Keuntungan Bisnis Cafe dan Cara Membuka Usahanya

01 Mei 2017

Peluang usaha dalam bidang kuliner merupakan jenis usaha yang tak akan pernah mati dan sepi pembeli. Karena aktifitas makan dan minum termasuk kebutuhan dasar manusia. Setiap hari manusia membutuhkan makan ataupun minum untuk dapat bisa hidup dan menunjang aktifitas kegiatan sehari-hari. Sehingga bisnis kuliner seperti cafe dan restoran murah meriah memiliki prospek cerah dan menjanjikan untung berlipat.

Keuntungan Bisnis Cafe Mini Sederhana
Perkembangan usaha cafe dan restoran di tanah air sungguh menggembirakan. Di berbagai tempat dan wilayah baik pedesaan maupun perkotaan tumbuh subur usaha cafe secara waralaba maupun mandiri. Dan faktanya tidak pernah ada usaha cafe yang sepi pembeli. Keuntungan usaha cafe terbilang tinggi dengan pangsa pasar yang luas.
keuntungan bisnis cafe, usaha cafe, cara membuka cafe, cafe minimalis, cafe, cafe sederhana, usaha bisnis cafe

Sebagai bisnis yang menjanjikan usaha cafe memiliki banyak kelebihan. Tanpa panjang lebar lagi, inilah keuntungan dari bisnis cafe yang perlu anda ketahui, antara lain:

▪ Pasar Luas
Usaha cafe mempunyai pangsa pasar yang sangat luas. Pasarnya adalah semua kalangan manusia dari kelas bawah hingga kalangan menengah atas. Sehingga jika sobat membuka usaha cafe sederhana mini lesehan tidak usah takut tidak ada pembeli. Dijamin bisnis cafe akan senantiasa laris manis dipenuhi para pembeli asalkan tempatnya nyaman, harga menu murah, makanan enak, dan pelayanan terbaik kepada konsumen.

▪ Omzet Harian
Bisnis cafe sangat menjanjikan dan bisa cepat membuat kaya pelaku usaha tersebut. Hal itu tak terlepas dari keuntungan atau omzet yang didapatkan secara harian. Berbeda dengan jenis usaha lain yang menghasilkan uang dalam waktu kurun lama. Omzet usaha cafe harian semakin meningkat pesat pada waktu hari libur seperti Minggu atau libur sekolah dan libur nasional. Pengunjung usaha cafe pada waktu ini membludak.

Untuk menjalankan usaha cafe yang menghasilkan omzet harian yang lumayan besar bisa dilakukan dengan berbagai macam cara yang mampu memikat pembeli. Seperti menyediakan berbagai macam kuliner yang sangat lengkap dengan harga murah meriah, rasa menu makanan dan minuman yang disajikan sangat enak dan lezat. Selain itu pastikan lokasi usaha dan tempat cafe memiliki ruangan konsep unik yang sangat nyaman membuat konsumen betah berlama-lama tinggal di cafe. Hal ini membuat omzet harian cafe meningkat pesat.

Penulis sendiri tertarik untuk membuka usaha cafe unik di tengah sawah. Cafe konsep ini terlihat unik dan sangat menjanjikan untung besar. Para penikmat kuliner sekaligus wisata kuliner akan mendatangi cafe sawahan karena lingkungan yang sejuk, alami dan bisa melihat pemandangan sawah dengan hamparan padi yang menguning. Telah banyak pengusaha cafe yang sukses dan kaya dari menjalankan bisnis cafe konsep sawahan.

▪ Menu Sederhana
Keuntungan dari bisnis cafe adalah sobat tidak perlu direpotkan dengan menyediakan makanan atau minuman dengan harga mahal dan berkelas. Menu kuliner kafe bisa sederhana sekali namun dengan nama yang unik dan modern. Hal ini untuk menarik minat pembeli. Contoh menu kopi yang dicampur dengan cappucino, green tea, moka, milk shake, dll. Lalu menu makanan yang bisa disediakan seperti burger, spaghetti, pizza, steak dll.

Tampak menu-menu di atas mempunyai harga yang mahal dengan nama kebarat-baratan. Tapi kita mampu mengemasnya ulang dengan harga murah. Hal ini menjadi daya pikat tersendiri bagi para pengunjung cafe. Dijamin usaha cafe anda akan laris manis dan diserbu para pembeli yang ingin mencicipinya di atas gelas dan piring yang menarik.

Dengan membuat menu kuliner baik makanan dan minuman yang tampak berkelas dengan harga murah berarti pasar yang dituju sangat luas. Baik kalangan menengah atas dan terutama kalangan menengah ke bawah. Dan jenis cafe konsep ini sangat cocok diterapkan di desa. Karena masyarakat desa yang kebanyakan daya belinya cukup rendah namun ingin menikmati kuliner yang berkelas.

▪ Tempat Sederhana
Keuntungan bisnis cafe lainnya adalah usaha ini bisa dijalankan dengan bangunan yang sederhana. Misalkan saja penulis pernah menyaksikan usaha cafe di tengah sawah di daerah Karawang dengan bangunan dari saung bambu. Dan ternyata bisnis cafenya laris manis sehingga pembeli harus mengantri.

Bangunan cafe yang sederhana bisa membuat nyaman pengunjung. Selain bisa membuka usaha cafe dipinggir jalan dekat sawah, anda pun dapat memulai bisnis cafe di halaman rumah. Asalkan tempatnya strategis atau ramai dilalui orang.

Apalagi trend masyarakat sekarang ini ingin menikmati kuliner di tempat yang sederhana. Seperti teras rumah, tengah sawah, halaman rumah, pinggir jalan, lapangan, bangunan kuno dan antik, dan lain sebagainya. Adapun alas duduk cukup menyediakan tikar atau lesehan. Sehingga bisnis cafe di lokasi tersebut sangat menjanjikan mengikuti trend yang sedang booming.

Dari usaha cafe di atas anda sudah bisa menebak berapa modal usaha yang dibutuhkan. Tentunya modal usaha cafe terbilang kecil. Bahkan hanya dengan uang jutaan anda sudah bisa membuka usaha kafe dengan konsep unik dan menarik tersebut modal kecil.

Cara Membuka Usaha Cafe Minimalis Sederhana Lesehan
Sekarang yang menjadi pertanyaan bagaimana cara membuka usaha cafe dari awal sampai siap buka berikut berapa modal untuk membuka cafe? Untuk lebih jelas, berikut ini langkah-langkah dalam memulai usaha cafe modern yang minimalis dan sederhana tapi menguntungkan yang terbukti berhasil, antara lain :

▪ Niat Kuat
Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Segala sesuatu tergantung niatnya.” Pastikan dalam membuka usaha cafe diniatkan sebagai bentuk ibadah. Sebagaimana petuah bijak mengatakan dengan niat baik, pikiran baik dan perbuatan baik maka hasil akan baik. Selain itu, mintalah petunjuk kepada Allah SWT atas jenis usaha cafe yang hendak dibangun.

▪ Persiapan Peralatan
Misalnya piring, sendok, alat memasak, kompor gas, tabung gas, gelas, garpu, gerobak atau booth, meja, kursi, lampu penerangan, kipas angin, dan lain sebagainya.

▪ Lokasi Usaha
Jika anda ingin membuka usaha cafe minimalis yang sederhana, hal pokok yang harus diperhatikan adalah dimana lokasi usaha cafe hendak berdiri. Tidak sembarang lokasi usaha bisa dibangun cafe dengan alasan seperti lokasi usaha tak strategis dll. Namun apabila anda mempunyai lahan kosong di pinggir jalan yang ramai maka sobat bisa membuka usaha cafe secara minimalis.

Misalnya penulis mempunyai lahan sawah di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor maka tempat ini sangat cocok dijadikan lokasi usaha cafe. Selanjutnya, halaman rumah yang luas berada di pinggir jalan desa yang sering dilalui orang juga sangat layak dijadikan tempat bisnis cafe yang sangat menjanjikan.

Pendek kata, apabila anda telah mempunyai lokasi usaha yang bagus untuk bisnis cafe minimalis maka sobat beruntung. Sebab anda tak perlu mengeluarkan modal usaha untuk sewa tempat atau modal uang untuk membeli lahan kosong di tempat strategis bagi usaha cafe.

Hal sebaliknya jika anda tidak memiliki lokasi usaha yang strategis bagi bisnis cafe maka anda bisa menyewa lokasi usaha cafe sederhana bisa berupa lahan kosong atau ruko di tempat yang strategis dengan biaya sewa tahunan maupun bulanan sesuai kemampuan finansial. Adapun luas lahan atau bangunan yang layak bagi usaha cafe minimal sekitar 4 meter x 8 meter.

▪ Menu Kuliner
Makanan dan minuman yang tersaji dalam usaha cafe kecil-kecilan sobat bisa berupa sederhana walaupun tak sekomplit restoran besar. Namun menu sederhana menarik yang disediakan harus terjamin kebersihan dan rasa yang lezat. Hal ini agar konsumen menjadi pelanggan setia. Sebab jika ada masalah dengan menu kuliner di cafe seperti makanan atau minuman telah basi bisa dipastikan konsumen akan kapok kembali ke gerai usaha cafe sobat.

▪ Tenaga Kerja
Pada awal usaha cafe mungkin sobat belum mendapatkan keuntungan yang berarti. Karena bisnis cafe mulai dimulai dan baru dirintis yang belum diketahui banyak orang. Disebabkan belum menguntungkan dan belum mampu menggaji karyawan bagian pelayan dan cheff maka sobat sendiri yang harus menjadi karyawan di bagian tersebut. Jika usaha cafe telah berkembang pesat dan menguntungkan, sobat bisa merekrut tenaga kerja bagian masak, cleaning service dan pelayan.

Untuk sementara waktu kalau bisa sobat tidak perlu merekrut karyawan. Berdayakan istri di rumah untuk membantu usaha cafe sobat. Mungkin isteri bisa menjadi juru masak yang handal. Hal ini untuk meminimalkan biaya pengeluaran usaha cafe.

▪ Fasilitas Tambahan
Untuk membuat konsumen betah di cafe salah satu trik dan caranya adalah menyediakan fasilitas tambahan seperti wifi gratis, televisi layar lebar untuk acara nonton bareng, tempat bermain dan lain sebagainya.

▪ Promosi
Dan terakhir yang paling penting adalah promosi. Banyak pengusaha yang mengabaikan proses promosi usaha sehingga bisnisnya mengalami gulung tikar. Sobat bisa dengan seksama melihat kenyataan bahwa kebanyakan usaha yang sukses dan berkembang maju adalah yang mampu mempromosikan usaha dengan baik. Begitupula dengan bisnis cafe diperlukan berbagai cara promosi yang efektif dan efisien.

Salah satu sarana promosi usaha cafe minimalis yang efektif dan jitu adalah dengan beriklan di situs media sosial. Cara ini tidak memerlukan biaya alias gratis kecuali kuota internet. Selain menggunakan media online, promosi gerai usaha cafe dapat dilakukan secara fisik. Misalnya dengan menyebarkan brosur ke lingkungan sekitar, beriklan di radio, surat kabar, koran, majalah lokal, pasang spanduk, pasang reklame dan media lainnya yang dirasa efektif.