8 Cara Budidaya Burung Puyuh Untung Jutaan dan Cepat Berhasil

04 April 2018

Anda tentu tidak asing lagi mendengar nama burung puyuh. Bentuk burung puyuh mempunyai badan gemuk dengan ukuran kecil. Jenis unggas daratan ini seringkali dibudidayakan oleh manusia untuk diambil manfaatnya berupa telur maupun daging. Di dunia ini ada sejumlah spesies burung puyuh.  Jika anda sedang mencari peluang usaha ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat maka usaha budidaya burung puyuh bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

8 Cara Budidaya Burung Puyuh Untung Jutaan dan Cepat Berhasil
Bagi anda yang tertarik menekuni bisnis beternak burung puyuh, berikut ini 8 cara budidaya burung puyuh untung jutaan dan cepat berhasil, antara lain:

1. Memilih jenis budidaya puyuh
Ada tiga pilihan dalam usaha budidaya burung puyuh yaitu usaha beternak puyuh petelur dan bisnis budidaya burung puyuh pedaging. Selain itu, sebagai jalan tengah anda bisa memilih budidaya burung puyuh petelur dan pedaging. Hal ini sangat berpengaruh pada pemilihan jenis bibit burung puyuh yang tepat dan sesuai.
budidaya burung puyuh, cara budidaya burung puyuh, cara ternak puyuh, ternak puyuh, burung puyuh, bisnis puyuh

2. Menyiapkan lokasi usaha
Hal paling utama dalam memulai usaha beternak puyuh yang menguntungkan adalah menyediakan lokasi usaha yang mendukung dan tepat. Pastikan tempat budidaya puyuh cukup luas lahannya, udara bersih dan agak jauh dari permukiman penduduk. Supaya burung puyuh gampang sekali bertelur dan produktif serta tidak menimbulkan polusi udara yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

3. Persiapan bibit puyuh yang berkualitas baik
Cara ternak puyuh sukses dimulai dari persiapan bibit puyuh yang unggul. Dengan bibit puyuh yang unggul akan dihasilkan telur dan daging puyuh berkualitas terbaik. Adapun ciri bibit puyuh unggul adalah terhindar dari berbagai penyakit, lincah, mempunyai badan yang sehat dan gemuk. Ada dua jenis bibit burung puyuh yaitu bibit puyuh petelur dan bibit puyuh pedaging. Untuk bibit puyuh petelur biasanya yang dipergunakan adalah bibit ketam betina yang produktif dan sehat.

Harga bibit burung puyuh petelur dan pedaging akan berbeda satu sama lain. Anda bisa membeli bibit burung puyuh di para peternak puyuh terdekat. Untuk harga burung puyuh cukup standar dan berbeda-beda di setiap wilayah. Harga burung puyuh relatif lebih murah dari harga bibit ayam.

4. Memberi makan secara teratur
Burung puyuh harus diberi pakan secara teratur. Setiap satu hari sekali di waktu pagi atau sore pakan puyuh diganti dengan pakan baru. Begitupula dengan minumannya harus diganti setiap hari di waktu pagi atau sore hari. Supaya pertumbuhan puyuh optimal cepat besar dan menghasilkan banyak telur. Adapun makanan yang bisa diberikan pada puyuh bisa berupa serangga maupun biji-bijian atau pakan khusus yang bisa dibeli di toko pakan burung terdekat.

5. Budidaya puyuh skala besar
Jika anda membuka usaha budidaya burung puyuh secara kecil-kecilan maka keuntungan pun menjadi kecil. Semakin banyak burung puyuh yang diternakkan maka keuntungan semakin besar. Untuk pemula, boleh saja memulai usaha beternak burung puyuh skala kecil. Namun bagi kalangan profesional yang ingin meraup untung jutaan perbulan maka budidaya burung puyuh harus dilakukan skala besar.

6. Persiapan kandang puyuh
Setelah didapatkan lokasi usaha budidaya burung puyuh yang tepat, udara bersih, dan lahan luas serta jauh dari pusat keramaian maka selanjutnya adalah mempersiapkan kandang puyuh. Untuk cara membuat kandang puyuh maka Anda bisa membuat kandang puyuh sendirian atau mempekerjakan tenaga tukang. Adapun bahan-bahan untuk pembuatan tempat tinggal atau kandang burung puyuh yaitu kayu, bambu, ram kawat, paku dan lainnya. Anda dapat melihat gambar dan contoh kandang burung puyuh yang bagus di mbah google.

Untuk membuat kandang burung puyuh tak boleh asal-asalan. Dibutuhkan sejumlah persyaratan yang harus ada yaitu sirkulasi udara yang cukup baik, memilih bahan-bahan baku yang berkualitas terbaik bagi pembuatan kandang puyuh, membuat wadah atau tempat pakan burung puyuh, membuat tempat minuman bagi puyuh, dan membikin tempat pembuangan kotoran.

Ukuran luas kandang indukan puyuh disesuaikan dengan jumlah burung puyuh. Semakin banyak burung puyuh yang diternakkan maka kian luas ukuran kandang. Sebagai patokan bahwa kandang burung puyuh bisa bersusun atas lima lantai dengan masing-masing berukuran sekitar 2 meter x 0,5 meter. Untuk memudahkan membuang kotoran, di tiap lantai terdapat penghalang sebagai penampung kotoran burung puyuh yang umumnya terbuat dari bahan kayu triplek.

Pada bagian dinding terbuat dari kawat ram sebagai tempat sirkulasi udara yang baik, untuk memudahkan burung puyuh terkena sinar matahari langsung di waktu pagi sekaligus memudahkan melihat burung puyuh di dalamnya. Berikutnya, kandang indukan burung puyuh hendaknya diberikan kaki. Supaya kandang terjaga suhunya, tidak terkena air dan tidak lembab. Lalu yang harus diperhatikan adalah membuat tempat kepala puyuh untuk makan dan minum.

7. Membersihkan kandang puyuh secara teratur
Untuk pembersihan kandang puyuh dilaksanakan setiap 3 hari sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk menjamin kesehatan burung puyuh. Untuk membersihkan kandang puyuh sangat mudah. Dengan cara mengambil triplek penghalang selanjutnya dibersihkan menggunakan sapu. Namun yang lebih bagus lagi, anda bisa menjual kotoran puyuh itu kepada para petani dengan harga jual sangat besar.

8. Menjadikan Hobi
Cara membuat usaha budidaya burung puyuh untung jutaan dan cepat berhasil tidak bisa dilepaskan dari sikap mental. Pastikan anda mempunyai sikap positif yang baik seperti ulet, rajin, kerja keras, dan pantang menyerah. Karena dengan sikap demikian bisnis beternak puyuh akan cepat sukses dan menguntungkan. Dengan usaha budidaya burung puyuh sebagai sebuah hobi maka anda menjalankan bisnis ternak hewan menjadi sangat menyenangkan dan penuh kegembiraan.

Jenis dan Spesies Burung Puyuh
Unggas yang  menyukai bersarang di atas tanah atau daratan ini mempunyai kecepatan terbang dan berlari sangat kencang. Tapi umumnya dengan jarak yang dijangkau relatif sangat pendek. Persis burung anis merah. Salah satu jenis dan spesies burung puyuh yang paling terkenal dan populer adalah puyuh jepang yang diambil manfaat berupa telur. Puyuh ini bisa terbang dalam jarak yang sangat jauh.

Untuk lebih lengkap dan gamblang, berikut ini beberapa jenis dan spesies burung puyuh yang ada di dunia, antara lain:

1. Puyuh biasa
2. Puyuh hujan
3. Burung puyuh selandia baru
4. Puyuh stubble
5. Puyuh jepang
6. Burung puyuh biru asia
7. Puyuh biru
8. Puyuh coklat
9. Burung puyuh harlequin

Modal Usaha Ternak Puyuh Petelur dan Pedaging
Setiap jenis usaha membutuhkan modal. Dari modal besar hingga modal kecil. Begitupula dalam membuka bisnis budidaya burung puyuh petelur dan pedaging. Cara beternak burung puyuh petelur dan pedaging untuk pemula sangat mudah. Yang dimulai dari persiapan modal usaha yang meliputi modal investasi dan operasional.

Untuk lebih lengkap dan jelas, berikut ini rincian modal awal usaha ternak puyuh petelur dan pedaging, antara lain:

1. Pembuatan kandang puyuh
Kandang burung puyuh bisa dibuat secara sederhana menggunakan bahan baku kayu yang tersisa. Pastikan kandang puyuh terdapat lampu penerangan.

2. Biaya pakan
Untuk biaya pakan bagi burung puyuh dapat diketahui seiring dengan usaha budidaya puyuh berjalan.

3. Upah karyawan
Pada awal usaha beternak burung puyuh maka anda bisa mempekerjakan satu orang karyawan.

4. Biaya tak terduga
Untuk biaya tak terduga bagi usaha budidaya burung puyuh bisa meliputi pembelian lampu, biaya bulanan listrik dan air, dll.

Kendala Beternak Puyuh Petelur dan Pedaging
Adapun yang menjadi kendala beternak puyuh petelur dan pedaging sangat banyak, antara lain:

1. Mati
Salah satu kendala dari usaha budidaya burung puyuh pedaging dan petelur adalah burung puyuh mengalami kematian. Yang dimulai dari sakit berkepanjangan. Untuk mencegah puyuh sakit dan mati maka anda harus rutin memberikan makanan dan minuman pada burung puyuh. Selanjutnya, anda memberikan vaksin dan vitamin pada puyuh secara teratur.

2. Harga pakan naik
Kendala lain yang bisa anda alami dalam membuka usaha beternak puyuh pedaging dan petelur adalah adanya kenaikan harga pakan puyuh. Yang membuat biaya produksi menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, anda bisa menyikapinya dengan membuat pakan sendiri bagi burung puyuh secara alami dengan biaya lebih murah. Baik berupa rempah-rempah atau pelet.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Ternak Puyuh Pedaging dan Petelur
Jika anda tidak mempunyai modal keuangan yang memadai untuk memulai usaha beternak burung puyuh maka anda bisa mengambil tindakan berikut ini untuk mendapatkan modal usaha ternak burung puyuh pedaging dan petelur, antara lain:

1. Menjual aset berharga seperti emas, tanah, rumah dan lain-lain untuk dijadikan modal bisnis ternak puyuh.

2. Meminjam uang kepada orangtua dan anggota keluarga.

3. Meminjam uang kepada teman dan sahabat

4. Mencari investor dengan membuat proposal usaha budidaya burung puyuh

5. Mengajukan pinjaman modal untuk usaha budidaya burung puyuh kepada pihak perbankan syariah

Dengan mempunyai modal usaha yang memadai maka usaha budidaya burung puyuh bisa berjalan lancar, untung jutaan dan cepat berhasil.