7 Cara Mendirikan Perusahaan Menggunakan Jasa Pendirian PT

31 Agustus 2021

Bagi seorang pemula, mendirikan sebuah perseroan terbatas (PT) bukanlah perkara mudah, terlebih begitu banyak perizinan yang harus dilalui sampai PT yang  diimpikan benar-benar berdiri. Ruwetnya birokrasi seringkali menjadi hambatan bagi pemula untuk mendirikan perusahaan. Karena itu memanfaatkan jasa pendirian PT menjadi salah satu jalan pintas agar PT yang mau didirikan berjalan lebih cepat.

Saat ini banyak tersedia jasa pendirian PT. Baik yang dibuka secara konvensional maupun online. Anda bisa berkonsultasi langsung ke mereka dengan mendatangi alamat kantornya atau menghubungi via online, misalnya melalui whatsapp. Meski begitu, sebagai pemula tentu sangat baik pula bila sebelum berkonsultasi ke jasa pendirian PT, Anda sudah mengetahui tips-tips dalam mendirikan PT. Bagaimana cara mendirikan perusahaan tersebut, apa yang harus dipersiapkan, dan bagaimana operasional perusahaan nantinya. 

tips mendirikan PT, cara mendirikan PT, cara mendirikan perusahaan, jasa pendirian PT, cara buat perusahaan
Berikut ini 7 cara mendirikan perusahaan menggunakan jasa pendirian PT:
1. Pahami Aturan Pendirian PT
Bagaimana Anda ingin memulai mendirikan PT sangat berhubungan erat dengan aturan dan perizinan. Cobalah untuk memahami terlebih dahulu aturan hukum yang mengatur pendirian PT. Misalnya UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, serta peraturan pemerintah dan ketentuan hukum lainnya yang mengatur pendirian perseroan terbatas. Dengan demikian Anda memiliki bekal yang cukup terkait ketentuan hukum dan perundang-undangan yang mengatur pendirian PT.

2. Pahami Persyaratan Pendirian PT
Sebelum Anda berkonsultasi ke jasa pendirian PT, cobalah untuk mengetahui beberapa hal juga yang mengatur persyaratan pendirian PT. Tentu nanti Anda juga akan mendapat penjelasan lebih lanjut dari konsultan jasa pendirian PT, namun setidaknya dengan mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan, persyaratan apa saja yang diminta, tentu akan lebih memudahkan jalan ke depannya.

3. Sumber Pembiayaan PT
Perihal berikutnya yang harus Anda pahami. Bahkan ini sangat fundamental. Yakni bagaimana Anda akan membiayai perusahaan tersebut. Sumber pembiayaan PT berasal darimana, apakah melalui dana pribadi yang sudah dipersiapkan sebelumnya atau melalui sumber lain. Karena pembiayaan perusahaan akan berhubungan erat dengan operasional yang tentunya membutuhkan biaya, terlebih di awal-awal berdirinya perusahaan. Keuntungannya sekarang melalui UU Cipta Kerja yang baru, tidak lagi ditetapkan modal dasar minimal pendirian PT, sehingga pendirian PT memudahkan pelaku usaha.
cara mendirikan PT, tips mendirikan PT, cara membangun perusahaan, cara mendirikan perusahaan, jasa pendirian PT, jasa PT

4. Ketahui Cara Pengelolaan PT
Mengelola perusahaan sekelas PT tentulah berbeda dengan mengelola usaha rumah tangga skala kecil. Persoalan lebih teknis harus Anda pahami. Bahkan sebelum pendirian PT tersebut. Setidaknya sebagai pemula, Anda harus cukup mengerti bagaimana perusahaan tersebut dijalankan. Bagaimana mengelolanya ke depan dan apa saja yang harus dipersiapkan dari awal. Mungkin Anda bisa berkonsultasi dengan rekan yang telah dulu mendirikan perusahaan serupa, sehingga ketika mendatangi jasa pendirian PT persoalan tersebut bisa dijelaskan dengan rinci.

5. Pahami Sumber Penghasilan Perusahaan
Tips mendirikan perusahaan berikutnya yang harus diketahui seorang pemula adalah sumber penghasilan perusahaan. Anda setidaknya sudah harus memiliki gambaran darimana perusahaan mendapatkan pemasukan, apakah pemasukan tersebut memberikan keuntungan, dan cari tahu juga apakah dengan potensi penghasilan yang bakal didapat bisa menutup biaya operasional dan modal perusahaan. Sebagai pemula cobalah menggali hal ini.

6. Ketahui Manajemen Keuangan
Sebagai pemula memahami manajemen keuangan sebuah perusahaan sangat penting. Meski terlihat sepele, pengelolaan keuangan yang salah urus bisa menyebabkan hal vatal. Sebut saja misalnya kebangkrutan. Pembukuan keuangan yang rapi, detil, dan sistematis bisa sangat membantu kinerja sebuah perusahaan. Karena itu, memilih orang yang tepat untuk mengatur keuangan perusahaan perlu dipertimbangkan saat memulai menjalankan perusahaan.
jasa pendirian PT, layanan pendirian PT, tips pendirian PT, cara mendirikan PT, jasa pembuatan PT

7. Pengembangan Perusahaan
Hal selanjutnya yang juga perlu dipahami adalah masa depan perusahaan ke depannya. Apakah PT yang akan dibangun tersebut memiliki peluang bagus untuk pengembangan bisnis . Bagaimana ceruk pasarnya, tantangan yang bakal dihadapi, serta peluang agar perusahaan lebih besar. Berkonsultasi dengan jasa pendirian PT atau kepada orang yang berpengalaman mungkin bisa memberikan Anda masukan-masukan sebelum merintis perusahaan baru.

Nah, itulah beberapa cara mendirikan perusahaan, khususnya PT bagi seorang pemula. 
 
Jasa Pendirian PT dari Fastwork
Bagi Anda yang telah siap untuk mulai membangun perusahaan sebaiknya manfaatkan juga berbagai layanan jasa pendirian PT. Misalnya yang disediakan Fastwork di https://fastwork.id/legal/lisence

Yang menarik dari jasa pendirian PT dari Fastwork adalah banyak penyedia jasa pendirian PT yang ikut bergabung di Fastwork. Sehingga Anda bisa memilih, melakukan perbandingan harga dan layanan, serta menemukan konsultan yang cocok untuk jenis perusahaan yang akan Anda bangun.

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa berkonsultasi langsung dengan para konsultan jasa pendirian PT dari Fastwork dengan tarif terjangkau. Dengan berkomunikasi langsung kepada para konsultan yang tepat, persiapan Anda akan semakin matang sebelum memulai mendirikan PT.

Selain jasa konsultasi, hal lain yang juga bisa langsung Anda manfaatkan adalah jasa pendirian PT yang mereka tawarkan. Apa saja yang bisa mereka bantu untuk Anda, misalnya layanan pengurusan apa saja yang mereka berikan, izin-izin apa saja yang akan mereka selesaikan.  Serta total biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mengurus semua izin tersebut hingga perusahaan berdiri.

Dengan memanfaatkan jasa pendirian PT dari Fastwork, efisiensi waktu, tenaga, dan juga biaya bisa dihemat. Terutama bagi Anda seorang pemula yang belum begitu paham seluk beluk pengurusan izin perusahaan. Cukup Anda siapkan biayanya, biarkan mereka yang bekerja mengurus izin perusahaan Anda. Semoga berhasil!