12 Tips Bisnis Barang Antik yang Menguntungkan, Laris Peminat

14 Januari 2020

Barang antik merupakan produk yang memiliki nilai estetika dan keunikan tersendiri di kalangan banyak orang. Barang antik tersebut berasal dari peninggalan di masa lampau biasanya dapat berupa keris, cincin, batu dan barang-barang lainnya yang sudah memiliki umur ratusan bahkan ribuan tahun. Saat ini bisnis barang antik adalah salah satu peluang usaha yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Menjadi seorang pembisnis barang antik merupakan hal yang tidak mudah pasalnya selain produk antik susah didapatkan peminatnyapun juga sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda ingin menjalankan bisnis barang antik keuntungan yang didapatkan cukup memuaskan  karena para peminat barang antik ini rata-rata berasal dari golongan orang-orang kaya. Anda tidak perlu khawatir karena dalam tulisan ini akan memberikan beberapa tips dalam berbisnis barang antik.

12 Tips Menjalankan Bisnis Barang Antik
Produk yang sulit didapatkan namun dapat meraup banyak keuntungan itulah usaha barang antik. Sebelum memulai bisnis barang antik  ini beberapa cara dapat Anda lakukan agar bisnis yang dijalankan laris peminat dan tentunya menguntungkan bagi Anda. 
usaha barang antik, bisnis barang antik, jualan barang antik, barang antik, barang antik laris, bisnis barang antik yang menguntungkan, usaha barang antik laris, tips usaha barang antik, tips bisnis barang antik

1. Keyakinan Akan Sukses Dengan Usaha yang Dijalankan
Keyakinan akan sukses dalam memulai sebuah usaha merupakan hal yang paling penting dalam membangun sebuah bisnis. Percaya diri merupakan modal utama yang harus ditanamkan dalam diri sebelum memulainya.

Dengan adanya keyakinan dalam diri akan menjadikan motivasi kepada Anda untuk memulai usaha yang diinginkan. Jika Anda hobi terhadap barang antik maka itu adalah peluang bagi Anda untuk memulai bisnis sesuai dengan hobi.

2. Memiliki Modal yang Cukup
Hal utama yang harus disiapkan dalam menjalankan bisnis barang antik ini adalah Anda harus memiliki modal yang cukup untuk membeli barang antik. Berbisnis barang antik sama halnya dengan melakukan investasi dimana keuntungan yang didapatkan untuk masa akan datang bukan saat Anda membeli.
tips bisnis barang antik, usaha barang antik, bisnis barang antik, barang antik, barang antik laris, usaha barang antik unik, bisnis barang antik menguntungkan, arloji, arloji antik

Anda harus benar-benar mengerti dalam mengolah modal agar dapat menghasilkan keuntungan yang lebih saat barang antik yang dimiliki dijual. Mengetahui keadaan pasar barang antik akan membantu Anda dalam menemukan barang yang murah namun dapat dijual dengan harga yang lumayan besar.

3. Memilih Barang Antik yang Berkualitas
Memilih barang antik yang mempunyai kualitas artinya barang tersebut memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Mengetahui keadaan pasar barang antik yang akan dibeli seperti jenis barang antik, kualitas yang dimiliki bagus atau hanya standar.

Barang antik yang berkualitas dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Para kolektor akan datang dengan sendirinya ke bisnis Anda jika barang yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus.

4. Memilih Tempat Penjualan yang Strategis
Beberapa kota besar di Indonesia telah tersedia lapak-lapak penjual barang antik. Bahkan lapak-lapak tersebut bisa dijumpai di dunia online. Dengan keadaan seperti ini Anda harus memilih tempat yang tepat untuk mendirikan bisnis Anda.
bisnis barang antik, usaha barang antik, tips barang antik, tips jualan barang antik, jualan barang antik, bisnis barang antik yang menguntungkan, bisnis barang antik laris, usaha barang antik pemula, kotak barang antik

Memilih lokasi penjualan sangat disarankan pasalnya barang antik yang Anda miliki juga harus memiliki perawatan khusus. Tempat bisnis Anda juga harus mudah dijangkau oleh para kolektor barang antik. Anda bisa memilih lokasi yang memang sudah terkenal dengan barang-barang antiknya sehingga kesempatan bertemu dengan pelanggan akan lebih besar.

5. Memilih Pasar yang Tepat
Maksud dari memilih pasar yang tepat untuk bisnis barang antik Anda yakni memilih sasaran yang ditujukan. Hal ini berkaitan erat dengan jenis barang antik seperti apa yang ditawarkan sehingga dengan sasaran pasar yang pas akan memberi keuntungan bagi Anda.

6. Memiliki Strategi Pemasaran yang Matang
Dengan strategi pemasaran yang matang akan membawa kesuksesan yang lebih cepat bagi bisnis barang antik. Dalam semua bidang usaha yang digeluti banyak orang memang hal yang paling penting adalah strategi pemasaran yang terstruktur dengan baik.

Anda dapat melakukan teknik analisa pasar terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang baik bagi bisnis yang akan dijalankan. Menguasai strategi pemasaran adalah kunci utama bagi kelangsungan usaha barang antik.
usaha barang antik, usaha barang antik yang menguntungkan, bisnis barang antik, barang antik, barang antik laris, barang antik menguntungkan

7. Mengetahui Sejarah Barang Antik yang Dijual
Memiliki pengetahuan terhadap barang antik yang akan dijual merupakan point penting dalam menjalankan bisnis ini. Karena ini sangat diperlukan dalam proses penawaran barang terhadap konsumen.

Dalam berbisnis barang antik, Anda dituntut memiliki pengetahuan yang lebih atas barang antik tersebut. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan kepada konsumen terhadap kualitas barang yang akan dibelinya.

8. Menjaga Kualitas Barang Antik yang Dimiliki
Untuk menambah nilai jual barang antik yang Anda miliki, hal yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas barang antik tersebut. Cara yang digunakan cukup sederhana yakni membersihkan dan menyimpannya di tempat yang aman.

Para kolektor barang antik akan lebih tertarik dengan barang yang terlihat lebih mewah dan unik sehingga dengan menjaga kualitas barang antik yang dimiliki akan menambah minat konsumen. Gunakanlah pembersih yang baik dan berkualitas agar tidak mengubah ataupun merusak barang antik.
bisnis barang antik, peluang bisnis barang antik, tips bisnis barang antik, usaha barang antik, tips usaha barang antik, barang antik, piring antik, barang antik laris

9. Melakukan Promosi
Dalam menjalankan bisnis barang antik promosi merupakan komponen yang paling penting dalam kelangsungan usaha. Orang-orang akan mengetahui barang yang dijual melalui promosi sehingga pada bisnis ini Anda harus melakukan teknik promosi yang baik dan benar.

Melakukan promosi melalui media sosial merupakan tindakan yang tepat bagi usaha ini. Disarankan untuk memiliki website sendiri untuk koleksi barang antik yang akan dijual kepada konsumen.

10. Memiliki Kemampuan Tawar Menawar
Kemampuan tawar menawar dalam berbisnis barang antik adalah hal yang harus Anda miliki. Apabila Anda dapat menawar harga barang antik dengan rendah maka Anda akan mendapatkan peluang keuntungan pada saat penjualannya.

Teknik tawar menawar harus Anda kuasai dengan cara melihat kondisi pasar barang antik. Membaca situasi pasar merupakan metode lama yang dapat diterapkan dalam proses tawar menawar ini.
usaha barang antik, bisnis barang antik, tips bisnis barang antik, barang antik, barang antik laris peminat, jualan barang antik, cara jualan barang antik, cara jualan barang antik laku, buku antik, buku kuno

11. Fokus Pada Tujuan yang Ingin Dicapai
Memfokuskan diri terhadap bisnis barang antik yang dijalankan merupakan kunci kesuksesan usaha Anda. Memberi banyak waktu terhadap bisnis yang dijalankan akan membawa Anda kepada tujuan usaha yang ingin dicapai.

Jika memiliki kesibukan lain dalam menjalankan usaha ini Anda dapat menyewa karyawan untuk membantu dalam prosesnya. Hal ini perlu dilakukan namun harus ditawarkan kepada orang yang Anda percaya karena berbisnis barang antik tidak sama seperti berbisnis usaha pada umumnya, karena resiko akan kerugiannya begitu besar.

12. Memiliki Banyak Jaringan Produsen Barang Antik
Mempunyai banyak jaringan produsen barang antik akan membantu dalam menjalankan bisnis yang Anda jalankan. Anda akan lebih mudah mendapatkan barang antik yang sesuai serta dapat melakukan penawaran dengan harga yang lebih murah.

Selain itu juga para produsen ini dapat Anda jadikan distributor terhadap bisnis yang akan dijalankan. Sehingga Anda harus memiliki banyak jaringan produsen barang antik.
usaha barang antik, tips bisnis barang antik, barang antik, bisnis barang antik, jualan barang antik, mesin tik antik, cara jualan barang antik, tips jualan barang antik, barang antik langka

Itulah 12 tips dalam memulai bisnis barang antik. Bersungguh-sungguh dan fokus terhadap produk yang akan dijadikan usaha adalah modal khusus yang harus Anda miliki.

Keuntungan dan Resiko Dalam Menjalankan Bisnis Barang Antik
Dalam menjalankan sebuah usaha, hal utama yang harus Anda ketahui adalah apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan produk yang akan ditawarkan. Hal ini akan membantu Anda dalam mengetahui resiko yang akan didapatkan, resiko tersebut dapat berupa keuntungan dan kerugian serta peluang kelangsungan usaha Anda ke depannya.

Berikut merupakan beberapa point kerugian dan resiko yang harus Anda ketahui sebelum menjalankan bisnis barang antik.

1. Keuntungan
   • Bebas menentukkan harga terhadap barang antik yang akan ditawarkan kepada pihak konsumen, karena memiliki predikat barang langka sehingga nilai ekonomisnya dapat ditentukkan sendiri.
   • Minimnya kompetitor atau pedagang yang melakukan proses bisnis yang sama.
   • Memiliki keuntungan yang lebih besar.

2. Resiko/Kerugian
   • Tidak menjamin barang antik yang dijual akan laku dalam waktu yang dekat.
   • Kesulitan dalam menemukan stok barang antik yang berkualitas.
   • Membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha ini.
   • Membutuhkan kesabaran untuk meyakinkan kepada calon konsumen.
   • Sepi peminat, karena barang antik seperti ini biasanya hanya diminati oleh orang-orang kaya.
   • Sulit dalam mencari jaringan distributor ataupun calon konsumen.

Menjalankan sebuah bisnis atau usaha segala resiko dan tantangan harus dilalui. Dalam menjalankan bisnis barang antik ini resiko yang dihadapi memang cukup banyak dan besar yakni terjadinya kerugian namun juga akan menguntungkan jika dijalani dan ditekuni dengan sungguh-sungguh

Berbisnis barang antik dapat Anda lakukan bukan hanya karena semata ingin meraup keuntungan yang besar dan menggiurkan namun juga karena berdasarkan hobi. Menjadi seorang kolektor barang antik dapat menguntungkan, selain dapat menikmati keunikannya Anda juga akan mendapatkan keuntungan jika menjadikannya bisnis.

Peluang membuka bisnis barang antik memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan usaha lainnya. Pasalnya  produk yang ditawarkan kepada konsumen sangat langka tidak banyak dijual di pasaran pada umumnya sehingga Anda dapat memulainya tanpa takut adanya kompetitor atau pesaing.