Keuntungan Bisnis Warnet dan Cara Membuka Usahanya

10 Mei 2017

Sekarang ini sangat banyak peluang bisnis tersedia yang bisa dijalankan. Salah satu jenis usaha kecil yang menjanjikan untung berlipat adalah bisnis warnet. Singkatan dari warung internet yang menyediakan faslilitas koneksi internet dengan harga terjangkau. Biasanya sewa warnet satu jam dikenakan biaya Rp 3000. Terbilang murah bukan? Karena pangsa pasar kebanyakan para kawula muda, pelajar dll. Pertanyaan saat ini apakah bisnis warnet masih menjanjikan mengingat kini banyak orang yang memiliki komputer dengan modem dan kartu paket internet?

Usaha Warnet Apakah Masih Prospek
Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa bisnis warnet bukan lagi jenis usaha menguntungkan untuk saat ini. Disebabkan hampir semua orang sudah memiliki komputer pc maupun laptop dan netbook. Bahkan menjamur smartphone murah yang bisa dijadikan layaknya komputer. Kemudian berbagai provider seperti telkomsel, indosat, xl, axiata, dll menawarkan paket internet super cepat dan murah. Sehingga usaha rental koneksi internet atau warnet dan rental komputer menjadi sepi pelanggan. Hal ini dibuktikan sendiri. Tapi ini hanya berlaku bagi usaha warnet yang dijalankan secara biasa.
keuntungan bisnis warnet, bisnis warnet, warnet, usaha warnet, usaha warung internet, cara buka warnet

Seiring perkembangan jaman, bisnis warnet masih tetap menjanjikan asalkan dikelola secara lebih modern. Usaha ini tak sulit dijalankan dan banyak peminatnya. Bisnis ini dapat dijalankan oleh seorang mahasiswa, pelajar, karyawan swasta kantoran, pegawai negeri, umum, buruh, pns, maupun ibu rumah tangga sebagai bisnis sampingan ataupun utama di sela kegiatan sehari-hari.

Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh seorang penulis freelance, pelaku bisnis online, dan lain- lain sebagai bisnis sampingan. Keuntungan bukan hanya didapatkan dari usaha rental warnet tapi juga dari bisnis dan pekerjaan yang berhubungan secara online. Misalnya penulis artikel online, jasa pembuatan dan desain website, google adsense dan lain sebagainya. 

Berdasarkan pengamatan penulis, bisnis warnet mengalami perkembangan sangat pesat. Hal ini tak terlepas dari kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang terjadi setiap hari. Sehingga bisnis warnet yang asal atau asli yang hanya menyediakan rental koneksi internet akan sulit untuk berkembang. Para konsumen lebih cerdas untuk memilih usaha warnet yang lengkap dengan fasilitas rental komputer, cetak foto digital, game online dan lain-lain.

Keuntungan Bisnis Warnet
Ada beragam keuntungan dari seseorang membuka usaha warnet, antara lain:

▪ Mudah dijalankan
Bisnis warnet mudah dalam pengelolaan dan tak ribet. Sobat hanya ditugaskan untuk menyimpan dan mengelola komputer dengan koneksi internet. Telah ada software yang bisa menghitung pemakaian jam pengguna warnet. Tugas sobat hanya mengawasi pengguna warnet agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun apabila anda tak ingin ribet dalam membuka usaha warnet dari nol sampai buka, anda bisa menjalankan bisnis warnet secara waralaba atau franchise yang telah banyak di Indonesia.

▪ Modal kecil
Dalam mendirikan usaha warnet secara kecil-kecilan misalnya warnet dengan 5 pc tidak diperlukan modal besar. Dengan memanfaatkan komputer yang ada di rumah, sobat bisa memulai usaha warnet dengan modal usaha warnet 5 pc yang sangat murah. Berjalan waktu jumlah komputer bisa bertambah banyak. 

▪ Kombinasi Banyak
Usaha warnet bisa dikombinasikan dengan usaha rental komputer, jasa pengetikan dokumen, jasa tulis artikel, bisnis cetak foto digital, kursus komputer bagi anak dan orang dewasa, jasa pembuatan dan desain web, usaha jasa tulis artikel online dan lain sebagainya. Sehingga keuntungan bisa meningkat atau tak mengandalkan dari usaha warnet semata.

Cara Membuka Usaha Warnet
Setelah mengetahui keuntungan dan kelebihan bisnis warnet, mungkin anda tertarik membuka usaha warnet. Berikut ini sejumlah cara membuka usaha warnet dari awal sampai buka antara lain:

▪ Menentukan Skala Usaha
Ada banyak pilihan dalam membuka warnet. Seperti warnet standar, warnet plus game online. Apapun pilihan harus disesuaikan dengan pangsa pasar yang ada. Berikut type skala usaha warnet dan perinciannya, antara lain:

1. Warnet Standar
Untuk warnet standar, spesifikasi komputer yang dibutuhkan juga standar. Contoh pentium dua hingga pentium tiga. Pokoknya bisa menggunakan flashdisk dan koneksi internet cepat sudah cukup. Untuk harga komputer standar sangat murah sebesar Rp 1 juta lebih per unit. Sehingga bisnis warnet type standar cocok sekali bagi pengusaha kecil yang memiliki modal kecil namun potensi keuntungan tetap besar. Jika ingin beli komputer yang lebih murah lagi beli komputer bekas yang masih layak pakai. Total biaya investasi untuk membeli 10 komputer x Rp 1 juta = Rp 10 juta.

2. Warnet Game Online
Inilah bisnis warnet yang lagi booming dan banyak peminat. Namun untuk membuka usaha warnet game online murah tak mudah. Diperlukan spesifikasi Komputer sangat tinggi untuk memulai bisnis ini. Ditambah warnet game online harus bisa mengikuti perkembangan game yang sedang booming, trend dan digandrungi kawula muda sekarang ini.

Harga komputer untuk warnet  game online dibutuhkan spesifikasi komputer yang sangat tinggi dan handal. Harga komputer pc khusus game online sebesar Rp 4 juta per unit. Jika dikalikan 10 komputer x Rp 4 juta = Rp 40 juta. Jadi rincian modal usaha yang dipersiapkan untuk membuka usaha warnet dan game online minimal Rp 40 juta dengan 10 komputer.

Peluang bisnis warnet game online sekarang ini sangat menjanjikan. Karena peminat game online sangat besar di kota dan desa. Pasar utamanya adalah pelajar, kawula muda dll. Untuk saat ini peluang usaha warnet game online lebih menguntungkan ketimbang membuka usaha warnet standar.

Tapi ada kekurangan dalam usaha warnet game online. Bisnis ini rentan mengalami gangguan, gugatan dan komplain dari ibu rumahtangga. Karena anaknya ketagihan bermain game online sehingga lupa waktu dan belajar. Bisnis game online bisa membuat seorang anak sekolah lupa belajar yang mengakibatkan kebodohan.

▪ Menyiapkan Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha pastikan berada di tempat strategis yang mudah dijangkau orang. Selain itu, pastikan tidak ada pesaing di sana. Pangsa pasar bisnis warnet standar adalah kaum pelajar yang ditugaskan oleh guru untuk mencari informasi di internet.

▪ Memberikan Layanan Tambahan
Sementara itu, sesuai perkembangan jaman usaha warnet yang bisa bertahan adalah mereka yang dikemas secara moderen. Adapun jenis layanan yang diberikan bukan hanya penyediaan koneksi internet cepat, tapi juga meliputi:

1. Game online
Karena banyak penggemar game online di Indonesia yang semakin bertambah besar perharinya. Saran penulis jangan membuka usaha warnet game online secara sembarangan dan tak ketat. Karena itu bisa menghancurkan masa depan generasi muda. Contohnya kalau bisa anak yang pakai seragam sekolah dilarang untuk main game online.

2. Internet meliputi email, browsing, chatting, printing

3. Layanan kombinasi usaha seperti usaha fotocopy dan penjilidan, atk, scan dokumen dan foto, digital printing, usaha jual pulsa elektrik, jual jasa mencari data apapun dan menyimpan dalam flashdisk, jasa pengetikan, rental komputer, usaha copy atau burning cd, download lagu populer, dan lain sebagainya. Lalu bisa pula dikombinasikan dengan jualan flashdisk, cd kosong atau isi program tertentu, usaha jualan makanan ringan atau snack, jualan minuman ringan atau softdrink dll.

Dan tak kalah moderen sediakan pula kursus bisnis online, jasa pembuatan website dan desain web, kursus internet, bimbingan belajar komputer secara rumahan, dll. Dengan beragam layanan yang diberikan maka jenis usaha warnet anda terlihat komplit dan modern. Dijamin usaha warnet laris manis apalagi tanpa adanya pesaing.

Hambatan Usaha Warnet
Di tahun 2012, bisnis warnet mengalami goncangan hebat. Masuknya laptop, netbook, komputer jinjing dengan harga murah dari pabrikan cina membuat setiap orang dengan mudah memiliki komputer jinjing. Dimulai mahasiswa, pelajar, karyawan swasta dll sudah terbiasa membawa laptop. Yang berdampak bisnis rental komputer dan bisnis warnet sepi pengunjung.

Kejadian itu berlanjut dengan munculnya berbagai provider internet dan telekomunikasi seperti xl, telkom, telkomsel, indosat, axis dll yang menawarkan paket internet gsm atau cdma dengan harga murah. Paket internet 2 gigabyte selama satu bulan harga Rp 50 ribu ditambah bonus internet gratis. Hal itu memanjakan konsumen yang kebanyakan sudah memiliki laptop menggunakan modem plus paket internet untuk browsing dan berselancar di dunia maya. Mereka tidak perlu lagi pergi ke warnet untuk browsing, searching dan chatting. Tapi di rumah mereka sudah bisa berkoneksi internet sepuasnya. Usaha warnet menjadi sepi ditinggalkan banyak orang.

Fenomena di atas terjadi pada jenis usaha warnet yang standar konvensional dengan spesifikasi komputer jadul. Untuk ke depan bisnis internet masih menjanjikan untuk di desa. Karena jarang orang dan pelajar memiliki komputer di pedesaan terpencil. Usaha warnet harus dimodifikasi agar tampil menarik seperti menambahkan dengan kursus komputer, kursus bisnis online, bimbingan belajar internet dll. Jika mengandalkan penghasilan dari warnet sungguh berat seiring maraknya laptop dan paket internet murah di Indonesia. Bisnis warnet standar mungkin nasibnya akan seperti wartel jika kemajuan teknologi kian pesat dan murah.

Selain itu menjamurnya cafe wifi gratis, area hotspot gratis di berbagai sekolah, kantor, foodcourt, tempat dan pusat keramaian membuat usaha warnet semakin terancam. Ditambah lagi dengan hadirnya komputer saku atau tablet membuat berselancar di dunia maya cukup di manapun. Tak perlu pergi ke warnet. Adapun pelayanan yang diberikan oleh warnet standar antara lain browsing, webcam, chatting dan lain sebagainya. Semua itu bisa dilakukan di rumah menggunakan komputer saku atau di area wifi gratis.