18 Peluang Usaha di Desa Berkembang yang Laris dan Menguntungkan

26 April 2019

Peluang usaha di desa berkembang kini patut dipertimbangkan. Sebab persaingan antar pelaku usaha pun belum terlalu banyak sehingga keuntungan yang didapat akan sangat potensial. Selain itu, beberapa jenis usaha memiliki bahan baku yang mudah ditemukan di pedesaan.

Hal terpenting ialah kreativitas serta daya juang Anda dalam melihat potensi usaha yang tepat di wilayah desa tersebut. Apabila dapat mengelolanya dengan baik maka berbagai keuntungan akan di dapat seiring berjalannya waktu.

18 Peluang Usaha di Desa yang Patut Anda Pertimbangkan
Membuka usaha dianggap dapat menjadi solusi yang tepat memperbaiki ekonomi masyarakat desa. Apalagi saat ini mencari lapangan kerja bukanlah perkara yang mudah. Persaingan dan syaratnya yang terlampau tinggi membuat banyak orang gagal mendapatkannya.

Permasalahannya adalah jenis usaha apa yang akan dipilih nantinya. Nah, di bawah ini akan ditampilkan beberapa peluang usaha di desa berkembang yang laris dan menguntungkan:

1. Bisnis Pertanian
Keadaan suatu desa dikenal memiliki banyak sekali lahan sawah dan kebun. Anda yang mempunyai lahan dapat memanfaatkannya dengan menanam berbagai macam hasil perkebunan dan pertanian. Apabila musim panen tiba maka Anda akan dapat dengan mudah menjualnya di pasaran.
peluang usaha desa berkembang, bisnis pertanian, usaha pertanian, usaha buah, usaha sayuran, buah labu, labu

Bila tidak mempunyai banyak lahan bukan berarti Anda tidak bisa usaha di bidang pertanian. Anda bisa menjual hal lain di toko seperti bibit unggul, peralatan untuk pertanian serta pupuk. Membeli dan menjual kembali hasil tani juga cukup menguntungkan.

2. Budidaya Ikan
Budidaya ikan dapat menjadi peluang usaha di desa berkembang yang cukup menguntungkan. Sebab beberapa jenis ikan seperti lele, emas dan nila tidak membutuhkan perawatan yang sulit dalam membudidayakannya. Anda hanya perlu menyediakan kolam sebagai tempat menampungnya.
peluang usaha desa berkembang, bisnis desa berkembang, usaha budidaya ikan, budidaya ikan, bibit ikan, peternakan ikan, bisnis ikan, ikan, ternak ikan

Modal yang dibutuhkan tidaklah mahal karena harga bibit lele cukup bersahabat. Apabila telaten dan tekun usaha ini dapat sangat menguntungkan. Bila tiba masa panen, Anda dapat menjualnya di pasaran ataupun di banyak restoran yang menyediakan menu berbahan ikan.

3. Menjahit
Tidak semua orang memiliki kemampuan menjahit. Sebab menjahit merupakan kemampuan yang cukup istimewa. Apabila jahitan Anda sudah dikenal banyak orang tentu akan sangat banyak pesanan nantinya. Dengan begitu keuntungan yang didapat berkali-kali lipat.
peluang usaha desa berkembang, bisnis desa berkembang, usaha jahit, bisnis jahit, jas, bisnis jahit pakaian

Modal yang dibutuhkan juga tidaklah mahal karena hanya membutuhkan bahan dan mesin jahit. Harga bisa Anda patok sepenuhnya, apabila modelnya cukup sulit dan terbaru tentu harga yang dipatok bisa sangat mahal.

4. Usaha Laundry
Banyak masyarakat kini sibuk dengan berbagai aktivitasnya, sehingga beberapa hal terlewatkan seperti mencuci baju. Jika sudah begitu maka jasa laundry akan menjadi pilihan yang tepat. Maka dari itu bisnis laundry kini menjadi peluang usaha di desa berkembang yang potensial.
peluang usaha desa berkembang, peluang bisnis desa berkembang, bisnis laundry, usaha laundry, usaha cuci pakaian, pakaian, lipat pakaian

Bisnis pencucian pakaian memang sudah banyak, namun hal tersebut terasa wajar. Anda hanya perlu tekun dan mempertahankan kualitas maka akan banyak pelanggan yang puas. Sehingga tidak akan berpindah ke lain tempat.

5. Usaha Pakaian
Membicarakan suatu pakaian tentu tidak akan habisnya. Mengingat setiap insan akan selalu membutuhkannya. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut dengan menjual secara grosir berbagai model pakaian dengan harga miring.
peluang usaha desa berkembang, peluang bisnis di desa berkembang, usaha pakaian, bisnis jualan pakaian, jualan pakaian, pakaian pria, pakaian

Kunci dari bisnis pakaian ialah ketelatenan Anda dalam menawarkan produk. Selain itu, mencari supplier yang menjual beragam model pakaian terbaru dengan harga yang terjangkau merupakan hal penting.

6. Usaha Kue / Roti
Peluang usaha di desa berkembang yang menguntungkan selanjutnya ialah bisnis kue. Kue dan roti merupakan hidangan yang harus tersedia di berbagai tempat. Tidak hanya itu, beberapa acara seperi arisan dan rapat juga mewajibkan kue dalam setiap hidangannya.
peluang bisnis desa berkembang, usaha desa berkembang menguntungkan, bisnis kue, usaha cake, cake, kue, cokelat

Anda yang hobi memasak tentu tidak boleh melewatkan hal tersebut. Awalnya Anda  dapat menawarkan ke beberapa kerabat dekat lalu menjalar ke tempat lain. Apabila sudah dikenal lezat maka omzet pendapatannya cukup menggiurkan.

7. Jual Pulsa
Kebutuhan akan pulsa memang cukup tinggi. Sebab hampir setiap orang kini mempunyai telepon genggam. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan salah satu ruangan rumah sebagai konter yang menjual pulsa.

Anda juga dapat menjual berbagai keperluan lain seperti aksesoris smartphone atau juga kartu perdana. Hal tersebut akan membuat konter Anda terlihat sedikit lengkap.
bisnis pulsa, usaha pulsa, peluang bisnis di desa berkembang, ponsel, hp, karir, jual pulsa

8. Usaha PPOB
Bisnis pembayaran online bisa dikatakan merupakan peluang usaha di desa berkembang yang patut dipertimbangkan. Sebab selain keuntungannya yang menggiurkan, beberapa tempat belum ada yang membuka usaha tersebut.

Bisnis ini tidak terlalu membutuhkan banyak modal karena hanya dibutuhkan laptop atau komputer disertai sistem yang transaksi. Beragam transaksi pembayaran online seperti pembayaran listrik, tagihan air, pulsa dan lain-lain dapat dilakukan di bisnis tersebut nantinya.

9. Bisnis Kerajinan Tangan
Bagi Anda yang mempunyai kreativitas dan seni yang tinggi. Tak salah jika memproduksi berbagai kerajinan tangan. Modal yang dikeluarkan cukup kecil karena berbagai bahannya mudah dapat berupa limbah tak terpakai.

Apabila Anda tekun dan rajin dalam menjalankan bisnis ini tentu akan sangat menguntungkan. Apalagi jika produk yang dibuat mempunyai model dan corak yang sulit tentu pantas dijual dengan harga tinggi.

10. Budi Daya Kroto
Budi daya kroto memang tidak terlalu populer saat ini, namun bukan berarti usaha tersebut tak layak dipertimbangkan. Banyak orang kini mempunyai beragam koleksi burung kicau dan burung  itu sendiri membutuhkan kroto sebagai pakan utamanya.

Kroto yang berkualitas dipercaya mempengaruhi suara burung tersebut. Bila Anda dapat membudi dayakan kroto dengan kualitas tinggi, bukan tidak mungkin banyak orang akan berani mahal membayar produk Anda.

11. Usaha Katering
Peluang usaha di desa berkembang selanjutnya yakni usaha katering. Bisnis tersebut cukup menjanjikan sebab berbagai perusahaan ataupun acara tertentu kini lebih banyak memesan masakan katering yang dianggap lebih higienis dan mudah dalam memesannya.

Modal yang dikeluarkan tidaklah besar, apalagi Anda dapat memasaknya di rumah. Hal terpenting ialah sistem promosi yang akan diterapkan sehingga banyak orang tahu keberadaan usaha Anda.

12. Jual Produk secara Online
Meskipun berada di desa bukan berarti Anda tidak paham mengenai sistem online. Bila Anda sudah mempunyai berbagai jenis bisnis seperti pakaian, sepatu, jilbab dan lain-lain. Anda dapat mempromosikan dan menjualnya secara online. Dengan begitu penghasilan Anda dapat berlipat.

13. Jasa Pangkas Rambut
Jasa pangkas rambut dianggap menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan sebab modal yang akan dikeluarkan tidak banyak. Hal terpenting ialah kemampuan Anda dalam memotong rambut. Apabila sudah dikenal maka keuntungan yang akan didapat akan sangat menggiurkan.

14. Usaha Jilbab
Toko yang menjual jilbab memang sudah menjamur di berbagai tempat. Namun bukan berarti Peluang usaha di desa berkembang yang satu ini tidak lagi menarik. Persaingan merupakan hal biasa dan ketekunan serta kerajinan Anda dalam mengelolanya akan sangat berpengaruh.

Apabila produk yang Anda sediakan memiliki beragam model terbaru pelanggan tak akan segan berlangganan. Apalagi jika harga yang ditawarkan terjangkau. Oleh karena itu, pertama yang harus dilakukan ialah mencari supplier yang menjual produk berkualitas dengan harga miring.

15. Jasa Fotokopi
Jika tempat tinggal Anda berada tak jauh dari sekolahan, membuka jasa tempat fotokopi layak dipertimbangkan. Kebutuhan melipatgandakan kertas memang tak akan terhindarkan lagi. Anda juga bisa menjual beragam ATK agar terlihat semakin lengkap dan menambah keuntungan.

16. Jasa Les
Membuka tempat les menjadi peluang usaha di desa berkembang yang cukup menarik. Modal yang dibutuhkan tidak banyak sebab lebih menekankan keilmuan yang Anda miliki. Meskipun berada di desa, kebutuhan akan mencari ilmu tambahan seperti mengikuti les juga sangat tinggi.

17. Ternak Hewan
Beternak hewan dapat menjadi pilihan yang tepat sebab lahan di desa masih cukup luas. Apabila Anda dapat menjaga kualitas hewan ternak yang dipelihara tentu pertumbuhannya akan terjaga dengan baik dan harga jualnya akan melambung tinggi.

18. Usaha Kosmetik
Kebutuhan akan perlengkapan kosmetik memang tidak ada matinya. Kebanyakan perempuan pasti membutuhkannya untuk mempercantik diri. Maka dari itu peluang usaha di desa berkembang bidang kosmetik menjadi sesuatu yang layak dipertimbangkan.

Tips Memilih Usaha di Desa yang Tepat
Pilihan berbagai peluang usaha di desa berkembang memang cukup banyak seperti yang sudah diterangkan di atas. Namun bukan berarti Anda akan dengan mudah menjalankannya. Perlu beberapa pertimbangan sebelum benar-benar memutuskannya. Beberapa tipsnya antara lain :

1. Pilihlah usaha sesuai dengan minat dan bakat. Bila usaha yang Anda jalankan sesuai minat Anda tentu dalam menjalankannya akan lebih mudah. Misalnya Anda hobi memasak maka memiliki usaha restoran maupun katering merupakan Keputusan yang tepat.

2. Pilihlah bisnis sesuai dengan kemampuan. Dalam menjalankan suatu usaha sebaiknya jangan terlalu memaksakan berbagai hal. Sebab dapat membahayakan kelangsungan usaha Anda nantinya.

3. Pilihlah usaha yang memiliki prospek cerah. Beberapa dari Anda kurang jeli dalam mempertimbangkan jenis usaha apa yang memiliki prospek cerah ke depannya. Maka itu survei terlebih dahulu jenis usaha yang tepat diterapkan di wilayah Anda.

4. Pilihlah jenis usaha yang memiliki untung besar. Hal tersebut cukup penting agar nantinya kelangsungan bisnis Anda tetap terjaga dan pastinya laba selalu didapat.

Itulah berbagai peluang usaha di desa berkembang yang laris dan juga menguntungkan. Meskipun tinggal di desa bukan berarti Anda akan sulit dalam membuka usaha. Bahkan justru dapat menambah keuntungan tersendiri sebab modal yang akan dikeluarkan tidak terlalu besar dibanding bisnis yang lain. Persaingan pun belum terlalu banyak. Kuncinya ialah sikap inovatif dan pantang menyerah Anda dalam mengelolanya.