Keuntungan Bisnis Bengkel Motor dan Bisnis Bengkel Mobil

30 April 2017

Di tengah banyaknya jumlah sepeda motor di tanah air dan setiap hari terus bertambah membuat peluang bisnis bengkel motor sangat prospektif. Keuntungan dari bisnis bengkel motor lumayan menggiurkan. Itu diutarakan beberapa pengusaha bengkel motor yang telah terjun dalam waktu lama. Atas hal ini banyak para pelaku usaha kecil dan pemula yang memulai usaha bengkel motor dengan harapan keuntungan yang diperoleh lumayan besar. Seperti usaha bengkel motor waralaba maupun mandiri.

Keuntungan Bisnis Bengkel Motor

▪ Pasar Luas
Pangsa pasar yang sangat luas membuat usaha bengkel motor masih menjanjikan untuk dijalankan saat ini. Setiap rumah pastinya mempunyai satu sepeda motor bahkan lebih dari satu. Kendaraan roda dua ini dijadikan sebagai alat transportasi utama yang murah dan anti macet. Ditambah lagi semakin terjangkaunya harga sepeda motor bekas maupun yang baru serta kondisi ekonomi masyarakat yang semakin baik membuat jumlah sepeda motor di Indonesia terus tumbuh pesat.

Melihat perkembangan jumlah sepeda motor yang kian menjamur ini maka saat inilah merupakan waktu yang tepat bagi anda untuk memanen uang dengan cara membuka usaha bengkel sepeda motor. Sebagaimana kita ketahui penggunaaan sepeda motor yang terlalu lama bisa membuat sepeda motor mengalami kerusakan baik dalam suku cadang atau bagian lain dalam kurun waktu tertentu.
bisnis bengkel motor, bisnis bengkel mobil, usaha bengkel motor, usaha bengkel mobil, bengkel motor, bengkel mobil

▪ Modal Kecil
Modal merupakan hal paling utama untuk mendirikan usaha bengkel motor. Namun kebanyakan pelaku usaha kecil dan ukm mengeluhkan tidak mempunyai modal uang yang besar untuk buka usaha. Nah untuk membuka usaha bengkel sepeda motor terkadang tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil sobat sudah bisa memulai usaha service sepeda motor umum secara rumahan dan sampingan. Setelah usaha bengkel berkembang maka sobat bisa mendirikan bengkel resmi yang lebih menjanjikan.

▪ Usaha Sampingan
Selain membuka usaha bengkel sepeda motor yang melayani service atau perbaikan motor, ganti oli dll, sobat bisa menambah dengan jenis usaha lainnya yang masih berkaitan. Misalkan usaha tambal ban, usaha jualan gas elpiji 3 kg melon pertamina, jualan bensin eceran pertamini, bisnis cuci steam motor, usaha warung kecil-kecilan, bisnis jualan minuman dingin, usaha modifikasi motor, bisnis cutting sticker, penyediaan sparepart motor, dan lain-lain.

▪ Mudah
Seiring dengan besarnya ceruk pasar dari usaha bengkel sepeda motor membuat bisnis bengkel sepeda motor menjamur dimana-mana. Hal ini membuat kita mudah menjumpai gerai usaha perbaikan sepeda motor secara waralaba seperti Ahass atau mandiri di pinggir jalan. Jika anda kesulitan dalam membuka usaha bengkel sepeda motor maka anda dapat mendirikan bengkel motor secara paket waralaba. 

Tips Sukses Bisnis Bengkel Sepeda Motor
Untuk memulai bisnis bengkel sepeda motor tidak boleh sembarangan. Namun harus dilakukan kelayakan usaha, perencanaan usaha, strategi promosi bengkel motor dan hal lain yang diperlukan. Ini dilakukan agar jangan sampai terjadi usaha bengkel motor sobat mengalami kerugian atau bangkrut di pertengahan jalan. Dalam menjalankan bisnis bengkel motor yang menguntungkan diperlukan beberapa strategi dan persiapan khusus.

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa strategi dan tips khusus memulai usaha bengkel motor yang menghasilkan untung besar dalam waktu cepat, antara lain:

▪ Jadikan Hobi
Setiap pekerjaan dan bisnis yang dilakukan sesuai hobi biasanya usaha tersebut berjalan lancar dan menguntungkan. Beban pekerjaan terasa ringan dan berbisnis secara menyenangkan. Begitupula dalam bisnis perbaikan motor, sobat harus memiliki daya passion atau minat yang tinggi terhadap usaha ini disertai rasa cinta atau hobi. Dengan demikian usaha semakin lancar.

Usaha bengkel sepeda motor dan sparepart akan semakin berpotensi untung besar jika dilakukan oleh orang yang hobi utak-atik sepeda motor plus mempunyai jiwa wirausaha. Banyak pengalaman pengusaha bengkel sepeda motor yang kaya raya dan sukses bermula dari hobi otomotif yang disalurkan dalam bentuk usaha bengkel motor.

▪ Lokasi Strategis
Anda tidak bisa membuka usaha bengkel motor di sembarang tempat. Karena hal ini bisa mengakibatkan usaha bengkel motor anda kurang dikenal masyarakat luas. Untuk memastikan usaha bengkel motor berjalan lancar dan menguntungkan dengan cara membuka bisnis bengkel sepeda motor di lokasi yang sangat strategis. Seperti berada di dekat kampus, dekat perumahan warga, berada di pinggir jalan yang ramai dilalui oleh lalu lintas sepeda motor, berada di sekitar pusat keramaian orang, sekitar kantor, pabrik, pasar dll.

Mengenai lokasi usaha, anda bisa menyewa secara bulanan atau pertahun dengan harga yang bervariasi di setiap tempat dan wilayah. Namun jika sobat mempunyai rumah di pinggir jalan yang ramai maka bisa disulap menjadi tempat usaha bengkel sepeda motor. Halaman rumah bisa dijadikan gerai usaha bengkel motor secara rumahan. Sehingga biaya sewa lokasi usaha bisa dipotong dan memperkecil jumlah nominal modal usaha bengkel dan sparepart motor.

▪ Target Market
Dalam menentukan lokasi usaha bengkel motor pastikan terlebih dahulu pangsa pasar yang hendak anda bidik. Misalkan sobat membidik pasar mahasiswa maka anda harus membuka usaha bengkel motor di sekitar kampus atau kost-kostan mahasiswa. Jika pasar yang dituju adalah masyarakat biasa maka sobat bisa mendirikan bengkel umum, bengkel tune atau bengkel resmi sepeda motor di dekat perumahan warga di daerah setempat.

▪ Melihat Pesaing
Dalam bisnis apapun persaingan pasti ada. Begitupula dalam usaha bengkel motor. Anda akan sangat mudah menjumpai usaha bengkel motor di daerah anda. Dan itu adalah kompetitor. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah lokasi usaha bengkel motor yang masih belum ada pesaing. Misalnya di daerah-daerah terpencil tertentu. Karena dengan tanpa ada saingan maka usaha bengkel sepeda motor anda akan laris manis dan menguntungkan sekali.

Akan tetapi, apabila anda kesulitan dalam mencari lokasi usaha bengkel motor yang tanpa adanya persaingan usaha maka sobat bisa membuka usaha perbaikan motor di sekitar wilayah yang telah ada kompetitor. Sekarang bagaimana caranya memenangkan persaingan dengan sehat. Tentu saja dengan memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen. Bentuknya bisa berbagai macam seperti pelayanan yang ramah, murah senyum, bersahabat, tenaga mekanik yang handal, menggunakan peralatan dan suku cadang berkualitas dan lengkap dll.

Setelah mengetahui keuntungan yang sangat besar dari usaha bengkel motor dan kiat sukses memulai usaha bengkel motor selanjutnya adalah bagaimana  analisa dan keuntungan dari bisnis bengkel mobil.

Keuntungan Bisnis Bengkel Mobil
Perkembangan mobil saat ini sangat luar biasa. Setiap tahun terus bertambah mobil-mobil jenis baru dari produsen terkenal dunia hingga lokal. Selain itu harga mobil baru yang ditawarkan seperti  Green Car relatif terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Sehingga jumlah kendaraan roda empat ini terus bertambah banyak di tanah air. Yang membuat berbagai jalan raya di protokol kota dan propinsi seringkali macet saat jam-jam sibuk.

Kendaraan roda empat ini diperlukan sekali untuk mendukung aktivitas sehari-hari manusia. Apalagi gaya hidup moderen masa kini yang dituntut untuk serba praktis, lengkap dan mudah. Setiap rumahtangga biasanya memiliki satu buah mobil bahkan lebih yang dipergunakan untuk belanja kebutuhan rumahtangga sehari-hari maupun piknik dll. Atas dasar itu tak aneh jika jumlah kendaraan roda empat ini meningkat tajam di tanah air.

Apabila sebuah mobil setiap hari digunakan secara terus menerus maka perlahan-lahan berjalan waktu akan mengalami yang namanya kerusakan khususnya body, mesin, suku cadang, shockbreaker, rem dll. Dimulai dari rusak ringan sampai yang berat.  Atas kenyataan itu, membuat usaha bengkel mobil menjadi pilihan bagi pengguna mobil untuk memperbaiki kendaraannya secara berkala.

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, jumlah kendaraan mobil saat ini sangat banyak ketimbang bisnis bengkel mobil. Pada sebuah gerai usaha bengkel mobil resmi, penulis menyaksikan seorang mekanik yang kewalahan memperbaiki kendaraan roda empat dari konsumen yang sangat banyak. Sehingga ketika ada mobil yang rusak dari konsumen lain, ia menolaknya. Melihat fakta di atas sangat jelas bahwa membuka usaha bengkel mobil sangat menjanjikan untung besar.

Ada dua kategori usaha bengkel mobil yang bisa sobat pilih, yaitu pertama, bengkel resmi yang melayani perbaikan mobil dengan merk tertentu. Misalnya Honda dengan bengkel resmi ATPM. Kedua, bengkel mobil umum yang tak resmi yang mampu melayani berbagai perbaikan mobil dari segala merek.

Tips Sukses Usaha Bengkel Mobil

▪ Memiliki Keterampilan Service Mobil
Syarat utama untuk membuka usaha bengkel mobil pastinya adalah sobat mempunyai keterampilan dalam mengatasi kerusakan pada sebuah mobil. Untuk mempunyai keterampilan atau keahlian dalam memperbaiki mobil, sobat bisa belajar kepada mekanik yang berpengalaman, sekolah, autodidak atau sobat bisa merekrut karyawan bagian teknisi yang terampil memperbaiki kerusakan pada mobil. Namun kebanyakan pengusaha bengkel mobil yang sukses bermula dari kemampuan mereka memperbaiki mobil dan  hobi terhadap dunia mobil atau otomotif.

Pendek kata, modal usaha awal untuk membuka usaha bengkel mobil yang utama adalah mempersiapkan karyawan yang ahli dalam memperbaiki kerusakan mobil.  Anda bisa mempekerjakan mereka sebagai karyawan tetap ataupun freelance. Keuntungan usaha bengkel mobil bukan hanya dari jasa perbaikan mobil saja tapi juga dari penjualan suku cadang.

▪ Fokus
Ada banyak jenis mobil yang beredar di Indonesia. Alangkah baiknya dalam memulai usaha bengkel mobil dikhususkan pada satu jenis merek mobil yang dilayani. Sehingga seiring berjalan waktu pengalaman dan keahlian bertambah dalam memperbaiki mobil yang rusak dimulai dari turun mesin, sistem kelistrikan, service transmisi dll. Karena setiap merek mobil berbeda-beda dari segi susunan mesin, bodi dan lain sebagainya.

▪ Pelayanan Terbaik
Seringkali karena sesuatu hal seorang pemilik kendaraan roda empat tidak bisa memperbaik mobil di bengkel. Mereka lebih memilih memperbaiki mobil di rumah. Nah usaha bengkel mobil sobat pun harus bisa melayani perbaikan mobil di kantor, rumah atau sistem panggilan. Dengan cara ini konsumen akan merasa puas dengan pelayanan bengkel yang memuaskan. Pada akhirnya berdampak pada omzet dan keuntungan meningkat.

▪ Kerjasama dengan Komunitas Mobil
Untuk mempromosikan bisnis bengkel mobil, sobat bisa menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas mobil dari merek tertentu yang dituju. Berikanlah diskon kepada para komunitas pencinta mobil jika memperbaiki kendaraan roda empat di bengkel sobat. Perlu diingat, jumlah komunitas mobil di Indonesia sangat banyak. Sehingga jika mereka berhasil anda ajak kerjasama maka keuntungan usaha bengkel mobil sobat bisa meningkat pesat.