran, dan tempat strategis yang lainnya.

10. Memenangkan persaingan
Usaha siomay tidak bisa dilepaskan dengan persaingan bisnis yang sangat ketat. Ada banyak pedagang dan pengusaha siomay. Anda harus bersaing dengan mereka untuk memenangkan persaingan dan pangsa pasar yang ada. Untuk memenangkan persaingan usaha siomay sangatlah mudah. Anda bisa menerapkan strategi penentuan harga siomay yang lebih murah dari kompetitor, menjaring tenaga penjual sebanyak mungkin dan strategi lainnya yang dinilai efektif.

11. Promosi
Untuk memulai usaha siomay yang langsung sukses memerlukan promosi yang efektif dan efisien. Berikut ini berbagai cara promosi bisnis siomay yang bisa anda tempuh antara lain membagikan brosur, memasang iklan di surat kabar cetak dan elektronik, memasang pamflet, memasang spanduk dan reklame, promosi dari mulut ke mulut dan cara promosi lainnya.

12. Kerja keras
Supaya bisnis siomay dapat berjalan lancar, mudah dan menguntungkan tidak bisa anda berleha-leha atau berpangku tangan. Sobat harus kerja keras dalam segala hal baik promosi maupun penjualan serta produksi. Sehingga dengan kerja keras itu sobat mendapatkan pembeli dan pelangan yang membuat bisnis siomay anda laris manis dan menghasilkan untung besar perhari.

13. Berdoa
Setelah usaha siomay anda berdiri maka serahkanlah semuanya kepada Allah SWT. Kita hanya berusaha sedangkan Allah SWT yang menentukan hasilnya. Mintalah kepada Allah SWT agar usaha siomay yang sobat jalani bisa berjalan lancar, menguntungkan dan sebagai sumber rezeki yang berkah dan halal.

14. Pantang menyerah
Pastinya selama anda menjalankan usaha siomay secara rumahan maupun keliling akan menghadapi hambatan dan kendala usaha. Namun semua itu jangan membuat anda menyerah. Segala permasalahan dan hambatan bisa diatasi dengan baik. Milikilah sikap pantang menyerah hingga bisnis siomay anda sukses dan lancar.

Keuntungan Usaha Siomay Rumahan dan Keliling
Yang menjadi keuntungan usaha siomay rumahan adalah konsumen datang sendiri ke gerai usaha kita. Sehingga kita tidak mengeluarkan biaya transportasi. Sebaliknya jika anda membuka usaha siomay keliling menggunakan sepeda motor atau gerobak tentu membutuhkan biaya transportasi untuk bensin dan makan. Cara membuka bisnis siomay yang paling baik tentu saja menggabungkan usaha siomay keliling sekaligus menyediakan usaha siomay rumahan.

Adapun yang menjadi keunggulan usaha siomay keliling adalah pangsa pasar yang dijangkau bisa lebih luas lagi. Anda bisa berpindah dari satu tempat strategis ke tempat lain. Adapun lokasi usaha yang strategis bagi berjualan siomay adalah di sekitar pusat pendidikan, dekat sekolah, sekitar pusat keramaian orang, dekat kantor, sekitar rumah sakit, tempat rekreasi, tempat hiburan dan tempat strategis lain sebagainya.

Kelebihan Membuka Usaha Siomay
Siomay merupakan jajanan yang sangat nikmat dimakan ketika sedang menonton televisi, berkumpul bersama keluarga, menjamu tamu dan lain sebagainya. Sementara itu, yang menjadi kelebihan usaha siomay secara lebih lengkap antara lain:

1. Disukai banyak orang
Dengan tekstur yang lembut, empuk dan kenyal, dengan rasa yang enak, gurih dan nikmat membuat banyak orang ketagihan untuk makan kuliner ini. Hal ini menjadikan gerai usaha siomay senantiasa laris manis dibeli banyak orang dari berbagai usia dan kalangan. Kalangan rakyat jelata hingga menengah ke atas menyukai makanan cemilan dari bahan tepung ikan ini. Dengan banyak orang yang menyukai siomay berarti pangsa pasar sangat luas.

2. Tak mengenal musim
Usaha siomay tidak mengenal musim. Baik musim panas maupun musim hujan, usaha berjualan siomay tetap laris manis. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari bisnis siomay dibandingkan jenis bisnis lainnya. Sebagai bisnis yang tak mengenal musim maka keuntungan harian sangat besar. Karena usaha makanan jajanan siomay selalu dibutuhkan oleh manusia setiap hari.