Begini Cara Membeli Dollar di Bank Mandiri dari Mata Uang Rupiah

10 Juli 2018

Dollar merupakan mata uang asing yang dijadikan standard di banyak negara, termasuk Indonesia. Ada banyak cara untuk memperoleh dollar dan mata using asing lannya. Cara paling mudha adalah penukaran ke money changer yang tersedia di sekitar Anda. Bagaimana cara membeli dollar di Bank Mandiri? Inilah pertanyaan yang akan dijawab pada ulasan berikut ini.

Perlu Anda ketahui, Bank Mandiri merupakan bank dengan tingkat kapitasi terbesar sehingga memiliki banyak cabang di berbagai kota. Layanan perbankan yang tersedia juga beragam, seperti tabungan. Khusus untuk mata uang asing, Bank dapat bertindak seperti money changer atau penyedia layanan tabungan.
cara membeli dollar, cara membeli dollar di bank mandiri, dollar, cara tukar uang dollar, tukar uang rupiah ke dollar, dollar ke rupiah

Cara Membeli Dollar di Bank Mandiri
Anda dapat menghubungi customer service dan bertanya secara langsung terkait cara membeli dollar di Bank Mandiri. Namun, tidak ada salahnya untuk menggali informasi terlebih dahulu untuk mempersingkat waktu. Selain itu, informasi yang berguna akan membantu untuk memperlancar proses pembelian atau penukaran dollar.

Yang menarik dari topik ini adalah kurs rupiah terhadap dollar dan sebaliknya. Ketika membahas kurs, Anda harus paham perbedaan antara kurs jual dan beli. Keduanya memiliki angka berbeda, bahkan sangat signifikan di beberapa bank.

Kurs jual menunjukkan bahwa harga yang ditawarkan bank saat menjual dollar. Sebaliknya, kurs beli adalah harga yang bank berikan ketika membeli dollar. Perlu diingat bahwa pembelian dollar sama saja dengan penukaran rupiah ke dollar. Jadi, jadi kurs apa yang digunakan yang berhubungan dengan cara membeli dollar di Bank Mandiri?

1. Penukaran langsung
Anda harus memperhatikan kurs jual saat melakukan penukaran atau pembelian dollar. Dalam hal ini, bank menjual dollar dan Anda membelinya. Transaksi ini termasuk dalam jual-beli dan produknya adalah valuta asing yaitu dollar.

Kedua kurs berbeda karena bank juga mencari keuntungan sehingga akan membeli dengan harga lebih rendah dari harga jual sehingga selisihnya dinamakan profit. Inilah awal dari perkembangan pasar valuta asing dimana orang saling memperjualbelikan mata uang antar negara.

Cara membeli dollar di Bank Mandiri yang paling mudah adalah datang langsung ke counter. Yang perlu diperhatikan adalah cabang bank yang memiliki area penukaran uang atau money changer. Tidak semua kantor cabang dapat melakukan pembelian dollar sehingga Anda harus memastikan tempat yang sesuai. Cabang-cabang yang berada di kota besar memiliki fasilitas ini. Anda cukup datang dan menanyakan langsung serta menunggu untuk pelayanan transaksi dollar.

Ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan sebelum penukaran dollar. Yang pertama, Bank Mandiri memiliki kurs berbeda untuk penukaran langsung atau via online. Jadi, Anda menggunakan kurs yang tampak pada papan kurs asing di cabang tersebut. Yang kedua adalah penukaran langsung memiliki batasan jumlah dollar yang dapat ditukar dengan rupiah. Hal ini juga berhubungan dengan ketersediaan dollar di bank tersebut.

Cara membeli dollar di Bank Mandiri dengan mengunjungi langsung memang mudah. Jika uang yang akan ditukar sangat banyak, Anda harus memberitahukan terlebih dahulu secara langsung. Bank akan memberikan jadwal dan tempat transaksi tersebut. Bagaimana kalau Anda dalam keadaan mendesak atau terburu-buru? Penukaran langsung jadi alternatif setelah mengunjungi money changer terdekat.

2. Tabungan valas
Yang berikutnya untuk membeli dollar adalah tabungan valas. Selain tabungan umum, banyak bank menyediakan tabungan untuk mata uang asing seperti dollar, euro, yen dan lainnya. Penggunaan tabungan ini mirip dnegan tabungan umum hanya mata uangnya saja berbeda. Oleh karena itu, salah satu dari cara membeli dollar di Bank Mandiri adalah dengan tabungan valas untuk dolar.

Anda harus menyiapkan persyaratan untuk membuka tipe tabungan ini. Bank Mandri hanya memperkenankan tabungan untuk perorangan atau joint account untuk dua orang. Selain itu, pemilik harus memberikan foto copy identitas diri yang masih berlaku, baik itu WNI atau WNA. Terakhir adalah setoran awal untuk tabungan dollar adalah $100. Persyaratan tersebut juga berlaku untuk mata uang lain dengan setoran awal yang hampir sama.

Penggunaan tabungan untuk penukaran mata uang asing memiliki beberapa kelebihan. Anda tidak perlu repot untuk membawa uang cash secara langsung. Proses pembelian atau penukaran uang dapat dilakukan dari tabungan rupiah ke dollar atau sebaliknya. Jadi, Anda membutuhkan dua tabungan dan dapat melakukan transaksi silang.

3. ATM
Cara membeli dollar di Bank Mandiri adalah melalui ATM. Pemilik tabungan dapat mengakses transaksi keuangan melalui ATM serta melakukan penarikan uang secara langsung. Secara umum, ATM hanya berisi uang rupiah dan banyak tersebar di berbagai area. ATM dollar merupakan fasilitas langka, tetapi dapat ditemukan.

Untuk penarikan melalui ATM, Anda harus memastikan terlebih dahulu lokasinya. Kota-kota metropolitan seperti Jakarta dan Surabaya sudah memiliki atm tipe ini. Selain itu, ATM dollar juga tersedia di area wisata yang banyak dikunjungi turis asing seperti Bali.

Ada dua pilihan ketika berkeinginan untuk menarik uang dollar melalui mesin tarik tunai. Pertama, Anda menggunakan tabungan rupiah lalu melakukan pembelian langsung uang dollar. Jadi, Anda tidak perlu memiliki tabungan dollar. Kedua, uang dollar diambil seperti pada tabungan rupiah sehingga mengurangi saldo tabungan dollar. Penggunaan ATM merupakan cara membeli dollar di Bank Mandiri yang paling fleksibel karena dapat dilakukan di ATM apapun.

4. SMS dan Online
SMS sudah menjadi bagian dari transaksi keuangan karena lebih cepat dna tepat. Sebalumnya, banyak nasabah memilih untuk menghubungi Bank secara langsung. Namun, cara ini membutuhkan customer service yang selalu siaga dan karyawan yang lebih banyak. Hingga saat ini, SMS masih menjadi sarana favorit untuk melakukan transaksi keuangan.

Untuk pembelian dollar dengan sms, prosesnya sama seperti menukar tabungan. Jadi Anda melakukan setoran ke tabungan dollar dengan uang yang berasal dari tabungan rupiah. Cara ini dapat dilakukan dengan sms banking. Tentu saja, Bank Mandiri juga masih menyediakan hotline jika proses SMS masih belum memadai.

Internet mengubah semua hal termasuk dunia perbankan. Kini, Anda cukup di depan komputer atau smartphone untuk dapat mengetahui kurs dollar dan mata uang asing. Internet atau online banking adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bank Mandiri untuk mendukung kebutuhan nasabahnya.

Anda juga dapat melakukan cara membeli dollar di Bank Mandiri secara online. Tentu saja, Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Untuk mengakses online banking, pastikan Anda sudah memiliki aksesibilitas. Selanjutnya, pembelian dollar membutuhkan rekening tabungan sehingga Anda sudah menjadi nasabah Bank Mandiri. Perlu diketahui, online banking dapat pula berbentuk aplikasi mobile yang terinstall pada smartphone.

Banyak orang lebih memilih online daripada penukaran langsung karena memiliki beberapa keuntungan. Anda tidak perlu antri atau datang langsung ke bank untuk pembelian dollar. Prosesnya cepat dan mudah selama mampu mengakses internet. Selanjutnya, transaksi telah menggunakan enkripsi sehingga aman.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembelian dollar akan selalu berpatokan pada kurs. Ketika Anda membandingkan kurs online dengan yang tertera di bank secara langsung, ada perbedaan yang cukup signifikan. Selisih antara kurs jual dan beli sangat banyak untuk mata uang dollar dan uang asing lainnya.

Perbedaan ini juga menjadi alasan penggunaan online banking. Anda mungkin tidak akan merasakan perbedaan jika uang yang ditukarkan sangat kecil. Sebaliknya, perbedaan menjadi signifikan dan besar ketika transaksi melibatkan jumlah uang besar. Untuk dollar, pembelian lebih dari $500 sudah cukup untuk membuktikan hal tersebut.

Lebih Lanjut Mengenai Cara Membeli Dollar di Bank Mandiri
Bank lebih disukai daripada money changer umum karena memiliki kredibilitas dan kurs yang bersaing. Jika Anda nasabah Bank Mandiri, pembelian dollar merupakan salah satu transaksi keuangan yang sudah ada sejak lama. Tentu saja, Bank menyediakan dollar dengan beragam nominal sesuai kebutuhan nasabah.

Dari list di atas, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Penukaran langsung sangat terbatas, tetapi lebih cepat dalam keadaan mendesak. Anda membutuhkan dollar dalam bentuk uang tunai untuk pembayaran langsung. Namun, hanya cabang bank tertentu yang mampu mengakomodasi pembelian ini. Selain itu, jumlah uang yang tersedia sangat terbatas.

Era teknologi mengubah banyak hal serta memudahkan transaksi perbankan. Anda tidak perlu repot untuk mendapatkan dollar untuk pembayaran secara online. Siapkan tabungan dollar pada bank Mandiri dan transaksi dapat berjalan lancar seperti halnya dengan penggunaan tabungan rupiah. Pembelian dapat melalui ATM dan online.

Uang dollar memang bukan mata uang resmi di Indonesia yang umum digunakan untuk jual beli atau sebagainya. Namun, sebagian orang membutuhkan dollar untuk beragam alasan seperti perjalanan ke luar negeri, wisata, pembayaran, dan sebagainya. Dari beberapa cara membeli dollar di Bank Mandiri yang telah dijabarkan, Anda dapat memilih cara yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan.