13 Cara Ternak Bebek Pedaging Untung Jutaan Buat Pemula

22 April 2018

Ternak bebek merupakan salah satu jenis usaha budidaya unggas yang paling terkenal sesudah ternak ayam. Adapun yang diambil manfaat dari bebek adalah daging dan telor. Dalam membuka sebuah usaha budidaya dan beternak bebek cukuplah mudah untuk dijalankan oleh siapapun. Asalkan mempunyai pengetahuan dasar cara budidaya bebek yang baik dan benar. Namun bagi sebagian orang khususnya pemula beternak bebek pedaging dan petelur cukup sulit. Hal ini dikarenakan mereka belum mengetahui cara dan strategi untuk membesarkan bebek secara mudah dan cepat.

13 Cara Ternak Bebek Pedaging Untung Jutaan Buat Pemula
Bagi anda yang penasaran dan mau mendapatkan penghasilan tambahan dari membuka usaha bebek pedaging, berikut ini 13 cara ternak bebek pedaging untung jutaan buat pemula, antara lain:
cara ternak bebek pedaging, cara ternak bebek, ternak bebek pedaging, ternak bebek, usaha ternak bebek, ternak bebek untung, ternak bebek pemula, bebek pedaging

1. Niatkan untuk ibadah
Pada tahap awal membuka usaha ternak bebek pedaging niatkanlah untuk ibadah kepada Allah SWT. Salah satu jalan atau sarana mencari rezeki yang halal. Ucapkanlah bismillah ketika memulai bisnis ternak bebek supaya berkah.

2. Memilih bibit bebek pedaging unggul
Langkah berikutnya adalah memilih bibit bebek pedaging yang baik. Ada banyak jenis bebek pedaging yang unggul seperti hibrida, bebek peking dan bebek mojosari. Namun kebanyakan para peternak bebek pedaging lebih menyukai memilih jenis bibit bebek pedaging dari China yaitu bebek peking yang memiliki pertumbuhan badan sangat cepat.

Pastikan bibit bebek pedaging dipilih yang jantan. Sebab pertumbuhan cepat besar. Dalam waktu 40 hari, hasil budidaya bebek sudah bisa dipanen. Selain itu, harga bibit bebek pedaging jantan dijual lebih murah ketimbang bebek betina. Hal ini juga akan mengurangi biaya operasional usaha beternak bebek pedaging.

3. Memberikan makanan pada bebek secara seimbang
Dengan kecukupan makanan bergizi tinggi yang diberikan pada bebek membuat bebek pedaging tumbuh cepat besar dalam waktu singkat hingga 40 hari, tumbuh sehat, kuat terhadap berbagai macam penyakit dan bongsor. Anda dapat membuat pakan bebek sendiri secara alami. Dengan mencampurkan tepung bulu unggas, tepung jagung, tepung ikan, bekatul, dedak dilengkapi berbagai macam sayuran, batang pisang dan daun pepaya.

4. Pemeliharaan dan perawatan bebek yang baik
Hal berikutnya cara budidaya bebek pedaging cepat besar dengan memperhatikan cara pemeliharaan atau perawatan bebek. Pastikan bebek pedaging dipelihara dan dirawat secara baik dan benar serta menyehatkan.

5. Pencegahan dan penanganan penyakit pada bebek pedaging
Yang sering menjadi kendala dalam usaha budidaya bebek pedaging adalah adanya serangan hama dan penyakit pada bebek. Seperti bebek mengidap penyakit Duck Cholera dan Salmonelosis. Adapun ciri atau tanda bebek mengalami penyakit ini yaitu bebek menderita sesak nafas dan mencret. Oleh sebab itu, untuk mencegah bebek pedaging terkena berbagai penyakit maka anda harus rutin memberikan vaksin pada hewan unggas ini secara teratur dan menjaga kebersihan sanitasi dan kandang bebek pedaging.

6. Mempersiapkan kandang bebek pedaging yang nyaman dan ideal
Anda bisa membuat sendiri kandang ternak bebek potong maupun membelinya di para peternak bebek potong yang bangkrut. Luas kandang bebek disesuaikan dengan jumlah ternak bebek pedaging. Pembuatan kandang bebek bisa terbuat dari bambu maupun jenis kayu lainnya dengan model panggung. Sehingga bebek pedaging tidak kedinginan dan memudahkan dalam membersihkan kotoran bebek.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah memastikan arah kandang menghadap ke arah sinar matahari. Sehingga setiap pagi kandang ternak bebek pedaging terpapar oleh sinar matahari pagi yang menyehatkan, mengandung vitamin D dan mampu membunuh kuman penyakit dalam kandang. Yang membuat bebek pedaging tumbuh sehat, bongsor dan berdaging tebal. Sediakan pula tempat makan dan minum bagi bebek.

7. Proses perkawinan bebek
Setelah bibit bebek jantan dan betina berkualitas baik sudah tersedia, langkah berikutnya adalah mengawinkan bibit bebek pedaging jantan dan betina. Sehingga didapatkan telur bebek yang berkualitas baik dan keturunan yang tak jauh beda dengan sang indukan yang unggul.

8. Pemberian vitamin
Untuk menjaga kesehatan bebek pedaging maka anda bisa mencampurkan pakan bebek dengan vitamin.

9. Penjemuran bebek
Pada waktu pagi hari yang cerah, anda bisa mengeluarkan bebek dari kandang untuk dijemur sementara di bawah sinar matahari. Cara ini sangat berguna supaya bebek tidak stres dan mendapatkan pasokan sinar matahari langsung yang bermanfaat untuk membunuh penyakit pada bebek pedaging.

10. Menyiapkan penghangat
Untuk mencegah bebek pedaging kedinginan, anda bisa menambahkan fasilitas penghangat pada kandang bebek.

11. Mengawasi ketersediaan minuman
Dalam membuka usaha ternak dan budidaya bebek pedaging pastikan ketersediaan minuman bagi bebek. Jangan sampai minuman habis dan tidak diisi lagi. Jika ada minuman tersisa lebih baik buang dan ganti yang baru. Sebab sangat mungkin minuman yang tersisa sudah terkontaminasi.

12. Menjaga kebersihan kandang setiap hari
Untuk memastikan bebek pedaging tumbuh dengan sehat dan terbebas dari berbagai penyakit maka anda harus rutin membersihkan kandang bebek dari kotoran.

13. Belajar terus
Bagi seorang pemula yang membuka usaha ternak bebek di awal permulaan tentunya akan menghadapi berbagai kendala dan rintangan. Salah satunya bebek pedaging mengalami kematian satu persatu. Namun hal ini jangan membuat anda putus asa. Tetaplah sabar dan carilah solusi untuk mengatasi bebek mengalami kematian.

Analisis Usaha Ternak Bebek Pedaging
Ada banyak teknik budidaya bebek pedaging yang digunakan di masyarakat. Seperti teknik tradisional atau umbaran, sistem semi intensif dan sistem intensif modern. Dan yang paling memberikan hasil maksimal budidaya hewan unggas ini dengan menggunakan teknik dan cara budidaya bebek pedaging sistem intensif modern. Diharapkan para peternak bebek mendapatkan kesejahteraan dan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Salah satu cara beternak bebek pedaging cepat besar adalah menggunakan teknik organik.

Untuk membuka usaha  ternak bebek pedaging dengan sukses dan menguntungkan ada beberapa syarat dan skill yang harus dipenuhi. Seperti kemampuan memelihara dan merawat bebek dengan baik dan benar serta kemampuan untuk memasarkan bebek pedaging yang telah dipanen. Tanpa adanya kemampuan menjual dan memasarkan bebek pedaging maka anda tidak akan mendapatkan untung atau laba. Dan bisnis budidaya bebek potong anda akan berjalan secara sia-sia.

Strategi Pemasaran Bebek Pedaging
Bagi orang yang telah menekuni bisnis beternak bebek pedaging sejak lama mungkin tidak akan kesulitan dalam pemasaran bebek potong. Sebab ia sudah mengetahui dengan lengkap cara memasarkan daging bebek dari awal sampai akhir. Namun bagi seorang pemula tentu akan kesulitan untuk memasarkan bebek pedaging yang telah dipanen. Oleh sebab itu, penulis akan menjelaskan cara dan strategi pemasaran bebek pedaging yang perlu diketahui oleh para pemula, antara lain:

1. Usaha yang jual bibit bebek pedaging atau DOD
Untuk memasarkan bebek pedaging yang telah dipanen, anda bisa melakukan berbagai cara. Salah satu caranya adalah memasarkan kepada para pengusaha yang menjual bibit bebek pedaging. Sebab biasanya mereka bukan hanya menjual bibit bebek pedaging. Tapi juga menerima hasil panen bebek pedaging untuk dijual lagi kepada pihak pengepul besar. Usaha yang jual bibit bebek potong atau DOD umumnya mengetahui sistem distribusi dan pemasaran bebek pedaging dari awal sampai akhir.

2. Mengadakan kerjasama dengan pihak restoran, supermarket, warung makan dan warteg
Berbagai restoran, warung makan, warteg, supermarket dan rumah makan sangat mudah kita jumpai di berbagai sudut kota. Dalam satu wilayah anda bisa mendapatkan beberapa gerai restoran ataupun warteg. Ini merupakan salah satu tempat pemasaran atau market bebek potong yang bagus bagi usaha ternak bebek pedaging. Sebab kebutuhan restoran, rumah makan, warteg maupun hotel sangat besar terhadap daging bebek untuk dijadikan olahan makanan yang enak dan lezat yang pastinya disukai konsumen.

3. Pengepul
Tempat yang paling mudah untuk memasarkan hasil panen bebek pedaging dalam jumlah banyak adalah pihak pengepul. Anda bisa menemukan beberapa pengepul atau bandar bebek pedaging di daerah anda. Seperti di desa penulis, secara rutin pihak pengepul mendatangi para peternak bebek potong yang mau menjual bebek yang telah dipanennya. Untuk mengetahuinya, pengepul bebek potong di daerah anda maka anda bisa mencari informasi di internet, tabloid peternakan dan tabloid kuliner, selain itu, sobat bisa bertanya langsung kepada pihak peternak bebek potong.

4. Memasarkan secara online
Anda bisa menjual bebek pedaging yang telah dipanen di toko online, forum, marketplace dan blog. Pangsa pasar yang dituju adalah konsumen langsung yang membutuhkan daging bebek untuk dikonsumsi. Cara memasarkan bebek potong secara online melalui bukalapak, tokopedia, shopee, lazada, olx dll yang terbukti efektif dengan pangsa pasar yang sangat luas dari berbagai daerah di Indonesia.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Ternak Bebek Pedaging
Untuk membuka usaha ternak bebek pedaging secara tradisional maupun modern memerlukan yang namanya modal usaha. Yang meliputi modal investasi seperti pembuatan kandang bebek, lahan yang memadai dan jauh dari perumahan, belanja peralatan ternak bebek dll. Untuk modal biaya operasional meliputi pembelian pakan, belanja bibit bebek pedaging unggul, dan lain sebagainya.

Bagi orang yang mempunyai modal keuangan yang sangat besar maka membuka usaha ternak bebek pedaging sangat mudah dengan menggunakan modal yang ada. Namun bagi seorang pemula yang tidak mempunyai modal keuangan yang besar maka membuka usaha budidaya bebek potong akan sangat sulit. Keterbatasan modal membuat usaha ternak bebek pedaging sulit diwujudkan.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan modal usaha ternak bebek pedaging bagi pemula yaitu meminjam kepada orangtua. Sebab kedua orangtua baik ayah atau ibunda adalah mereka salahsatu orang utama yang mencintai kita sejak kecil hingga saat ini. Mereka ingin anaknya sukses dalam kehidupannya termasuk dalam dunia bisnis. Sehingga mereka tak segan membantu anda selama mereka mampu. Anda bisa meminjam uang kepada kedua orangtua untuk modal usaha ternak bebek pedaging. Utarakan niat baik anda untuk memulai bisnis ternak bebek pedaging dan janjikan waktu pengembalian uang.

Selain itu, sobat bisa mendapatkan modal usaha budidaya bebek pedaging dengan meminjam uang kepada anggota keluarga yang mempunyai kelebihan harta, sanak kerabat, tetangga, rekan kerja, sahabat, teman, kenalan dan investor lainnya. Terapkanlah sistem kerjasama usaha atau patungan dengan pembagian keuntungan secara adil dan proporsional.