25 Daftar Barang Warung Sembako yang Dicari Pembeli dan Laris

29 Januari 2023

Mengetahui daftar barang warung sembako sangatlah penting sebelum membuka warung. Menurut menteri perindustrian dan perdagangan No. 115/mpp//kep/2/1998, daftar barang sembako atau sembilan bahan pokok yaitu: beras, sagu, dan jagung; gula pasir; sayur-sayuran dan buah-buahan; daging sapi, ayam dan ikan; minyak goreng dan margarin; susu; telur; minyak tanah dan gas elpiji; garam beriodium dan natrium.

25 Daftar Barang Warung Sembako
Membuka warung sembako membutuhkan modal yang kecil. Apapun pemilihan barang komoditi yang dijual, menjual sembako akan selalu mendatangkan keuntungan. Berbagai kalangan masyarakat dari berbagai tingkat ekonomi pasti membeli barang tersebut. Berikut 25 daftar barang warung sembako dan pelengkapnya yang laris-manis dijual di warung-warung.
daftar barang sembako, daftar barang warung sembako, barang sembako warung, warung sembako, sembako laris di warung, sembako, beras

1. Beras
Beras adalah kebutuhan paling pokok sebagian besar masyarakat Indonesia yang masuk dalam daftar barang warung sembako. Berbagai macam variasi olahan nasi untuk makanan sehari-hari berupa nasi liwet nasi khas dari Solo, nasi kuning untuk acara hajatan, dan nasi goreng. Nasi dapat disandingkan dengan berbagai macam lauk-pauk dan sayuran. Jadi siapa yang tidak suka nasi?

2. Sagu
Tidak semua masyarakat Indonesia memakan nasi setiap harinya. Di luar Pulau Jawa masih banyak yang makanan pokoknya adalah dari bahan sagu, misalnya di wilayah Papua dan Maluku. Disamping itu, banyak makanan olahan kue, snack, dan cemilan berbahan pokok dari sagu, misalnya:kue sagu dan kue lapis. Jadi menjual sagu di warung sembako pasti akan untung.

3. Jagung
Jagung adalah salah satu alternatif makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia, misalnya di daerah NTT. Kebutuhan jagung nasional mencapai 1.5 juta ton perbulan. Tidaklah mengherankan kebutuhan akan jagung cukup tinggi mengingat jagung juga sebagai makanan pokok pengganti nasi. Jagung dapat juga berfungsi sebagai makanan camilan di beberapa daerah di Indonesia.

4. Gula pasir
Gula pasir adalah daftar barang warung sembako yang diperlukan bagi segala jenis masakan dan minuman. Gula pasir selalu ada di tiap dapur keluarga sebagai campuran segala jenis makanan dan minuman. Peluang larisnya gula pasir sebagai barang dagangan warung ditunjang dengan besarnya kebutuhan gula pasir nasional yang mencapai 3.5 juta ton setiap tahunnya.

5. Sayur-sayuran berbentuk daun dan kacang-kacangan
Sayuran berbentuk daun dan kacang-kacangan sangat melimpah dan lebih banyak dijumpai dibandingkan sayur jenis lain.  Sayur-sayuran daun dan kacang-kacangan diantaranya kangkung, sawi, bayam, buncis, kacang panjang, kacang kapri, lamtoro, kecipir, dan masih banyak lainnya.
barang warung sembako, daftar barang warung sembako, nama barang warung sembako, warung sembako, barang-barang warung sembako, sembako laris, sembako, sayur-sayuran

6. Bumbu dapur
Bumbu dapur juga termasuk daftar barang warung sembako yang dibutuhkan khalayak luas dan dapat dimasukkan sebagai jualan paling laku di antara kebutuhan sembako lainnya. Peran bumbu dapur sangatlah penting bagi masyarakat seperti cabai keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, bawang bombai, kemiri, pala dan masih banyak lainnya.
barang sembako, sembako, daftar barang sembako, list barang sembako, barang-barang warung sembako, sembako laris, sembako, bumbu dapur
7. Sayur-sayuran berbentuk umbi-umbian
Sayur-sayuran dari umbi-umbian dikenal sebagai jenis tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sayuran berbentuk umbian mempunyai dua fungsi sebagai pemberi asupan air dan karbohidrat bagi tubuh. Sayuran jenis ini biasanya digunakan sebagai campuran dalam masakan. Contoh sayuran bentuk umbi yaitu kentang, bawang merah, dan bawang putih.

8. Sayur-sayuran berjenis buah dan jamur-jamuran
Sayuran berjenis buah termasuk sayuran yang keberadaannya melimpah seperti sayuran berbentuk daun, misalnya mentimun, tomat, wortel, jengkol, petai, dan melinjo. Kebutuhan akan sayuran berbentuk buah sangat tinggi mengingat sayuran ini juga pendamping masakan bagi sayuran daun atau kacang-kacangan. Sedangkan sayuran jamur-jamuran memiliki kandungan protein yang hampir setara dengan daging. Jamur bahkan digunakan sebagai pengganti daging bagi para penyuka sayur-sayuran ataupun vegetarian.

9. Tepung
Tepung merupkan salah satu kebutuhan pokok yang harus ada di sebuah dapur. Ada banyak jenis tapung yang biasa diperjual belikan diantaranya tepung terigu, tepung gandung, tepung beras, tepung tapioka dan masih banyak lainnya.

10. Buah-buahan
Buah dianjurkan rutin untuk dikonsumsi karena buah berfungsi meningkatkan energi dan sumber vitamin dan mineral. Banyak orang menyandingkan buah sebagai penyempurna 4 sehat lima sempurna sehingga buah layak untuk masuk dalam daftar barang warung sembako. Sebagai negara tropis, jenis buah di Indonesia sangat melimpah contohnya buah naga, durian, dan anggur.

11. Daging ayam
Daging ayam merupakan makanan pemberi asupan protein hewani. Daging ayam sangat umum dibeli dan di konsumsi sebagai wujud lauk-pauk pelengkap nasi. Meskipun produktivitas daging ayam terutama dari ayam broiler meningkat setiap tahunnya, tetapi hasilnya tidak mencukupi kebutuhan dalam negeri. Ini menunjukkan besarnya potensi menjual daging ayam di warung.

12. Daging sapi
Pilihan kedua masyarakat jika ingin mengkonsumsi daging selain ayam adalah daging sapi. Kandungan proteinnya lebih tinggi daripada daging ayam. Meskipun jenis masakan dengan berbahan daging sapi lebih terbatas daripada daging ayam, daging sapi tetap menjadi pilihan pertama daripada daging kambing karena lebih rendah kolesterolnya daripada daging kambing.

13. Daging ikan
Daging ikan adalah salah satu daging favorit masyarakat untuk jenis makanan laut. Kandungan proteinnya tinggi dan rendah lemak menjadi pilihan masyarakat untuk mengkonsumsi daging ikan untuk pengganti daging merah seperti daging sapi. Menjual ikan di warung pasti akan laris mengingat konsumsi ikan nasional mengalami peningkatan sebesar 47% di tahun 2018.

14. Minyak goreng
Cantumkan minyak goreng di daftar barang warung sembako karena hampir sebagian besar masakan Indonesia diolah dengan minyak goreng. Tidak cuma lauk pauk yang digoreng, bahkan mengolah sayurpun dibutuhkan minyak goreng untuk menumis bumbu contohnya sayur tumis, sayur sop, sayur oseng-oseng, sayur gudeg.
daftar barang sembako, daftar barang warung sembako, barang warung sembako, warung sembako, sembako, sembako murah, minyak makan

15. Margarin
Margarin menjadi pilihan masyarakat mengolah makanan sebagai pengganti minyak goreng. Alasannya sangat sederhana yaitu menjaga pola hidup sehat sehingga margarin wajib tersedia di dapur. Kandungan kalori dan lemak jenuh lebih rendah di margarin daripada minyak goreng sehingga masyarakat dianjurkan menggunakan margarin untuk memasak.

16. Susu
Empat sehat tidak akan sempurna jika tanpa susu. Komoditas susu wajib ada di daftar barang warung sembako karena dari berbagai macam usia disarankan meminum susu. Dari bayi, remaja, dewasa, ibu hamil, sampai manula disarankan untuk meminum susu setiap harinya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan.

17. Telur
Daftar sembako yang selalu ada di persediaan di dapur adalah telur. Protein hewani yang terdapat di telur dapat menggantikan sumber protein dari daging. Memasak telur juga lebih mudah dan cepat daripada memasak daging. Telur dapat digunakan untuk pendamping dalam mengolah sayuran dan daging. Tidaklah mengherankan telur jadi primadona dikonsumsi masyarakat.

18. Minyak tanah
Minyak tanah masih digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. Sebagian besar masyarakat selalu memasak tiap harinya sehingga kebutuhan bahan bakar minyak tanah masih tinggi terutama di desa-desa yang masih menggunakan kompor sumbu. Minyak tanah akan laris-manis terjual di warung. Jika Anda ingin membuka usaha yang menguntungkan di desa, coba pertimbangkan untuk memasukkan minyak tanah sebagai salah satu produk yang ingin dijual.

19. Elpiji
Di kota-kota besar, sebagian besar masyarakatnya beralih memasak menggunakan bahan bakar elpiji daripada minyak tanah. Bayangkan hampir tiap hari masyarakat memasak menggunakan bahan bakar elpiji untuk memasak air, sayuran, gorengan. Diperkirakan konsumsi elpiji akan naik sebanyak 3 persen di tahun 2018 sehingga komoditi ini akan dicari konsumen.

20. Garam beryodium
Masakan akan terasa hambar jika tanpa garam. Dan memasak hampir dilakukan tiap hari sehingga garam haruslah masuk dalam daftar barang warung sembako. Garam juga digunakan sebagai bumbu dalam pembuatan kue dan roti agar berasa gurih. Kebutuhan garam nasional cukup tinggi yaitu mencapai 2.6 juta ton pertahun.

21. Teh
Teh bukanlah termasuk barang sembako tetapi barang komoditi ini laris manis di pasaran karena masyarakat terbiasa minum teh. Indonesia termasuk negara pengkonsumsi teh yang hampir diminum tiap harinya terumata di acara-acara penting. Menjual teh sebagai pelengkap penjualan barang sembako menjadi alternatif mendapatkan penghasilan tambahan.

22. Kopi
Menurut dinas perindustrian, kopi juga bukanlah termasuk barang sembako. Kopi menjadi salah satu minuman favorit di Indonesia karena kandungan kafeinnya. Kandungan kafeinnya dapat memberikan semangat kerja dan tidak mengantuk. Maka, bahan komoditi ini dapat dijadikan barang dagangan pendamping penjualan bahan sembako.

23. Mie
Siapa yang tidak suka mie? Mengkonsumsi mie adalah cara instan untuk menggantikan nasi. Mie selalu ada di dapur sebagai bahan makanan cadangan. Cara masaknya yang singkat dan praktis menjadikan mie pilihan untuk dikonsumsi. Indonesia merupakan negara kedua pengkonsumsi mie sedunia, maka pantaslah untuk menjual mie di warung sembako.

24. Kerupuk
Kerupuk juga merupakan makanan yang tidak termasuk dalam daftar sembako. Tetapi kerupuk dipandang pelengkap yang selalu ada di meja makan. Kerupuk menjadi sumber lemak yang dibutuhkan dalam tubuh. Seorang pengusaha kerupuk dapat mempunyai penghasilan sebesar Rp 600 juta/bulan jadi tidaklah mengherankan jika kerupuk dapat disandingkan dalam penjualan sembako.

25. Garam bernatrium
Garam bernatrium adalah barang komoditi yang termasuk dalam daftar barang warung sembako.  Natrium yang terkandung dalam garam bernatrium adalah salah satu sumber natrium yang dibutuhkan tubuh. Setiap harinya manusia memerlukan setidak-tidaknya 200-250 miligram natrium sehingga garam bernatrium banyak dicari pembeli di warung-warung sembako.