Rincian Biaya Modal Usaha Desain Interior Rumah hingga Buka

18 Januari 2018

Usaha jasa tentunya bukan sebuah hal yang baru bagi Anda. Bisnis yang menjual keterampilan atau keahlian ke konsumen ini mudah dijumpai di lingkungan tempat tinggal ataupun di pusat-pusat keramaian. Sebut saja misalnya usaha jasa pangkas rambut dan desain interior rumah. Usaha desain interior termasuk salah satu peluang bisnis dalam bidang jasa yang cukup menjanjikan saat ini. Namun untuk memulai usaha jasa desain interior rumah Anda harus punya minat dan keterampilan dalam mendesain ruangan rumah.

Analisa Bisnis Desain Interior Rumah
Jika ditilik ke belakang maka dahulu usaha desain interior rumah belum populer seperti saat ini. Hanya orang tertentu saja yang menggunakan jasa ini. Namun seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi dan meningkatnya pembangunan perumahan-perumahan membuat permintaan terhadap usaha jasa desain interior rumah sangat tinggi. Hal ini membuat usaha desain interior menjadi salah satu peluang usaha yang sangat potensial akhir-akhir ini.

Ada beragam usaha jasa dalam bidang interior. Seperti jasa desain interior furniture, desain interior decoration dan desain interior rumah. Namun yang paling populer dan dibutuhkan orang saat ini adalah usaha jasa desain interior rumah. Sobat bisa membuka usaha jasa ini secara rumahan maupun sampingan. Supaya usaha jasa desain interior rumah laris manis diperlukan berbagai upaya. Salah satunya yang paling mendasar adalah memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen.
desain interior rumah, bisnis desain interior rumah, usaha desain interior, usaha desain interior rumah, desain interior

Sebagai usaha dalam bidang jasa, usaha desain interior rumah harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan. Sebab ada banyak pesaing dalam bisnis ini. Sehingga yang menentukan kesuksesan usaha desain interior rumah adalah pelayanan yang diberikan. Usaha desain interior rumah yang memberikan pelayanan yang kurang baik bagi konsumen maka akan sepi konsumen.

Oleh sebab itu, supaya usaha jasa desain interior sobat laris manis dan bisa bertahan lama maka sobat harus memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan konsumen. Jangan pernah mengecewakan konsumen. Pastikan konsumen merasakan kepuasan atas pelayanan prima yang sobat berikan sehingga jadi pelanggan tetap. Ada banyak usaha desain interior rumah yang langsung bangkrut dikarenakan pelayanan buruk. Jangan sampai hal itu terjadi pada bisnis desain interior yang anda jalankan. Pastikan anda melayani konsumen secara baik.

Keuntungan Bisnis Desain Interior Rumah
Ternyata banyak sekali keuntungan dan kelebihan dari seseorang membuka usaha desain interior rumah. Berikut ini keuntungan usaha desain interior rumah, antara lain:

1. Menyalurkan hobi dan bakat
Setiap orang diberikan karunia yang berbeda-beda. Ada orang yang diberikan bakat menulis sehingga ia bisa membuka usaha jasa penulisan artikel. Ada manusia yang diberikan bakat menggambar atau melukis sehingga ia mendirikan usaha desain grafis. Begitupula ada orang yang diberikan bakat mendesain interior rumah.

Nah, jika anda memiliki bakat dan hobi desain interior rumah maka hobi anda tersebut bisa dijadikan ajang untuk menghasilkan uang dengan cara membuka usaha desain interior rumah. Sambil menyalurkan bakat dan hobi mendesain interior rumah, anda bisa menghasilkan uang sebagai sumber penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan.

2. Pangsa pasar sangat luas
Setiap orang pastinya membutuhkan usaha desain interior rumah supaya rumah yang mereka huni tampak cantik, nyaman, sesuai fungsi, menarik dan indah dipandang mata. Anda tidak akan kesulitan mencari konsumen karena setiap orang adalah konsumen. Tawarkan jasa desain interior rumah kepada setiap orang yang anda kenal. Untuk tahap awal, tawarkanlah jasa desain interior rumah dengan harga murah dengan diskon. Jika mereka puas maka para konsumen akan merekomendasikan usaha jasa anda kepada orang di sekitar mereka.

3. Modal kecil
Salah satu yang menjadi kelebihan dan keuntungan dari seseorang membuka usaha jasa desain interior rumah adalah bisnis jasa ini nyaris tanpa modal. Modal usaha yang utama adalah kreatifitas dan keahlian mendesain interior rumah, keterampilan menata ruangan, dll. Sedangkan modal yang lain seperti komputer dan software desain interior rumah sebagai pendukung.

Rincian Biaya Modal Usaha Desain Interior Rumah hingga Buka
Berikut ini rincian biaya modal usaha desain interior rumah hingga buka, antara lain:

▪ Biaya Investasi:
1. Belanja komputer atau laptop Rp 6,6 juta
2. Belanja program software desain interior rumah Rp 1 juta
3. Belanja buku tentang desain interior rumah Rp 400 ribu

Total biaya investasi usaha desain interior rumah hingga buka sekitar Rp 8 juta.

▪ Biaya Operasional:
1. Biaya promosi usaha. Seperti pembuatan kartu nama, pamflet, neon box, iklan berbayar di media massa cetak dan elektronik lokal, brosur dll Rp 700 ribu
2. Biaya internet dan telepon Rp 100 ribu
3. Biaya transportasi Rp 200 ribu

Biaya operasional perbulan sekitar Rp 1 juta.

Kiat Sukses Bisnis Interior Rumah
Bagi anda yang berminat membuka usaha desain interior rumah yang berhasil, penulis akan menjelaskan tahapan-tahapan kiat sukses bisnis jasa desain interior rumah, antara lain:

1. Membekali dengan ilmu yang memadai
Untuk memulai usaha desain interior rumah maka sobat harus mengerti betul seluk beluk cara pengerjaan desain interior rumah secara mendasar, menguasai keterampilan cara mendesain rumah yang baik dan memahami bagaimana menjalankan usaha jasa ini secara menguntungkan. Semua itu bisa dipelajari melalui membaca buku, majalah, tabloid dan surat kabar mengenai usaha desain interior rumah. Selain itu, sobat bisa berguru langsung kepada para pelaku usaha desain interior rumah yang sukses dan berpengalaman.

Dalam menjalankan usaha desain interior rumah, anda tidak bisa berpuas diri dengan ilmu yang anda dapatkan selama ini. Anda harus meningkatkan keterampilan dalam mendesain interior rumah dengan mengikuti berbagai seminar dan pelatihan usaha desain interior rumah baik skala nasional hingga internasional. Hal itu dilakukan untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap bisnis anda dan memenangkan persaingan usaha jasa desain interior rumah yang kian hari kian ketat.

2. Menyusun strategi usaha
Setiap usaha agar berjalan sukses dan menguntungkan diperlukan yang namanaya strategi usaha. Begitupula dalam bisnis jasa desain interior rumah. Supaya usaha jasa desain interior rumah sobat berjalan lancar dan menguntungkan diperlukan berbagai strategi usaha. Seperti promosi yang gencar, menjalin hubungan baik dengan para developer dan pengusaha properti perumahan, menjalin hubungan baik dengan pihak pengembang, pegawai kontraktor, menjalin kerjasama dengan para tokoh masyarakat dan ketua RT RW setempat dan lain sebagainya.

3. Mempersiapkan modal
Dalam membuka usaha desain interior rumah dibutuhkan modal usaha. Adapun modal usaha yang utama dalam bisnis jasa ini adalah keterampilan dan keahlian dalam mendesain ruangan rumah. Selanjutnya memiliki komputer dan software untuk memudahkan dalam merancang dan mendesain interior rumah.

Cara Promosi Usaha Desain Interior Rumah
Promosi usaha desain interior rumah sangat diperlukan untuk mengenalkan bisnis jasa anda ini kepada masyarakat luas. Sehingga terjadi penjualan. Untuk lebih lengkap, berikut ini langkah-langkah promosi dalam rangka memasarkan usaha jasa desain interior rumah bagi pemula, antara lain:

1. Pemasaran dari mulut ke mulut
Cara pemasaran konvensional ini masih efektif hingga sampai saat ini. Kebanyakan usaha yang sukses berawal dari pemasaran dari mulut ke mulut. Oleh sebab itu, dalam rangka membuka usaha desain interior rumah diperlukan promosi usaha dari mulut ke mulut. Anda bisa memulainya dari lingkungan anggota keluarga, tetangga, sanak kerabat, teman, sahabat dan kenalan lainnya untuk membantu anda dalam mempromosikan usaha desain interior rumah sobat secara mulut ke mulut.

2. Mendatangi relasi
Kebutuhan jasa desain interior rumah pastinya dibutuhkan oleh setiap orang yang memiliki rumah. Sehingga anda tidak akan kesulitan dalam mencari konsumen. Setiap orang adalah konsumen. Karena pastinya mereka mempunyai rumah untuk bertempat tinggal. Nah setelah mengetahui hal mendasar itu, untuk memasarkan usaha desain interior rumah maka anda bisa mengunjungi relasi atau kenalan anda. Tawarkanlah jasa desain interior rumah yang anda jalankan dengan harga diskon.

3. Mengikuti pameran
Di berbagai daerah kerapkali diadakan berbagai pameran dalam menyambut hari besar tertentu. Seperti pameran di akhir tahun. Anda bisa menjadikan acara pameran untuk mempromosikan usaha desain interior rumah yang anda jalankan. Dari pameran, anda bisa mendapatkan beberapa orang konsumen yang pada akhirnya menjadi pelanggan. Pendek kata, pameran atau workshop merupakan ajang yang sangat tepat untuk mengenalkan dan memasarkan usaha desain interior rumah yang anda jalankan.

4. Promosi di media sosial
Pengguna media sosial di Indonesia sangat besar jumlahnya sekitar 40 juta pengguna. Ini merupakan pangsa pasar yang sangat besar. Anda bisa mempromosikan usaha jasa desain interior rumah di facebook, twitter, line, whatsapp, blackberry messenger, google plus, instagram, dan lain sebagainya. Dengan iklan promosi usaha desain interior rumah dilihat banyak orang kemungkinan terjadi penjualan sangat besar. Pangsa pasar bukan hanya dari dalam negeri tapi hingga ke luar negeri.

5. Promosi di marketplace dan forum di internet. Seperti olx, bukalapak, tokopedia, shopee, dan lain sebagainya. Cara promosi menggunakan marketplace dan forum di internet terbukti efektif mendatangkan banyak konsumen dan pelanggan. Apalagi untuk berpromosi di marketplace dan forum secara online dilakukan secara gratis. Sehingga bisa mengurangi atau menghemat biaya modal usaha desain interior rumah.

6. Promosi offline
Anda bisa juga melakukan promosi usaha desain interior rumah secara offline. Dengan cara membagikan brosur usaha. Contoh brosur desain interior bisa dicari di google. Selain tu, sobat dapat memasang spanduk, pamflet, neon box dan lain-lain. Cara lain yang paling mudah untuk memasarkan usaha desain interior rumah secara offline adalah dengan cara mengunjungi rumah-rumah yang sedang di bangun. Tawarkanlah pada pemilik rumah usaha desain interior rumah yang anda jalankan dengan harga terjangkau.