Cara Memulai Usaha Kavling Tanah yang Menguntungkan, Modal Kecil

25 September 2017

Bisnis properti kavling tanah merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan dengan resiko kerugian kecil. Akan tetapi, untuk berhasil dalam membuka usaha properti tanah kavling dengan modal kecil dan tanpa modal diperlukan kerja kerja keras, relasi, kerja cerdas, rajin dan sikap pantang menyerah. Bisnis yang jadi bagian dari usaha bidang properti ini banyak digemari para investor profesional maupun pemula.

Cara Mengkapling Tanah
Anda tentu sudah mengenal dengan namanya tanah kavling. Yaitu tanah luas yang dikotak kotak atau menjadi beberapa petak. Dari tanah petak bisa dibangun rumah. Sehingga tanah kavling lebih disukai banyak orang untuk dibangun dibandingkan dengan tanah lapang luas yang masih kosong. Biasanya tanah kavling banyak dijumpai di kota. Yang harga tanah permeter sudah sangat mahal.

Jika anda ingin memasuki bisnis properti yang menguntungkan maka cara paling mudah bagi pemula adalah dimulai dari bisnis tanah kavling. Tugas sobat hanyalah mencari lahan kosong kemudian membaginya menjadi beberapa petak tanah yang kecil. Selanjutnya tugas anda menjual tanah kavling tersebut per kapling ke masyarakat luas. Apabila letak tanah kapling berada di daerah strategis maka akan laku keras dan lebih menguntungkan.
bisnis kavling tanah, usaha kavling tanah, bisnis kapling tanah, kavling tanah, tanah kapling

Lalu yang menjadi pertanyaan apakah tanah luas yang dikapling semata untuk tujuan bisnis? jawabannya tidak. Sebab banyak alasan seseorang membagi tanah perkapling. Seperti untuk pembagian warisan. Namun tanah dikapling lebih banyak ditujukan untuk kepentingan bisnis oleh individu atau kelompok usaha maupun oleh developer.

Sementara itu, cara kavling tanah tidak boleh sembarangan. Jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Namun tanah luas dibuat perkapling disesuaikan dengan kebutuhan bangunan rumah yang memadai sesuai standar.

Apabila anda sedang mencari peluang usaha yang aman dan menjanjikan untung besar maka sobat bisa menjajal usaha bisnis kavling tanah. Untuk memulai bisnis kapling tanah, sobat mesti membekali diri dengan modal usaha berupa uang yang memadai dan modal keterampilan dalam bisnis serta modal niat yang kuat.

Cara Memulai Usaha Kavling Tanah yang Menguntungkan, Modal Kecil
Untuk lebih lengkap, berikut ini cara memulai usaha kavling tanah yang menguntungkan, modal kecil, antara lain:

▪ Belajar Bisnis Kavling Tanah
Untuk memasuki dunia bisnis kapling tanah, anda harus mempersiapkan diri dengan pengetahuan mengenai bisnis ini. Anda bisa membaca buku, majalah, media online di internet mengenai tata cara menjalankan bisnis kavling tanah yang menguntungkan dan laris manis diserbu konsumen. Selain itu, anda pun bisa mengikuti berbagai workshop dan pelatihan bisnis properti kapling tanah yang diselenggarakan oleh mentor mentor handal yang berpengalaman dan telah sukses dalam bisnis properti.

Seringkali penulis mendapatkan informasi mengenai pelatihan bisnis properti termasuk usaha kavling tanah di berbagai media massa cetak dan elektronik dengan harga tiket masuk yang cukup mahal. Namun anda jangan melihat mahal harganya. Karena ilmu tentang cara sukses bisnis kapling tanah sangat mahal. Dan itu merupakan investasi sangat berharga sepanjang hidup anda. Dimana uang yang anda keluarkan untuk mendapatkan ilmu bisnis kapling tanah yang sukses bisa kembali lagi hingga berpuluh dan beratus kali lipat.

▪ Bergabung dengan Komunitas
Selain itu, untuk menambah ilmu tentang cara menjalankan bisnis tanah kavling yang untung besar maka anda bisa mendapatkan ilmunya dari para pelaku bisnis itu sendiri. Yang biasanya mereka tergabung dalam komunitas pebisnis kavling tanah. Anda bisa bergabung dalam komunitas ini untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis properti kapling tanah yang menguntungkan.

▪ Mencari Tanah yang Dijual
Setelah mempunyai bekal ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana cara menjalankan bisnis kapling tanah yang menjanjikan untung besar, langkah selanjutnya adalah mencari lahan tanah luas yang hendak dijual di lokasi strategis. Adapun lokasi tanah yang strategis tanda-tandanya adalah berada di dekat pusat keramaian orang, dekat fasilitas umum, mudah dijangkau atau diakses dari berbagai arah, mudah dilihat banyak orang, pinggir jalan raya dll.

Namanya juga bisnis maka anda harus membeli tanah kapling di tempat strategis yang bisa memberikan keuntungan lebih banyak seperti tanah kavling mudah terjual, keuntungan bisa lebih besar, dan lain sebagainya.

Setelah mendapatkan tanah yang dijual berada di daerah strategis. Kemudian anda bisa menghubungi pemilik tanah kosong tersebut untuk anda beli sesuai harga yang ditawarkan. Selepas kesepakatan harga disepakati, berikutnya anda meneliti kelengkapan surat-surat kepemilikan tanah tersebut. Apakah memiliki bukti surat kepemilikan tanah yang sah dan kuat baik berupa akta tanah atau sertifikat tanah.

Jika tanah tersebut memiliki bukti berupa akta tanah maka anda bisa mendaftarkannya ke Badan Pertanahan Nasional untuk dibuat sertifikat tanah yang mempunyai ketetapan hukum yang sangat kuat dan tanah anda mudah dijual. Sebab konsumen lebih tertarik membeli tanah yang sudah bersertifikat.

Kemudian teliti apakah tanah berada dalam sengketa atau tidak. Apakah status tanah itu sedang disewakan ataukah menganggur? Semua itu diperlukan agar anda benar benar tidak mengalami masalah pasca pembelian tanah yang bisa merugikan waktu, tenaga dan biaya anda. Apabila pemilik tanah tersebut sangat luas dan dimiliki banyak orang maka anda harus membelinya satu persatu yang disebut juga dengan nama pembebasan lahan. Selain itu, lihat juga perizinan tanah kavling di tata kota. Apakah tanah itu termasuk lahan layak perumahan atau persawahan? Pilihlah tanah kavling yang diperuntukan bagi pembangunan rumah.

▪ Pembagian Tanah Secara Kapling
Langkah berikutnya, anda melakukan pembagian tanah perkavling sehingga mudah dalam menjual dan keuntungan bisa lebih besar. Tanah kapling adalah tanah sekotak yang layak dibangun rumah.

▪ Penambahan Fasilitas
Untuk meningkatkan harga jual tanah kavling, anda bisa menggunakan cara penambahan fasilitas. Seperti menambahkan fasilitas jalan umum yang lebar untuk masuk mobil, pembuatan saluran drainase untuk mencegah banjir saat hujan turun, pembuatan gerbang perumahan dll. Penambahan fasilitas dari tanah kavling bukan hanya meningkatkan harga jual tanah kavling tersebut. Tapi juga menimbulkan minat yang sangat tinggi dari konsumen untuk membeli tanah kapling tersebut. 

▪ Bantuan Agen Properti
Anda tidak bisa sendiri dalam menjual tanah kavling tersebut. Apalagi jika anda sibuk. Anda memerlukan agen properti atau broker yang membantu menjualkan kavling tanah anda kepada tangan konsumen secara mudah. Karena kerapkali tanah kavling yang anda beli berada di daerah yang jauh dari letak rumah anda. Oleh sebab itu, langkah termudah dalam menjual properti tanah di daerah tersebut dengan cara meminta bantuan agen pemasaran properti atau broker setempat untuk mencari konsumen dari tanah kavling tersebut.

▪ Promosi
Untuk menciptakan terjadinya penjualan tanah kapling, anda bisa melakukan promosi jualan tanah kavling secara gencar baik offline maupun online. Misalkan membagikan brosur, beriklan di medsos, memasang pamflet, pasang rekame dan spanduk dll. Dengan cara melakukan hal itu, berjalan waktu maka anda akan mendapatkan beberapa calon pembeli yang menanyakan perihal tanah kavling yang dijual. Meliputi berapa harganya, lokasi dimana, fasilitas yang didapatkan dan lain sebagainya.

Cara Memasarkan Tanah Kavling
Namun berdasarkan pengalaman para pebisnis tanah kavling yang sukses, kebanyakan mereka melakukan penjualan tanah kavling lewat bantuan perusahaan agen pemasaran properti. Sehingga tugas anda hanyalah fokus menciptakan peluang usaha baru lainnya dari bisnis kapling tanah yang menjanjikan. Pendek kata, bisnis properti tanah kavling memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat maka delegasikanlah masalah penjualan tanah kavling kepada orang lain yang lebih berpengalaman.

Sebenarnya bisnis tanah kavling merupakan sebagian kecil dari bisnis properti. Bisnis properti bukan hanya diperuntukkan bagi pebisnis tanah kapling. Namun bisa juga sebagai investor, kontraktor, makelar, dan pengembang. Tapi menjalankan bisnis tanah kapling lebih mudah dan menguntungkan. Tidak seperti bisnis penjualan rumah, ruko, apartemen dll yang memerlukan perawatan ekstra. Selain itu, bisnis kapling tanah tidak membutuhkan modal yang lumayan besar ketimbang bisnis pembangunan perumahan, apartemen dan lainnya.

Jika anda hendak menekuni bisnis properti namun modal yang dimiliki terbatas maka anda bisa memulai bisnis tanah kavling. Sebab bisnis properti seperti pembangunan perumahan, apartemen, kondominium, ruko dll yang disibukkan dengan pengerjaan proyek yang lama memerlukan modal yang jauh lebih besar dari bisnis kapling tanah. Rincian biaya modal usaha bisnis tanah kavling hanya meliputi pembelian tanah, pengurusan legalitas surat tanah dan biaya promosi.

Ada dua jenis dalam melakukan bisnis kapling tanah yaitu menjual kapling tanah yang sudah siap pakai dan menjual kapling tanah yang masih asli apa adanya. Untuk kapling tanah yang sudah dibersihkan dan diurug atau siap dibangun rumah maka harga kapling tanah lebih mahal ketimbang kapling tanah yang masih asli berupa rawa, sawah, semak, dll.

▪ Niat Ibadah
Terakhir cara memulai usaha kavling tanah yang menguntungkan, modal kecil adalah semuanya diniatkan untuk ibadah. Anda menjalani bisnis kavling tanah sekedar untuk membantu orang lain mendapatkan lahan tanah yang bagus bagi pembangunan rumahnya di lokasi strategis. Anda hanya sekedar memberikan manfaat kepada orang lain. Dengan melakukan demikian maka keuntungan yang kita dapatkan bukan hanya materi di dunia tapi juga pahala baik di akherat dan keberkahan hidup selamat dunia akhirat. Itulah cara bisnis tanah kapling yang sukses.