Cara Berinvestasi Emas Antam di Pegadaian secara Syariah

03 Juni 2017

Tanah, apartemen, properti, emas antam, deposito, saham, reksadana merupakan diantara banyak jenis investasi yang bisa dilakukan manusia. Anda jangan pernah takut kehilangan investasi. Ada banyak ragam jenis investasi seperti di atas di dunia ini dan akan selalu ada selama muka bumi masih berdiri. Investasi bukan hanya bisa dilaksanakan dengan modal besar. Tapi ada sebagian investasi bisa dilakukan dengan modal kecil.

Ayo investasi! Itulah kalimat penting bagi kehidupan manusia. Mengapa penulis menganjurkan para pembaca untuk investasi? Investasi merupakan hal mutlak yang diperlu dilakukan manusia agar hartanya terus bertambah banyak. Rasulullah SAW menganjurkan setiap muslim agar berinvestasi yang halal. Seperti dengan cara melakukan suatu bisnis, ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat, dll.

Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian
Sebagaimana yang diungkapkan oleh Robert T Kiyosaki bahwa investasi emas merupakan salah satu jalur menuju cepat kaya. Dan merupakan permainan orang-orang kaya di dunia. Anda tertarik menjadi orang kaya raya baru di Indonesia? Maka salah satu jalurnya dengan berinvestasi emas antam di pegadaian syariah. Dengan demikian, bukan penghasilan aktif yang sobat terima. Melainkan penghasilan pasif yang jika kita tidur, pendapatan uang akan mengalir terus walau kita tidak bekerja.
investasi emas, investasi emas antam, investasi emas pegadaian, cara investasi emas, investasi emas syariah, emas

Investasi emas sangat cocok dijalankan oleh seorang investor pemula. Karena terjamin aman dan jauh dari resiko kerugian. Sebab harga emas antam setiap tahun mengalami kenaikan. Penurunan harga emas saat yang tepat untuk beli emas sebanyak-banyaknya. Karena di masa datang harga emas terus meroket seiring laju inflasi di Indonesia yang tinggi.

Emas berbeda dengan investasi saham. Jika investasi saham resiko kerugian sangat besar. Sedangkan investasi emas syariah di pegadaian tingkat resiko kerugian sangat rendah. Hal inilah yang membuat investasi emas cocok sekali digunakan oleh para investor konvensional yang tak mau ambil resiko besar. Contohnya pemula.

Ada dua jenis investasi emas antam di pegadaian secara syariah, antara lain:

1. Investasi Logam Mulia Koin Emas
Koin emas dapat anda beli di bank Muamalat, lembaga pegadaian dll. Penulis pernah membeli enam buah koin emas seharga Rp 2 juta. Kemudian satu tahun kemudian dijual kembali dengan harga Rp 2,5 juta.

2. Investasi Emas Antam Batangan
Emas batangan menjadi investasi yang dilakukan secara menguntungkan oleh orang-orang kaya sejak jaman dulu sampai kini di era modern.

Apapun pilihannya, kedua bentuk investasi emas tersebut sama-sama menguntungkan. Tinggal sesuaikan dengan keinginan, selera dan kebutuhan anda.

Emas Perhiasan Bukan Investasi
Seringkali orang menganggap apapun yang berkenaan dengan membeli emas pasti adalah sebuah investasi. Contohnya membeli emas perhiasan dalam bentuk cincin, kalung, gelang dll. Padahal kalau diteliti lebih dalam membeli emas tersebut di sebuah toko perhiasan bukanlah investasi dan sangat tidak dianjurkan digunakan sebagai alat investasi. Hal ini dikarenakan emas perhiasan dikenakan biaya pencetakan. Ketika dijual kembali yang dihitung adalah kadar emas dengan harga yang sama sebelumnya. Walaupun harga emas naik, konsumen tidak merasakan kenaikan itu. Bahkan dipotong biaya administrasi sebesar 2 persen.

Sebenarnya rugi membeli emas di toko perhiasan, dimana konsumen tidak merasakan dampak keuntungan investasi emas beberapa tahun. Bahkan rugi. Misalkan harga emas per gram sekarang Rp 500 ribu. Satu tahun kemudian harga emas mencapai Rp 700 ribu per gram. Ketika dijual, toko emas berpatokan pada harga sebelumnya yang Rp 500 ribu.

Investasi Emas Antam Syariah
Oleh karena itu, penulis merekomendasikan para pembaca agar berinvestasi emas batangan antam di pegadaian secara syariah. Sebab dijamin halal dan menguntungkan serta tidak akan mengalami resiko rugi. Ketimbang membeli emas perhiasan di toko emas yang justeru membuat kaya toko emas bersangkutan. Dan membuat miskin pembeli emas.

Berbagai produk emas dibuat oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia sampai mancanegara. Salah satu jenis emas batangan yang tepat sebagai investasi yang menjanjikan adalah LM atau investasi logam mulia antam. Singkatan Antam sendiri berasal dari Aneka Tambang yaitu nama sebuah perusahaan. Emas antam merupakan hasil produksi perusahaan perseroan terbatas PT Aneka Tambang Tbk yang terkenal di tanah air.  

Akan tetapi, untuk membeli emas buatan PT Aneka Tambang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Di toko emas tidak tersedia emas antam. Kalaupun tersedia, pasti toko emas tersebut harus memesan dulu. Penjualan emas antam dilaksanakan secara eksklusif yaitu melalui lembaga pegadaian syariah. Untuk membeli emas antam di pegadaian secara syariah dapat dilakukan secara kredit ataupun tunai.

Jika anda mengambil investasi emas antam secara kredit di pegadaian syariah, pastikan angsuran tidak terlalu lama dan pembayaran tepat waktu dengan jumlah angsuran disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang anda miliki. Logam mulia antam yang memiliki sertifikat dan kadar karat sebesar 24 karat ini sangat gampang dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari sebelumnya. Bagi anda yang bertempat tinggal di Jakarta, anda dapat langsung membeli emas antam di PT Aneka Tambang Jakarta.

Sifat investasi emas antam di pegadaian secara syariah adalah untuk tujuan jangka panjang agar return atau keuntungan bisa besar. Hal menarik dari investasi emas antam adalah memerlukan tempat penyimpanan yang aman. Karena emas rawan perampokan dan pencurian. Apalagi jika jumlah emas lumayan banyak. Sobat mesti mengeluarkan uang lebih untuk membeli brankas emas. Dan sekarang sangat menggembirakan, pegadaian syariah menyediakan layanan penitipan emas antam batangan dengan harga terjangkau. Selain itu, lembaga pegadaian syariah membuka pula layanan gadai emas dengan biaya murah.

Cara Berinvestasi Emas Antam di Pegadaian secara Syariah
Banyak sekali tempat untuk melakukan investasi emas batangan antam maupun perhiasan. Salah satunya lembaga pegadaian syariah yang menyediakan tabungan emas dengan cara tunai maupun kredit. Untuk berinvestasi emas antam di pegadaian secara syariah sangat gampang dan keaslian emas dijamin seratus persen. Tidak ada tipu-tipuan. Hal ini tak terlepas dari nama baik dan reputasi pegadaian sangat baik di masyarakat sebagai salah satu badan usaha milik negara yang terpercaya dan profesional.

Untuk mempersingkat waktu, inilah langkah-langkah cara berinvestasi emas antam di pegadaian secara syariah, antara lain:

1. Niat Karena Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda bahwa “Segala sesuatu tergantung niatnya. Dan seseorang mendapatkan apa yang ia niatkan.” Dari hadits tersebut jelaslah, langkah pertama dalam berinvestasi emas antam di pegadaian harus diniatkan ibadah karena Allah SWT dalam memberikan nafkah bagi anak dan isteri.

2. Datang ke Lembaga Pegadaian terdekat. Ada dua jenis lembaga pegadaian di tanah air yaitu pegadaian syariah dan pegadaian konvensional. Jika anda ingin berinvestasi emas antam di pegadaian secara syariah maka pilihlah lembaga pegadaian syariah sebagai tempat membeli emas. Karena dijamin dari awal transaksi jual beli emas antam sampai akhir dijalankan sesuai prinsip-prinsip syariah. Sehingga dijamin halal, berkah dan untung.

3. Pegadaian syariah telah tersebar di berbagai kota dan pelosok tanah air. Anda tinggal datang ke kantor pegadaian syariah terdekat baik unit maupun cabang. Kemudian mengutarakan niat baik untuk investasi emas antam kepada pihak loket atau teller pegadaian. Petugas pegadaian akan memberikan informasi dan keterangan selengkapnya mengenai tata cara dan prosedur membeli emas secara kredit atau tunai.

4. Pihak pegadaian syariah akan memberikan keterangan harga dasar emas antam per gram beserta margin laba yang ditetapkan bagi pegadaian. Konsumen selanjutnya membayar biaya yang ditentukan oleh petugas pegadaian.

5. Petugas pegadaian syariah akan meminta Kartu Tanda Penduduk anda. Nama dan identitas diri anda dituliskan pada selembar kuitansi tanda terima pembelian emas. Kuitansi tersebut selanjutnya harus ditanda tangani pejabat pegadaian dan anda.  Kuitansi yang asli diberikan kepada anda. Dan salinan kuitansi disimpan baik-baik oleh pihak pegadaian

6. Emas batangan antam akan diberikan kepada anda beserta kuitansi pembelian. Pada tahap ini anda sudah menyelesaikan transaksi investasi emas antam di pegadaian secara syariah secara cepat dan mudah

Hal di atas berlaku untuk cara beli emas di pegadaian secara tunai. Adapun pegadaian menyediakan juga layanan investasi emas antam secara kredit dari 5 gram sampai  1 kg yang dikenal menabung emas dengan cicilan ringan dan jangka waktu angsuran bervariasi dari tiga bulan sampai 36 bulan. Untuk kredit emas, konsumen dikenakan uang muka sebesar 10 persen dari total harga emas bersangkutan.

Pendek kata, investasi emas antam di pegadaian secara syariah merupakan langkah bijak untuk mempersiapkan biaya bagi keperluan ibadah haji, biaya membeli mobil, biaya pendidikan anak, biaya uang muka membeli rumah, dll. Kelebihan lain dari investasi emas antam di pegadaian adalah sifatnya yang likuid. Dimana jika ada keperluan mendesak terhadap uang tunai maka investasi emas antam bisa dicairkan menjadi uang kapanpun juga pada waktu jam buka kantor pegadaian. Selain emas antam dijual bisa juga digadaikan di pegadaian. Cara gadai emas di pegadaian syariah sangat mudah dan tanpa proses yang berbelit-belit.