Cara Membuka Usaha Bisnis Vas Bunga dengan Modal Kecil

01 Oktober 2017

Ada banyak kerajinan tangan yang dibuat oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia yang mampu menghasilkan banyak uang. Seperti kerajinan bambu, kerajinan dari kain flanel, kerajinan dari kertas, kerajinan tangan dari daur ulang, kerajinan dari daun dan eceng gondok, dan kerajinan vas bunga. Usaha kerajinan tangan yang merupakan bagian dari industri kreatif yang tumbuh subur dan berkembang pesat di kota maupun desa.

Prospek Usaha Bisnis Vas Bunga Modal Kecil
Usaha kerajinan tangan seperti vas bunga masih belum digarap dengan baik di Indonesia. Padahal kalau dijalankan memiliki prospek cerah. Apalagi bahan baku berbagai kerajinan tangan tersedia melimpah di negeri ini. Keuntungan bisnis kerajinan itulah yang membuat pelaku UKM banyak berbisnis kerajinan. Seperti vas bunga. Pangsa pasar bukan hanya dalam negeri tapi juga pasar luar negeri yang lebih menjanjikan. Karena kerajinan tangan sangat bernilai mahal jika dijual di luar negeri. Mereka lebih menghargai karya seni.

Kerajinan tangan vas bunga menjadi bisnis yang menjanjikan di tanah air. Pangsa pasarnya yang sangat luas. Walaupun bukan termasuk kebutuhan primer, kerajinan vas bunga laku keras dibeli banyak kalangan seiring peningkatan daya beli masyarakat Indonesia. Tentu saja, hal ini membuat perkembangan bisnis vas bunga cukup pesat dan tumbuh di beberapa wilayah di tanah air.
bisnis vas bunga, usaha vas bunga, vas bunga, bunga, cara usaha vas bunga, kembang

Cara Membuka Usaha Bisnis Vas Bunga dengan Modal Kecil
Namun untuk memulai bisnis vas bunga bagi seorang pemula akan sulit. Dikarenakan minim pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan bisnis kerajinan ini. Oleh sebab itu, berikut ini kami paparkan cara membuka usaha bisnis vas bunga dengan modal kecil bagi pemula, antara lain:

1. Menguasai Cara Pembuatan Vas Bunga
Untuk memulai bisnis vas bunga maka terlebih dahulu anda mesti menguasai cara pembuatan vas bunga. Anda bisa belajar kepada orang yang ahli atau anda bisa belajar cara membuat vas bunga yang bagus melalui buku, majalah dan internet yang membahas cara membuat vas bunga yang unik dan menarik.

2. Menentukan Jenis Pebisnis Vas Bunga
Setelah menguasai cara pembuatan vas bunga yang unik dan menarik serta berkelas maka selanjutnya adalah menentukan jenis pebisnis vas bunga. Ada 2 macam pelaku usaha kerajinan tangan (craft) vas bunga di Indonesia, yaitu:

▪ Pelaku bisnis kerajinan (craft) yang memproduksi produk kerajinan vas bunga secara massal. Pebisnis ini mengedepankan penjualan dan profit sebanyak mungkin dalam proses pekerjaannya. Umumnya, kalangan ini telah mengeluarkan modal yang cukup besar untuk menjalankan bisnis massal ini dengan membeli atau membuat mesin, melaksanakan upaya efisiensi mutu dan bahan produk.

▪ Pelaku bisnis kerajinan yang bersifat craft indie. Dalam arti, ia mampu menyelaraskan antara keperluan mendapatkan profit dengan idealisme. Produk kerajinan vas bunga yang dibuat bersifat manual dan personal yang meliputi dalam pemilihan bahan dan model yang diinginkan. Selain itu, strategi pemasaran barang kerajinan dilakukan dengan cara tertentu. Misalnya, memasarkan barang berdasarkan orderan (pesanan), memasarkan barang dengan cara melaunching produk kerajinan tersebut pada tanggal yang telah ditentukan dan sudah diberitahukan kepada calon konsumen sebelumnya.

Begitupula dalam usaha kerajinan vas bunga, anda bisa berperan sebagai pebisnis yang memproduksi vas bunga dalam jumlah massal maupun sebagai pebisnis craft indie. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti kelemahan pebisnis craft indie tidak bisa mengerjakan pesanan dalam jumlah banyak dikarenakan keterbatasan waktu. Pesanan dibatasi dalam jumlah tertentu. Sebaliknya, pebisnis vas bunga yang modern bisa menerima pesanan kerajinan vas bunga berapa banyak pun. Karena menggunakan mesin. Semua pilihan menjadi pebisnis craft indie atau produsen kerajinan vas bunga secara massal haruslah disesuaikan dengan keinginan, modal dan kemampuan yang anda miliki.

3. Persiapan Modal Usaha
Setelah menentukan jenis pengusaha vas bunga secara massal atau indie craft, selanjutnya mempersiapkan modal usaha bisnis vas bunga yang dibutuhkan meliputi belanja bahan baku dan alat, gaji karyawan, membeli peralatan dan mesin, biaya promosi, biaya lain-lain. Berdasarkan pengalaman, modal usaha yang diperlukan untuk membuka usaha bisnis vas bunga dengan modal kecil sekitar Rp 4 jutaan.

4. Memberikan Nama Brand yang Unik
Pemberian nama yang unik dan mudah diingat orang sangat penting bagi bisnis vas bunga sobat. Sehingga mereka mengenal bisnis anda dan brand melekat kuat diingatan banyak orang sebagai penghasil vas bunga yang bagus, tahan lama, unik, mudah dibersihkan dan berkualitas baik dengan harga terjangkau.

5. Memasarkan KerajinanVas Bunga
Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah masalah pemasaran dan penjualan. Karena bagian ini menentukan sukses tidaknya bisnis vas bunga di masa sekarang dan masa mendatang. Untuk masalah pemasaran vas bunga, ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan, antara lain:

▪ Menitipkan di sentra toko kerajinan tangan. Ada banyak toko kerajinan tangan di suatu daerah, anda bisa menitipkan kerajinan vas bunga buatan anda secara konsinyasi. Toko kerajinan tangan biasanya berada di dekat kawasan wisata

▪ Menjual langsung kepada konsumen. Misalkan anda berkeliling dari satu perumahan ke perumahan lain untuk menawarkan kerajinan vas bunga yang anda buat. Atau anda merekrut tenaga penjual vas bunga keliling yang dibayar berdasarkan sistem komisi. Cara paling mudah menjual langsung kepada konsumen adalah dimulai dari lingkungan terdekat. Anda bisa menawarkan vas bunga buatan anda kepada anggota keluarga, sanak kerabat, rekan kerja, kenalan, tetangga dan lainnya.

▪ Menjual di media sosial. Seiring dengan hadirnya dunia online membuat bisnis vas bunga bisa dipasarkan lebih luas. Pangsa pasar bukan hanya dari wilayah tertentu saja. Tapi hingga ke seluruh dunia. Sobat bisa menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, line, google plus, facebook ads, instagram, bbm, blogspot, website toko online dll untuk memasarkan kerajinan vas bunga buatan anda. Uploadlah gambar vas bunga yang menarik disertai keterangan gambar dan cara pemesanan.

Kiat sukses melakukan pemasaran di media sosial adalah konsisten dan respon cepat serta ramah dan tak pernah marah atau judes kepada calon konsumen. Cantumkan pula kontak yang bisa dihubungi secara cepat. Jangan pernah menggunakan aplikasi yang mengharuskan konsumen melakukan add. Karena itu merepotkan calon pembeli. 

▪ Menghadiri pameran. Jika di daerah anda akan berlangsung pameran maka anda bisa mengikuti acara pameran tersebut sekaligus ajang promosi bisnis vas bunga buatan anda. Dari acara pameran anda bisa mendapatkan klien atau konsumen yang dapat membuat bisnis vas bunga anda berkembang lebih pesat.

▪ Mengikuti pasar kaget atau pasar malam. Apabila di daerah anda diadakan pasar malam atau pasar kaget yang berlangsung setiap akhir pekan maka tak ada salahnya anda mengikuti pasar malam dan pasar kaget sebagai sarana untuk memperkenalkan produk produk vas bunga buatan sobat yang dijual.

Demikianlah cara cara melakukan promosi dan pemasaran usaha bisnis vas bunga. Anda harus melakukan semua itu secara konsisten dan komprehensif. Sehingga mengetahui mana cara promosi usaha yang efektif dan kurang efektif. Dengan demikian, anda bisa fokus pada cara pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis kerajinan vas bunga.

Tips Sukses Bisnis Vas Bunga Modal Kecil yang Menguntungkan
Berikut ini beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis vas bunga, antara lain:

1. Hobi. Membuka usaha bisnis vas bunga yang dijalankan atas dasar cinta atau hobi akan membuat usaha berjalan dengan lancar. Berbagai rintangan dan hambatan bisa dilalui dengan baik. Beban tugas pekerjaan terasa ringan dikerjakan karena merupakan hobi. Pastikan anda mempunyai passion dalam menajalani bisnis vas bunga dengan modal kecil. Pendek kata, usaha bisnis vas bunga akan lebih cepat berhasil apabila anda memang hobi dalam membuat vas bunga. Dengan demikian keuntungan bukan semata materi besar yang didapatkan tapi juga kepuasan batin.

2. Inovasi. Konsumen akan merasakan kebosanan jika anda memproduksi model vas bunga yang itu itu saja. Diperlukan inovasi baru yang unik dan menarik dari segi bentuk dan penampilan serta bahan yang membuat para konsumen mempunyai banyak pilihan.

3. Harga murah. Sebenarnya dalam bisnis vas bunga, harga bukanlah hal mutlak. Anda bisa menjual berapapun harga vas bunga karena yang dinilai adalah seni. Namun pastikan anda menjual vas bunga dengan harga terjangkau sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan baik kalangan menengah atas maupun kalangan menengah bawah. Atau anda bisa membuat kerajinan vas bunga dalam dua versi. Yang pertama, vas bunga yang diperuntukkan untuk kalangan menengah ke bawah dengan harga murah. Kedua, vas bunga yang diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas yang terlihat eksklusif, berkelas dan mewah.

4. Hasil produksi kerajinan vas bunga mempunyai kualitas bagus yang dapat memberikan kepuasan kepada para pembeli.

5. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen ramah, sopan, respon cepat, tidak marah kepada calon konsumen. Pelayanan sebelum pembelian dan pasca pembelian pastikan dalam keadaan baik yang memuaskan konsumen. Salah satu bentuk konkritnya adalah anda secara berkala menjalin komunikasi dengan calon pembeli dan pelanggan. Seperti menggunakan pesan singkat.

Tips-tips sukses bisnis vas bunga di atas mesti dilakukan secara bersamaan agar anda bisa memenangkan persaingan usaha vas bunga mengingat bisnis ini mempunyai tingkat persaingan yang sangat ketat. Selamat mencoba membuka usaha bisnis vas bunga dengan modal kecil! Semoga berhasil.