10 Langkah Praktis Memulai Bisnis Travel hingga Berhasil

28 Januari 2017

Sekarang ini di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla digiatkan kegiatan pembangunan infrastruktur jalan raya, jalan tol, bendungan, dan sarana umum lainnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa dan di kota. Justeru ini menimbulkan peluang usaha yang menguntungkan yakni bisnis travel. Apalagi manusia memiliki sifat bosan dalam kehidupan jika berada di satu tempat secara terus menerus. Naluri alamiah manusia ingin melihat pemandangan di lingkungan lain yang lebih indah dengan berbagai keunikan dan keragamannya.

Prospek Bisnis Travel Wisata
Budaya jalan-jalan wisata ke berbagai tempat unik baik ke luar negeri maupun domestik sudah menjadi gaya hidup manusia modern sekarang ini. Mereka ingin belanja di tempat lain, wisata belanja, wisata kuliner mencicipi berbagai aneka masakan khas daerah dan wisata religi dengan mengunjungi objek bersejarah dalam agama tertentu. Misalnya Jerusalem, Gua Hira, Makam Sunan Gunung Djati dan lain-lain. Usaha travel ini bisa juga bergerak dalam perjalanan ibadah haji dan umroh, wisata para pelajar, dll. 

Jika anda sedang mencari peluang usaha maka anda bisa menjalani bisnis travel wisata yang mudah dilakukan. Usaha jasa travel sobat hanya menyediakan sejumlah fasilitas bagi para traveler nantinya seperti makan, minum, tempat menginap, tiket masuk, tiket bus dan lain sebagainya.
cara bisnis travel, usaha travel, travel, tips travel berhasil, memulai usaha travel

Bisnis dalam bidang pariwisata potensinya sangat besar di Indonesia baik di perkotaan maupun pedesaan. Misalnya di desa-desa bisa dikembangkan potensi usaha pariwisata lokal yang mampu meningkatkan perekonomian penduduk desa setempat. Usaha dalam sektor pariwisata tak pernah sepi pembeli. Ia akan selalu eksis karena manusia butuh rekreasi atau  jalan-jalan. Apalagi pada musim liburan anak sekolah, bisnis ini mengalami masa laris manis.

Pada suatu hari, di SMP 1 Tanjungkerta setelah mendapatkan raport para murid sekolah SD, SMP hingga SMA diwajibkan untuk mengikuti program kegiatan studi wisata ke Yogyakarta. Biaya yang dipungut per siswa sebesar Rp 500 ribu. Semua murid sekolah sekitar 400 orang mengikuti kegiatan studi wisata tersebut. Bayangkan berapa uang yang berhasil dikumpulkan oleh perusahaan travel. Rp 500.000 x 400 orang = 20.0000.000. Satu sekolah sebuah usaha travel bisa meraup uang sampai Rp 20 juta. Jika margin keuntungan sebesar 10 persen (setelah dipotong biaya operasional transport, biaya penginapan, makan, tiket masuk, dll) maka keuntungan bersih per sekolah sekitar Rp 2 juta. Lumayan bukan? Sedangkan jumlah sekolah SD dan SMP di suatu daerah sangat banyak.

Itu baru usaha travel wisata dengan sasaran anak sekolah. Ada lagi usaha travel yang khusus perjalanan umroh. Dan juga sangat menjanjikan. Dikarenakan setiap hari banyak orang di berbagai daerah di Indonesia yang umroh ke tanah suci Mekah secara bergiliran. Tentu ini peluang usaha yang menggiurkan di tahun 2017. Hal ini menurut penuturan para pedagang souvenir di Mekah dan para pembimbing ibadah umroh.

Di desa penulis baru saja ada tempat wisata bernama danau biru. Warna air danau berwarna biru. Padahal tempat ini dulu belum dikenal banyak orang. Tapi kini dengan diupload ke youtube, danau biru yang berada di hariang sumedang mulai dikenal orang. Sebenarnya masih banyak tempat wisata di desa penulis yakni sumedang seperti Air Mandi Cipanas, Waterboom Gajah Depa, dll.

Animo masyarakat sangat tinggi untuk jalan-jalan ke tempat wisata. Bahkan setiap tahun kunjungan masyarakat ke daerah wisata bertambah banyak seiring bertambah jumlah penduduk Indonesia. Hal ini membuat jalan-jalan sebagai kebutuhan dasar manusia yang tak kalah pentingnya dengan kebutuhan untuk makan dan minum. Biasanya masyarakat mengajak anggota keluarga yang lain untuk bepergian ke tempat wisata yang dituju. Inilah yang menimbulkan sebuah peluang usaha yang menjanjikan yakni bisnis travel.

Peluang usaha travel walaupun tingkat persaingan cukup tinggi namun tetap memberikan potensi keuntungan usaha yang cukup besar. Karena pangsa pasar yang masih luas dan terbuka lebar. Sehingga usaha tour dan travel diminati banyak pelaku usaha di Indonesia dari mulai bermodal nol, modal kecil hingga besar. Banyak pelaku usaha di bidang pariwisata tour dan travel yang berhasil dan kaya raya. Dan banyak pula yang gagal dan bangkrut disebabkan kurang mengetahui cara menjalankan bisnis travel dengan baik dan benar.

10 Langkah Praktis Memulai Bisnis Travel hingga Berhasil
Salah satu keuntungan dari bisnis travel adalah usaha ini bisa dijalankan secara sampingan. Tapi keuntungan usaha travel bisa mengalahkan gaji bulanan seorang karyawan atau PNS. Namun sedikit orang yang mengetahui bagaimana caranya membuka bisnis travel yang sukses dan cepat kaya. Oleh sebab itu, tanpa panjang lebar berikut ini sejumlah langkah praktis dalam memulai bisnis travel sampai berhasil, antara lain:

Memilih Jenis Usaha Travel
Fokus adalah kekuatan. Begitupula dalam menjalankan bisnis travel harus fokus. Bisnis travel adalah bisnis yang luas seperti tiket pesawat terbang, usaha travel mobil, travel wisata, usaha pemesanan tiket, tiket bus, pengurusan paspor dan visa, pemesanan kamar hotel, tiket kereta api dan lain sebagainya. Sobat hendaknya memilih satu niche travel tersebut atau digabung dalam paket yang sama.

Membuat Surat Ijin Usaha Travel
Dengan cara memenuhi syarat-syarat berikut yaitu  bentuk usaha travel dalam bentuk PT atau CV, fotocopy KTP pemilik, booklet atau leaflet sebagai data pendukung, referensi bank, menyertakan denah lokasi usaha, mengisi dengan lengkap formulir data paket jalan-jalan, akte pendirian usaha, fotocopy NPWP, IMB, Izin gangguan, dan riwayat hidup pemilik perusahaan. Berkas tersebut kemudian diserahkan kepada Dinas Pariwisata setempat untuk dijadikan sebagai bahan surat ijin usaha travel.

Membuat Paket Wisata
Ini adalah hal penting dalam sebuah bisnis travel yaitu produk paket wisata yang akan ditawarkan langsung kepada konsumen. Berikan nama unik pada paket wisata yang dijual dengan mencantumkan beberapa obyek wisata yang hendak dikunjungi. Untuk membuat harga paket wisata sangat mudah. Dengan cara menghitung biaya ongkos semua perjalanan wisata seperti biaya penginapan hotel, makan, biaya transportasi, tiket masuk dll. Kemudian tentukan berapa besar keuntungan yang ingin anda dapatkan dari usaha ini. Selanjutnya tinggal anda tambahkan total biaya ongkos perjalanan wisata dengan jumlah keuntungan yang ingin sobat dapatkan. Mudah bukan?

Gabung dengan Usaha Waralaba Travel Wisata
Ada cara praktis dan tanpa modal yang bisa dilakukan seseorang dalam membuka usaha travel yakni dengan cara bergabung dengan franchise travel yang telah mapan. Misalnya Iwata Tour and Travel. Tugas anda hanyalah mempromosikan dan menjualkan paket wisata dari usaha travel tersebut.

Promosi
Promosi adalah salah satu elemen yang sangat penting yang menentukan maju mundurnya usaha travel wisata. Dalam melakukan promosi usaha paket wisata bisa dengan cara menyebarkan brosur. Atau bekerjasama dengan pihak sekolah agar para siswanya berdarmawisata ke obyek wisata yang telah ditentukan dengan diskon besar-besaran pada musim liburan atau selepas pembagian raport. Sobat juga dapat melakukan promosi usaha travel dengan bekerjasama dengan berbagai komunitas dan organisasi serta lembaga instansi, perusahaan, dinas, dan lain sebagainya. Dengan semakin dikenal usaha anda maka semakin besar keuntungan usaha travel yang bisa didapatkan.

Bisnis Travel Agent Online
Dengan kemajuan teknologi, sekarang ini seseorang bisa membuka usaha bisnis travel secara online. Lalu bagaimana cara memulai bisnis travel online? Caranya sangat mudah dengan membuat situs atau blog yang memaparkan objek wisata yang hendak dikunjungi dalam paket wisata yang menarik dan dijual secara online. Seseorang yang berminat membeli paket wisata bersangkutan, bisa memesan langsung di internet.

Bisnis Travel Tanpa Modal
Apabila anda masih pemula dalam usaha travel tak ada salahnya memilih jenis usaha travel yang bisa dijalankan dengan modal kecil bahkan kalau dapat tanpa modal. Dan itu benar-benar ada. Inilah kelebihan dari seseorang menekuni bisnis travel yang dapat dilakukan tanpa modal sama sekali. Yang penting adalah kemauan kuat dan kerja keras. Bisnis travel yang tanpa modal adalah anda menjadi affiliate dari usaha travel yang telah ada. Tugas anda hanya mempromosikan dan menjualkan paket wisata kepunyaan perusahaan jasa travel.

Bisnis travel merupakan bisnis non musiman dan bersifat jangka panjang. Ia selalu dibutuhkan orang setiap hari karena manusia selalu bepergian untuk kebutuhan menikmati alam dan rekreasi di daerah lain yang masih belum dikunjungi. Apalagi kini bertambah banyak para traveler Indonesia di berbagai daerah di nusantara.

Mencintai Dunia Travelling
Keuntungan usaha travel selain di atas juga anda bisa jalan-jalan secara gratis. Sebab sobat bisa bertugas mendampingi dan mengikuti para konsumen dalam menikmati jalan-jalan di tujuan wisata yang menarik. Untuk menjalankan bisnis travel tanpa modal bisa dijalankan secara rumahan.

Lakukan   
Dari tulisan ini penulis jadi terinspirasi untuk memulai sebuah usaha travel wisata di daerah penulis. Sebab ada banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi para wisatawan domestik dengan objek yang sangat menarik. Seperti danau biru, curug, wisata alam pabrik pembuatan batu bata, wisata alam melihat pemandangan sawah, wisata alam pemandian air panas, wisata alam kolam renang waterboom, disertai penginapan di rumah penulis yang sangat luas dan cocok sebagai penginapan para wisatawan. Paket wisata yang ditawarkan dengan harga sangat murah tentu akan disukai para konsumen.

Kerja keras
Terakhir langkah memulai usaha travel hingga berhasil dengan cara bekerja keras, tekun dan ulet untuk mewujudkan bisnis travel yang menguntungkan. Tanpa kerja keras, ulet dan sabar serta pantang menyerah mustahil seseorang bisa sukses. Keberhasilan bisnis travel diperoleh dengan kerja keras bukan dengan berleha-leha.