Rincian Modal Usaha Baju Muslim dan Keuntungannya

10 Januari 2023

Bisnis dalam bidang fashion merupakan jenis usaha yang sangat menjanjikan saat ini. Karena bisnis ini termasuk usaha abadi yang selalu dibutuhkan manusia kapanpun sampai ia meninggal dunia. Kebutuhan manusia akan pakaian adalah keperluan dasar manusia untuk menutupi aurat sesuai perintah dari Allah SWT. Berbagai jenis busana telah dirilis dalam jumlah banyak setiap hari. Dan peminatnya sangat besar. Sehingga usaha dalam bidang fashion selalu laris manis dan menguntungkan. Apalagi disesuaikan dengan mode dan gaya terkini. Salah satu bisnis dalam bidang sandang yang sedang booming adalah bisnis busana muslim yang kian marak di berbagai sudut kota secara fisik maupun toko online. Banyak orang yang tertarik menekuni bisnis pakaian muslim termasuk penulis. 

Prospek Bisnis Baju Muslim
Usaha busana muslim dan muslimah merupakan jenis bisnis yang mudah kita temukan di berbagai sudut kota dan desa sekarang ini. Dalam bentuk toko maupun butik busana muslim. Ditambah lagi dengan semakin majunya dunia internet, kini hadir toko online busana muslim yang menyediakan berbagai model dan jenis baju muslim terkini yang sylish dan menawan. Ada banyak perusahaan online berskala nasional yang menggarap bisnis ini. Walaupun tingkat persaingan lumayan tinggi, usaha baju muslim masih tetap menjanjikan karena pasar sangat luas dan terbuka lebar.

Salah seorang pemilik toko online baju muslim mengatakan di forum internet ads id bahwa dalam satu bulan ia mampu mengantongi keuntungan bersih sampai dengan Rp 80 juta. Wow lumayan sekali kan? Hal ini membuat bisnis busana muslim melalui toko online di internet merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan untung besar sekarang ini. Apalagi saat menjelang hari raya Idul Fithri dan lebaran, keuntungan bisnis pakaian muslim toko online melonjak tajam berkali lipat untung.
bisnis baju muslim, modal usaha baju muslim, baju muslim, usaha busana baju muslim, bisnis busana muslim, busana muslimah

Keuntungan yang sangat besar dari bisnis busana muslim secara online maupun offline tak terlepas dari trend berbusana muslim saat ini sedang diminati banyak orang khususnya umat Islam yang mayoritas di negeri ini. Mereka sadar berbusana bukan hanya berpenampilan menarik tapi juga untuk menutupi aurat yang merupakan salah satu kewajiban. Sangat mudah kita jumpai orang yang memakai baju muslim dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain menonjolkan segi religius juga menampilkan segi estetika dan mempercantik tampilan luar.

Rincian Modal Usaha Baju Muslim
Salah satu hal yang sering ditanyakan oleh seseorang yang hendak menjalankan bisnis baju muslim adalah berapakah modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pakaian muslim dan muslimah? Jawabannya tergantung skala usaha busana muslim. Skala besar atau skala kecil serta menengah? dan jenis bentuk bisnis baju muslim secara mandiri atau waralaba.

Sebagian orang menduga bahwasanya untuk memulai usaha baju muslim dan muslimah membutuhkan modal besar. Hal itu tidak demikian. Bisnis pakaian muslim dapat dimulai dengan modal kecil disesuaikan dengan keuangan yang sobat miliki. Bahkan dengan modal Rp 500 ribu, sobat sudah dapat membuka bisnis fashion baju muslim yang sangat menjanjikan ini. Misalnya saja untuk mulai berbisnis busana muslim, sobat bisa menjadi agen RaZha dengan modal investasi sebesar Rp 500 ribu sudah termasuk pembelian pakaian-pakaian muslim dan muslimah yang sedang laris manis di pasaran.

Seperti sudah disebutkan di atas, ada dua jenis usaha busana muslim yaitu skala besar dan skala kecil yang berdampak pada kebutuhan modal usaha yang diperlukan. Untuk memulainya kita bahas satu persatu dulu. Sekarang kita akan membahas modal dan peluang bisnis baju muslim dengan skala kecil.

Rincian Modal Usaha Butik Muslimah Skala Kecil
Sebagaimana pepatah bijak mengatakan berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Dalam arti dalam mendirikan bisnis baju muslim kita harus direpotkan dengan berbagai macam hal seperti mencari supllier, membuat produk busana muslim brand sendiri, melakukan penawaran dan promosi, mengeluarkan modal usaha, menyita waktu dan tenaga dan lain sebagainya. Namun semua modal yang telah dikeluarkan akan kembali dengan imbal balik yang lebih besar.

Untuk memulai bisnis busana muslim alangkah baiknya dengan modal kecil terlebih dahulu. Supaya kita bisa mengetahui dengan jelas bagaimana potensi pasar dan daya serap pasar. Jika usaha busana muslim sobat gagal tak mengapa sebab modal usaha yang dikeluarkan sangat minim. Hal ini sesuai dengan pepatah bijak sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit. Seribu langkah dimulai dari langkah pertama. Pendek kata, sangat bagus jika anda memulai bisnis pakaian muslim dengan modal kecil terlebih dulu. Berjalan waktu, bisnis baju muslim sobat bisa berkembang besar hingga skala besar.

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk mulai bisnis busana muslim dan muslimah dengan modal kecil bahkan nol yaitu dengan cara membuka toko online baju muslim. Langkah pertama adalah sobat mencari supplier pakaian muslim yang terpercaya di daerah anda. Kemudian membuat blog secara gratisan menggunakan blogspot atau wordpress. Selanjutnya, mengubah template custom jadi template toko online. Berikutnya mengisi postingan blog dengan berbagai gambar model baju muslim dan muslimah yang dijual disertai keterangan lengkap, spesifikasi, dan harga baju muslim. Dan terakhir sertakan pula cara pembayaran dan nomor kontak yang dapat dihubungi.

Cara melakukan promosi bisnis baju muslim bisa menggunakan BBM, instagram, marketplace olx, tokopedia, bukalapak, facebook, google plus, twitter, email, line, whatsapp dan lain sebagainya. Dengan diketahui oleh banyak orang mengenai keberadaan bisnis anda akan mudah terjadinya penjualan. Jika ada pembeli yang memesan baju muslim dari toko online anda, maka sobat bisa meminta pembayaran tunai full atau uang muka terlebih dahulu dengan ditransfer ke rekening bank.

Anda juga bisa membuka usaha toko online baju muslim dengan bergabung menjadi reseller dari brand yang terkenal dan banyak digemari orang. Misalnya Danish, RaZha, Robbani dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan informasi cara menjadi reseller dari produk populer itu sobat bisa bertanya langsung kepada situs resmi mereka. Jika sobat sudah diterima menjadi mitra maka bisa langsung jualan baju muslim. Dengan begitu jualan akan mudah karena produk sudah populer dan mempunyai pelanggan yang kuat di tanah air.

Rincian Modal Usaha Butik Muslimah Skala Besar
Bisnis busana muslim di tanah air sedang trend dan berada pada puncaknya. Apalagi saat menjelang hari raya lebaran dan hari besar agama Islam lainnya. Sehingga usaha dalam bidang fashion muslim sangat menguntungkan. Jika anda mempunyai modal uang yang lumayan banyak tak ada salahnya sobat untuk membuka bisnis pakaian muslim dan muslimah skala besar. Dengan cara mendirikan toko online sekaligus offline berupa butik atau toko.

Rincian modal usaha yang dibutuhkan dalam mendirikan toko dan butik busana muslim muslimah secara offline, antara lain : menyewa lokasi usaha butik muslim yang strategis, merekrut dan menggaji karyawan, membeli beberapa item busana muslim yang sedang laku keras, membeli berbagai alat dan perlengkapan usaha serta lain sebagainya. Apabila diestimasikan modal usaha awal yang dibutuhkan sekitar Rp 100 juta lebih. Belum lagi biaya hosting dan beli domain untuk buka toko online baju muslim di internet secara profesional dan trusted.

Cara Membuka Usaha Butik Muslimah Yang Sukses
Beberapa bulan lagi kita tiba di bulan puasa. Pada waktu ini penjualan busana muslim meningkat tajam. Para pembeli baju muslim di butik dan toko online dan offline membludak. Bahkan stok pakaian muslim dan muslimah bisa langsung habis dalam sekejap. Itulah potensi yang besar dari bisnis baju muslim di bulan Ramadhan dan menjelang lebaran. Namun bisnis ini tetap menjanjikan di luar bulan tersebut. Dimana pada hari-hari biasa, usaha toko dan butik muslimah selalu laris manis dibeli para pelanggan.

Kenyataan itulah membuat bisnis busana muslim layak untuk anda jalankan saat ini dengan potensi keuntungan lumayan besar. Dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam dan ingin menerapkan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dalam berbusana. Mereka senantiasa membeli baju muslim untuk dikenakan dalam keseharian mereka. Bahkan ketika bepergian ke kantor, rekreasi, bersantai, ke pesta, pusat perbelanjaan, ke kolam renang dan lain sebagainya menggunakan pakaian muslim lengkap. Berbusana muslimah bukan hanya menutupi aurat tapi juga menambah kecantikan seorang wanita.

Apabila anda tertarik untuk menekuni bisnis busana muslim melalui toko butik offline, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan agar sukses, antara lain:

▪ Pangsa Pasar
Ada banyak ragam dan pasar dari baju muslim. Tentukan terlebih dahulu target pasar yang hendak dituju. Misalnya baju muslim untuk laki-laki atau perempuan? Busana muslim untuk kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas? Baju muslim untuk orang dewasa atau anak-anak? Dan lain sebagainya. Dengan mengetahui target pasar yang hendak dibidik maka toko butik muslim anda bisa jelas dan terarah. Bisa saja anda menggabungkan semua itu. Seperti toko butik yang menjual berbagai baju muslim anak dan dewasa serta pakaian muslim dan muslimah.

▪ Pemasaran
Salah satu hal yang menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis adalah pemasaran. Untuk masalah pemasaran baju muslim dan muslimah bisa dilakukan dengan cara menjual ke teman, sahabat, rekan kerja, anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, masyarakaat lebih luas, melalui media sosial online, dan lain sebagainya.