10 Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian yang Memanjakan Nasabah

15 Juli 2018

Investasi logam mulia dalam bentuk emas adalah investasi paling populer dan menguntungkan saat ini. Jika tidak mampu membeli emas setiap gramnya dengan uang kontan, tabungan emas adalah solusi yang terbaik dan menguntungkan. Keuntungan tabungan emas ini akan Anda dapatkan karena harga jual emas yang cenderung mengalami kenaikan.

10 Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian
Cara termudah agar memiliki logam mulia emas adalah dengan memiliki rekening tabungan emas di pegadaian. Tabungan rupiah yang disetorkan secara berkala akan dikonversi menjadi logam mulia emas sesuai dengan nilai jual emas. Secara detail ada 10 keuntungan menabung emas di pegadaian yaitu:

1. Setoran minimal 5.000 rupiah per hari
Biasanya orang cenderung menabung uang di tabungan rupiah setiap bulannya dalam jumlah rupiah yang cukup besar. Keuntungan tabungan emas adalah Anda dapat menabung tiap hari sebesar 5.000 rupiah. Anda tidak perlu malu untuk menabung dengan jumlah uang sekecil itu tiap harinya karena menabung tiap harinya 5.000 rupiah adalah slogan tabungan emas pegadaian.
keuntungan tabungan emas pegadaian, tabungan emas pegadaian, emas pegadaian, emas, emas batangan, tabungan emas

Banyak orang yang menabung setelah mendapatkan penghasilannya tiap bulannya. Bayangkan jika Anda menyisihkan uang sebesar 150,000 dari penghasilan Anda untuk menabung di tabungan rupiah? Uang ini terasa banyak mengurangi jatah penghasilan Anda kan? Meskipun di akhir bulan total tabungan emas Anda juga 150,000 tetapi setoran sebesar 5.000 rupiah perhari akan terasa sebagai jumlah yang kecil.

Lain halnya jika Anda berencana menabung di akhir bulan berharap ada sisa dari penghasilan Anda dengan asumsi pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Keadaan ini akan mengakibatkan Anda tidak akan menabung sama sekali jika pengeluaran Anda sama atau melebihi penghasilan. Setoran Rp 5.000 perhari akan memastikan Anda mempunyai simpanan.

2. Konversi rupiah menjadi kepingan emas
Keuntungan tabungan emas adalah Anda akan mendapatkan emas kepingan logam mulia. Jika saldo rupiah di tabungan emas Anda mencapai setidaknya setara dengan harga 2 gram emas, maka Anda dapat mengkorversi atau mencairkannya untuk mendapatkan kepingan emas. Anda tinggal mengisi daftar pemesanan dan dalam waktu setidaknya satu bulan, koin emas dalam genggaman.

Keuntungan lainnya Anda tidak perlu menunggu agar saldo uang tabungan Anda setara 5 gram emas untuk memiliki keping emas. Anda cukup menunggu sampai tabungan Anda bernilai minimal seharga 1 gram emas dan Anda akan memperoleh logam mulia Anda. Anda juga dapat mencairkan tabungan Anda untuk dikonversi menjadi senilai maksimum 100 gr keping emas.

3. Sertifikat Keaslian
Sertifikat keaslian sangat vital artinya untuk transaksi jual beli emas. Sertifikat ini berfungsi untuk mengesahkan dan menjelaskan bahwa emas yang Anda miliki bukan palsu. Anda tentu tidak ingin beresiko kehilangan pundi-pundi keping emas Anda saat dinyatakan bahwa emas yang Anda punyai adalah tidak asli.

Keuntungan tabungan emas diantaranya adalah diterbitkannya sertifikat keaslian logam emas Anda. Sertikat ini menyatakan bahwa emas yang Anda miliki adalah asli berisikan identitas Anda. Sertifikat juga menuliskan kadar dan karat emas sekaligus beratnya. Keaslian emas juga ditunjang dengan tAnda tangan yang berwenang.

Kemanapun dan kepada siapapun Anda bertransaksi, logam mulia Anda akan laku. Harga emas Anda juga tidak akan mengalami kemrosotan karena nilai jual emas cenderung stabil dan meningkat. Harga kepingan emas biasanya akan turun jika tidak disertakan sertifikat keaslian dalam jual beli. Bahkan dapat berakibat kepingan emas Anda tidak laku.

4. Kemudahan transaksi
Keuntungan mempunyai tabungan emas di pegadaian adalah kemudahannya dalam bertransaksi. Transaksi tidak berbelit-belit, tidak memerlukan banyak dokumen pengesahan, dan waktu yang singkat. Sehingga jika Anda sedang membutuhkan uang emas Anda dapat dengan mudah mencairkan.

Transaksi Anda juga akan dilayani dengan tenaga yang profesional. Anda juga dapat melakukan transaksi di seluruh cabang pegadaian. Biaya transaksi juga murah sekitar 2500 rupiah. Selisih konversi rupiah menjadi emas juga akan digunakan untuk dana kebajikan umat atau dana kepedulian sosial.

Jika akan top up saldo rekening tabungan emas Anda, Anda tidak perlu datang ke cabang pegadaian terdekat di kota Anda. Anda cukup melakukannya secara online. Anda dapat mengunduh aplikasi online tabungan emas pegadaian melalui play store dan app store. Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan kemudahan pelayanan transaksi tabungan emas Anda.

5. Kemudahan persyaratan pembukaan rekening
Keuntungan tabungan emas yang paling menguntungkan adalah kemudahan persyaratan pembukaan rekening. Anda cukup menyiapkan ktp atau paspor Anda, mengisi formulir dan membayar biaya administrasi. Anda tidak perlu menyantumkan surat keputusan yang menyatakan Anda sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap.

Salah satu yang menyulitkan nasabah saat ingin membuka rekening adalah terdapatnya surat pernyataan yang menyatakan Anda sudah mempunyai pekerjaan dan penghasilan. Mahasiswa justru disarankan memiliki investasi berupa tabungan emas di pegadaian dan dapat menabung sebesar 5000 ribu rupiah per hari. Ini merupakan angin sejuk bagi para mahasiswa agar dapat mempunyai simpanan.

Pembukaan rekening juga dapat dilakukan secara online tanpa harus mendaftar ke cabang terdekat kantor pegadaian. Biaya administrasinya juga lebih kecil. Anda tinggal transfer biaya administrasi dan saldo tabungan emas Anda melalui bank atau pos. Hanya saja jika ingin mendapatkan buku tabungan, Anda harus menjemput ke kantor pegadaian langsung.

6. Bebas pajak
Salah satu keuntungan tabungan emas adalah bebas pajak. Pajak merupakan momok tersendiri bagi nasabah karena besarnya pajak yang ditarik tiap bulannya. Jika Anda hanya mempunyai saldo tabungan yang kecil, otomatis uang Anda lama kelamaan akan menipis. Jadi hadiah terbesar dari tabungan emas adalah free tax.

Anda hanya akan dikenakan biaya administrasi saat melakukan transaksi jual beli atau mencairkan emas Anda. Tabungan Anda benar-benar bebas dari pajak. Jadi Anda tidak perlu khawatir catatan kredit di tabungan Anda yang menyatakan bahwa angka rupiah tersebut adalah pajak untuk tabungan emas Anda.

Tabungan emas di pegadaian juga tidak memerlukan pajak untuk penarikan atau pencairan emas dari ATM. Tidak ada fasilitas kartu ATM pada tabungan emas Anda. Jadi tabungan emas Anda tidak akan dibebani dua jenis pajak yaitu pajak administrasi bulanan dan pajak dari kepemilikan kartu ATM atau transaksi menggunakan kartu ATM.

7. Uang titipan Cuma Rp 30.000,- per tahun
Keuntungan tabungan emas lainnya adalah minimnya uang titipan penyimpanan keping emas Anda. Anda cukup membayar Rp 30.000 pertahun sebagai uang titipan bagi emas Anda. Berapapun nilai emas Anda. Anda hanya membayar sekali dalam setahun dalam jumlah yang berkali-lipat murahnya.

Standar biaya ini sangat berbeda jika Anda memiliki emas kepingan pribadi atau disimpan di tempat lain. Anda harus membayar kotak deposit atau kotak penyimpanan setiap bulannya. Pembayaran kotak penyimpanan ini juga sangat mahal karena setiap nasabah akan mempunyai kotak deposit masing-masing dan kunci penyimpanan masing-masing.

Memiliki kotak penyimpanan deposit keping emas di bank atau di perusahaan lain memang sangat aman. Tapi biayanya sangat mahal dan dihitung setiap dimensinya. Jadi jika Anda memiliki emas yang berlimpah, maka Anda harus membayar setiap kepingnya agar masuk kotak penyimpanan. Anda harus memesan ukuran kotak penyimpanan Anda dan biaya perbulannya menyesuaikan.

8. Aman
Aman adalah kata kunci keuntungan tabungan emas di pegadaian. Jika Anda menyimpan kepingan emas Anda di rumah, rasa tidak aman akan selalu menghantui. Terutama jika tidak disimpan di kotak penyimpan dengan kode kunci yang rumit dan susah dipecahkan. Rasa aman ditawarkan oleh pegadaian karena emas Anda tidak akan pernah hilang.

Transaksi jual beli dan top up saldo juga akan selalu aman. Karena pelayanan jual beli emasnya termasuk titipan, maka titipan tersebut akan selalu dijaga. Kerahasiaan nasabah juga dijaga sehingga nasabah akan merasa aman. Salah satu jaminan keamanan ini adalah pemesanan cetak emas hanya dapat dilakukan di cabang dimana dilakukan pembukaan rekening.

9. Daftar Online
Keuntungan tabungan emas pegadaian lainnya adalah Anda dapat mendaftarkan online sebagai nasabah tanpa biaya administrasi pendaftaran sepersenpun. Jika melalui pendaftaran offline atau datang ke cabang kantor pegadaian, Anda akan dikenakan biaya administrasi pendaftaran sebesar 10 ribu rupiah. Pendaftaran online juga tidak dikenakan biaya materai.

Jika menabung emas di bank atau di tempat lain, Anda harus mendaftarkan secara langsung ke bank atau cabang perusahaan terdekat. Di pegadaian Anda dapat mendaftar secara online. Bahkan Anda dapat pula mendaftar melalui agen dengan tambahan biaya administrasi yang murah pula. Anda hanya perlu menambahkan biaya transaksi sebesar 2.500 rupiah.

10. Kemudahan penutupan rekening
Penutupan rekening di tabungan emas hanya diperlukan biaya administrasi penutupan sebesar rp 30.000. Besarnya biaya administrasi ini sama dengan besarnya biaya yang Anda bayarkan untuk uang titipan pertahunnya tabungan emas Anda. Jadi tidak diperlukan prosedur yang rumit dan lama untuk menutup rekening Anda. Tidak akan ada pertanyaan alasan penutupan rekening.

Keuntungan tabungan emas adalah kemudahan dalam penutupan rekening secara otomatis. Anda tidak perlu repot menutup rekening tabungan emas. Rekening Anda akan tertutup jika saldo rekening tabungan emas Anda sebesar 0.01 gram. Nilainya sama dengan saldo awal saat Anda membuka rekening.