Rincian Biaya Modal Usaha Jajanan Anak Sekolah hingga Buka

20 April 2018

Anak sekolah merupakan target pasar yang sangat potensial. Pasalnya jumlah murid di setiap sekolah cukup besar. Ada yang mencapai ratusan hingga ribuan murid. Selain itu, seorang anak sekolah mempunyai bekal uang jajan dan hobi jajan. Atas kenyataan itulah membuat usaha jajanan anak sekolah merupakan suatu bentuk usaha yang tidak akan ada matinya. Selama ada anak bersekolah, maka bisnis jajanan anak sekolah ikut berjalan.

Rincian Biaya Modal Usaha Jajanan Anak Sekolah hingga Buka
Untuk membuka usaha jajanan anak sekolah memerlukan modal investasi dan modal operasional. Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini rincian biaya modal usaha jajanan anak sekolah hingga buka yang menguntungkan bagi pemula, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Biaya investasi usaha jajanan anak sekolah meliputi: Belanja peralatan dan perlengkapan usaha jajanan anak sekolah. Seperti gerobak atau booth menarik Rp 2 juta, kursi, meja, sendok, garpu, piring, mesin sealer plastik Rp 150 ribu, mesin cup sealer Rp 700 ribu, kulkas Rp 2 juta, termos jika usaha es Rp 100 ribu, alat memasak Rp 50 ribu, dll.
usaha jajanan, bisnis jajanan, usaha jajanan anak sekolah, bisnis jajanan anak sekolah, modal usaha jajanan, biaya bisnis jajanan, jajanan kue

Total biaya investasi sebesar Rp 5 juta

▪ Biaya Operasional Usaha
Untuk biaya operasional usaha jajanan anak sekolah mencakup sewa lokasi Rp 200 ribu, upah karyawan Rp 1 juta, pembelian plastik kemasan Rp 100 ribu, bahan baku jajanan anak Rp 900 ribu, dll.

Total biaya operasional usaha jajanan anak sekolah Rp 2,2 juta perbulan.

Keuntungan Usaha Jajanan Anak Sekolah
Usaha jajanan anak sekolah mempunyai perputaran uang sangat cepat dan tidak memerlukan modal besar. Dengan modal uang Rp 50 ribu seseorang sudah bisa memulai usaha jajanan anak sekolah. Misalkan dengan mengemas ulang makanan snack per bal menjadi ukuran serba Rp 500 atau seribuan. Penulis memulai usaha jajanan anak sekolah berupa es krim dengan modal Rp 250 ribu. Dan kini usaha es krim berkembang hingga mempunyai aset senilai Rp 1 juta.

Kekurangan Usaha Jajanan Anak Sekolah
Di samping kelebihan yang dimiliki dari usaha jajanan anak sekolah tersembunyi beberapa kelemahan. Hal utama yang menjadi kekurangan dari bisnis jajanan anak sekolah adalah ketika hari libur atau hari Minggu, usaha jajanan anak sekolah terpaksa tutup dan tidak menghasilkan uang. Karena pangsa pasar yang dibidiknya yaitu anak sekolah sedang libur.

Prospek Bisnis Jajanan Anak Sekolah
Prospek usaha jajanan anak sekolah sangat menjanjikan dan menguntungkan. Mengingat setiap anak sekolah baik TK, SD, SMP maupun SMA mempunyai bekal uang jajan setiap ia pergi ke sekolah. Bekal uang jajan bervariasi dari Rp 5000-Rp 10 ribu tergantung kesanggupan orangtua murid. Dengan bekal uang jajan inilah, ketika hendak masuk kelas, pada saat beristirahat dan selepas pulang sekolah mereka membeli jajanan yang disukainya.

Penulis merupakan salah seorang pengusaha jajanan anak sekolah yang tengah berkembang. Sehingga mengetahui seluk beluk bisnis jajanan anak sekolah dari awal sampai akhir. Ada berbagai jenis jajanan anak sekolah yang sedang trend, laris dan booming. Seperti es krim 1000-an, minuman kemasan, kerupuk seblak dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengalaman penulis terbaru dan fakta di lapangan saat ini, bisnis jajanan anak sekolah sangat ketat tingkat persaingan. Bukan hanya persaingan di dalam sekolah tapi juga di luar sekolah. Ada banyak pedagang yang menjual jajanan anak sekolah baik dengan konsep kantin sekolah dadakan, gerobak keliling, maupun kantin permanen.

Jajanan yang Cocok Dijual di Sekolah
Berikut ini beberapa jajanan anak sekolah yang cocok dijual di lingkungan sekolah, antara lain:

1. Kue Cubit
Anda tentu tak asing lagi dengan kue cubit. Penganan ini sangat disukai semua orang terutama anak-anak sekolah. Anda bisa memulai bisnis jajanan anak sekolah dengan membuat kue cubit dan menjualnya di sekolah. Rasa kue cubit yang sangat enak dan lezat dengan berbagai toping di atasnya seperti meises menambah kelezatan kue cubit yang dicari banyak orang. Harga kue cubit sangat murah. Dikisaran Rp 500 sampai Rp 1000 perbuah.

2. Mie Lidi
Makanan ringan yang cocok dijual di sekolah dasar lainnya adalah mie lidi. Penganan yang dibuat dari tepung ini menjadi primadona anak-anak sekolah dasar. Karena memiliki rasa yang gurih, enak dan lezat. Dengan berbagai variasi rasa. Ada rasa keju, balado, barbeque, asin dan pedas. Harga mie lidi sangat terjangkau bagi anak sekolah dikisaran Rp 500 hingga Rp 1000.

3. Cilok
Jajanan anak sekolah terlaris dan cocok dijual di lingkungan sekolah berikutnya adalah cilok. Kalau dalam bahasa sunda, Cilok singkatan dari aci dicolok. Penganan yang terbuat dari bahan dasar tepung aci ini mempunyai rasa yang gurih dan lezat disertai bumbu kacang yang menambah kelezatan cemilan yang mengenyangkan ini. Harga cilok saat ini di pasaran sekitar Rp 500 perbuah.

4. Telur Gulung
Makanan anak sekolah yang paling laris lainnya dan pas dijual di sekolah adalah telur gulung. Penganan ini kerapkali disebut kerak telor. Dimana telor puyuh dipecahkan kemudian dikocok. Kemudian digoreng dan diberikan bumbu penyedap seperti bumbu keju, merica dan garam. Setelah matang diputar-putar hingga menggumpal menggunakan tusuk sate. Berdasarkan analisis penulis di lapangan, usaha jualan telur gulung laris manis diserbu para pelajar. Dengan harga terjangkau dikisaran Rp 1000 sampai Rp 2000 per porsi.

5. Aromanis
Kuliner aromanis yang disebut juga rambut nenek merupakan salah satu jajanan anak sekolah yang laku keras. Dengan rasa yang manis dan lembut membuat setiap anak sekolah yang mencicipinya menjadi ketagihan. Makanan ringan berserabut dengan rasa manis ini sudah populer sejak lama sebagai jajanan anak sekolah yang terlaris. Dan saat ini kembali booming. Cemilan ini sudah bisa anda temukan di kantin sekolah dan toko makanan dengan variasi dan bentuk serta kemasan yang unik dan menarik.

Demikianlah beberapa jajanan yang cocok sekali dipasarkan di lingkungan sekolah. Sebenarnya masih banyak jajanan anak sekolah yang laris lainnya seperti Telur Mini, Es Kelapa Muda, Kue Lekker, Es Kue Gabus, dan Gulali. Untuk membuat jajanan anak sekolah terlaris di atas, anda bisa mendapatkan resep jajanan anak sekolah paling laris di mbah google.

Persaingan Usaha Jajanan Anak Sekolah
Dari minggu ke minggu, usaha jajanan anak sekolah semakin tinggi tingkat persaingan usaha. Hal ini seiring dengan munculnya para pengusaha pemula yang turut serta dalam membuka usaha jajanan anak sekolah yang menguntungkan. Pertambahan jumlah kompetitor yang signifikan ini membuat sebagian pelaku usaha jajanan anak sekolah mengalami bangkrut. Disebabkan tidak bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pasar yang ada.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa tidak ada produk jajanan anak sekolah yang selamanya laris manis. Mungkin dalam beberapa bulan, ada produk makanan yang laris manis. Tapi beberapa saat kemudian akan mengalami yang namanya kemerosotan dalam penjualan. Hal ini tak terlepas dari sifat anak sekolah yang ingin mencoba sesuatu hal yang baru dalam makanan dan mudah bosan dengan produk baru yang ada. Oleh sebab itu, diperlukan sikap inovatif untuk menyajikan berbagai jajanan anak sekolah unik, menarik dan terbaru. Sehingga bisnis jajanan anak sekolah akan menguntungkan selamanya.

Langkah Membuka Usaha Jajanan Anak Sekolah Laris
Usaha jajanan anak sekolah bisa dijalankan secara rumahan jika letak rumah anda berdekatan dengan sekolah. Untuk memulai usaha jajanan anak sekolah sangat mudah bagi pemula sekalipun. Selain mudah juga tidak membutuhkan modal besar. Berikut ini tahapan dan langkah-langkah membuka usaha jajanan anak sekolah dari awal hingga berdiri yang laris, antara lain:

1. Menentukan konsep usaha
Untuk memulai usaha jajanan anak sekolah langkah pertama yang harus dipikirkan adalah konsep bisnis yang hendak digunakan. Anda bisa membuka usaha jajanan anak sekolah secara keliling, rumahan, sampingan maupun utama. Sobat dapat mendirikan usaha jajanan anak sekolah di dalam lingkungan sekolah dengan menyewa kantin ataupun membuka kantin di luar sekolah. Hal tersebut tergantung keinginan, modal dan sumber daya yang ada.

2. Menjual jajanan anak sekolah yang terlaris. Adapun ciri-ciri jajanan anak sekolah paling laris adalah mempunyai harga yang murah meriah, praktis dan berukuran kecil. Anda bisa mengetahui jajanan anak sekolah terlaris 2018 dengan melihat penjualan produk makanan dan minuman dari kompetitor.

3. Menjual beraneka jenis jajanan anak sekolah. Hal ini diperlukan untuk membuat konsumen lebih banyak pilihan dan membuat kesan usaha jajanan anak sekolah sobat lebih lengkap dari pesaing. Misalnya menjual minuman kemasan, snack, aneka kripik, aneka gorengan, tahu isi, tahu bakso, donat, risoles, klepon, nogosari, puding, lumpia, martabak manis mini, es durian, es nangka, es buah, es pisang ijo, es krim, es tebu, es juice, martabak mini, kerak telor, makanan snack, chiki, taro, cilok, baso tahu, dan lain sebagainya.

Jika anda masih pemula maka anda hendaknya memilih salah satunya yang paling laris. Sehingga bisa fokus. Dan ada yang mengatakan bahwa jajanan anak sekolah terlaris salah satu cirinya adalah mengenyangkan. Hal itu tidaklah selamanya betul.

4. Modal usaha mencukupi. Jika anda tidak mempunyai modal usaha yang mencukupi untuk membuka usaha jajanan anak sekolah maka anda bisa mendapatkan modal usaha tersebut. Dengan cara meminjam uang kepada orangtua, anggota keluarga, sanak kerabat, teman, sahabat, tetangga dan kenalan.

5.Menjual lebih banyak
Salah satu kiat sukses membuka usaha jajanan anak sekolah adalah menjual makanan dan minuman lebih banyak walaupun keuntungan per item barang sangat kecil. Dengan penjualan barang yang banyak maka keuntungan pun menjadi besar. Usaha jajanan anak sekolah menarik banyak orang karena keuntungan yang didapatkan bersifat harian dan rutin. Untuk menjual lebih banyak jajanan maka anda bisa membuka cabang baru ataupun menitipkan jajanan anak sekolah di sejumlah kantin sekolah terdekat.