12 Cara Membuka Usaha Desain Grafis Untung Jutaan

30 Desember 2017

Membuka sebuah bisnis yang dapat menghasilkan uang dalam jumlah banyak setiap hari merupakan idaman banyak orang. Berbagai cara dilakukan salah satunya memulai sebuah bisnis yang potensial dan menguntungkan. Salah satunya bisnis desain grafis yang bisa dijadikan ajang untuk berwirausaha dengan modal kecil yang menghasilkan untung jutaan. Disebabkan mempunyai prospek yang sangat cerah, pangsa pasar luas sekali dan menjanjikan. Saat ini berbagai macam usaha di bidang desain grafis terus bermunculan dan menawarkan jasanya via blog, situs, website, dan lain-lain kepada prospek secara langsung.

Analisa dan Prospek Usaha Desain Grafis
Usaha desain grafis menjadi salah satu peluang bisnis populer dan fenomenal saat ini. Bahkan perkembangan bisnis ini melaju sangat cepat di abad modern. Disebabkan banyak faktor. Salah satunya faktor permintaan akan kebutuhan usaha desain grafis kian bertambah besar baik di dalam negeri dan luar negeri. Selain itu, kemajuan teknologi komputer sangat pesat turut serta menyemarakkan jasa desain grafis.

Keuntungan usaha desain grafis sangatlah besar. Apalagi jika sobat mendapatkan konsumen dari mancanegara dengan bayaran dolar. Pangsa pasar bisnis desain grafis sangat luas. Dengan bantuan jasa desainer grafis banyak manfaat yang bisa diambil konsumen. Seperti memudahkan proses komunikasi dan pemasaran produk. Tak aneh, jika banyak perusahaan kecil, menengah dan besar menggunakan jasa desain grafis profesional untuk mendesain dan memasarkan produk dan usahanya.
usaha desain, usaha grafis, usaha desain grafis, bisnis desain grafis, desain, grafis, cara usaha desain grafis

Menyaksikan peluang usaha yang sangat luas saat ini khususnya dalam bisnis desain grafis online, berbagai wirausaha desain grafis baik sebagai usaha sampingan desain grafis maupun utama berlomba-lomba menawarkan diri melayani beraneka ragam pembuatan desain grafis. Contoh bisnis desain grafis antara lain jasa desain majalah, jasa desain cover ebook, jasa desain ilustrasi, desain iklan, pembuatan logo amplop atau kop surat, jasa desain logo, jasa mendesain brosur, dan usaha di bidang desain grafis lainnya.

Orang yang membuka bisnis desain grafis online maupun offline umumnya mempunyai latar belakang pendidikan dengan disiplin ilmu periklanan atau desain komunikasi visual. Sehingga mereka mampu bisnis desain logo, mendesain ilustrasi buku atau majalah dan contoh bisnis desain grafis lainnya. Namun banyak pula orang yang tak mempunyai latar belakang pendidikan desain komunikasi visual. Akan tetapi, mereka mempunyai minat, pengalaman kerja dan passion dalam bisnis desain grafis.

Bisnis di bidang desain grafis sangat berhubungan dengan usaha percetakan dan periklanan. Pada akhirnya, membuat banyak pelaku usaha di bidang desain grafis menawarkan pula jasa tambahan seperti periklanan dan mencetak untuk memanjakan konsumen. Cara tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga klien lebih bisa menghemat waktu dan tenaga. Dimana tak perlu report dalam mencari usaha percetakan dan periklanan yang murah meriah.

Berdasarkan pengamatan penulis, prospek usaha desain grafis di masa mendatang sangat cerah. Bisa menjadi usaha yang bakal berkembang cepat. Mengingat perkembangan bisnis ini semakin pesat dari hari ke hari seiring dengan kemajuan teknologi komputer dan semakin dibutuhkan banyak perusahaan kecil, menengah dan besar. Selain itu, setiap invididu banyak membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluan tertentu. Hal inilah yang membuat profesi desainer grafis sangat menjanjikan. Namun untuk sukses dalam bisnis desain grafis tidaklah gampang. Seseorang harus fokus, profesional dan bisa dipercaya oleh para klien.

12 Cara Membuka Usaha Desain Grafis Untung Jutaan
Bagi anda yang berminat untuk terjun dalam bisnis jasa desain grafis, berikut ini 12 cara membuka usaha desain grafis untung jutaan untuk pemula, antara lain:

1. Modal kecil
Sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil. Langkah seribu dimulai dari satu langkah pertama. Istana yang megah tidak dibangun dalam satu hari. Tapi dimulai dari fondasi awal. Begitupula dalam membuka usaha desain grafis, sobat hendaknya memulai dengan modal kecil. Ada banyak orang yang sukses memulai bisnis desaign grafis profesional dengan modal kecil. Anda bisa mengikuti mereka.

2. Kreatif dan tekun
Di tengah persaingan bisnis desain grafis yang sangat ketat membuat pelaku usaha desain grafis harus kreatif dan tekun dalam bisnis ini. Terutama bagi pemula. Hal ini sebagai salah satu bentuk pelayanan bagi konsumen. Dengan desain grafis yang dibuat sangat kreatif maka konsumen akan merasakan kepuasan sehingga merekomendasikan usaha anda kepada orang di sekitarnya. Karenanya, sebelum memulai usaha desain grafis hendaknya sudah memiliki ide bisnis kreatif yang diharapkan bakal diterima pasar ketika bisnis sudah berjalan.

3. Menggunakan peralatan canggih dan modern
Seiring dengan kemajuan teknologi komputer beserta program software desain grafis membuat seseorang yang hendak membuka usaha desain grafis melengkapinya dengan teknologi komputer modern dan software desain grafis terkini. Sehingga membantu menyelesaikan pekerjaan desain grafis dalam waktu singkat dengan hasil sempurna. Selain itu, perlu diberikan fasilitas pendukung lainnya seperti scanner, printer dan lain-lain.

4. Melengkapi dengan koneksi internet super cepat
Internet sudah menjadi kebutuhan utama manusia modern saat ini. Untuk keperluan bisnis dan pekerjaan. Salah satunya usaha jasa desain grafis yang sangat membutuhkan koneksi internet super cepat untuk melayani konsumen, mendapatkan orderan, promosi di internet dan sosial media, dan membantu menyelesaikan usaha desain grafis terutama bagi pemula.

5. Promosi usaha desain grafis
Sama seperti usaha jasa penulisan artikel, usaha di bidang desain grafis memerlukan proses promosi usaha untuk mendapatkan konsumen dan pelanggan. Adapun cara promosi usaha desain grafis bagi pemula, antara lain:

▪ Website
Anda bisa menggunakan website, blog maupun situs untuk promosi usaha desain grafis. Sobat bisa memakai blog atau situs berbayar seperti wordpress self hosted. Ataupun menggunakan web yang gratis seperti blogspot. Namun saran penulis, jika sobat mempunyai modal uang yang mencukupi maka bisa menggunakan website berbayar untuk mempromosikan usaha desain grafis. Hal ini menimbulkan kepercayaan yang sangat tinggi dari calon klien.

▪ Media Sosial
Pengguna media sosial di Indonesia mencapai 40 juta orang. Sehingga merupakan pangsa pasar yang sangat besar dan menjanjikan. Anda bisa menggunakan media sosial seperti facebook, line, instagram, whatsapp, blackberry messenger, dan lain-lain untuk mempromosikan bisnis jasa desain grafis yang sobat jalani. Di media sosial, anda bisa mencantumkan contoh hasil karya desain grafis buatan anda yang terbaik.

▪ Forum Online
Selain menggunakan website, blog dan media sosial, seseorang bisa memakai forum online untuk promosi bisnis desain grafis. Ada banyak forum di internet yang bisa diikuti dengan jumlah anggota banyak. Salah satunya forum ads id. Di forum inilah anda bisa menawarkan usaha jasa desain grafis dengan keterangan daftar harga jasa desain grafis yang ditawarkan, cara pemesanan bisa lewat email atau pm dan lain sebagainya.

▪ Email Marketing
Walaupun masih termasuk cara promosi yang kuno, namun email marketing masih efektif dalam menjaring konsumen. Anda bisa berpromosi usaha desain grafis melalui email marketing. Dari ribuan prospek yang dikirim proposal penawaran jasa desain grafis mungkin ada beberapa orang yang tertarik dengan bisnis desain grafis anda.

6. Menggunakan brand
Setelah anda membuka usaha desain grafis perlu sekali diberikan nama brand atau merek dari usaha anda. Misalkan jasa desain grafis berkualitas dan murah. Hal ini untuk menimbulkan minat calon klien untuk memakai jasa desain grafis yang sobat jalankan. Anda bisa memberikan logo pada usaha desain grafis yang anda jalankan.

7. Pelayanan cepat dan ramah
Sama seperti usaha dalam bidang perdagangan fisik maka usaha di bidang desain grafis membutuhkan pelayanan yang prima dan memuaskan calon klien. Contohnya pelayanan yang cepat dan ramah. Setiap pertanyaan yang diajukan calon klien dijawab secara cepat dan baik. Sehingga calon klien dan konsumen tertarik terhadap usaha jasa desain grafis yang anda tawarkan.

8. Memberikan nilai tambah atau perbedaan dari pesaing
Bisnis desain grafis termasuk jenis usaha yang memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sehingga anda tidak mudah untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan dalam waktu singkat. Anda harus memenangkan persaingan dengan ribuan kompetitor. Salah satu caranya dengan memperluas jaringan atau relasi pemasaran.

9. Meningkatkan promosi usaha di hari tertentu
Pada waktu menjelang tahun ajaran baru di kampus atau sekolah seringkali banyak orang atau lembaga pendidikan yang memerlukan usaha desain grafis. Sehingga pada saat inilah waktu yang tepat bagi anda untuk mempromosikan bisnis desain grafis sebanyak mungkin. Dengan tujuan untuk mendapatkan order yang banyak. Seperti lembaga universitas atau sekolah yang memerlukan jasa pembuatan brosur, spanduk, pamflet dll untuk mendapatkan para murid atau mahasiswa di masyarakat umum. Selain itu, pada akhir tahun juga merupakan masa yang tepat untuk berpromosi usaha desain grafis. Karena banyak orang yang membutuhkan usaha desain grafis untuk pembuatan kalender.

10. Kelengkapan usaha
Untuk memanjakan dan memudahkan konsumen, sobat tidak hanya menyediakan bisnis desain logo. Tapi bisa juga melengkapinya dengan menyediakan jasa desain kaos, pembuatan kalender, company profile, katalog produk, pembuatan brosur, dll untuk memberikan kesan lengkap bagi calon konsumen. Sehingga mereka bersedia menggunakan jasa desain grafis anda.

11. Harga terjangkau
Tips lain cara membuka usaha desain grafis untung jutaan adalah memberikan harga jasa yang lebih murah dari pesaing. Hal ini sesuai dengan sifat dasar manusia yang lebih memilih menggunakan jasa desain grafis yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Cara ini terbukti berhasil menjaring banyak konsumen. Cara lain anda bisa menawarkan harga desain grafis secara diskon atau potongan harga yang menarik.

12. Pantang menyerah
Selama anda menjalankan usaha desain grafis mungkin anda mengalami yang namanya sepi konsumen dan pelanggan. Hal itu wajar. Namun jangan anda membuat menyerah. Teruslah rajin dan konsisten untuk berpromosi menawarkan jasa desain grafis. Seiring berjalan waktu, usaha desain grafis anda dikenal banyak orang. Dan para konsumen akan bertambah banyak dari hari ke hari.