Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Lebah Madu dan Keuntungannya

01 Maret 2018

Ternak lebah adalah suatu kegiatan budidaya pengembangbiakan lebah yang bertujuan menghasilkan madu. Bisnis beternak lebah madu ini sudah dilakukan orang sejak lama. Dan kini usaha ternak lebah madu semakin populer seiring meningkatnya permintaan pasar terhadap madu berkualitas baik di Indonesia. Untuk memulai usaha ternak lebah madu tidaklah mudah. Hal paling mendasar adalah keterampilan dan mengetahui cara beternak lebah madu yang baik dan benar serta hasil madu melimpah.

Prospek dan Keuntungan Usaha Ternak Lebah Madu
Prospek usaha ternak lebah madu bisa dibilang sangat menjanjikan. Disebabkan permintaan madu di tanah air cukup besar. Sedangkan persediaan madu dan pembudidaya lebah madu sangat terbatas. Hal ini membuat permintaan pasar terhadap madu belum bisa dipenuhi secara baik oleh para produsen madu dan peternak lebah madu. Oleh sebab itu, jika anda sedang mencari peluang usaha menguntungkan maka jangan jauh-jauh, usaha beternak lebah madu bisa dimasukkan dalam daftar list.
usaha ternak lebah, bisnis lebah, bisnis ternak lebah, usaha ternak lebah maduk, ternak lebah, lebah madu

Peluang bisnis ada dimana-mana. Usaha ternak lebah madu salah satu contoh bisnis yang bisa sobat jalankan dengan mudah dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Buktinya ada banyak pelaku usaha dalam bidang peternakan lebah madu yang bisa menghasilkan omset hingga puluhan juta rupiah perbulan. Berikut ini alasan mengapa anda harus memilih usaha ternak lebah madu beserta keuntungan dan kelebihan dari usaha ternak lebah madu yang perlu sobat ketahui, yaitu modal kecil.

Sebagai pemula bisa memulai usaha ternak lebah madu yang menguntungkan secara kecil-kecilan atau skala rumahan. Dengan demikian modal usaha yang dibutuhkan tidak terlampau besar. Contohnya membuat 4 atau 5 kotak saja di awal permulaan sebagai tempat budidaya lebah madu.  Selain itu, usaha budidaya lebah madu liar dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Analisa Usaha Ternak Lebah Madu
Prospek usaha ternak lebah madu bisa disebut sebagai usaha yang sangat prospektif. Mengingat bisnis madu merupakan bisnis dalam bidang kuliner plus kesehatan. Madu termasuk jenis minuman yang banyak dicari orang untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat madu bagi kesehatan sudah diketahui oleh orang di seluruh dunia. Begitupula masyarakat Indonesia sudah mengetahui akan manfaat madu asli bagi kesehatan dan pengobatan.

Seiring dengan permintaan terhadap madu original terus meningkat pesat pertahun. Membuat berbagai perusahaan besar dan kecil berlomba-lomba memproduksi madu berkualitas terbaik. Seperti Madu Joybe, Madu Perhutani, Madu Asli, Madurasa, Madu Kurma, Madu TJ dan lain-lain. Para peternak lebah madu juga terus menerus berupaya meningkatkan produksi madu dengan kualitas terbaik.

Dilihat dari jenis dan macam, lebah terdiri dari lebah madu liar, lebah unggul, lebah lokal, dan lebah hutan. Namun diantara semua jenis lebah yang paling unggul adalah lebah unggul. Sebab jenis lebah ini lebih jinak dan produktif ketimbang lebah lokal. Sehingga banyak peternak lebah memilih untuk membudidayakan lebah unggul dibanding yang lainnya.

Selain itu,racun pada sengat  lebah unggul bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit tertentu. Sehingga bermunculan tempat pengobatan alternatif yang menggunakan sengatan lebah unggul sebagai media untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Pendek kata, manfaat dari lebah bisa berupa madu dan sekaligus media pengobatan.

Rincian Biaya Modal Usaha Ternak Lebah Madu dan Keuntungannya
Berikut ini rincian biaya modal usaha ternak lebah madu dan keuntungannya, antara lain:

▪ Biaya Peralatan:
1. Kotak lebah
Biaya pembelian kotak lebah madu sebanyak 50 unitsekitar Rp2,5 juta. Apabila anda ingin lebih menghemat keuangan maka anda bisa membuat sendiri kotak lebah dari bahan kayu mahoni dan suren.

2. Eram
Biaya untuk pembuatan atau pembelian eram sebanyak 50 unit sebesar Rp 2 juta.

3. Ekstraktor
Biaya pembelian ekstraktor madu sebesar Rp 4 juta

4. Bangku
Biaya pembelian atau pembuatan bangku sebanyak 50 unit sebesar Rp 2 juta.

5. Pondasi Sarang
Biaya untuk membuat atau membeli pondasi sarang sebanyak 1160 lembar sekitar Rp 5 juta.

6. Lebah Muda
Biaya untuk membeli lebah madu sebanyak 200 koloni sekitar Rp 20 juta.

7. Alat pendukung lainnya yang meliputi Masker, Alat pengasap dll harga Rp 500 ribu.

Total biaya peralatan dan perlengkapan untuk usaha ternak lebah madu sebesar Rp 36 juta.

▪ Biaya Operasional:
1. Gaji karyawan Rp 1 juta x 12 bulan = Rp 12 juta
2. Pembuatan label Rp 2 juta
3. Pembelian botol madu dan tutup botol Rp 4 juta
4. Biaya migratory Rp 12 juta
5. Pengadaan stok gula pasir Rp 30 juta
6. Biaya tak terduga Rp 1 juta

Total biaya operasional pertahun yang harus dipersiapkan dalam usaha ternak lebah madu sekitar Rp 61 juta.

Omset dan Keuntungan Usaha Ternak Lebah Madu
Apabila dalam satu tahun bisa menghasilkan 4.000 botol madu dengan asumsi harga satu botol madu sebesar Rp 50 ribu maka omset kotor yang diperoleh sekitar Rp 200 juta ( 4000 x Rp 50 ribu). Dikurangi biaya operasional dan biaya peralatan sebesar Rp 97 juta maka keuntungan bersih per tahun sebesar Rp 103 juta. Dibagi 12 bulan maka keuntungan usaha ternak lebah madu perbulan sekitar Rp 8.583.000. Lumayan bukan?

Cara Ternak Lebah Madu bagi Pemula
Modal awal yang utama dalam memulai usaha ternak lebah madu bukanlah uang dan peralatan usaha. Tapi modal yang penting adalah ilmu pengetahuan yang mendasar tentang cara ternak lebah bagi pemula yang baik dan benar. Sedangkan modal keuangan dan peralatan menyusul dan tetap diperlukan. Berikut ini beberapa tahapan cara ternak lebah madu bagi pemula yang terbukti berhasil dan menguntungkan, antara lain:

Memilih Bibit Lebah Madu yang Berkualitas Terbaik
Adapun tanda-tanda bibit lebah madu yang memiliki kualitas unggul  antara lain lebah lebih agresif, hasil panen madu lebih banyak, memiliki ratu lebah yang  baik berumur sekitar tiga bulan hingga satu tahun dan jumlah produksi telur sangat banyak. Anda bisa membeli bibit lebah madu yang unggul di para peternak lebah madu setempat. Atau anda bisa mencarinya di internet melalui mesin pencarian google dengan mengetikkan kata kunci: “Jual Bibit Lebah Madu”. Ada banyak toko online yang menjual bibit lebah madu secara online.

Meningkatkan Jumlah Koloni Lebah
Untuk meningkatkan keuntungan yang maksimal, peternak lebah madu mesti memiliki paling sedikit 100 buah kotak koloni lebah madu. Semakin banyak kotak koloni maka semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha ternak lebah madu. Berikut ini dua cara yang bisa sobat lakukan untuk memperbanyak jumlah koloni lebah yaitu mempersiapkan calon ratu lebah yang baru bagi koloni baru, dan menggembalakan lebah di daerah yang banyak pakan.

Mempersiapkan Calon Ratu Lebah
Berikut cara mempersiapkan calon ratu lebah madu baru, yaitu:

1. Mengambil terlebih dulu larva lebah yang masih berumur sekitar satu hari
2. Memasukkannya  ke wadah frame royal jelly
3. Wadah disimpan dalam koloni lebah madu
4. Dalam waktu sebelas hari maka calon ratu lebah madu akan jadi kepompong
5. Beberapa hari kemudian, calon ratu lebah keluar dari kepompong dan diangkat jadi ratu lebah madu oleh koloni yang baru. Kemudian untuk mengembangkan koloni baru, sang ratu lebah akan kawin sehingga menghasilkan banyak lebah.

Menggembalakan Lebah Madu
Para peternak lebah madu secara rutin harus menggembalakan lebah ke berbagai perkebunan yang memiliki pasokan pakan dalam jumlah banyak.  Misalkan perkebunan karet, duwet, kopi, mangga, lengkeng, rambutan dan kapuk. Dengan cara ini koloni lebah akan mampu menghasilkan madu sesuai spesifikasi varian bunga. Para peternak lebah madu akan mendulang manisnya melimpah hasil panen madu, royal jelly dan bee pollen. Ini biasanya terjadi pada bulan Mei sampai bulan September.

Selepas bulan September adalah  masa paceklik bagi para peternak lebah. Karena musim panen madu sudah lewat. Untuk menghilangkan ongkos biaya pemeliharaan lebah madu biasanya para peternak langsung menggembalakan lebah hingga ke sejumlah perkebunan jagung. Sehingga bisa dihasilkan royal jelly dan bee pollen jagung.

Hambatan Usaha Ternak Lebah Madu
Yang namanya hambatan dan kendala pastinya anda temui selama menjalani usaha ini. Contohnya faktor cuaca atau alam yang tidak mendukung yang menyebabkan pohon kelengkeng tak berbunga, banyak lebah mengalami kematian, hasil panen madu kurang melimpah, kualitas madu yang tak maksimal, kekurangan modal usaha madu dan lain sebagainya. Namun hal ini jangan membuat anda ciut. Anda bisa mencari jalan keluar dari permasalahan di atas dengan bijak.

Cara Sukses Budidaya Lebah Madu Liar
Untuk sukses dalam usaha ternak lebah madu maka anda harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang memadai tentang cara sukses budidaya lebah madu liar. Anda bisa mendapatkan ilmu tersebut di berbagai media yang membahas usaha budidaya lebah madu seperti : website, buku, majalah, hingga ebook budidaya lebah madu.

Dengan membaca buku, majalah dan situs yang berkaitan dengan cara ternak lebah madu maka anda akan mengetahui seluk beluk secara detail cara budidaya lebah madu secara lengkap yang meliputi tempat yang cocok atau habitat asli bagi lebah madu. Contohnya, suhu yang pas bagi lebah madu untuk beraktifitas normal sekitar 26 derajat celcius. Tempat yang paling digemari lebah madu untuk bertempat tinggal dan berkoloni yaitu jauh dari keramaian, tempat terbuka serta banyak pakan tersedia berupa bunga.

Proposal Usaha Ternak Lebah Madu
Jika anda kesulitan keuangan untuk membiayai usaha ternak lebah madu maka sobat dapat mengajukan proposal usaha ternak lebah madu kepada para investor dan lembaga BUMN dan pemerintah setempat. Dengan sokongan dana yang kuat maka usaha ternak lebah madu bisa berhasil secara cepat.Sumber pendanaan lain, anda bisa mengajukan proposal usaha ternak lebah madu ke sejumlah bank dan lembaga keuangan lain. Adapun untuk contoh proposal usaha budidaya lebah madu bisa dilihat di mbah google.