Rincian Biaya Modal Usaha Travel Haji dan Umroh hingga Berdiri

08 Juni 2017

Bagi pemeluk agama Islam, ibadah haji merupakan salah satu kewajiban utama yang harus dilaksanakan setiap muslim jika ia mampu secara fisik dan finansial. Menunaikan ibadah haji adalah rukun islam yang kelima. Sehingga bisnis travel haji dan umrah tak pernah sepi konsumen. Setiap hari akan selalu ada orang yang mendaftar untuk menunaikan ibadah umroh dan haji. Hal ini berdasarkan penuturan salah satu pemilik agen biro usaha travel haji dan umroh di kota Bandung.

Keuntungan Bisnis Travel Umroh dan Haji
Jika ditanya bisnis apa yang paling banyak konsumennya, pasti jawabannya adalah bisnis travel haji dan umroh disamping usaha kuliner minuman dan makanan. Tentu ini menjadi peluang bisnis yang lumayan menjanjikan. Anda bisa membuka usaha travel haji dan umroh di daerah anda dengan potensi menguntungkan. Karena pangsa pasar sangat besar. Dengan hadirnya usaha travel umroh dan haji di daerah anda berarti turut serta memudahkan orang yang hendak menunaikan ibadah umroh dan rukun islam yang kelima di lingkungan setempat.

Untuk melakukan ibadah haji dan umroh secara khusyuk, seseorang harus menggunakan jasa usaha travel umroh dan haji. Karena dari awal sampai akhir segala sesuatu yang berurusan dengan perjalanan diurus oleh pihak perusahaan travel. Sehingga fokus anda adalah hanya untuk ibadah secara khusyuk di tanah suci. Dimulai dari urusan tempat menginap,  transportasi, dan urusan aktivitas lainnya semuanya diurus oleh pihak perusahaan travel haji dan umroh.
usaha travel haji, usaha travel umrah, bisnis travel, bisnis travel haji, bisnis travel umroh, bisnis umroh, umrah, haji

Cara Membuka Biro Perjalanan Haji dan Umroh
Tanpa panjang lebar, apabila anda berminat untuk membuka bisnis travel perjalanan haji dan umroh berikut adalah beberapa yang harus diperhatikan, antara lain:

▪ Kesiapan modal usaha
Dalam memulai usaha apapun dibutuhkan yang namanya modal usaha baik berupa alat, perlengkapan, uang maupun keterampilan. Begitupula dalam membuka usaha perjalanan ibadah haji dan umroh memerlukan modal biaya yang cukup besar.

Mengingat persaingan bisnis travel haji dan umroh saat ini sangat tinggi. Ada banyak ribuan perusahaan pelayanan ibadah umroh dan haji. Sehingga porsi kue terbagi bagi. Seperti perusahaan travel haji dan umroh percikan iman, arminia persada, yusuf mansyur, darut tauhid, maktour dll. Hal ini tak terlepas dari citra baik perusahaan yang harus dijaga baik.

Dengan makin banyaknya pilihan menggunakan jasa perusahaan penyedia perjalanan haji dan umroh membuat pengusaha pemula dalam bisnis ini harus dapat menjaga reputasi baik perusahaan travel haji dan umroh. Sekarang calon konsumen sudah pintar. Ia bisa membanding bandingkan jasa perusahaan satu dengan yang lainnya. Dilihat dari segi biaya yang lebih murah, fasilitas yang akan didapatkan dll.

▪ Lokasi Strategis
Dan jika anda membuka usaha travel haji dan umroh pastikan lokasi usaha berada di tempat strategis yang mudah dilihat dan dijangkau banyak orang. Seperti pinggir jalan raya yang ramai. Lalu bangunan usaha travel dibuat terlihat menarik dan profesional. Sehingga calon konsumen tidak ragu terhadap bisnis perjalanan ibadah haji dan umoh yang anda bangun.

▪ Promosi
Tak kalah penting yang menunjang kesuksesan bisnis travel haji dan umroh adalah cara promosi. Pastikan cara promosi usaha travel haji dan umroh dilakukan secara baik. Dan pastinya memerlukan modal besar. Apabila sobat tidak mempunyai modal yang besar untuk buka jasa travel haji umroh, anda dapat bekerjasama dengan perusahaan travel haji dan umroh yang lebih besar. Sobat dapat memperoleh komisi apabila bisa membawa satu orang konsumen yang hendak menggunakan jasa perjalanan haji dan umroh mereka.

▪ Fasilitas yang Diberikan
Orang yang hendak menunaikan ibadah haji dan umroh sudah cerdas sekarang ini dalam memilih perusahaan travel. Mereka akan membandingkan fasilitas yang disediakan antara satu perusahaan travel dengan perusahaan lainnya. Mereka akan memilih perusahaan perjalanan haji dan umroh yang memberikan fasilitas lengkap yang diinginkannya.

Berdasarkan kenyataan, setiap perusahaan perjalanan umroh dan haji mempunyai fasilitas pelayanan yang sangat berbeda. Hal itu sesuai kebijakan perusahaan masing masing. Anda bisa menentukan fasilitas apa yang akan didapatkan konsumen dengan bergabung ke perusahaan travel anda.

Jika fasilitas kemudahan yang diberikan cukup banyak berarti biaya yang mesti ditanggung anda lebih besar lagi. Seperti fasilitas pengantaran ke asrama haji, pengurusan visa dan pasport, dan lain sebagainya diluar fasilitas tiket pesawat dan penginapan. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan pada calon konsumen berarti akan membuat semakin tertarik calon konsumen untuk memakai jasa perusahaan travel anda.

▪ Menjalin kerjasama dengan orang berpengaruh
Kuota haji di setiap negara berbeda beda dan terbatas. Seperti kuota haji di negara Indonesia. Jika mendaftar sekarang maka sepuluh tahun mendatang baru bisa menunaikan ibadah haji. Daftar tunggu yang panjang karena kuota terbatas sedangkan peminat ibadah haji membludak. Maka untuk menanti jadwal keberangkatan ibadah haji tersebut biasanya perusahaan travel menawari mereka untuk melaksanakan umroh terlebih dahulu dengan ulama ternama atau artis terkenal yang mereka kagumi dan berpengaruh.Teknik itu merupakan cara promosi.

▪ Lokasi usaha
Salah satu yang menentukan keberhasilan usaha travel adalah soal lokasi. Pastikan lokasi usaha sesuai dengan pasar yang dituju. Jika anda membidik pangsa pasar kalangan menengah ke atas dengan fasilitas yang komplit dan menarik maka anda tak bisa buka usaha travel di wilayah pedesaan. Begitu sebaliknya. Jadi pastikan lokasi usaha travel haji dan umroh sobat berada di sekitar target market.

▪ Mencari Karyawan
Terakhir, untuk mendirikan usaha perjalanan umroh dan haji sobat mesti merekrut pegawai yang kapabel dan berkompeten dalam bidang ini. Mereka yang mengetahui dan menguasai soal ibadah umroh dan haji. Sehingga menguasai product knowledge sebagai pintu awal untuk menjaring konsumen sebanyak banyaknya.

Rincian Biaya Modal Usaha Travel Haji dan Umroh hingga Berdiri
Berikut ini sejumlah rincian biaya modal usaha yang diperlukan dalam membuka usaha biro perjalanan haji dan umroh, antara lain:

1. Sewa Lokasi Usaha
Untuk sewa lokasi usaha travel haji dan umroh di tempat strategis bisa secara bulanan atau tahunan. Modal usaha yang dibutuhkan sebesar Rp 12 Juta Pertahun atau Rp 1 juta perbulan.

2. Mengurus Surat Perijinan Usaha
Supaya usaha biro perjalanan umroh dan haji anda legal di mata hukum maka anda harus mengurus beberapa surat perjinan usaha yang mencakup SIUP, Izin Biro Perjalanan Wisata dari Kementerian Pariwisata, TDP, NPWP, dan surat keanggotaan IATA dan ASITA (Association Indonesia Tour and Travel Agencies). Biaya untuk pengurusan surat perijinan usaha travel haji dan umroh sebesar Rp 10 juta.

3. Gaji Karyawan
Karyawan yang diperlukan dalam usaha travel haji dan umroh adalah pegawai bagian marketing, dan tenaga kerja bagian administrasi untuk di Indonesia. Karyawan bagian opersional jamaah dan akomodasi untuk ditempatkan di Arab Saudi. Sehingga total karyawan bisa mencapai 10 orang. Untuk gaji pegawai sebanyak 10 orang sebesar Rp 10 juta.

4. Biaya Promosi
Untuk promosi usaha travel haji dan umroh bisa dengan memakai berbagai cara baik promosi offline dan online. Untuk promosi offline bisa dimulai dari lingkungan terdekat. Anda bisa menawarkan jasa travel haji dan umroh ke anggota keluarga, sanak kerabat, teman, sahabat, kenalan, rekan kerja, tetangga dll. Salah satunya promosi secara online dengan membuat website. Promosi ini memakan biaya sekitar Rp 2 juta.

Jadi modal yang diperlukan untuk buka usaha travel haji dan umroh hingga siap buka minimal sebesar Rp 23 juta. Balik modal dalam kurun waktu kurang dari empat bulan.

Jika anda tidak ingin direpotkan dalam segala urusan perijinan usaha dan sistem yang dijalankan maka anda bisa membuka usaha travel haji dan bisnis umroh secara gratis atau tanpa modal maupun sistem waralaba. Contohnya bisnis travel umroh dan haji Yusuf Mansyur, Arminareka Perdana yang menawarkan kemitraan usaha. Dengan biaya investasi sebesar Rp 40 juta anda sudah bisa buka usaha travel dan umroh secara resmi.

Bisnis Biro Perjalanan Umroh dan Haji Untung Rp 500 Juta Perbulan
Salah seorang pengusaha yang sukses menjalankan bisnis travel haji dan umroh adalah wanita bernama  Noviana yang akrab disapa Anna. Pada mulanya tahun 2004, ia mendirikan PT Asanloka Riapindo Go Tour (Gotur) yang bergerak dalam bidang jasa tiket perjalanan umroh dan haji. Usahanya terus berkembang hingga membuka jasa travel haji dan umroh secara langsung. Pada tahun 2012, perusahaannya membuka pula jasa paket perjalanan haji plus yang laris manis disukai konsumen.

Pada mulanya modal awal yang digelontorkan oleh Anna dalam membuka bisnis travel haji dan umroh sekitar Rp 40 juta. Dengan bekal modal sebesar itu, ia menyewa lokasi usaha strategis di daerah Jakarta Pusat tepatnya jalan Wahid Hasyim, membiayai operasional usaha sehari-hari, mengurus perizinan travel umroh dan haji dan membeli sistem. Berkat kerja kerasnya dalam waktu 4 bulan, modal usaha yang telah ia keluarkan dapat balik kembali.  Keuntungan perbulan mencapai Rp 500 juta.

Perusahaan jasa  travel haji dan umroh yang ia kelola menawarkan berbagai pilihan. Seperti paket perjalanan menunaikan ibadah umroh dan haji plus. Paket ini pihak perusahaan telah bekerjasama dengan Kementerian Agama. Selain menyediakan paket perjalanan ibadah haji dan umroh, ia juga melayani perjalanan wisata religi yang akhir-akhir ini sedang populer di masyarakat tanah air.

Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, ia menjalin kerjasama dengan mitra bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dengan sistem waralaba. Bagi siapapun yang berminat menjadi agennya bisa menghubungi langsung perusahaannya mengenai tata cara menjadi agen travel umroh dan haji.