14 Keuntungan Bisnis Waterboom dan Biaya Pembuatannya

24 Maret 2018

Membuka sebuah usaha tidaklah gampang. Apalagi bagi seorang pemula. Salah satu hal yang paling utama yang mesti dipunyai oleh seseorang yang hendak membuka suatu bisnis adalah ketersediaan modal usaha yang mencukupi. Baik modal investasi maupun modal operasional sehari-hari. Walaupun banyak jenis bisnis modal kecil dan tanpa modal semua itu memerlukan modal keterampilan. Namun kebanyakan bisnis memerlukan modal besar. Seperti jenis usaha waterboom yang betul-betul membutuhkan modal usaha yang cukup besar.

14 Keuntungan Bisnis Waterboom dan Biaya Pembuatannya
Adapun yang menjadi keuntungan bisnis waterboom sangat banyak. Untuk lebih lengkap, berikut ini 14 keuntungan bisnis waterboom dan biaya pembuatannya, antara lain:

1. Usaha yang abadi
Inilah jenis bisnis yang tidak mengenal musim dan selalu ramai pengunjung setiap hari. Apalagi di hari libur anak sekolah atau hari minggu. Omset usaha bisa naik dua kali lipat. Bisnis waterboom merupakan usaha dalam bidang wisata yang selalu dibutuhkan oleh orang setiap hari. Sehingga bisnis ini abadi dan tak pernah sepi pengunjung.
usaha waterboom, bisnis waterboom, keuntungan bisnis waterboom, biaya waterboom, waterboom, kolam renang

2. Pangsa pasar sangat luas
Untuk pangsa pasar sangat luas yaitu dari mulai kalangan anak sekolah, mahasiswa, karyawan, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mereka semua memerlukan yang namanya hiburan seperti pergi ke waterboom dan waterpark untuk melepas rasa penat, lelah dan membangun relaksasi dan kegembiraan setiap hari.

3. Mudah Pengelolaan
Untuk mengelola waterboom sangat mudah. Karena sudah berdiri dalam bentuk bangunan layaknya sebuah rumah kontrakan atau kost-kostan. Kita hanya cukup mengelolanya dengan sedikit biaya perawatan. Penghasilan yang didapatkan bersifat pasif. Untuk karyawan yang dibutuhkan antara lain bagian kantin, bagian tiketing, bagian keamanan atau guide, bagian memasak, bagian parkir, bagian loker dan lain sebagainya.

4. Penghasilan dari tiket
Harga tiket waterboom bervariasi dari mulai Rp 20 ribu hingga Rp 60 ribu. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi lingkungan setempat dan pangsa pasar yang anda tuju.

5. Penghasilan dari privat renang
Tidak semua anak-anak dan setiap orang bisa berenang. Namun keterampilan berenang sangat penting dalam kehidupan dan bisa dipelajari dengan baik. Oleh sebab itu, anda bisa membantu mereka dengan membuka usaha kursus les berenang dengan biaya terjangkau.

6. Pendapatan dari kafetaria atau kantin
Harga jual makanan dan minuman di kantin waterboom cukup mahal. Namun dengan harga tinggi kuliner yang dijual tetap laris manis. Adapun kuliner yang dijual di cafetaria bisa berupa mie rebus, bakso tahu, baso mie, siomay, pop mie, minuman kemasan dan lain sebagainya.

7. Penghasilan dari parkir

8. Pendapatan dari rental loker
Penghasilan tambahan dari bisnis waterboom atau waterpark bisa dari usaha penyewaan loker. Harga jasa sewa loker biasanya sebesar Rp 10 ribu.

9. Penghasilan dari rental ban dan alat kelengkapan renang

10. Omset harian
Penghasilan yang didapatkan dari bisnis waterboom bersifat harian. Pada hari minggu atau hari libur umumnya pendapatan harian usaha kolam renang waterboom bisa meningkat hingga tiga kali lipat dari hari biasa.

11. Pengunjung yang stabil
Bisnis waterboom yang bagus dan lengkap cenderung mempunyai tingkat pengunjung yang stabil bahkan cenderung meningkat. Hal ini seiring dengan jumlah penduduk Indonesia yang bertambah banyak setiap tahun. Yang membuat bisnis kolam renang waterboom sangat menjanjikan untung besar secara mudah. Selain sebagai sarana rekreasi maupun wisata, waterboom merupakan sarana untuk olahraga berenang yang menyehatkan.

12. Prospek cerah
Prospek bisnis waterpark atau kolam renang waterboom yang sederhana sekalipun sangat cerah. Mengingat bisnis ini bersifat jangka panjang. Keuntungan yang didapatkan bukan hanya hari ini tapi untuk beberapa tahun kedepan.

13. Mengurangi pengangguran
Anda bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk dipekerjakan sebagai pegawai bagian tiketing, kebersihan, karyawan kafe atau kantin, guru bimbingan belajar berenang, pegawai bagian penyewaan ban, bagian parkir, karyawan bagian loker, bagian keamanan dan karyawan bagian lainnya. Sehingga turut serta dalam menciptakan lapangan kerja baru di daerah anda ikut serta dalam mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

14. Pemasaran mudah
Untuk memasarkan bisnis waterboom sangat mudah. Karena pangsa pasar sudah terbentuk dengan sendirinya. Sehingga tidak memerlukan promosi dan pemasaran yang gencar. Dengan promosi secara sederhana dan bekerjasama dengan pihak sekolah cukup memadai untuk membuat bisnis waterboom ramai pengunjung.

Biaya Pembuatan Waterboom Mini
Lalu yang menjadi bahan pertanyaan adalah berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai dan membuka usaha waterboom. Berikut ini rincian biaya pembuatan waterboom mini dari awal sampai siap berdiri, antara lain:

1. Pembelian lahan yang luas untuk pembuatan kolam renang waterboom, sarana kamar mandi, kantin, taman dan lahan parkir. Namun jika anda mempunyai lahan yang luas di tempat yang strategis maka anda bisa menghemat modal usaha waterboom. Biaya pembelian lahan yang sangat luas di kota maupun desa cukup mahal di kisaran ratusan juta rupiah.

2. Membayar jasa kontraktor waterboom
Anda bisa mencari daftar kontraktor waterboom yang terpercaya, berkualitas, berpengalaman dengan harga murah. Jika modal keuangan yang anda miliki terbatas maka anda bisa membuka bisnis kolam renang waterboom mini yang sangat sederhana.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Waterboom
Bagi anda yang ingin membuka dan menjalankan bisnis waterboom. Diperlukan perhitungan bisnis kolam renang waterboom yang tepat terutama dalam modal usaha yang dibutuhkan. Namun bagi anda yang terkendala dengan modal usaha yang sangat besar sedangkan keuangan yang dimiliki sangat minim maka tidak usah berkecil hati. Ada berbagai cara untuk mendapatkan modal usaha waterboom. Selain mengandalkan sumber keuangan pribadi, berikut ini cara mendapatkan modal usaha waterboom, antara lain:

1. Menjual aset
Apabila sobat mempunyai tanah, kendaraan bermotor, emas perhiasan, rumah dan aset lainnya yang sudah tidak dipergunakan lagi maka anda bisa menjualnya. Kemudian uang hasil penjualan aset bisa dipergunakan sebagai modal awal memulai bisnis waterboom.

2.Investor
Cara lain yang bisa ditempuh untuk mendapatkan modal usaha waterboom adalah bekerjasama dengan para investor. Anda bisa mencari investor dari kalangan terdekat dahulu seperti anggota keluarga, sanak kerabat, teman, sahabat, rekan kerja, tetangga, kenalan dan lain sebagainya. Tawarkan kerjasama patungan bisnis waterboom dengan porsi pembagian keuntungan yang adil dan dibubuhkan di atas kertas putih bermaterai.

Strategi Bisnis Kolam Renang Waterboom agar Sukses
Sebuah bisnis waterboom tidak bisa dijalankan secara apa adanya. Namun harus dipersiapkan dengan matang berikut strategi pengembangannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini strategi bisnis kolam renang waterboom supaya cepat berhasil, sukses dan menguntungkan selamanya, antara lain:

1. Berguru kepada para pengusaha yang telah berpengalaman dalam bisnis waterboom
Anda bisa mencari sumber referensi tersebut kepada pengusaha bisnis waterboom langsung atau melalui media cetak, elektronik dan media online. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kerugian. Supaya investasi uang sangat besar yang telah anda gulirkan dalam bisnis waterboom tidak sia-sia. Bahkan bisa balik modal dalam waktu singkat dan menghasilkan keuntungan rutin setiap bulan.

2. Mempelajari segala hal tentang bisnis waterboom
Untuk memulai usaha kolam renang waterboom diperlukan pengetahuan dasar seputar berapa biaya pembuatan waterboom, kontraktor yang bisa dihubungi, papan seluncur yang disukai banyak orang, prospek ke depan bisnis wisata ini dan lain sebagainya.

3. Mengevaluasi
Jika bisnis waterboom yang anda lakoni sudah berdiri maka tak ada salahnya untuk meminta pendapat dari konsultan waterboom, rekan kerja, teman, sahabat, tetangga, dan konsumen mengenai bisnis waterboom yang sobat lakoni. Minta pendapat mereka tentang kekurangan waterboom yang anda miliki. Kemudian dari pendapat tersebut anda bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan bisnis waterboom sobat menjadi sebuah kelebihan yang luar biasa. Dimana para pengunjung akan merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan bisnis waterboom anda.

4. Pelayanan
Untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah masalah pelayanan. Pastikan anda melayani para pengunjung dengan baik, ramah dan sopan. Selain itu, anda bisa melengkapi bisnis waterboom sobat dengan layanan playground kolam renang, tempat bermain anak-anak, membuat perosotan yang nyaman, membuat fitur ember tumpah yang menarik, membuat patung maskot yang unik, menyediakan layanan becak mini, layanan sepeda air wisata dan fasilitas pelengkap lainnya.

5. Promosi yang gencar
Walaupun pangsa pasar bisnis waterboom sudah terbentuk dengan sendirinya. Tak ada salahnya untuk memperluas pangsa pasar, anda melakukan promosi secara gencar melalui berbagai media. Seperti dengan memasang iklan di surat kabar cetak dan elektronik, memasang spanduk, baliho, reklame, pamflet dan membagikan brosur. Selain itu, sobat bisa melakukan promosi bisnis waterboom di internet menggunakan berbagai media sosial, marketplace, blog, forum, toko online, iklan adword dan lain sebagainya.

6. Lokasi strategis
Bisnis kolam renang waterboom memerlukan lokasi yang sangat strategis. Sehingga mudah dijangkau oleh banyak orang dari berbagai arah. Sediakan pula lahan parkir yang luas. Dengan letak yang strategis maka dipastikan akan membuat para pengunjung selalu ramai. Apalagi di hari libur anak sekolah.

Perizinan Usaha Kolam Renang Waterboom
Bagi anda yang mau membuka dan menjalankan bisnis waterboom memerlukan surat perijinan usaha dari Dinas Pariwisata setempat. Supaya bisnis waterboom yang anda jalani sah dimata hukum dan tidak dapat diganggu gugat oleh pihak manapun. Berikut ini dokumen yang diperlukan untuk membuat surat perizinan usaha kolam renang waterboom rumahan, antara lain : membuat surat permohonan, identitas pemilik bisnis waterboom, akte pendirian usaha, surat ijin mendirikan bangunan, surat pernyataan pengelolaan lingkungan, dan surat ijin gangguan.

Dengan melengkapi dokumen di atas dan menyerahkan kepada dinas pariwisata setempat maka pihak pemerintah yang diwakili dinas pariwisata akan melakukan survey ke bisnis waterboom anda. Dan jika sesuai data dan fakta maka dalam waktu tidak lama akan terbit surat perijinan usaha kolam renang waterboom bagi anda dari pemerintahan daerah dengan biaya yang telah ditentukan.